cover
Contact Name
Andi Mulawakkan Firdaus
Contact Email
andi.mulawakkan@gmail.com
Phone
+6285255901665
Journal Mail Official
almeera.education@gmail.com
Editorial Address
BTN Tamarunang Indah 2 Blok D2/8 Gowa.
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Published by Almeera Education
ISSN : 29631165     EISSN : 28087844     DOI : 10.62388
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPdP) adalah jurnal nasional, akses terbuka, multidisiplin, double-blind peer-review yang diterbitkan secara online dua kali dalam setahun (Juni & Desember). JPDP menyajikan artikel-artikel yang berhubungan dengan penelitian terbaru tentang pendidikan guru, perkembangan anak, psikologi pembelajaran, inklusi, pendidikan khusus, strategi dan inovasi pengajaran, serta penilaian pendidikan yang semuanya berkaitan dengan pendidikan dan pembelajaran.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2021): July - December 2021" : 6 Documents clear
Peningkatan Pelayanan Administrasi Pendidikan melalui Inovasi Manajemen Budaya Organisasi Syaripa Aeni
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (2021): July - December 2021
Publisher : Almeera Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62388/jpdp.v1i2.8

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan perencanaan budaya organisasi dalam meningkatkan pelayanan administrasi pendidikan di SMK Negeri 1 Bone, (2) memaparkan pelaksanaan budaya organisasi dalam meningkatkan pelayanan administrasi pendidikan di SMK Negeri 1 Bone, (3) mendeskripsikan evaluasi budaya organisasi dalam meningkatkan pelayanan administrasi pendidikan di SMK Negeri 1 Bone. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk analisis data, penulis menggunakan Data Reduction (reduksi data), data Display (penyajian data), dan Data Conclusion Drawing/verification (penarikan kesimpulan). Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Perencanaan budaya organisasi dalam meningkatkan pelayanan administrasi pendidikan di SMK Negeri 1 Bone mengacu pada program pengembangan sekolah, (2) Pelaksanaan budaya organisasi dalam meningkatkan pelayanan administrasi pendidikan di SMK Negeri 1 Bone sudah melaksanakan beberapa kegiatan untuk menunjang program kerja yang sesuai dengan harapan sekolah, dan (3) Evaluasi budaya organisasi dalam meningkatkan pelayanan administrasi pendidikan di SMK Negeri 1 Bone ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan penentuan focus evaluasi, penyusunan desain evaluasi, pengimpulan informasi, analisis dan Interpretasi.
Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Fisika Siswa SMA Nirwana Nirwana; Dewi Sartika; Arie Arma Arsyad
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (2021): July - December 2021
Publisher : Almeera Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62388/jpdp.v1i2.9

Abstract

The aims of the research was to find out the level of students analytical thinking skills in physics before and after the applied Problem Based Learning (PBL) model. The research were used pre-experimental with a one-group pretest-posttest design. The sample studied was 23 students of class X MIPA SMA Negeri 1 Pamboang who were selected by purposive sampling technique. The data collection instrument was in the form of an essay test to measure students' analytical thinking skills before and after treatment. Data were analyzed using descriptive and inferential analysis. The average value of pretest was 27,13, while the average value of pottest was 47,34. The price of ttable = 2,073 while tcount = 3,6213. It means that there is a significant increase before and after the implementation of the Problem Based Learning (PBL) learning model.
Determinasi Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Etos Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Asdar Asdar
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (2021): July - December 2021
Publisher : Almeera Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62388/jpdp.v1i2.12

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinasi kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, etos kerja guru, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMK Negeri 2 Bone. Penelitian ini menggunakan desain "ex post facto". Populasi dan sampel penelitian ini adalah semua guru di SMK Negeri 2 Bone, yang berjumlah 60 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner menggunakan skala Likert 1-5. Setelah data dikumpulkan, kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana, korelasi parsial dan regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat determinasi yang tidak signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dengan Sumbangan Efektif (SE) sebesar 1,86%. (2) terdapat determinasi yang signifikan budaya organisasi terhadap kinerja guru dengan Sumbangan Efektif (SE) sebesar 11,31%. (3) terdapat determinasi yang tidak signifikan etos kerja guru terhadap kinerja guru dengan Sumbangan Efektif (SE) sebesar 2,50%. (4) terdapat determinasi yang tidak signifikan motivasi kerja dan kinerja guru dengan Sumbangan Efektif (SE) sebesar 1,49%,(5) secara bersama-sama terdapat determinasi yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, etos kerja guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan determinasi 17,20%. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat determinasi yang positf dan signifikan dari budaya organisasi terhadap kinerja guru di SMK Negeri 2 Bone. Budaya organisasi yang terbentuk memberikan determinasi yang paling besar. Hal ini berarti budaya organisasi merupakan prediktor yang paling dominan dalam meningkatkan kinerja guru di SMK Negeri 2 Bone.
Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Segugus III Bajo Kabupaten Luwu Catur Poja Ratna Wulandari; Sunardin Sunardin; Nurasia Nurasia
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (2021): July - December 2021
Publisher : Almeera Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62388/jpdp.v1i2.13

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Segugus III Kec. Bajo Kab. Luwu (2) deskripsi hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Segugus III Kec. Bajo Kab. Luwu (3) pengaruh motivasi belajar IPA di kelas IV SDN Segugus III Kec. Bajo Kab. Luwu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Teknik pengumpulan Data menggunakan Tes (Soal Pilihan Ganda), dan Non tes (Angket). Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 71 orang. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistic deskriptif dan inferensial. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat motivasi belajar yang sangat mempengaruhi hasil belajar IPA di kelas IV SDN Segugus III Kec. Bajo Kab. Luwu dibuktikan dari hasil analisis data yaitu motivasi belajar selalu diyakini memberikan pengaruh positif kepada para siswa tetapi tidak signifikant. Dari hasil pengolahan data diperoleh persamaan regresi sederhana yaitu: Y=864 + 7,399=X, dimana variabel hasil belajar adalah sebesar 864 dan kenaikan hasil belajar sebesar 1021 serta nilai dari signifikansi<0.05 (0.00<0.05). Oleh karena itu motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA di SDN Segugus III Kec. Bajo Kab. Luwu.
Organizational Culture Perspective on the Quality of Educational Administration Services Anita Syam; Mashuri Mashuri
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (2021): July - December 2021
Publisher : Almeera Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62388/jpdp.v1i2.14

Abstract

The quality of educational administration services is one of the problems that is often perceived as a contributor to the weak quality of education. The service process is too convoluted, the turnaround time is long to the poor service of the administrator. And the focus of improving the quality of administrative services is usually only on improving the quality of administrators as the spearhead of the performance of an educational administration service. The administrator as the executor of educational administration services is the result of the interaction of the upper, middle, and lower levels of management so that it cannot be separated from the influence of social interaction, work climate which is collected in the form of organizational culture. This study aims to provide an overview of the relationship between organizational culture and the quality of educational administration services using the Library Research method. The results of the analysis show that organizational culture provides intervention on the quality of educational administration services, so the results of this study provide the concept of improving the quality of administrative services not only from improving the quality of administrator resources but also from other elements in the organization.
Implementasi Penilaian Portofolio untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Informatika Mata Kuliah Riset Operasi Akramunnisa Akramunnisa
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (2021): July - December 2021
Publisher : Almeera Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62388/jpdp.v1i2.15

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan hasil belajar mahasiswa program studi informatika mata kuliah riset operasi dengan penerapan penilaian portofolio. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I selama 5 kali pertemuan dan siklus II selama 3 kali pertemuan. Dalam penelitian ini terdapat tiga aspek dalam pembelajaran matematika yang menjadi perhatian, yaitu hasil belajar, penilaian portofolio dan partisipasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa prodi informatika kelas Gabungan 4 SIG 1. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Untuk hasil belajar skor rata-rata yang dicapai setelah penerapan penilaian portofolio dari 40 siswa. Hasil belajar mahasiswa pada siklus I berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 6,2 dari skor ideal 10 .Sedangkan pada siklus II hasil belajar mahasiswa berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 8,1 dari skor ideal 10. Hasil portofolio mahasiswa pada siklus I berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 6,3 dari skor ideal 10. Sedangkan pada siklus II hasil portofolio siswa berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 7,5 dari skor ideal 10. Terjadi peningkatan frekuensi kehadiran mahasiswa, keaktifan dan kesungguhan mahasiswa dalam proses belajar mengajar sesuai dengan hasil observasi selama tindakan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6