cover
Contact Name
Kerisman Halawa
Contact Email
ojs.usmindonesia19@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ojs.usmindonesia19@gmail.com
Editorial Address
Universitas Sari Mutiara Indonesia Jln. Kapten Muslim No.79 Medan-20123, Medan, Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 2963850X     EISSN : 2963850X     DOI : https://doi.org/10.51544/sentra.v3i1.4716
FOCUS DAN SCOPE JURNAL SENTRA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Aspek Perkembangan Anak (Nilai Agama dan Moral, Kognitif, Bahasa, Fisik Motorik, Sosial Emosional, dan Seni) Anak Berkebutuhan Khusus / PAUD Inklusi Parenting Manajemen PAUD Kesehatan dan Gizi PAUD Kurikulum, Media, dan Pembelajaran PAUD Assesment PAUD Psikologi Anak Usia Dini Inovasi dan isu terkini yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2024): Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini" : 6 Documents clear
STRATEGI MENINGKATKAN CINTA TANAH AIR SEJAK ANAK USIA DINI DI PAUD BALITA QUR’AN EL-MUMTADZ Nisa, Khairatun; Shaleha, Kharida
Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2024): Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51544/sentra.v3i1.4716

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi yang efektif dalam meningkatkan rasa cinta tanah air sejak usia dini. Metode penelitian yang digunakan meliputi survei, observasi, dan wawancara untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang isu-isu pokok yang terkait dengan pembentukan identitas nasional sejak dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada pengalaman, interaktif, dan menyenangkan dapat menjadi strategi yang efektif dalam membangkitkan rasa cinta tanah air pada anak usia dini. Diskusi melibatkan analisis mendalam terhadap hasil temuan, dengan menyoroti pentingnya peran keluarga, sekolah, dan lingkungan dalam membentuk identitas nasional anak-anak. Kesimpulannya, pendekatan holistik yang melibatkan berbagai pihak, termasuk orang tua, pendidik, dan komunitas lokal, diperlukan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan cinta tanah air sejak dini. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam merancang strategi yang efektif untuk memperkuat rasa cinta tanah air pada generasi muda, yang pada gilirannya akan memperkokoh kesatuan dan keberagaman bangsa.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK SWASTA HARAPAN IBU T.A 2022/2023 Shalihat, Hilma Mithalia; Ningsih, Rahmi Wardah; Tambunan, Widya Viola
Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2024): Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51544/sentra.v3i1.4746

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun di TK Swasta Harapan Ibu. Jenis penelitian ini adalah jenis eksperimen. Metode penelitian yang  digunakan adalah pre-experimental dengan design One-Group pretest- posttest Design. Teknik Samping yang digunakan yaitu total sampling dimana jumlah populasi sama dengan jumlah sampel yaitu 12 anak usia 4-5 tahun di TK Swasta Harapan Ibu Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan Dokumentasi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh data sebesar 0,000 dengan taraf signifikasi 0,072 (0,000 < 0,072) yang artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikasikan antara hasil pretest dan posttest. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Terdapat Pengaruh yang Signifikan Pengaruh Media Huruf Terhap Kemampuan membaca permulaan Anak Usia 4-5 Tahun di TK Swasta Harapan Ibu.
UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK DI TK ALMUHAJIRIN SIHITANG PADANGSIDIMPUAN Hasibuan, Zakiah Oktarimah; Siregar, Sakinah
Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2024): Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51544/sentra.v3i1.5247

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan bahwa motorik kasar anak belum berkembang sesuai harapan. Misalnya, beberapa anak mengalami kesulitan dalam mengangkat kaki saat bermain engkol, melompat dengan akurat dari satu kotak ke kotak lain, menginjak kotak engkol dengan benar, atau melempar batu ke dalam kotak yang bersangkutan. Pertanyaan sentral dari penelitian ini adalah: Bagaimana permainan engkol dapat meningkatkan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang menganalisis secara sistematis dan refleksif berbagai tindakan yang dilakukan oleh pendidik yang juga peneliti. Menurut Suharshimi Alikunt, PTK biasanya melibatkan empat tahapan utama:  perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional enklek efektif dalam meningkatkan keterampilan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Almuhajirin Sihitan Padangsidimpuan. Pengaruh permainan ini terlihat melalui kegiatan terstruktur yang mengajarkan anak cara melompat antar kotak, menginjak kotak engkol, mengangkat kaki tanpa terjatuh, dan melempar batu masu dengan akurat. Peningkatan tersebut diukur lintas siklus, dengan hasil meningkat dari 52,86% pada Siklus I Sesi I menjadi 87,49% pada Siklus II Sesi II, dan nilai rata-rata meningkat dari 58,33% pada Siklus I menjadi 81,63% pada Siklus II. . Dapat disimpulkan bahwa permainan engkol efektif meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak usia dini.
PENGARUH KEGIATAN MENCAMPUR WARNA TERHADAP KREATIVITAS MEWARNAI PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PGRI 1 GENTENG KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2023/2024 Maulida, Khilma; Syamsudin, Moh. Anas; Yudha, Firma
Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2024): Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51544/sentra.v3i1.5248

Abstract

Kegiatan yang sering dilakukan pada pendidikan anak usia dini adalah mewarnai. Sayangnya tidak semua anak memiliki kreativitas mewarnai. Permasalahan yang terjadi di TK PGRI 1 Kembiritan Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi yaitu anak-anak kelompok B masih menggunakan satu jenis warna dan belum terampil dalam mengkreasikan warna. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kreativitas mewarnai sebelum diberikan kegiatan mencampur warna dan mengetahui pengaruh kegiatan mencampur warna terhadap kreativitas mewarnai pada anak kelompok B di TK PGRI 1 Kembiritan Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi. Sampel dalam penelitian ini yaitu sampel jenuh yang terdiri dari semua anak kelompok B dengan jumlah 19 anak. Penelitian ini mengunakan jenis kuantitatif dengan pendekatan Pre-experimental One-Group Pretest-Posttest Design. Data diambil dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisi data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa skor rata-rata kreativitas mewarnai pada anak kelompok B sebelum penerapan kegiatan bermain mencampur warna dalam satu kelas memperoleh hasil 2,4. Hasil tersebut memiliki persamaan mulai berkembang. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan nilai sig. (2-tailed) 0.000<0.05 sehingga dapat diambil keputusan bahwa ada pengaruh antara kegiatan mencampur warna terhadap kreativitas mewarnai pada anak usia 5-6 tahun di TK PGRI 1 Kembiritan Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi tahun ajaran 2023/2024.
PENGARUH MEDIA FLIPCHART TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK THERESIA KIDS SCHOOL Ningsih, Rahmi Wardah; Lumbantobing, Panni Ance; Telaumbanua, Endang K.S
Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2024): Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51544/sentra.v3i1.5249

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh pengaruh media flipchart terhadap kemampuan membaca bagi Anak Usia 5 - 6 tahun di Taman Kanak-Kanak Theresia Kids School Medan dengan penelitian eksperimen dan desain Pra-Experimental One- Group pretest and posttest. Anak-anak kelas B yang berjumlah 21 orang anak yang menjadi sampel penelitian ini yang dipilih dengan teknik total sampling. Data penelitian diolah dengan menggunakan statistik SPSS 26 uji normalitas dan uji hipotesis, serta hasilnya didapatkan rata-rata kemam[uan membaca anak sebesar 11,28 dengan persentase 35% dan mengalami peningkatan pada posttest dengan skor rata-rata  24,61 dengan persentase 77%. Berdasarkan uji hipotesis, hasil analisis paired sample t-test menunjukkan hasil t hitung < t table (Nilai -26,034 < 1.724) menunjukkan nilai signifikan 0,05 < 0,10 yang artinya bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media flipchart terhadap kemampuan membaca anak usia 5 - 6 tahun di TK Theresia Kids School Medan.
PENGARUH MEDIA BUSY BOOK TERHADAP MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN Farida, Niken; Harefa, Elvindy
Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2024): Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51544/sentra.v3i1.5259

Abstract

Tujuan dilakukannya yaitu mengetahui Pengaruh Media Busy Book Terhadap Motorik Halus Anak Usia 5 - 6 Tahun di TK Negeri Pembina 1 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi-eksperimental design. Sampelnya adalah  34 anak kelas B dipilih menggunakan porposive sampling kemudian daya dianalisis menggunakan statistic SPSS 29. Pada kelas eksperimen hasil yang diperoleh pretest rata-rata perkembangan motorik halus anak 11. 1782 (45%), posttest hasil yang diperoleh  rata-rata 16.6435 (70%). Sedangkan kelas kontrol diperoleh hasil pretest dengan rata-rata 11.3565 dengan presentase 38% sedangkan pada posttest yaitu rata-rata 15.1782 dengan presentase 58% yang artinya perkembangan motorik halus anak di kelas eksperimen terjadi peningkatan setelah dilakukan perlakuan dibandingkan kelas control. Hasil uji hipotesis sample t-test yaitu 2-tailed 0,001 ˂0,05. Kesimpulan terdapat pengaruh media busy book terhadap motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 1 Medan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6