cover
Contact Name
Vicki Ahmad Karisman
Contact Email
vicki4karisman@gmail.com
Phone
+6282121037383
Journal Mail Official
vickiak@stkippasundan.ac.id
Editorial Address
Jl. Permana No. 32 B
Location
Kota cimahi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Aksara Raga
ISSN : 27159744     EISSN : 27764168     DOI : 10.37742
Jurnal Pengabdian Aksara Raga, jurnal Pengabdian pada Masyarakat terbitan STKIP Pasundan Cimahi, yang berdiri pada tahun 2019. Jurnal ini menerbitkan artikel hasil-hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam lingkup pendidikan, yang berkualitas tinggi untuk mendukung terlaksananya Tridharma Perguruan Tinggi. Penulis dapat memasukkan artikel ke dalam jurnal berbahasa Indonesia dan Inggris.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Pengabdian Aksara Raga" : 5 Documents clear
Peningkatan Motorik Anak Melalui Program Kebugaran Jasmani Berbasis Permainan Syamsudar, Bangbang; Hambali, Sumbara; Muhammad Alghifari, Isthigfarel
aksararaga Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Pengabdian Aksara Raga
Publisher : STKIP Pasundan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37742/aksararaga.v7i1.34

Abstract

Pengembangan keterampilan motorik pada anak usia dini merupakan aspek penting dalam mendukung tumbuh kembang mereka secara optimal [1]. Tumbuhkembang ini akan berkorelasi dengan tingkat kebugaran jasmani [2]. Permasalahan yang sering ditemukan adalah kurangnya aktivitas fisik yang sesuai dengan kebutuhan anak, sehingga menghambat perkembangan motorik kasar mereka. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik anak melalui pendekatan kebugaran jasmani berbasis permainan [3]. Program ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan sekaligus mendukung kebugaran fisik. Metode yang digunakan melibatkan beberapa tahapan utama, yaitu identifikasi kebutuhan, desain program permainan fisik, pelatihan fasilitator, implementasi program, serta evaluasi dan penyempurnaan. Permainan dirancang dengan mempertimbangkan aspek usia dan kemampuan anak, serta melibatkan partisipasi aktif orang tua dan pendidik. Kegiatan ini dilaksanakan di wilayah tertentu dengan karakteristik anak-anak usia dini, fasilitas terbatas, dan kesadaran masyarakat yang perlu ditingkatkan terkait pentingnya aktivitas fisik. Hasil yang diharapkan dari program ini mencakup peningkatan keterampilan motorik kasar anak, peningkatan pemahaman orang tua dan pendidik mengenai pentingnya kebugaran jasmani, serta panduan berbasis permainan yang dapat digunakan secara berkelanjutan. Target luaran program meliputi publikasi ilmiah, modul pelatihan, panduan kebugaran jasmani, dan laporan dokumentasi kegiatan. Program ini diharapkan memberikan kontribusi nyata dalam mendukung perkembangan motorik anak usia dini, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kebugaran jasmani, serta menjadi model yang dapat diimplementasikan di berbagai wilayah lain
Kontribusi Model Pembelajaran, Latihan Dan Tatakelola Pada Peningkatan Prestasi Olahraga Rusmana, Ruslan; Supriadi, Dedi; Hadyansah, Diky; Ramdhan Taufik, Bagus
aksararaga Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Pengabdian Aksara Raga
Publisher : STKIP Pasundan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37742/aksararaga.v7i1.35

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi olahraga melalui pengembangan dan penerapan model pembelajaran, latihan, serta tatakelola yang efektif di desa binaan. Masalah utama yang dihadapi adalah kurangnya sistem pelatihan yang terstruktur dan ketidakefektifan dalam tata kelola olahraga di tingkat komunitas. Dalam rangka mencapainya, program ini mengembangkan model pembelajaran yang berbasis pada pendekatan ilmiah, pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan atlet, serta penyusunan tatakelola yang mendukung keberlanjutan program olahraga. Metode yang digunakan mencakup analisis kebutuhan, pelatihan pelatih, pengembangan modul pelatihan, serta evaluasi program secara berkala. Luaran yang diharapkan antara lain adalah peningkatan kualitas pelatihan, keterampilan pelatih, prestasi atlet, dan sistem tata kelola yang dapat diterapkan secara berkelanjutan. Dengan adanya model yang efektif, diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan prestasi olahraga di desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui olahraga
KEGIATAN FASILITASI ENGLISH CLUB DI SMAN 3 CIMAHI Mardiani, Ridha; Fitriana, Dina
aksararaga Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Pengabdian Aksara Raga
Publisher : STKIP Pasundan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37742/aksararaga.v7i1.36

Abstract

Sebagaimana dimandatkan dalam Permendikbud No. 3 Tahun 2020 dimana dosen wajib memenuhi kewajiban pengabdian kepada masyarakat (PKM), tim PKM Prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Pasundan yang terdiri dari 4 anggota akan melakukan pengabdian penerapan ilmu pengetahuan sesuai dengan bidang keahlian dengan terlibat dalam kegiatan English Club di SMAN 3 Cimahi. Kegiatan ini berlangsung dalam satu bulan dimana tim PKM telah berpartisipasi merancang kegiatan dan terjun dalam kegiatan English Club tersebut. Dalam mengembangkan materi untuk kegiatan ini, dua teori yang diacu ialah critical pedagogy (CP) dan translingualism untuk mendorong pemikiran kritis dalam kegiatan yang dititikberatkan pada kegiatan berbicara dan mendukung penggunaan bahasa yang bermakna dengan pendekatan translingualism. Pada kegiatan ini, tim PKM merancang kegiatan ini dalam jangka waktu satu bulan dan melibatkan mahasiswa dalam pelaksanaannya. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dalam dua pertemuan dengan tema yang diperoleh dari anggota English Club dan difasilitasi oleh mahasiswa yang terlibat. Tema yang pertama ialah Palestine dan yang kedua ialah artificial inteligence (AI). Pada petemuan pertama, sebagian besar anggota club berusaha untuk mengungkapkan pendapatnya dalam bahasa Inggris, namun ada beberapa anggota yang masih belum percaya diri dan lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia. Pada pertemuan kedua, anggota club yang tadinya kurang percaya diri mulai berani menggunakan mixed language dan fokus pada pengungkapan pendapat kritis mereka.
Pelatihan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Pjok Pada Siswa Sdn Kota Bandung Gatot Sugiarto , Bambang; Santosa , Agus; Kurniati , Cici
aksararaga Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Pengabdian Aksara Raga
Publisher : STKIP Pasundan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37742/aksararaga.v7i1.37

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di SDN Kota Bandung. Kurikulum Merdeka memberikan ruang lebih fleksibel bagi guru untuk mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, termasuk dalam mata pelajaran PJOK. Namun, banyak guru PJOK yang masih kesulitan dalam mengadaptasi kurikulum ini karena keterbatasan pengetahuan dan keterampilan dalam penerapannya. Oleh karena itu, program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru PJOK dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar melalui pelatihan dan pendampingan yang intensif. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi survei awal untuk menganalisis kondisi saat ini, dilanjutkan dengan pelatihan berbasis Kurikulum Merdeka yang melibatkan pengembangan keterampilan mengajar dan penggunaan media pembelajaran yang kreatif. Pendampingan langsung akan dilakukan di kelas untuk memastikan penerapan yang efektif dan memberikan umpan balik bagi guru. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PJOK di SDN Kota Bandung, memberikan solusi terhadap kendala yang dihadapi oleh guru, serta menghasilkan modul dan dokumentasi sebagai luaran dari kegiatan ini. Target luaran yang diharapkan dari kegiatan pengabdian ini antara lain adalah peningkatan kompetensi guru PJOK dalam menerapkan Kurikulum Merdeka, peningkatan keterampilan siswa dalam pembelajaran PJOK, serta produk berupa modul pelatihan yang dapat digunakan oleh sekolah lain. Program ini diharapkan dapat berkontribusi dalam transformasi pendidikan yang lebih fleksibel dan berbasis pada kebutuhan peserta didik
Pendidikan Jasmani Adaptif untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Peningkatan Keterampilan Gerak Ishak, Muhamad; Budiman, Ali; Jamil, Awaludin
aksararaga Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Pengabdian Aksara Raga
Publisher : STKIP Pasundan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37742/aksararaga.v7i1.38

Abstract

Pendidikan Jasmani Adaptif untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) berfokus pada pengembangan keterampilan gerak yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi individu. Program ini dirancang untuk membantu ABK dalam meningkatkan keterampilan motorik kasar dan halus melalui pendekatan yang terstruktur, dengan menggunakan metode yang dapat disesuaikan dengan kondisi fisik, mental, dan emosional mereka. Peningkatan keterampilan gerak tidak hanya berdampak pada fisik, tetapi juga pada aspek sosial dan psikologis, seperti peningkatan rasa percaya diri dan interaksi sosial. Pendidikan Jasmani Adaptif memainkan peran penting dalam memperkaya pengalaman belajar ABK dan memfasilitasi integrasi mereka dalam kegiatan fisik bersama teman sebaya..

Page 1 of 1 | Total Record : 5