cover
Contact Name
FEBRY ICHWAN BUTSI
Contact Email
ichwan.butzi@gmail.com
Phone
+6281275054947
Journal Mail Official
judika@fisip.uisu.ac.id
Editorial Address
Departemet of Communication Science Faculty of Social and Political Sciences, Islamic University of North Sumatra, 20143, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
ISSN : -     EISSN : 29636043     DOI : http://dx.doi.org/10.30743/jdkik.v1i2
Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi, diterbitkan oleh Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UISU. Judika merupakan jurnal yang didedikasikan untuk mendiseminasikan artikel ilmiah dari para akademisi, praktisi, dan peminat kajian Ilmu Komunikasi dari lintas perguruan tinggi baik lokal, nasional, bahkan internasional. Kajian yang dimuat ini berasal dari berbagai macam cakupan yakni kajian kehumasan, komunikasi organisasi, komunikasi kelompok, komunikasi pemasaran, psikologi komunikasi dan kajian lain yang relevan dengan Ilmu Komunikasi. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun yakni pada bulan Januari dan Juli. Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi telah terindeks di Google Scholar, serta telah memiliki e ISSN yang diterbitkan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional, Direktorat Repositori Multimedia dan Penerbitan Ilmiah dengan nomor 2963-6043.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2024): Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi" : 8 Documents clear
ANALISIS PERILAKU KOMUNIKASI ANAK-ANAK BROKEN HOME Chairunisa, Dinda; Singarimbun, Junedi
Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi Vol 2, No 2 (2024): Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jdkik.v2i2.9683

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah anak broken home berasal dari keluarga yang sudah tidak utuh akibat perceraian atau perpisahan dari kedua orang tuanya. Remaja yang berasal dari keluarga yang broken home tidak jarang yang mengalami berbagai hambatan atau masalah dalam hidupnya khususnya dalam menghadapi masa krisis dan tugas perkembangannya. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana Perilaku Komunikasi Anak-anak Broken Home Di Dusun IX Desa Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Dan apa saja faktor-faktor yang menyebabkan Perilaku Komunikasi Anak-anak Broken Home Di Dusun IX Desa Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan Di Dusun IX Desa Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Informan dalam penelitian ini adalah seluruh Anak- anak Broken Home yang berumur 18-26 tahun. Teknik analisis data dengan Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1. Analisis Perilaku Komunikasi Anak-Anak Broken Home di Desa Bandar Khalipah yaitu Proses komunikasi yang terjadi pada keluarga broken home di lingkungan masyarakat Desa Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang berlangsung kurang baik, Hal ini disebabkan karena tempat tinggal antara anggota keluarga yang broken home sudah berbeda.2. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku komunikasi anak broken home di Desa Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan, yaitu terdapat beragam faktor yakni ada faktor suasana psikologis, faktor bahasa serta faktor citra diri. Tidak hanya citra diri, citra orang lain pun juga dapat mempengaruhi kemampuan orang dalam melakukan komunikasi.
PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM ACARA PESBUKERS DI ANTV Tanjung, Nurhalim; Ginting, Rini Syafrida
Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi Vol 2, No 2 (2024): Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jdkik.v2i2.9695

Abstract

Banyaknya hiburan untuk memenuhi kebutuhan seseorang dalam mencari kepuasan menjadikan maraknya persaingan stasiun televisi untuk menyuguhkan program acara yang memenuhi kebutuhan tersebut. Bentuk hiburan itu salah satunya adalah mengeksploitasi siaran-siaran yang mengandung unsur kekerasan verbal dan nonverbal. Salah satunya adalah Pesbukers yang menjadikan kekerasan sebagai salah satu bahan humor seperti yang terdapat pada episode 15 Juni 2016 pukul 16.37 Wib, dimana program tersebut menampilkan Zaskia Gotik melakukan gerakan goyang nyolot dengan cara mengarahkan bagian dadanya ke seorang pria dan dinilai tidak memperhatikan ketentuan tentang norma kesopanan serta perlindungan anak-anak dan remaja sebagaimana diatur dalam P3 dan SPS KPI Tahun 2012. Rumusan masalah yaitu mengetahui bagaimana persepsi masyarakat di Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan, terhadap kekerasan verbal dan nonverbal program acara Pesbukers di ANTV. Tujuan dari penelitian ini menjelaskan persepsi serta faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat di lokasi tersebut. Ruang lingkup penelitian ini adalah seluruh kata-kata atau kalimat yang termasuk dalam kategori persepsi masyarakat terhadap kekerasan verbal dan nonverbal yang telah dikategorikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan teori yang digunakan oleh penelitian ini adalah teori Uses and Gratification serta teori kultivasi yang menjadi landasan peneliti. Hasil wawancara mengenai kekerasan verbal dan nonverbal pada acara Pesbukers, keempat informan menyatakan bahwa hal itu terjadi dalam acara tersebut kecuali informan kedua yang hanya memperhatikan hiburannya saja. Keempat informan sepakat bahwa kekerasan verbal dan nonverbal tidak patut dijadikan bahan hiburan, sedangkan informan ketiga setuju apabila hal tersebut tidak menyakiti orang lain dan sudah ada kesepakatan sebelumnya. Berdasarkan hasil wawancara pada kelima informan, program acara Pesbukers memiliki dampak negatif yang lebih banyak daripada dampak positif termasuk tidak baik untuk ditonton anak-anak. Persepsi kelima informan mengenai keseluruhan program acara Pesbukers adalah  tiga dari lima informan menyatakan acara tersebut bagus tetapi ada beberapa hal yang harus diperbaiki seperti, cara berpakaian dan penyampaikan komedi yang sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat. Dari hasil penelitian faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan jawaban dari para informan adalah usia, pendidikan, motif, pengetahuan, suka atau tidak sukanya pada program tersebut dan lingkungan. Hasil wawancara menyatakan tiga dari lima informan merasa tidak terhibur dengan penyajian lelucon yang diberikan oleh para pemain Pesbukers.
PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI KALANGAN KOMUNITAS STAND UP INDO MEDAN DALAM MENCIPTAKAN PELUANG SHOW Lentera, Fiqy Dhea; Butsi, Febry Ichwan
Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi Vol 2, No 2 (2024): Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jdkik.v2i2.9684

Abstract

Penelitian ini berjudul Pemanfaatan Media Sosial Instagram Di Kalangan Komunitas Stand Up Indo Medan Dalam Menciptakan Peluang Show. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa itu Stand Up Comedy dan sejarah komunitas Stand Up Indo Medan, pengaruh pemanfaatan media sosial Instagram dalam menciptakan peluang show dan sebagai sarana promosi dan informasi. Teori yang digunakan di penelitian ini adalah komunikasi pemasaran dan promosi. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Metode penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang strategi promosi dan pemanfaatan media sosial dalam upaya menciptakan peluang show dan memperkenalkan komunitas Stand Up Indo Medan ke masyarakat. Teknik penelitian ini dilakukan oleh penulis dengan menggunakan Studi Lapangan.  Berdasarkan dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media sosial Instagram sangat berperan penting sebagai media promosi dan pusat informasi dalam upaya menciptakan peluang show bagi komunitas Stand Up Indo Medan. 
ANALISIS PEMANFAATAN FITUR SEVIMA EDLINK PADA PROSES AKADEMIK DI IAIN PAREPARE Wahyuddin, Wahyuddin; Saleh, Muhammad; Sulvinajayanti, Sulvinajayanti; Nurhakki, Nurhakki; Anastasia, Jesika
Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi Vol 2, No 2 (2024): Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jdkik.v2i2.9694

Abstract

Sevima Edlink sebagai teknologi baru dianggap solusi penting dalam menjaga proses akademik. Melihat kebermanfaatan aplikasi tersebut khususnya pada fitur yang ada dalam mendukung proses perkuliahan. Untuk itu penelitian ini bertujuan mengetahui pemanfaatan fitur aplikasi sevima edlink untuk mendukung proses akademik di IAIN Parepare. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori Adaptive Sctructuration Theory dan teori Computer Mediated Communication (CMC). Studi ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan studi kasus ddalam mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan pengguna fitur aplikasi sevima edlink (dosen dan mahasiswa) mudah dalam memanfatkan aplikasi pada proses akademik di IAIN Parepare. Pengguna aplikasi juga merasa lebih efesien dalam memanfaatkan fitur aplikasi sevima edlink. Kebanyakan pengguna juga setuju jika aplikasi ini terus dimanfaatkan dalam mendukung keberlangsungan proses akademik di kampus IAIN Praepare. Disisi lain, proses komunikasi yang terjalin dalam memanfaatkan fitur aplikasi ini kurang efektif, sehingga mesti ada konsep pengembangan ke arah yang baru untuk lebih ditingkatkan, sebagai alternatif pembelajaran jika ada kendala dalam  hal tertentu.
PERAN KEPEMIMPINAN DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR KECAMATAN MEDAN JOHOR Maulana, Rahmad; Nasution, S.Sos, M.Kom.I, Ridwan
Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi Vol 2, No 2 (2024): Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jdkik.v2i2.9685

Abstract

Berdasarkan UU No.14 Tahun 2008 menyesuaikan dengan tuntutan zaman berbagai provinsi dan kabupaten/kota mulai memanfaatkan IT terkoneksi internet dan bersifat real time mendukung kinerjanya yang outputnya meningkatkan kualitas pelayanan terhadap publik.Kecamatan Medan Johor memiliki keterbatasan sarana prasarana berbasis IT. Keterbatasan tersebut menjadi faktor lainnya yang menghambat peningkatan kualitas pelayanan terhadap masyarakat. Sehingga, kualitas pelayanan publik berbasis IT di Kecamatan Medan Johor tidak jauh berbeda dengan kualitas pelayanan publik secara manual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan kepemimpinan dalam penggunaan teknologi informasi terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Kecamatan Medan Johor, mengetahui faktor- faktor apa yang mempengaruhi kepemimpinan dalam penggunaan teknologi informasi terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Kecamatan Medan Johor. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Adapun metode analisis data penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Jenis data pada penelitian ini yaitu data sekunder dan data primer. Data sekunder diperoleh dari jurnal, buku dan sumber data yang tersedia, sedangkan data primer diperoleh dari hasil wawancara terhadap informan yang ditentukan. Adapun hasil penelitin menyatakan bahwa; Peranan kepemimpinan dalam penggunaan teknologi informasi terhadap kualitas pelayanan di Kantor Kecamatan Medan Johor belum optimal, karena pemimpin di Kantor Kecamatan Medan Johor belum mampu menjadikan pelayanan berbasis teknologi informasi sebagai program kerja utama. Faktor-faktor yang mempengaruhi peran kepemimpinan dalam penggunaan teknlogi informasi terhadap kualitas pelayanan di Kantor Kecamatan Medan Johor terdiri dari faktor personal pemimpin, faktor sumber daya dan faktor birokrasi.
REPRESENTASI LGBT DALAM FILM LIGHTYEAR DISNEY Budiarga, Adam Bingar
Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi Vol 2, No 2 (2024): Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jdkik.v2i2.9428

Abstract

Film dengan judul “Lightyear” yang diproduksi oleh Disney pada tahun 2022 menjadi sorotan publik karena terdapat karakter lesbian ataupun LGBT, Alisha Hawthorne yang berciuman dengan kekasih sesama jenisnya. Representasi yang muncul pada stigma publik tersebut memicu banyak sekali pro serta kontra, sehingga hal ini menjadi topik hangat untuk dikaji dan dianalisis lebih dalam. Penelitian ini menggunakan studi deskriptif kualitatif dengan pemilihan teori analisis semiotika oleh John Fiske yang berguna untuk menjabarkan makna serta pesan terkandung di balik representasi LGBT pada film tersebut. Analisis ini dilakukan terhadap adegan yang menyajikan tayangan ciuman antara Alisha Hawthorne dan pasangannya, serta dialog dan narasi yang terkait di dalamnya. Penelitian ini menemukan beberapa hal yang menunjukkan bahwasanya representasi LGBT dalam film “Lightyear”terkesan negatif. Alisha digambarkan sebagai sosok tokoh yang kompleks serta memiliki sikap yang kuat. Namun, dengan adanya adegan ciuman di dalamnya menunjukkan bahwa Alisha Hawthorne mendapatkan stereotip negatif. Walaupun, adegan ciuman yang dimunculkan tergolong terjadi secara natural, tanpa sensasionalisme berlebih, namun hal itu menjadi sebuah perilaku negatif dan menjadi sebuah polemik. Penelitian ini juga menemukan bahwasanya representasi dalam film “Lightyear” mempunyai potensi untuk berusaha menantang norma yang berlaku di sebagian negara yang menolak adanya LGBT. Film ini ingin menunjukkan keberadaan kaum LGBT terhadap penontonnya, walaupun tidak ada pendalaman mengenai identitas sebenarnya mengenai hubungan Alisha Hawthorne dengan kekasihnya dikarenakan adegan ciuman yang berlangsung secara singkat dan tidak ada eksplorasi secara berlebih sehingga hal itu menjadi sebuah limitasi untuk penelitian ini. Banyak pihak menyebutkan bahwa film ini menjadi langkah maju bagi Disney dalam hal yang dinilai inklusivitas. Namun, bagi beberapa negara seperti Indonesia menolak akan penayangan film tersebut karena tidak sesuai dengan norma serta hukum yang berlaku.
STUDI FENOMENOLOGI TENTANG PENGALAMAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TENAGA KESEHATAN DALAM MENYAMPAIKAN INFORMASI PENYAKIT TUBERCULOSIS DI UPT PUSKESMAS KECAMATAN TANJUNG MORAWA Lestari, Ayu; Vita, Nadra Ideyani
Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi Vol 2, No 2 (2024): Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jdkik.v2i2.9682

Abstract

Tuberculosis merupakan salah satu penyakit menular paling berbahaya hal ini ditandai dengan adanya peningkatan kasus setiap harinya sehingga dibutuhkan sebuah program kesehatan yaitu kegiatan penyuluhan kesehatan masyarakat untuk menekan angka kenaikan kasus Tuberculosis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengalaman komunikasi interpersonal tenaga kesehatan dalam menyampaikan informasi penyakit Tuberculosis di UPT Puskesmas Kecamatan Tanjung Morawa dengan menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman komunikasi yang didapatkan oleh tenaga kesehatan dan kader TB terbagi menjadi dua yaitu pengalaman komunikasi positif dan negatif. Pengalaman komunikasi positif seperti informasi yang diberikan dapat mengubah perilaku dari masyarakat. adapun pengalaman komunikasi negatif seperti penyakit Tuberculosis masih dikaitkan dengan hal mistis oleh karena itu, tenaga kesehatan dan Kader TB selalu berupaya untuk terus memberikan edukasi kepada masyarakat.
STRATEGI PROMOSI SELEBGRAM ENDORSEMENT DALAM MENARIK MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK SKINCARE LOKAL Banuaran, M Bagas; Siregar, Zakaria
Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi Vol 2, No 2 (2024): Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jdkik.v2i2.9692

Abstract

Strategi promosi merupakan bagian dari kegiatan pemasaran dalam memasarkan suatu produk, kegiatan ini biasa dilakukan oleh para pelaku usaha dalam mengembangkan jenis usahanya. Salah satu bentuk kegiatan pemasaran yang paling sering digunakan oleh para pelaku usaha ialah pemasaran melalui jejaring sosial yaitu di instagram. Pada praktiknya, penggunaan selebriti di instagram (selebgram) seringkali digunakan sebagai alat pemasaran yang efektif dalam mencapai tujuan pemasaran di instagram. Kegiatan pemasaran dalam jejaring sosial pada selebgram disebut endorsement. Dengan adanya selebgram endorsement mampu menarik lebih banyak lagi minat beli konsumen pada produk skincare lokal dengan strategi promosi yang dilakukannya di akun instagramnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi promosi yang dilakukan selebgram endorsement dalam menarik minat beli konsumen pada produk skincare lokal di instagram. Fokus dari penelitian ini adalah mengamati isi postingan endorsement produk skincare lokal pada akun instagram @tasyafarasya, dengan menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan segala bentuk yang terlihat dari hasil pengamatan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam secara virtual (online) kepada 8 pengikut wanita dari instagram @tasyafarasya, dan dokumentasi didapat dari hasil temuan pengamatan berupa screenshoot foto–foto isi instagram @tasyafarasya dan isi percakapan bersama narasumber melalui fitur direct message di instagram. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat dikatakan bahwa kegiatan pemasaran melalui jejaring sosial instagram dan penggunaan selebgram endorsement dalam menarik minat beli konsumen pada produk skincare lokal dapat dilihat melalui model AIDA dan dari beberapa indikator yang dimiliki selebgram endorsement di instagram.

Page 1 of 1 | Total Record : 8