cover
Contact Name
Andre Suryaningprang
Contact Email
inabajournals@inaba.ac.id
Phone
+62895405780777
Journal Mail Official
inabajournals@inaba.ac.id
Editorial Address
Jl. Soekarno Hatta No. 448, Batununggal, Kec. Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40266, Indonesia
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Journal Of Digital Communication Science
ISSN : 29636019     EISSN : 29643333     DOI : https://doi.org/10.56956/jdcs.v1i2.217
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Digital Communication Science opens for manuscript that had focus on the following issues: Management Communication Digital Public Relations Mass Media Marketing and Business Communication Cultural Communication Online Media Political Communication Organizational Communication
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2024): Journal of Digital Communication Science" : 5 Documents clear
Persepsi Remaja Akhir terkait Tayangan Tiga Bacapres Bicara Gagasan di Media Narasi Fathinah, Alya; Abdullah, Aceng; Bakry, Gema Nusantara
Journal of Digital Communication Science Vol. 2 No. 2 (2024): Journal of Digital Communication Science
Publisher : Universitas Indonesia Membangun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56956/jdcs.v2i2.324

Abstract

3 Bacapres Bicara Gagasan menjadi acara yang mempertemukan Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (bacapres) dari tiga koalisi Pemilu 2024. Dalam acara tersebut, ketiganya menyampaikan gagasan jika terpilih menjadi presiden dan menjawab pertanyaan dari audiens. Acara tersebut disiarkan secara langsung melalui Youtube sehingga menjadi tayangan yang bisa ditonton publik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi berdasarkan indikator tanggapan, pendapat, dan penilaian remaja akhir (18-24 tahun) terkait tayangan 3 Bacapres Bicara Gagasan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan memanfaatkan angket. Teknik analisa data menggunakan tabulasi data yang kemudian dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan remaja akhir menyadari adanya reaksi fisik, emosional, dan kognitif. Remaja akhir berpendapat melalui tayangan 3 Bacapres Bicara Gagasan membantu mereka mengetahui visi, misi, gagasan serta perbedaan pandangan Anies, Ganjar, dan Prabowo. Remaja akhir menilai Anies Baswedan sebagai sosok paling unggul berdasarkan penampilan dalam tayangan tersebut.
Komunikasi Budaya Pernikahan Masyarakat Kampung Adat Cireundeu Ita Rahmawati; Ramdan, Ahmad Taufiq Maulana; Recky, Recky; Wiryany, Detya; Silviany, Amy Elva
Journal of Digital Communication Science Vol. 2 No. 2 (2024): Journal of Digital Communication Science
Publisher : Universitas Indonesia Membangun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56956/jdcs.v2i2.329

Abstract

Kampung Adat Cireundeu adalah sebuah perkampungan yang terletak di daerah Leuwihgajah, Kota Cimahi. Subjek penelitian ini ialah seorang tokoh ketua Kampung Adat Cireundeu. Penelitian ini berdasarkan metode penelitian pendekatan teori konstruksi sosial atas realitas. Selain itu, metodologi yang digunakan yaitu kulitatif deskriptif dengan tujuan untuk mengetahui tahapan pernikahan yang ada di Kampung Adat Cireundeu. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan interview, kesimpulan dari penelitian ini adalah Kampung Adat Cireundeu memiliki kearifan lokal yang masih sangat kental, masyarakat tidak mengonsumsi beras sebagai makanan pokoknya dan menggantikannya dengan singkong, sebagian masyarakat menganut kepercayaan Sunda Wiwitan, namun sangat toleransi antar agama. Tradisi Kampung Adat Cireundeu menjadi sebuah warisan adat yang masih memegang teguh ajaran leluhur. Tahapan pernikahan di Kampung Adat Cireundeu ini terdapat makna – makna tertentu yang memiliki arti yang sangat mendalam. Meskipun pernikahan adat masih belum diakui oleh pemerintah akan tetapi masyarakat Kampung Adat Cireundeu hingga saat ini masih memperjuangkan agar status pernikahan dapat diakui oleh pemerintah.
Studi Semiotika Roland Barthes Pada Cover Novel The Principles Of Power Karya Dion Yulianto: Indonesia Siti Rahmadani, Riva; Wiryany, Detya; Meltareza, Ridma; Silviany, Amy Elva; Tawaqal, Rizki Surya
Journal of Digital Communication Science Vol. 2 No. 2 (2024): Journal of Digital Communication Science
Publisher : Universitas Indonesia Membangun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56956/jdcs.v2i2.331

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis elemen-elemen semiotika pada cover novel The Principles of Power dengan menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes. Metode yang digunakan meliputi analisis tanda makna denotatif dan konotatif yang terdapat pada elemen visual cover novel tersebut. Data yang dikumpulkan mencakup berbagai macam elemen visual seperti gambar, tipografi, dan warna. Hasil analisis menunjukkan bahwa keterkaitan warna dan gambar pada cover mencerminkan tema utama novel, yaitu jalan cerita. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa sebuah cover novel bukan hanya sebagai daya tarik visual, tetapi juga sebagai representasi simbolis dari isi dan tema sebuah novel, yang dapat memberikan pemahaman pembaca tentang karya tersebut. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam studi semiotika dan analisis visual dalam literatur.
Analisis Manajemen Event Halo Bandung On The Spot Pada Sub Bagian Protokol Komunikasi Pimpinan Kota Bandung Desiana, Jasmine; Rahmat, Agus
Journal of Digital Communication Science Vol. 2 No. 2 (2024): Journal of Digital Communication Science
Publisher : Universitas Indonesia Membangun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56956/jdcs.v2i2.356

Abstract

Manajemen event merupakan salah satu bidang yang memegang peranan penting dalam dunia modern, di mana berbagai acara dan kegiatan seringkali digunakan sebagai alat strategis untuk mencapai beragam tujuan, mulai dari pemasaran hingga pembangunan komunitas. Studi ini berfokus pada analisis manajemen event "Halo Bandung On The Spot" yang diselenggarakan oleh Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan secara mendalam seluruh tahapan manajemen event, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, hingga evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen event yang terstruktur dan dilakukan dengan cermat mampu mendukung pencapaian tujuan acara, yaitu peningkatan kesadaran masyarakat terhadap kinerja dan program pemerintah Kota Bandung. Setiap tahapan dalam manajemen event saling terkait dan berkontribusi terhadap keberhasilan acara, dengan perencanaan dan evaluasi sebagai kunci utama untuk meningkatkan kualitas acara di masa mendatang.
Analisis Media Monitoring terhadap Brand Kahf melalui Tools Brand24 Pada Bulan Desember 2024 Nabilla, Syifa; Hafiar, Hanny
Journal of Digital Communication Science Vol. 2 No. 2 (2024): Journal of Digital Communication Science
Publisher : Universitas Indonesia Membangun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56956/jdcs.v2i2.398

Abstract

Saat ini perawatan kulit atau yang biasa dikenal dengan skincare tidak hanya digunakan oleh wanita, namun juga pria. Tren penggunaan skincare  oleh pria menjadi faktor pendukung naiknya tingkat konsumsi skincare di Indonesia. Menyadari hal tersebut, maka banyak perusahaan yang mulai memproduksi skincare khusus untuk pria. Salah satunya yaitu PT Paragon Technology and Innovation yang menciptakan brand Kahf untuk menjawab permasalahan kulit khusus pria. Seiring berjalannya waktu, Kahf semakin populer di kalangan pria sehingga menyebabkan penjualan produk Kahf juga semakin meningkat. Hal tersebut mendorong perlu adanya media monitoring sebagai bentuk usaha pelacakan dan pemantauan insight brand dan produk Kahf di internet. Media monitoring atau yang dikenal juga dengan pemantauan media digunakan sebagai acuan untuk melakukan treatment terhadap media di masa mendatang dan sebagai cara untuk pengambilan keputusan atau kebijakan perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif berjenis netnografi yaitu dengan menggunakan brand24 sebagai media monitoring tools yang dapat mengumpulkan data berbasis segmentasi lini masa. Dalam penelitian ini, peneliti memanfaatkan tools brand24 untuk melihat dan mengetahui sentimen positif, jumlah mention and reach brand Kahf serta produk Kahf yang paling banyak diberitakan pada bulan Desember 2024

Page 1 of 1 | Total Record : 5