cover
Contact Name
Elisabeth Tantiana Ngura
Contact Email
elisabethngura@gmail.com
Phone
+6285338387959
Journal Mail Official
jurnal.jcpa@gmail.com
Editorial Address
Jalan Trans Bajawa-Ende, Kabupaten Ngada, NTT
Location
Kab. ngada,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Jurnal Citra Pendidikan Anak
Published by STKIP Citra Bakti
ISSN : -     EISSN : 28305671     DOI : https://doi.org/10.38048
Core Subject : Education,
Jurnal Citra Pendidikan Anak disingkat JCPA adalah jurnal ilmiah yang memuat hasil pemikiran dan penelitian dalam bidang kajian anak usia dini dan pendidikan dasar. JCPA diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti. JCPA terbit 4 kali dalam setahun, yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Jurnal Citra Pendidikan Anak mengkaji tentang hasil hasil penelitian dalam bidang: 1. Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar 2. Pembelajaran dan Media Pembelajaran Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar 3. Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar 4. Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar 5. Isu isu Terkini dalam Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 4 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak" : 10 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN ASPEK BAHASA USIA 5-6 TAHUN DI TK ST. ALOYSIUS ULUBELU Ito, Elfrida Tawa; Ita, Efrida; Maku, Karmelia Rosfinda Meo
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 3 No. 4 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v3i4.2629

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendesain media pembelajaran kartu kata bergambar untuk meningkatkan aspek bahasa anak usia 5-6 tahun. 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan di TK St. Aloysius Ulubelu. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK St Aloysius Ulubelu. Pada validasi ahli materi dengan hasil penilaian yang dilakukan oleh ahli materi dengan total skor 100% dan dikategorikan “Sangat Valid”, pada penilaian oleh ahli media dengan total skor 87,5% dan dikategorikan “Sangat Valid”, pada penilaian oleh ahli desain pembelajaran dengan total skor 86,7% dan dikategorikan “Valid”, pada penilaian uji coba perorangan yang melibatkan dua orang anak usia dini di TK St Aloysius Ulubelu dengan total skor 100% dan dikategorikan “Sangat Valid”, dan pada uji coba kelompok kecil yang melibatkan lima orang anak usia dini di TK St Aloysius Ulubelu dengan total skor 83,4% dan dikategorikan “Valid”.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU ANGKA BERGAMBAR ASPEK KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKK NEGERI SUTAMI Wea, Ancelina Bao; Dhiu, Konstantinus Dua; Maku, Karmelia Rosfinda Meo
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 3 No. 4 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v3i4.2630

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendesain atau merancang media kartu angka bergambar yang digunakan untuk meningkatkan aspek kognitif anak usia 5-6 tahun di TKK Negeri Sutami. 2) Mengetahui tingkat kelayakan media kartu angka bergambar untuk meningkatkan aspek kognitif anak usia 5-6 tahun di TKK Negeri Sutami. Jenis penelitian pengembangan, model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu angka bergambar yang digunakan dalam meningkatkan aspek kognitif anak usia 5-6 tahun di TKK Negeri Sutami dikategorikan layak berdasarkan aspek yang sudah divalidasi dan diuji coba. Berdasarkan hasil uji coba ahli materi memperoleh persentase 90 % dengan kriteria Sangat Valid, penilaian dari ahli media memperoleh 94,28 % dengan kategori Sangat Valid, penilaian dari ahli desain memperoleh 80,33% dengan kriteria Valid, penilaian pada uji coba perorangan memperoleh persentase 85,71 % dengan kriteria Valid, dan penilaian pada uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 83,3 % dengan kriteria Valid. Dari hasil tesebut menunjukkan bahwa media kartu angka bergambar layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan aspek kognitif anak usia 5-6 tahun di TKK Negeri Sutami.    
PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK DALAM BENTUK CERITA RAKYAT NUSANTARA UNTUK KEMAMPUAN PRA LITERASI PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TKN SUTAMI Ndange, Sisilia; Ngura, Elisabeth Tantiana; Fono, Yasinta Maria
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 3 No. 4 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v3i4.2691

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan keterampilan serta menumbuhkan minat membaca atau meningkatkan pra literasi pada anak dan mengetahui perkembangan anak dalam menggunakan media pop up book. Tujuan dari media pop up book sendiri ialah meningkatkan pra iterasi dalam bentuk cerita rakyat Nusantara untuk anak usia 5-6 tahun di TKN Sutami dan Pengembangan media pop up book dalam bentuk cerita rakyat. Pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian pengembangan media pop-up book adalah sebagai berikut. 1) uji coba ahli media berada pada kategori “Sangat Valid” dengan presentase 88,57%, 2) uji coba ahli desain pembelajaran berada pada kategori “Valid” dengan presentase 83,33%, 3) uji coba ahli materi berada pada kategori “Sangat Valid” dengan presentase 92,5%, 4) uji coba ahli bahasa pada kategori ”sangat valid” dengan presentase 88,33% 5) uji coba pengguna produk (anak) perorangan berada pada kategori “Valid” dengan presentase 85,71% dan uji coba kelompok kecil berada pada kategori “Sangat Valid” dengan presentase 94,44%.Dengan demikian berdasarkan hasil uji coba media pop-up book oleh ahli dan anak sebagai pengguna produk dinyatakan layak untuk digunakan pada anak di TKN Sutami.
PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KINCIR ANGKA UNTUK ASPEK KOGNITIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKK OLAEWA Geme, Yohana Tri Yanti; Dhiu, Konstantinus Dua; Ita, Efrida
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 3 No. 4 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v3i4.2840

Abstract

Tujuan dari penelitian ini mengetahui adalah 1) untuk mendesain alat permainan edukatif kincir angka untuk aspek kognitif pada anak usia 5-6 tahun di TKK Olaewa. 2) Menguji kelayakan alat permainan edukatif kincir angka untuk aspek kognitif pada anak usia 5-6 tahun di TKK Olaewa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian memperoleh hasil, 1) Validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 91,11 dengan kriteria (sangat valid), 2) Validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 85 dengan kriteria (valid), 3) Validasi ahli desain memperoleh skor rata-rata 88,75 dengan kriteria (sangat valid), 4) Uji coba kelayakan perorangan memperoleh skor rata-rata 100 dengan kriteria (sangat valid). 5) Uji coba kelayakan kelompok kecil memperoleh skor rata-rata 95 dengan kriteria (sangat valid). Dapat disimpulkan bahwa hasil uji coba kelayakan alat permainan edukatif kincir angka oleh ahli dan anak usia 5-6 tahun sebagai pengguna produk dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TKK Olaewa.
PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF BHETO LEKE HITUNG ASPEK KOGNITIF BERPIKIR SIMBOLIK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ST.THERESIA MANGULEWA Tona, Kristina; Ita, Efrida; Meka, Marsianus
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 3 No. 4 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v3i4.2852

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan alat permainan edukatif Bheto Leke hitung aspek kognitif berpikir simbolik pada anak usia 5-6 Tahun di TK St.theresia Mangulewa   2) mengetahui kelayakan alat permainan edukatif Bheto Leke hitung aspek kognitif berpikir simbolik pada anak usia 5-6 tahun di TK St. Theresia Mangulewa jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan menggunakan model ADDIE penelitian pengembangan lebih diarahkan pada upaya menghasilkan produk tertentu kemudian diuji keefektifannya sehingga siap digunakan secara nyata dilapangan. Prosedur yang dilakukan model ADDIE ada lima tahap, yaitu: Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Uji Coba) and Evaluation (Evaluasi). Produk yang dihasilkan pada penelitian ini adalah pengembangan alat permainan edukatif bheto leke hitung untuk pengenalan konsep penjumlahan abak usia 5-6 tahun di TK St. Theresia mangulewa. Hasil penelitian menunjukan  hasil sangat valid dan layak untuk di gunakan dengan rician:1) ahli materi 86,66%  sangat valid,2)  ahli  media 88,57% sangat valid 3) ahli desain 85,33% valid 4) uji coba kelompok kecil 100% sangat valid 5) uji coba perorangan 100% sangat valid.
PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL TIKI TOKA UNTUK MENSTIMULASI PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKK SATAP SDI RUTOSORO Awa, Hendrika Woli; Ngura, Elisabeth Tantiana; Fono, Yasinta Maria
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 3 No. 4 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v3i4.2862

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media permainan tradisional Tiki toka dan untuk mengetahui kelayakan media permainan juru di TKK Satap SDI Rutosoro. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE 1) analysis; (a) analisis kurikulum; (b) analisis kebutuhan peserta didik; (c) analisis kompetensi. 2) design; (a) perancangan desain produk; (b) penyusunan materi (c) penyusunan instrumen. 3) development; (a) pengembangan produk; (b) validasi ahli; (c) revisi ahli. 4) implementation; (a) uji kelayakan para ahli;validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 93,3% dengan kriteria sangat valid,validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 90% dengan kriteria sangat valid dan validasi ahli desain memperoleh skor rata-rata 85% dengan kriteria valid (b) uji kelayakan penggunaan media. Dilakukan dengan uji coba kelompok dengan skor rata-rata yang diperoleh 85,7% dan uji coba perorangan memperoleh skor 85 % dengan kriteria valid 5) evaluation dan kriteria kelayakan seluruh ahli dan kelayakan dari uji perorangan serta kelompok kecil.
PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN ANGKA UNTUK KEMAMPUAN ASPEK KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD TERPADU CITRA BAKTI Dhaja, Anastasia; Ita, Efrida; Meka, Marsianus
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 3 No. 4 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v3i4.2906

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain atau rancangan media papan angka dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini dan mengetahui tingkat kelayakan media papan angka dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini di Paud Terpadu Citra Bakti. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan penilaian atau uji coba dengan ahli materi, bahwa produk yang dikembangkan berada pada kategori valid dengan skor nilai 82,2%. Uji coba dengan ahli media berada pada kategori sangat valid dengan skor nilai 86%. Uji coba ahli desain berada pada kategori valid berada pada skor 86,67%. Penilaian untuk buku panduan dari ahli materi berada pada kategori sangat valid dengan skor nilai 96,6%, penilaian buku panduan dari ahli media dan desain berada pada kategori valid dengan jumlah skor 84%. Uji coba ahli perseorangan berada pada kategori sangat valid jumlah skor 100%. Uji coba ahli kelompok kecil berada pada kategori sangat valid jumlah skor 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media papan angka yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan kognitif.
ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KELOMPOK KERJA GURU LANGEOLA KECAMATAN AESESA KABUPATEN NAGEKEO Saju, Cresensiana Florentina; Ngura, Elisabeth Tantiana; Laksana, Dek Ngurah Laba
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 3 No. 4 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v3i4.3229

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengukur kemampuan literasi membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di kelompok kerja guru Langeola Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan di Kelompok Kerja Guru Langeola Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo. Waktu pelaksanaan pada bulan Juni 2023. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas B dan siswa-siswi kelas B. Objek dalam penelitian adalah Kemampuan Literasi Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data,reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi    berupa foto-foto kegiatan. Hasil penelitian menunjukan perkembangan kemampuan literasi pada usia dini di kelompok kerja guru Langeola sangat baik, hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil wawancara,observasi serta didukung dengan hasil dokumentasi.
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DASA DARMA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR Arifah Inayati
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 3 No. 4 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v3i4.3827

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai implementasi nilai - nilai dasa darma pramuka untuk membentuk karakter siswa. Pendidikan karakter digunakan untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada anak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi literatur (Library Research) yaitu kegiatan yang berkenaan dengan metode mengumpulkan data, serta mengelola bahan penelitian. Data penelitian di dapatkan melalui artikel-artikel ataupun jurnal-jurnal yang relevan.  Dasa Darma pramuka telah mencakup karakter bangsa yang wajib ditanamkan kepada para siswa, pembina sudah menunjukan adanya penanaman nilai - nilai pendidikan karakter adapun seluruh karater tersebut adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratif, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab. Penelitian ini adalah untuk menunjukan penanaman nilai - nilai pendidikan karakter siswa pada kegaiatan ekstrakulikuler pramuka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai dasa darma dalam ekstrakurikuler pramuka mempengaruhi pembentukan karakter pada siswa.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN ULAT ANGKA DI TKK NEGERI NASARET WERE Nafsia, Andi; Mola, Maria Enjela; Ndai, Maria Beatrix; Fransiska, Maria
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 3 No. 4 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v3i4.4346

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program pembelajaran matematika untuk anak usia dsini di Taman Kanak-Kanak Negeri Nasaret Were. Pembelajaran matematika bagi anak usia dini diberikan secara bertahap mulai dari menghitung benda-benda atau peristiwa-peristiwa yang ada disekitar anak berdasarkan pengamatan sehari-hari. Pengenalan matematika untuk anak usia dini melibatkan konsep-konsep dasar seperti pengenalan angka, penghitungan dasar yang dilakukan melalui kegiatan-kegiatan dan game yang menyenangkan dan interaktif. Pengenalan konsep pembelajaran matematika untuk anak usia dini biasanya menggunakan bahasa-bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif  yang dilaksanakan di kelompok B Taman Kanak-Kanak Negeri Nasaret Were. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara yang kemudian dianalisis melalui pendekatan kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam  penelitian ini yaitu penerapan pembelajaran matematika bagi anak usia dini dapat dilakukan melalui berbagai cara salah satunya melalui kegiatan bermain ulat angka.

Page 1 of 1 | Total Record : 10