cover
Contact Name
Jeperson Hutahaean
Contact Email
bhb.jurnalteknologipendidikan@gmail.com
Phone
+6282399206294
Journal Mail Official
bhb.jurnalteknologipendidikan@gmail.com
Editorial Address
Jl. Acces Road Kuala Tanjung Inalum No. 29 Dusun: Bahagia Kelurahan: Pakam Raya Selatan Kecamatan: Medang Deras Kabupaten: Batubara KP. 21258 Provinsi : Sumatera Utara
Location
Kab. batu bara,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 29643767     DOI : https://doi.org/10.56854/tp.v1i2
Core Subject : Education,
Jurnal Teknologi Pendidikan adalah jurnal yang ditebitkan PT. Bangun Harapan Bangsa untuk memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian lapangan atau studi literatur dengan ruang lingkup teknologi pendidikan dengan kajian pengembangan kurikulum terutama disain, pengembangan, pemanfaatan berbagai sumber belajar, implementasi, dan penilaian program dan hasil belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan dengan nomor E-ISSN 2964-3767 dan SK: 005.29643767/K.4/SK.ISSN/2022.11. Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan dua kali dalam setahun, di bulan Juni dan bulan Desember. Jurnal ini diterbitkan oleh PT. Bangun Harapan Bangsa. Jurnal yang di-submit ke Jurnal Teknologi Pendidikan akan melalui proses Peer-Review. Jurnal yang diterima akan tersedia untuk di-download secara online. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Focus & Scope Fokus publikasi jurnal ini dalam bidang ilmu Teknologi Pendidikan dan bidang lainnya dengan kajian yang relevan dengan Teknologi Pendidikan yang meliputi hasil penelitian dosen, mahasiswa, dan praktisi dari berbagai lembaga pendidikan, lembaga penelitian, dan departemen. Bidang Kajian meliputi 1. Pengembangan Kurikulum terutama Disain 2. Pemanfaatan Berbagai Sumber Belajar 3. Implementasi dan 4. Penilaian Program dan Hasil Belajar
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2: Desember 2024" : 5 Documents clear
Transformasi Sistem Pembelajaran untuk Mencetak Pemimpin Masa Depan Shinta Kurnia Ilahi, Dewi; Firghol Muttaqien, Moh; Magfirah Zaini, Fina; Bukhori, Imam; Rofiq Sofa, Ainur
Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 3 No. 2: Desember 2024
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56854/tp.v3i2.270

Abstract

Transformasi sistem pembelajaran menjadi keharusan dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks, seperti perubahan iklim, ketidakstabilan ekonomi, dan kemajuan teknologi yang cepat. Pendidikan harus berfungsi lebih dari sekadar mentransfer pengetahuan; ia juga harus mencetak pemimpin masa depan yang memiliki kemampuan berpikir kritis, inovatif, dan berintegritas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan sistem pembelajaran transformatif yang mengintegrasikan teknologi canggih, pendekatan berbasis nilai moral, serta pengembangan keterampilan kepemimpinan dalam membentuk karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed-methods untuk menggali hubungan antara model pembelajaran berbasis proyek, penerapan teknologi, dan pengajaran nilai moral dalam membentuk kemampuan berpikir kritis, kreativitas, serta kepemimpinan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi dalam pembelajaran, ditambah dengan pendekatan berbasis nilai dan proyek, mampu meningkatkan kompetensi siswa dalam berpikir kritis, berkreasi, dan mengambil keputusan yang berbasis etika serta kepemimpinan yang visioner. Temuan ini menegaskan bahwa sistem pembelajaran transformatif yang menggabungkan teknologi dan nilai moral memiliki potensi untuk mencetak generasi pemimpin yang siap menghadapi tantangan global dan memimpin perubahan sosial yang lebih positif dan berkelanjutan. Oleh karena itu, pendidikan perlu bertransformasi untuk menghasilkan pemimpin masa depan yang siap mengatasi ketidakpastian dunia yang terus berubah
Peran Artificial Intelligence Dalam Personalisasi Proses Pembelajaran Amin, Muhammad
Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 3 No. 2: Desember 2024
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56854/tp.v3i2.288

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di tingkat perguruan tinggi. Metode penelitian ini melibatkan analisis terhadap literatur yang relevan dan wawancara dengan mahasiswa serta dosen yang telah menggunakan teknologi AI dalam konteks pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi AI dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih personal, adaptif, dan terfokus, yang pada gilirannya meningkatkan keterlibatan dan prestasi akademik mahasiswa. Namun, tantangan terkait dengan privasi data dan kesiapan teknis juga perlu diatasi untuk memastikan keberhasilan implementasi teknologi AI dalam pendidikan tinggi.
Penggunaan Teknologi Pendidikan Untuk Meningkatkan Literasi Digital Disekolah Dasar Yanti Situmorang, Dina
Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 3 No. 2: Desember 2024
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56854/tp.v3i2.289

Abstract

Penelitian ini membahas penggunaan teknologi pendidikan untuk meningkatkan literasi digital di sekolah dasar. Di era digital, literasi digital menjadi keterampilan penting yang memungkinkan siswa mengakses, menganalisis, dan memanfaatkan informasi digital secara bertanggung jawab. Penelitian ini berfokus pada bagaimana integrasi teknologi pendidikan, seperti platform pembelajaran digital dan alat interaktif, dapat mendukung pengembangan keterampilan tersebut sejak usia dini. Dengan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen di tiga sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi pendidikan dapat meningkatkan keterlibatan, pemahaman, dan keterampilan berpikir kritis siswa dalam lingkungan digital. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan dalam implementasi, seperti keterbatasan infrastruktur dan kesiapan guru. Rekomendasi disajikan untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran.   
Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Mahasiswa Anantri Pramudya, M. Farhan
Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 3 No. 2: Desember 2024
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56854/tp.v3i2.291

Abstract

Perkembangan teknologi telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk dalam penerapan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Studi ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas PJJ berbasis teknologi dalam meningkatkan prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan survei terhadap 200 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PJJ berbasis teknologi memiliki dampak positif terhadap peningkatan prestasi akademik mahasiswa, terutama dalam hal fleksibilitas belajar, aksesibilitas materi, dan interaksi digital. Namun, terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan akses internet dan kurangnya motivasi belajar mandiri. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang lebih optimal dalam penerapan PJJ untuk memastikan hasil belajar yang lebih baik
Pengaruh Media Sosial Terhadap Gaya Belajar Mahasiswa Di Era Digital Rahmadani, Bulan
Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 3 No. 2: Desember 2024
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56854/tp.v3i2.292

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh media sosial terhadap gaya belajar mahasiswa di era digital. Dengan melibatkan 200 responden dari berbagai jurusan di beberapa universitas, penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen utama untuk mengumpulkan data mengenai penggunaan media sosial dan gaya belajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa 85% responden memanfaatkan media sosial sebagai alat bantu belajar, dengan mayoritas mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual secara aktif menggunakan platform seperti YouTube dan Instagram untuk memperdalam pemahaman mereka terhadap materi pembelajaran. Meskipun banyak manfaat yang diperoleh, sekitar 20% responden melaporkan bahwa mereka sering terganggu oleh notifikasi media sosial saat belajar. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa penggunaan media sosial memiliki dampak positif yang signifikan terhadap gaya belajar mahasiswa, dengan kontribusi sebesar 30% terhadap variasi gaya belajar yang diterapkan. Penelitian ini juga mencatat adanya kebutuhan untuk mengembangkan keterampilan manajemen waktu di kalangan mahasiswa agar mereka dapat memanfaatkan media sosial secara efektif tanpa mengurangi produktivitas belajar. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi pendidik dan institusi pendidikan dalam merumuskan strategi pembelajaran yang lebih inovatif dan responsif terhadap kebutuhan mahasiswa

Page 1 of 1 | Total Record : 5