cover
Contact Name
Kurnia Suci Titih Angelina
Contact Email
ppm.sps@univpancasila.ac.id
Phone
+6281519642215
Journal Mail Official
ekobisman@univpancasila.ac.id
Editorial Address
Sekolah Pascasarjana Universitas Pancasila Jl. Borobudur No. 7, Jakarta Pusat, 10320
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Ekobisman : Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen
Published by Universitas Pancasila
ISSN : 25284304     EISSN : 25979302     DOI : https://doi.org/10.35814/ekobisman
Core Subject : Economy, Social,
1) Micro and macro economics; 2) Marketing, Finance, Operational, Human Resources and Strategic Management; 3) Business Digital
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 2 (2023): DESEMBER" : 6 Documents clear
Strategi Adopsi Teknologi Untuk Meningkatkan Efisiensi Dan Efektifitas Kinerja Organisasi Pada Direktorat Jenderal Aptika Kominfo Martha Asima Bunga Sari Simbolon; Zulkifli; Mombang Sihite
EKOBISMAN : JURNAL EKONOMI BISNIS MANAJEMEN Vol. 8 No. 2 (2023): DESEMBER
Publisher : SEKOLAH PASCASARJANA PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/ekobisman.v8i2.6323

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Kapabilitas Organisasi, SDM Adaptif, Regulasi, dan Adopsi Teknologi terhadap Efisiensi dan Efektivitas Kinerja Organisasi di Ditjen Aptika. Penelitian ini menggabungkan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan fokus grup diskusi (FGD). Sampel penelitian terdiri dari 214 responden pegawai, dan FGD melibatkan para Direktur Aptika. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software Smart PLS versi 3.0 untuk analisis data kuantitatif, serta analisis IFE, EFE, TOWS, dan QSPM untuk analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kapabilitas Organisasi tidak berpengaruh pada Adopsi Teknologi. Namun, SDM Adaptif dan Regulasi berpengaruh terhadap Adopsi Teknologi. Selain itu, Kapabilitas Organisasi, SDM Adaptif, Regulasi, dan juga Adopsi teknologi berpengaruh terhadap Kinerja Organisasi. Berdasarkan hasil analisis QSPM, disimpulkan bahwa fokus strategi yang paling sesuai bagi Ditjen Aptika adalah Meningkatkan Pengembangan SDM Adaptif dan Meningkatkan Pengembangan Inovasi Aptika.
Strategi Keberlangsungan Wisata Museum Benteng Vredeburg Yogjakarta Gita Ratih Prima Santi; Derriawan; Zulkifli
EKOBISMAN : JURNAL EKONOMI BISNIS MANAJEMEN Vol. 8 No. 2 (2023): DESEMBER
Publisher : SEKOLAH PASCASARJANA PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/ekobisman.v8i2.6324

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra destinasi, kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap daya tarik serta dampaknya pada keberlanjutan pariwisata di obyek wisata Museum Benteng Vredeburg. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 140 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Citra destinasi, kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh terhadap daya tarik obyek wisata dan keberlanjutan pariwisata pada obyek wisata museum Benteng Vredeburg di Yogyakarta. Berdasarkan hasil analisis strategi keberlanjutan wisata pada museum Benteng Vredenburg faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi keberlanjutan pariwisata museum Benteng Vredenburg dan hasil observasi pada sasaran diperoleh beberapa faktor kekuatan, kelemahan, keuntungan, dan tantangan yang kemudian akan dijadikan input dalam penyusunan matriks SWOT. Dalam analisis EFAS dan IFAS, strategi pengembangan pariwisataa yang berkelanjutan pada museum Benteng Vredenburg adalah growth strategy dimana berada pada posisi yang menguntungkan karena memiliki keuntungan dan kekuatan yang lebih dominan. Hasil matriks SWOT menunjukkan terdapat strategi utama pengembangan yang dapat diimplementasikan pada museum Benteng Vredeburg diantaranya adalah strategi optimalisasi pengelolaan pariwisata dan strategi optimalisasi potensi home based enterprises untuk mendukung kegiatan pariwisata. Berdasarkan hasil analisis dengan QSPM didapatkan total attractiveness score – TAS melanjutkan Optimalisasi pengelolaan pariwisata sebesar 6,60, lebih besar daripada TAS untuk Optimalisasi potensi home based enterprises sebesar 5,85. Hasil QSPM menunjukkan alternatif strategi yang diprioritaskan adalah optimalisasi pengelolaan pariwisata. Sedangkan alternatif strategi untuk optimalisasi potensi home based enterprises yang lebih rendah, dengan catatan masih akan dilakukan pada jangka waktu lebih panjang.
Strategi Kalitas Layanan Dan Nilai Yang Dirasakan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Desi Eka Tama; Sri Widyastuti; Derriawan
EKOBISMAN : JURNAL EKONOMI BISNIS MANAJEMEN Vol. 8 No. 2 (2023): DESEMBER
Publisher : SEKOLAH PASCASARJANA PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/ekobisman.v8i2.6326

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kualitas layanan dan nilai yang dirasakan apakah berpengaruh terhadap loyalitaas pelanggan melalui kepuasan pada PT Bank Central Asia Tbk di wilayah Depok. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 200 nasabah yang tersebar di 8 kantor cabang. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode Analisis data menggunakan SEM –PLS. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Variabel Kualitas Layanan (X1) dan Nilai Yang Dirasakan (X2) memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y), kualitas Layanan (X1) memiliki pengaruh signifikan terhadap Loyalitas pelanggan (Z) sedangkan Nilai yang Dirasakan (X2) tidak memiliki pengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan (Z). Hasil perhitungan Variabel Kepuasan Pelanggan (Y) yang diperoleh adalah sebesar 0,792 atau 79,2%. Hasil tersebut menunjukan bahwa Kualitas Layanan (X1) dan Nilai yang Dirasakan (X2) secara bersama-sama memberikan pengaruh sebesar 79,2% terhadap Kepuasan Pelanggan. Variabel Loyalitas Pelanggan (Z) yang diperoleh adalah sebesar 0,652 atau 65,2%. Hasil tersebut menunjukan bahwa Kualitas Layanan( X1) Nilai yang Dirasakan (X2) dan Kepuasan Pelanggan (Y) secara bersama-sama memberikan pengaruh sebesar 65,2% terhadap Loyalitas Pelanggan (Z). dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Varabel kualitas layanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan sedangkan variabel nilai yang dirasakan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan.
Pengaruh Kemitraan Dan Kebijakan Pemerintah Terhadap Daya Saing Serta Dampaknya Kepada Penjualan Usaha Garam Di Nusa Tenggara Timur Pius Nailiu; Derriawan; Fahruddin Salim; M. Ardiansyah Syam
EKOBISMAN : JURNAL EKONOMI BISNIS MANAJEMEN Vol. 8 No. 2 (2023): DESEMBER
Publisher : SEKOLAH PASCASARJANA PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/ekobisman.v8i2.6327

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh KemitraandanKebijakan Pemerintah terhadap Daya Saing Produkterhadap Kinerja PetaniGaram Daerah. Populasi penelitian ini adalah para Petani garam dan pelaku industry garam yang bekerja pada tambak garam dan perusahaan garam Kabupaten Kupang tepatnya daerah Bipolo. Jumlah sampel dari populasi tersebut sebanyak 50± orang yang diambil dengan menggunakan Teknik Teknik Slovins. Metode statistic yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Structural Equation Modeling(SEM) yang dioperasikan melalui program Smart PLS. Pada penelitian ini menghasilkan bahwa variable Kemitraan dan Kebijakan Pemerintah terhadap Daya Saing Produk Garam mempunyai pengaruh positif dan signifikan, sedangkan variable Daya Saing Produk Garam terhadap Kinerja Petani Garam Daerah pengaruh positif dan signifikan, secara langsung berpengaruh tidak signifikan terhadap Kemitraan dan Kebijakan Pemerintah.
Meningkatkan Competitive Advantage dan Kinerja Pemasaran di PT. Kalibrate Inti Akurasi Sutrisno; Sri Widyastuti; Mombang Sihite
EKOBISMAN : JURNAL EKONOMI BISNIS MANAJEMEN Vol. 8 No. 2 (2023): DESEMBER
Publisher : SEKOLAH PASCASARJANA PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/ekobisman.v8i2.6662

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui Service Quality, Market Orientation dan Service Innovation terhadap Competitive Advantage dan kinerja pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah karyawan dari PT Kalibrate Inti Akurasi yang berjumlah 52 orang dengan sample yaitu selutuh karyawan dari PT Kalibrate Inti Akurasi. Adapun metode pengambilan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuisioner. Analisis data pada penlitian ini menggunakan teknik analisis SmartPLS. Dimana hasil penelitian menunjukkan bahwa Service Quality, Market Orientation dan juga Service Innovation memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Competitive Advantage sedangkan Service Quality, Market Orientation dan juga Service Innovation tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pemasaran dan Competitive Advantage memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran.
Pengaruh Motivasi, Komitmen Organisasi Dan Work Engagement Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pada Desa Wisata Di Kabupaten Kulon Progo Sudiono; Seta A. Wicaksana; Lies Putriana
EKOBISMAN : JURNAL EKONOMI BISNIS MANAJEMEN Vol. 8 No. 2 (2023): DESEMBER
Publisher : SEKOLAH PASCASARJANA PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/ekobisman.v8i2.7104

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung dari komitmen organisasi, work engagement terhadap organizational citizenship behavior melalui motivasi. Subjek penelitian adalah pengurus Pokdarwis di Desa Wisata Sermo, Kalibiru dan Jatimulyo yang berjumlah 40 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiasi kausal. Pengumpulan data menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research) yang terdiri dari wawancara (interview), pengamatan langsung (observation), dan kuesioner. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan verifikatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara tidak langsung komitmen organisasi dan work engagement berpengaruh terhadap Organizational Citizenship Behavior melalui motivasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 10 No. 1 (2025): AGUSTUS Vol. 9 No. 3 (2025): APRIL Vol 9 No 2 (2024): Desember Vol. 9 No. 2 (2024): DESEMBER Vol. 9 No. 1 (2024): AGUSTUS Vol 9 No 1 (2024): AGUSTUS Vol 8 No 3 (2024): APRIL Vol. 8 No. 3 (2024): APRIL Vol. 8 No. 2 (2023): DESEMBER Vol 8 No 2 (2023): Desember Vol. 8 No. 1 (2023): AGUSTUS Vol 8 No 1 (2023): Agustus Vol 7 No 3 (2023): APRIL Vol. 7 No. 3 (2023): APRIL Vol. 7 No. 2 (2022): DESEMBER Vol 7 No 2 (2022): DESEMBER Vol 7 No 1 (2022): AGUSTUS Vol. 7 No. 1 (2022): AGUSTUS Vol 6 No 3 (2022): APRIL Vol. 6 No. 3 (2022): APRIL Vol. 6 No. 2 (2021): DESEMBER Vol 6 No 2 (2021): DESEMBER Vol 6 No 1 (2021): AGUSTUS Vol. 6 No. 1 (2021): AGUSTUS Vol. 5 No. 3 (2021): APRIL Vol 5 No 3 (2021): APRIL Vol. 5 No. 2 (2020): DESEMBER Vol 5 No 2 (2020): DESEMBER Vol 5 No 1 (2020): AGUSTUS Vol. 5 No. 1 (2020): AGUSTUS Vol. 4 No. 3 (2020): APRIL Vol 4 No 3 (2020): APRIL Vol 4 No 2 (2019): DESEMBER Vol. 4 No. 2 (2019): DESEMBER Vol 4 No 1 (2019): AGUSTUS Vol. 4 No. 1 (2019): AGUSTUS Vol. 3 No. 3 (2019): APRIL Vol 3 No 3 (2019): APRIL Vol 3 No 2 (2018): DESEMBER Vol. 3 No. 2 (2018): DESEMBER Vol. 3 No. 1 (2018): AGUSTUS Vol 3 No 1 (2018): AGUSTUS Vol 2 No 3 (2018): APRIL Vol. 2 No. 3 (2018): APRIL Vol 2 No 2 (2017): DESEMBER Vol. 2 No. 2 (2017): DESEMBER Vol. 2 No. 1 (2017): AGUSTUS Vol 2 No 1 (2017): AGUSTUS Vol. 1 No. 3 (2017): APRIL Vol 1 No 3 (2017): APRIL Vol 1 No 2 (2016): DESEMBER Vol. 1 No. 2 (2016): DESEMBER Vol. 1 No. 1 (2016): AGUSTUS Vol 1 No 1 (2016): AGUSTUS More Issue