cover
Contact Name
FEBRY ICHWAN BUTSI
Contact Email
ichwan.butzi@gmail.com
Phone
+6281275054947
Journal Mail Official
judika@fisip.uisu.ac.id
Editorial Address
Departemet of Communication Science Faculty of Social and Political Sciences, Islamic University of North Sumatra, 20143, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
ISSN : -     EISSN : 29636043     DOI : http://dx.doi.org/10.30743/jdkik.v1i2
Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi, diterbitkan oleh Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UISU. Judika merupakan jurnal yang didedikasikan untuk mendiseminasikan artikel ilmiah dari para akademisi, praktisi, dan peminat kajian Ilmu Komunikasi dari lintas perguruan tinggi baik lokal, nasional, bahkan internasional. Kajian yang dimuat ini berasal dari berbagai macam cakupan yakni kajian kehumasan, komunikasi organisasi, komunikasi kelompok, komunikasi pemasaran, psikologi komunikasi dan kajian lain yang relevan dengan Ilmu Komunikasi. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun yakni pada bulan Januari dan Juli. Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi telah terindeks di Google Scholar, serta telah memiliki e ISSN yang diterbitkan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional, Direktorat Repositori Multimedia dan Penerbitan Ilmiah dengan nomor 2963-6043.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2023): Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi" : 8 Documents clear
EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DISBUDPAR PEMKO MEDAN MEMPERKENALKAN MASJID RAYA AL-OSMANI SEBAGAI DESTINASI WISATA RELIGI PADA MILENIAL Nasution, Ridwan; Alfridayanti, Sri
Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi Vol 1, No 1 (2023): Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jdkik.v1i1.6264

Abstract

Artikel ini menyajikan hasil penelitian mengenai tingkat efektivitas komunikasi yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Medan dalam memperkenalkan Masjid Raya Al-Osmani sebagai destinnasi wisata religi kepada kelompok milenial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, data kepustakaan serta wawancara kepada informan utama yaitu  pengunjung yang termasuk dalam kelompok milenial dan informan pendukung Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Kota Medan, Kepala Sub Koordinator Bidang Cagar Budaya Kota Medan, dan Ketua Badan Kenaziran Masjid Raya Al-Osmani. Hasil penelitian terhadap efektivitas komunikasi yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Medan dalam memperkenalkan Masjid Raya Al-Osmani kepada kelompok milenial masih belum efektif dan masih harus ditingkatkan lagi dalam hal promosi serta pengadaan sarana dan prasarana. Hal ini ditunjukkan dengan hasil wawancara yang dilakukan dan observasi penelitian.
REPRESENTASI NILAI-NILAI TOLERANSI TERHADAP PERBEDAAN RAS PADA FILM GREEN BOOK Suherman, Reyhan Alzhilansyah; Yusuf, Yogi Muhamad; Fitrananda, Charisma Asri
Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi Vol 1, No 1 (2023): Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jdkik.v1i1.6440

Abstract

Penelitian berjudul representasi nilai-nilai toleransi terhadap perbedaan ras pada film Green Book ini bertujuan untukmengetahui bagaimana makna denotasi, konotasi, mitos dan pesan yang ingin disampaikan dalam Film Green Book. Peneliti menggunakan analisis semiotika yang dikembangkan oleh Roland Barthes dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang dilakukan dengan cara studi Pustaka, observasi, serta wawancara sehingga makna denotasi, konotasi, mitos serta pesan yang ingin disampaikan dalam Film Green Book. Hasil penelitian, ditemukan makna denotasi, konotasi serta mitos dalam Film GreenBook. Melalui teori semiotika Roland Barthes, peneliti dapat memahami pesan atau simbol-simbol baik tersurat maupun tersirat melalui adegan dalam film dan dialog antar karakter dalam film Green Book. Sehingga pesan dan kritik terhadaptindakan rasisme, prasangka buruk terhadap perbedaan ras, serta pentingnya menumbuhkan nilai-nilai toleransi dalam kehidupan sosial dapat tersampaikan secara baik kepada penonton menggunakan film sebagai salah satu media komunikasi visual.
Opini Mahasiswa FISIP USIU Terhadap Pelayanan Pembuatan e KTP di Disdukcapil Kotamadya Medan Admiral, Raden Deni; Novita, Anggi Tri
Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi Vol 1, No 1 (2023): Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jdkik.v1i1.6266

Abstract

Penelitian ini akan menyajikan hasil penelitian tentang opini mahasiwa FISIP UISU terhadap kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP). Teori yang digunakan adalah Kinerja, Komunikasi Organisasi, dan Opini, Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif yang merupakan salah satu jenis penelitian yang spesifikasinya adalah sistematis, terencana dan terstruktur dengan jelas sejak awal hingga pembuatan desain penelitiannya. Penelitian ini dilakukan di kampus Universitas Islam Sumatera Utara (UISU). Selanjutnya lokasi penelitian berada di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan alasan penulis memilih lokasi ini adalah karena penulis ingin mengetahui tentang  kinerja, mekanisme dan prosedur dalam penerbitan E-KTP. Dalam penelitian ini kriteria yang akan dipakai adalah mahasiswa FISIP UISU angkatan 2015 sampai 2017 yang telah memiliki E-KTP Kota Medan. Jumlah mahasiswa FISIP UISU angkatan 2015-2017 adalah 125 orang. Dari hasil pra penelitian dari 125 orang mahasiswa FISIP UISU angkatan 2015-2017 hanya terdapat 17 orang mahasiswa yang telah memiliki E-KTP Kota Medan.Teknik pengumpulan data dalam metode ini meliputi metode Wawancara Terarah, Observasi, dan Kuesioner. Analisa data merupakan kegiatan setelah data dari seluruh responden atau sumber data lain terkumpul. Teknik analisis data dalam penelitian kuantitatif menggunakan statistik.Penelitian ini menggunakan data kuantitatif untuk menghasilkan kesimpulan penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Analisis deskriptif adalah metode yang digunakan untuk mendeskripsikan variable, yaitu variabel kinerja pegawai. Hasil penelitian menunjukan opini mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Sumatera Utara Angkatan 2015-2017 terhadap kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan secara umum  menghasilkan opini yang sangat baik terutama di dalam proses komunikasi. Terdapat Opini mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Sumatera Utara Angkatan 2015-2017 terhadap kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan yang kurang baik dalam perilaku kinerja dan work performance.Tingkat kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan dalam pembuatan E-KTP dalam taraf cukup memuaskan dikarenakan hasil dari opini mahasiswa mayoritas memberikan jawaban yang baik.
STRATEGI KOMUNIKASI LINGKUNGAN DALAM PENANGANAN SAMPAH DI KAMPUNG CIBUNUT BERWARNA KOTA BANDUNG Mustikawati, Azmi Herdiyanti; Ardianti, Dhini; Hermawan, Vera
Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi Vol 1, No 1 (2023): Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jdkik.v1i1.6461

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi lingkungan yang dilakukan kampung Cibunut Berwarna Kota Bandung dalam penanganan sampah., dalam hal ini yaitu untuk mengetahui strategi komunikasi mengenal khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode, dan seleksi dan penggunaan media yang dilakukan kampung cibunut dalam penanganan sampah. Cibunut Berwarna dikenal sebagai kampung perkotaan yang menjadi Kawasan percontohan Bebas Sampah di Kota Bandung dengan mengusung konsep Kampung Berwarna yang disimbolkan melalui mural tentang pesan-pesan lingkungan dan tematik lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan diperoleh gambaran bahwa dalam kegiatan strategi komunikasi lingkungan yang dilakukan di kampung cibunut yaitu dengan memahami karakteristik masyarakat, adanya peran fasilitator atau pegiat lingkungan, adanya mural atau gambar mengenai kegiatan penanganan sampah, adanya unsur persuasif dan edukatif untuk mengajak masyarakat melalui “door to door education”, senam pagi, dan adanya media tatap muka serta media  informasi dan komunikasi melalui whatsapps grup sebagai wadah informasi dan juga publikasi pemberitaan yang masif di media massa online tentang metamorfosis perubahan dari kawasan Kumuh menjadi kampung kreatif sebagai kawasan edukasi lingkungan yang konsisten menjalankan pemilahan dan penanganan sampah di kampung  Cibunut Berwarna Kota Bandung.
Strategi Komunikasi Pemasaran Ayam Penyet Cabe Hijau Menarik Minat Pengunjung Siregar, Zakaria; Irwandari, Risha Aulia
Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi Vol 1, No 1 (2023): Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jdkik.v1i1.6267

Abstract

Resto Ayam Penyet Cabe Hijau adalah salah satu restoran yang muncul di Kota Medan, resto ini yang memanfaatkan peluang pasar tersebut.Tingkat kompetisi antara pelaku usaha restoran semakin ketat dan kompetitif. Kompetisi tersebut menuntut Resto Ayam Penyet Cabe Hijau melakukan penyesuaian dalam menyusun strategi-strategi komunikasi pemasaran yang tepat untuk menarik pengunjung sebanyak-banyaknya. Kini restoran tidak hanya menjadi tempat makan dan minum saja, tetapi juga menjadi tempat sosialisasi, pertemuan antar anggota keluarga, teman, rekan kerja, atau sekedar melepas penat. Aspek penting dalam keseluruhan misi pemasaran serta penentu suksesnya pemasaran adalah dikarenakan berhasilnya pertukaran informasi antara dua arah antara restoran dan konsumen. Dalam situasi ini, restoran dan konsumen dihubungkan melalui informasi mengenai produk kepada konsumen, sedangkan bagi konsumen informasi yang didapat digunakan sebagai referensi untuk kunjungan dan melakukan pembelian. Dengan demikian, keberhasilan merebut hati konsumen banyak ditentukan oleh keberhasilan komunikasi pemasaran yang dijalankan.Strategi komunikasi Resto Ayam Penyet Cabe Hijau dalam mempromosikan tempat wisata kulinernya ini menjadi fokus dalam penelitian ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep Media Sosial, Komunikasi Pemasaran, Strategi Pemasaran, dan Promosi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif memulai kegiatan penelitiannya dengan suatu focus, pertanyaan, permasalahan, maupun teknik pengumpulan data tertentu.Lokasi penelitian di Resto Ayam Penyet Cabe Hijau, Jalan Sunggal, No.278 Medan, Sumatera Utara. Kemudian melakukan Tanya jawab kepada informan yang lebih spesifik melalui app whatsapp.Data yang diperoleh akan dianalisis dan dikaji melalui pendekatan kualitatif naratif, yaitu dengan mengungkapkan data, menguraikan data dengan mendeskriptifkan data yang diperoleh dari penelitian, baik data primer maupun data sekunder dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami kemudian data yang diperoleh diuraikan serta dikembangkan berdasarkan teori yang ada.Kesimpulan penelitian ini adalah Ayam Penyet Cabe Hijau menggunakan berbagai strategi pemasaran bagi produk mereka, Promosi menggunakan komunikasi interpersonal yang pertama dengan teknik word of mouth, Kedua menggunakan komunikasi interpersonal dengan teknik public relations, Ketiga melalui komunikasi media social yang menjadi strategi komunikasi pemasaran utama.
OPINI MAHASISWA TENTANG TAYANGAN PODCAST Putri, Suprapti Indah; Tumengkol, Austin E.A
Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi Vol 1, No 1 (2023): Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jdkik.v1i1.6667

Abstract

Penelitian ini berjudul Opini Mahasiswa Tentang Tayangan Podcast (Studi Deskriptif Kuantitatif Opini Mahasiswa Tentang Tayangan Podcast Deddy Corbuzier vs Andrew Kalaweit di program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara). Latar belakang penelitian ini melihat perkembangan Podcast yang membahas hal yang tidak menjadi trending topic menjadi hal yang menarik. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori S-O-R (Stimulus-Organism-Response) dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Mayoritas responden dalam penelitian ini menyatakan bahwa setelah menonton Podcast Deddy Corbuzier vs Andrew Kalaweit menambah pengetahuan bertahan hidup di hutan dengan persentase sebesar 85.9% atau sebanyak 73 orang responden. Selain itu mayoritas responden juga mengatakan bahwa setelah menonton tayangan Podcast Deddy Corbuzier vs Andrew Kalaweit mereka mengetahui bagaiamana cara menghadapi binatang buas yang dijumpai di hutan, dengan persentase 82.4% atau sebanyak 70 orang responden. Mayoritas responden juga menyatakan bahwa tayangan Podcast Deddy Corbuzier vs Andrew Kalaweit tidak memiliki dampak buruk bagi yang menontonnya dengan persentase sebesar 83.5% atau sebanyak 71 orang responden. Kesimpulannya, tayangan Podcast Deddy Corbuzier sangat baik dan layak untuk ditonton karena selain menghibur, tayangan Podcast tersebut mengajarkan kita banyak hal dari mulai pentingnya pendidikan diamanapun kita berada, bertahan hidup di hutan dan mengajarkan kita agar lebih peduli pada lingkungan.
Menonton Anime Attack on Titan Terhadap Perubahan Perilaku Anak SMA Kelas 2 SMA Swasta Eria Medan Zarfitra, Reyhan Asyraf
Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi Vol 1, No 1 (2023): Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jdkik.v1i1.6268

Abstract

Pengaruh tayangan media sosial bisa menjadi penghasut yang mengubah perilaku seseorang. Begitu pula dengan tayangan Anime di media sosial. Budaya dan perilaku yang ditampilkan lewat tayangan Anime terlihat menarik untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari bagi para penggemarnya yang memiliki julukan otaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh Anime dan perubahan perilaku korelasional tentang menonton anime Attack on Titan dan media sosial terhadap anak SMA Kelas 2 SMA Swasta Eria Medan. Serta ingin mengetahui bagaimana perubahan perilaku siswa kelas 2 SMA. Peneltian ini pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei dan menggunakan kuesioner sebagai instrument penelitian. Sampel diambil secara keseluruhan atau sampel jenuh, yang dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner kepada 40 responden atau seluruh siswa kelas 2 SMA.  Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Uses and Effect” yang dikemukakan oleh Sven Windahl. Teori ini beramsumsi bahwa karakteristik individu, harapan dan persepsi terhadap media, dan tingkat akses kepada media, akan membawa individu kepada keputusan untuk menggunakan atau tidak menggunakan isi media. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terpaan anime di media sosial memiliki pengaruh tinggi terhadap perilaku seorang anak SMA kelas 2 SMA Swasta Eria Medan.
SETEPAK SIRIH SEJUTA PESAN: KAJIAN KOMUNIKASI SIMBOLIS KEARIFAN LOKAL BUDAYA MELAYU DI KOTA MEDAN Singarimbun, Junedi; Putri, Nurindah Mas Yusdi
Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi Vol 1, No 1 (2023): Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jdkik.v1i1.6290

Abstract

Setepak Sirih merupakan salah satu ikon Budaya Melayu yang berfungsi sebagai media berkomunikasi karena orang Melayu suka berkias dan tidak berterus terang dalam menyampaikan maksudnya. Tepak sirih memilki banyak makna didalamnya, maka tak heran pada saat Bachtiar Djafar masih menjabat sebagai walikota Medan pada tahun (1999), beliau menjadikan Simbol Kearifan budaya Melayu tersebut menjadi take line nya yang berbunyi “Setepak Sirih Sejuta Pesan” dikarenakanmakna Tepak Sirih memiliki arti yang amat begitu banyak sehingga dikatakan memiliki sejuta pesan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Setepak Sirih Sejuta Pesan” sebagai komunikasi simbolis kearifan lokal budaya Melayu di kota Medan. Fokus penelitian yang dikaji adalah mengenai komunikasi simbolis yang terdapat dalam symbol kearifan lokal budaya Melayu yaitu Setepak Sirih SejutaPesan. Metode yang digunakan adalah Metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat dikatakan bahwa Komunikasi Simbolis yang terdapat di dalam Setepak Sirih Sejuta Pesan merupakan lambang dan menjadi media berkomunikasi masyarakat Melayu dalam menyampaikan pesan-pesan pada setiap kegiatan adat dan budaya masyarakat Melayu dan masih relevan dengan perkembangan teknologi zaman sekarang, dan juga sifat-sifat yang terkandung di dalam hanya menjadi lambing karakter dari masyarakat Melayu.

Page 1 of 1 | Total Record : 8