cover
Contact Name
Antuni Wiyarsi
Contact Email
jrpk@uny.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jrpk@uny.ac.id
Editorial Address
Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
ISSN : -     EISSN : 30326885     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia (JRPK) merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dalam bidang pembelajaran kimia. Prosedur penerbitan jurnal ini melalui peer-review dan menerapkan etika penerbitan ilmiah sebagaimana ditetapkan oleh COPE (Committee on Publication Ethics). Ruang lingkup jurnal ini meliputi hasil penelitian pembelajaran kimia dalam bidang kurikulum kimia sekolah menengah (SMA, MA dan SMK), strategi pembelajaran kimia, integrasi teknologi dalam pembelajaran kimia, penilaian pembelajaran kimia, media dan sumber pembelajaran kimia, serta pembelajaran kimia untuk masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pembelajaran Kimia" : 6 Documents clear
PENGEMBANGAN VIDEO APERSEPSI KONFIGURASI ELEKTRON DAN HUBUNGANNYA DENGAN TABEL PERIODIK UNSUR KELAS X SMA/MA Risha Astiani; I Made Sukarna
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pembelajaran Kimia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v7i2.13366

Abstract

AbstrakPenelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kualitas “Video ApersepsiKonfigurasi Elektron dan Hubungannya dengan Tabel Periodik Unsur Semester 1 Kelas X SMA/MA”. Modelpengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah dengan mengadaptasi model ADDIE.Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tahap analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi, sedangkantahap implementasi tidak dilakukan dalam penelitian ini. Penilaian kualitas media berbasis video untuk apersepsipembelajaran kimia menggunakan instrumen penilaian berupa angket yang mencakup 5 aspek penilaian, yaituaspek kelayakan isi apersepsi, kebahasaan, keterlaksanaan, tampilan video, dan kemudahan penggunaan.Hasil daripenelitian pengembangan ini berupa media video untuk apersepsi pembelajaran kimia dengan persentase keidealanseluruh video apersepsi adalah 80,46% dengan kualitas baik.Kata kunci: Apersepsi, Penelitian Pengembangan, Video.
PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK SMK PROGRAM STUDI AGRIBISNIS PRODUKSI TANAMAN KELAS X SEMESTER 2 Patricia Sacita Hanindya Agni Megananda; Eddy Sulistyowati
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pembelajaran Kimia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v7i2.13361

Abstract

AbstrakPenelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik buku petunjuk praktikum kimiauntuk SMK program studi agribisnis produksi tanaman kelas X semester 2 serta mengetahui kualitas buku petunjukpraktikum kimia untuk SMK program studi agribisnis produksi tanaman kelas X semester 2 yang dikembangkanberdasarkan penilaian 5 guru kimia SMK dan 20 siswa SMK program studi agribisnis produksi tanaman. Modelpengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop,dan Disseminate). Dalam penelitian ini tahap disseminate (penyebaran) tidak dilakukan, sehingga terdapat tigatahap pengembangan, yaitu tahap pendefinisian, desain dan pengembangan. Buku Petunjuk Praktikum Kimia yangdikembangkan memiliki karakteristik (1) berupa media cetak yang dicetak full colour; (2) buku petunjukpraktikum kimia ini berbasis inkuiri terbimbing; (3) buku petunjuk praktikum ini terdiri dari bagian cover,bagian pendahuluan, bagian isi, dan bagian penutup. Berdasarkan hasil penilaian guru, diperoleh skor rata-rata144,80 dan persentase keidealan 93,42% dengan kategori kualitas sangat baik (SB). Skor rata-rata dari hasilpenilaian siswa adalah 69,10 dan persentase keidealan 86,375% dengan kategori kualitas sangat baik (SB). Olehkarena itu, buku petunjuk petunjuk praktikum kimia ini layak digunakan sebagai penunjang kegiatan praktikumdalam pembelajarn kimia bagi siswa.Kata kunci: buku petunjuk praktikum kimia, penelitian pengembangan, inkuiri terbimbing
PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK SMK PROGRAM STUDI AGRIBISNIS PRODUKSI TANAMAN KELAS X SEMESTER 1 Afifah Fakhriyah Dwirachma; Eddy Sulistyowati
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pembelajaran Kimia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v7i2.13362

Abstract

AbstrakPenelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kualitas dari buku petunjukpraktikum kimia berbasis inkuiri terbimbing untuk SMK program studi agribisnis produksi tanaman kelas Xsemester 1. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D. Model ini mempunyai empat tahapyaituDefine, Design, Develop, and Disseminate), tetapi tahap yang digunakan dalam penelitian ini hanya sampaipada tahap ketiga saja (develop).Penelitian pengembangan ini menghasilkan Buku Petunjuk Praktikum KimiaBerbasis Inkuiri Terbimbing untuk SMK Program Studi Agribisnis Produksi Tanaman Kelas X Semester 1 yangmempunyai karakteristik yaitu (1) berupa media cetak yang full colour, (2) berbasis inkuiri terbimbing, (3) terbagike dalam bagian cover, bagian pendahuluan, bagian isi, dan bagian penutup. Berdasarkan hasil penilaian guru,diperoleh skor rata-rata 143,80 dan persentase keidealan 92,77% dengan kategori kualitas sangat baik (SB). Skorrata-rata dari hasil penilaian siswa adalah 67,40 dan persentase keidealan 84,25% dengan kategori kualitas sangatbaik (SB). Oleh karena itu, buku petunjuk praktikum kimia ini layak digunakan sebagai penunjang kegiatanpraktikum dalam pembelajaran kimia.Kata kunci: buku petunjuk praktikum kimia, SMK program studi agribisnis produksi tanaman, inkuiri terbimbing
PENGARUH MODEL CHEMISTRY OUTDOOR ACTIVITY PADA PEMBELAJARAN LARUTAN ASAM DAN BASA TERHADAP KETERAMPILAN KERJA SAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA Faiz Amrillah Muhadir; Indyah Sulistyo Arty
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pembelajaran Kimia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v7i2.13363

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan keterampilan kerja sama siswa kelas XI SMA yangmengikuti pembelajaran dengan model Chemistry Outdoor Activity, (2) menganalisis perbedaan antara prestasibelajar kimia siswa kelas XI SMA sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan model Chemistry OutdoorActivity. Penelitian ini merupakan penelitian di bidang pendidikan kimia menggunakan desain penelitian preexperimental design dengan jenis pretest and posttest one group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XIIPA semester 2 SMAN 1 Tempel Kabupaten Sleman tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 56 orang. Selanjutnyasampel ditentukan dengan teknik sampling jenuh, yaitu jika seluruh anggota populasi digunakan sebagai sampelsebanyak 56 orang. Materi kimia yang digunakan dalam penelitian adalah larutan asam dan basa. Datadikumpulkan dengan observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, uji-t, dan N-Gain. Hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa: (1) keterampilan kerja sama siswa kelas XI SMA yang mengikuti pembelajarandengan model Chemistry Outdoor Activity termasuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor seluruh aspekadalah 13,78, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia siswa kelas XI SMA sebelum dansesudah mengikuti pembelajaran dengan model Chemistry Outdoor Activity berupa peningkatan prestasi belajardalam kategori rendah (N-Gain = 0,27; t = -11,717; p = 0,000).Kata kunci: Chemistry Outdoor Activity, keterampilan kerja sama, prestasi belajar, pre experimental design.
PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN KIMIA TANAH UNTUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PERTANIAN Nabil 'Abqoriy; Heru Pratomo AL
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pembelajaran Kimia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v7i2.13364

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik buku Kimia Tanah dan menentukankualitas buku Kimia Tanah. Kualitas ditentukan berdasarkan penilaian guru SMK Pertanian, ditinjau dariaspek lingkup materi, aspek penyajian materi, aspek bahasa, serta aspek kegrafikan. Kualitas bukuKimia Tanah juga ditentukan sesuai tanggapan siswa program keahlian Agribisnis Tanaman SMK Negeri1 Pandak. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development,Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini menghasilkan buku berjudul “Kimia Tanah: KesuburanTanah Ditinjau Secara Kimiawi”. Materi yang disajikan pada buku ini, yaitu: mengenal tanah pertanian,komponen penyusun tanah, sifat-sifat kimiawi tanah, macam-macam unsur hara tanah, peran unsur haratanah, gejala tanaman kekurangan unsur hara, nilai keasaman (pH) tanah, senyawa kapur tanah, dananalisis kimia tanah. Kualitas buku secara keseluruhan berada pada kategori sangat baik (SB)berdasarkan hasil review guru SMK Pertanian, maupun hasil tanggapan menurut siswa SMK Negeri 1Pandak. Oleh karena itu, buku ini layak digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa SMK Pertanian danmasyarakat yang berkecimpung dalam bidang pertanian.Kata Kunci : Agribisnis Tanaman, kimia tanah, pengembangan buku, SMK Pertanian
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PERALATAN PELINDUNG DIRI UNTUK SISWA KELAS X SMK TEKNIK KIMIA Nugroho Wahyu Sumartono; Sunarto Sunarto
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pembelajaran Kimia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v7i2.13365

Abstract

AbstrakTujuan Penelitian ini adalah menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif materi peralatan pelindung diriuntuk siswa kelas X SMK program keahlian teknik kimia dan mengetahui kualitas multimedia pembelajaran interaktiftersebut. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ADDIE dengan meliputi langkahanalisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dankuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, lembar observasi, dan lembarkuesioner. Hasil pengembangan diperoleh multimedia pembelajaran interaktif dengan materi peralatan pelindung diriyang terdiri dari 7 bagian yakni, halaman utama, kompetensi, materi utama dengan gambar dan video, evaluasi,referensi, petunjuk penggunaan, dan informasi pengembang. Multimedia pembelajaran interaktif ini memiliki kualitasdengan kategori Sangat Baik berdasarkan penilaian 5 reviewer guru dengan nilai rerata seluruh aspek sebesar 129,8dan respons 5 siswa SMK SMTI Yogyakarta dengan nilai rerata seluruh aspek sebesar 66,4.Kata kunci: alat pelindung diri, interaktif, komputer, media pembelajaran, penelitian dan pengembangan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6