cover
Contact Name
Henni Somantik
Contact Email
garuda@apji.org
Phone
+628115697744
Journal Mail Official
danang@stekom.ac.id
Editorial Address
Jl. Ngedang Desa Tebedak Kecamatan Ngabang, Kab. Landak, Provinsi Kalimantan Barat, 78357
Location
Kab. landak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Coram Mundo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen
ISSN : 23025735     EISSN : 28305493     DOI : 10.55606
Pendidikan Kristen Pastoral dan Konseling Kepemimpinan Misiologi Sejarah Gereja Homiletika Hermeneutika Biblika Sistematika Musik Gereja
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2021): Coram Mundo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen" : 11 Documents clear
PENTINGNYA MENDISIPLINKAN ANAK USIA 6-12 TAHUN DAN IMPLIKASINYA BAGI PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI SDN 19 KAYUARA Elwin ST; Esau Yesyurun Tang
Coram Mundo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen Vol. 3 No. 2 (2021): Coram Mundo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Ngabang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/corammundo.v3i2.20

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pentingnya Mendisiplinkan Anak Usia 6-12 Tahun dan Implikasinya Bagi Pembentukan Karakter Anak di SDN 19 Kayuara. Mendisiplinkan adalah suatu bimbingan, pengarahan dan pengendalian tingkah laku melalui disiplin kepada anak supaya mengalami pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental dan kerohanian yang optimal.
PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENGANTISIPASI PERGAULAN BEBAS DI KALANGAN PESERTA DIDIK DI SMA SHALOM BENGKAYANG Beriana Simorangkir; Meryantje Anabokay; Joni Sirenden
Coram Mundo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen Vol. 3 No. 2 (2021): Coram Mundo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Ngabang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/corammundo.v3i2.23

Abstract

Pergaulan bebas merupakan suatu tindakan yang bertolak belakang dengan tindakan moral, karakter, dan spiritual. Mengantisipasi pergaulan bebas di kalangan peserta didik di Sekolah Menengah Atas (SMA) Shalom Bengkayang sangat penting untuk dilakukan oleh guru pendidikan agama Kristen.
HAMBA TUHAN DAN POLITIK PRAKTIS: KAJIAN TEOLOGIS-ETIS TERHADAP PANGGILAN HAMBA TUHAN DAN KETERLIBATANNYA DALAM POLITIK PRAKTIS DALAM KONTEKS INDONESIA Gianto Gianto
Coram Mundo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen Vol. 3 No. 2 (2021): Coram Mundo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Ngabang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/corammundo.v3i2.24

Abstract

Cukup menarik untuk mencermati mengapa para rohaniwan sekarang ini berminat terjun dalam politik praktis. Di kalangan Islam, misalnya, ditemukan Kiai-kiai yang mendirikan partai-partai politik. Bahkan mencalonkan diri menjadi eksekutif atau pun legislatif. Kenyataan itu mestinya menjadi alasan untuk mempertanyakan secara mendalam alasannya, mengapa mereka harus terlibat
PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MEMOTIVASI PESERTA DIDIK AGAR MEMILIKI SEMANGAT BELAJAR DI SMA NEGERI 2 MANDOR Dellis Dellis; Ina Martha
Coram Mundo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen Vol. 3 No. 2 (2021): Coram Mundo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Ngabang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/corammundo.v3i2.25

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Peran guru Pendidikan Agama Kristen dalam memotivasi Peserta Didik agar memiliki semangat belajar di SMA Negeri 2 Mandor. Penelitian ini dapat tersusun dengan baik karena peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan metode pengumpulan data penelitian yaitu observasi, wawancara, dan dukumen dilapangan tentang realita yang terjadi di kalangan para peserta didik dan guru.
PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENGATASI KENAKALAN PESERTA DIDIK DI SMP KRISTEN SETIA BAKTI EMPAONG KECAMATAN PARINDU Mariana Rita; Marthen Mau
Coram Mundo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen Vol. 3 No. 2 (2021): Coram Mundo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Ngabang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/corammundo.v3i2.26

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pentingnya peran guru pendidikan agama Kristen dalam mengatasi kenakalan peserta didik di SMP Kristen Setia Bakti Empaong. Guru PAK adalah seorang yang berperan untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, membina, dan mengembangkan potensi peserta didik, serta berperan penting untuk mengatasi kenakalan peserta didik.
PELAKSANAAN IBADAH LIVE STREAMING DI MASA PANDEMI COVID 19 DAN PENGARUHNYA TERHADAP KESETIAAN BERIBADAH JEMAAT DI IBADAH UMUM GEREJA POUK KEMANG PRATAMA, BEKASI Handri Geradus; Andreas Andreas
Coram Mundo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen Vol. 3 No. 2 (2021): Coram Mundo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Ngabang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/corammundo.v3i2.76

Abstract

Di masa Pandemi setelah pemerintah mengumumkan PSBB semua sektor kegiatan dibatasi secara ketat, tidak hanya kantor-kantor, rumah makan dan toko yang tutup, namun juga tempat ibadah, terutama gereja. Semua umat Kristen di Indonesia mengikuti peraturan itu dengan beribadah di rumah saja ataupun melalui Daring. Gereja-gereja tampak lengang, bahkan sepi pada hari Minggu, hari untuk beribadah bagi umat Kristiani. Apalagi ketika itu sudah memasuki Tri Hari Suci yang mengenang kesengsaraan Tuhan Yesus yang didera, disalibkan dan wafat di kayu salib, sebelum akhirnya dipercaya bangkit dan dirayakan pada hari Paskah. Pada masa pandemi, sebagian gereja memang masih ada yang tetap dibuka untuk para jemaatnya terutama gereja yang anggota jemaat tidak lebih dari 30-40 orang, dengan protokol yang sangat ketat, yaitu sebelum memasuki gereja di cek suhu tubuh, kemudian mencuci tangan dengan sabun dan handsanitizer, harus memakai masker, tidak bersalam-salaman, duduk berjarak kurang lebih 1 sampai 1.5 meter, dan ibadah dipersingkat hanya satu jam dan paling lama satu setengah jam yang biasanya beribadah selama dua jam. Pada Pandemi di gereja POUK melaksanakan ibadah memanfaatkan kecanggihan teknologi yaitu ibadah secara daring yaitu dengan Live Streaming. Disinilah akan kelihatan apakah jemaat masih memiliki kesetiaan kepada Tuhan ketika ibadah dilaksanakan secara daring atau Live Streaming atau sebaliknya semakin jauh dari Tuhan.
ADAT PERNIKAHAN SUKU BATAK TOBA DI TANGERANG SELATAN DIPANDANG DARI ISI ALKITAB Hendy Rusli; David Simajuntak; Sortini Sortini
Coram Mundo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen Vol. 3 No. 2 (2021): Coram Mundo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Ngabang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/corammundo.v3i2.77

Abstract

Pelaksanaan acara adat kebudayaan secara khusus suku Batak Toba menganut hukum eksogami, adalah perkawinan yang tidak mengambil istri marga sendiri “namariboto”, harus di luar kelompok “marga” tersebut karena mereka sebagai kakak-adik. Perempuan meninggalkan keluarga dan pindah keluarga suami atau ikut garis keturunan laki-laki, dan bersifat patrilineal, yang bertujuan mempertahankan marga suami. Penelitian ini memakai metode analisis fenomenologi tidak menggunakan hipotesis dengan pendekatan “refleksi biblical”. Adat pernikahan Suku Batak Toba ditinjau dari iman Kristen tidak bertentangan, sebab adat dilakukan dengan kasih, hormat dan rasa persaudaraan , kebersamaan dengan penuh kasih sesuai dengan Matius 22: 37-40.
Pendidikan Karakter Dalam Era Milenial: Menjawab Tantangan Global Dan Lokal Janes Sinaga; Ramlen Woran; Juita Lusiana Sinambela
Coram Mundo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen Vol. 3 No. 2 (2021): Coram Mundo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Ngabang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/corammundo.v3i2.184

Abstract

Character education is increasingly relevant in the millennial era, where the younger generation faces complex global and local challenges. This research aims to explore the role and urgency of character education in facing these challenges. In the context of social and technological change, character education is an important basis for forming a strong and competitive generation. This research uses qualitative methods with literature review. The importance of character education in facing the challenges of globalization and the various perspectives of values in society are analyzed. The influence of technology and social media is also a new challenge in building the character of the millennial generation. Strategies to ensure effective character education in dealing with globalization and local currents are also discussed. This research provides in-depth and useful insights for education practitioners, policy makers, and all parties who care about the character building of quality and competitive millennial generations. Through a deep understanding of the importance of character education in the millennial era, it is hoped that the younger generation can grow as individuals with integrity, globally competitive and respect local values that strengthen national identity.
Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Model dan Teladan Terhadap Penanaman Integritas Moral Peserta Didik di SMA Reformasi Plus Kelas XI IPA Dominggus Umbu Dingu; Prihadi Kristiyan; Yublina Tefa
Coram Mundo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen Vol. 3 No. 2 (2021): Coram Mundo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Ngabang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/corammundo.v3i2.378

Abstract

Development to achieve educational goals certainly leads to instruments that are responsible for the implementation. The teacher is the instrument, which is required to bring out all the potential possessed, both knowledge and review of self-aspects as a reflection that should be imitated. Thus, it is absolutely necessary to have a complete personality professionalism and role model points that are certainly inherent in every teacher. Teachers are required to maintain stability in speaking and acting as a reaction to the practice of integrity values that do not know place, time and situation. The personality in question does not create a chasm to limit oneself in interacting with others, but how the whole existence can be a role model. School is a place of interaction in the daily life of a teacher, here the teacher does what is his responsibility and obligation in fostering students (towards the desired goal). The implementation pattern certainly requires good performance starting from personality, discipline and how a teacher can be relied on and become a role model for students. The moral integrity of students is the expectation of a teacher, of course. In relation to this review, a teacher, especially a PAK teacher, is required and of course has a very strategic and core role in the implementation of the process of forming moral integrity as a role model for students.
Pengaruh Mengajar Yang Bervariasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP ELPIDA Kelas VII Yanto Tefa; Yublina Tefa; Prihadi Kristiyan; Elisabeth Dethan
Coram Mundo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen Vol. 3 No. 2 (2021): Coram Mundo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Ngabang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/corammundo.v3i2.380

Abstract

This study is based on the fact that the need for competent teachers in the learning process is very necessary, because the main problem in this study is how much influence varies teaching on student learning achievement in ELPIDA Junior High School (Class VII) and how effective the implementation of varied teaching is on student learning achievement in ELPIDA Junior High School (Class VII). The method used in this study is Quantitative research with a classroom research strategy. Based on the results of the research conducted, it shows that with this student achievement, teachers can find out "whether the application of varied teaching affects student learning achievement" at ELPIDA Junior High School. From the results of the simple regression analysis, it can be concluded that the influence of varying teaching on student learning achievement is very high, namely the diterminant coefficient / KP 29.1% and the value of variable relationships is greater than the standard table, which is 0.980 > 0.428 based on these calculations, then the H1 hypothesis is accepted. Thus, the hypothesis that teaching varies has a significant effect on learning performance in Elpida Junior High School grade VII, has been proven.

Page 1 of 2 | Total Record : 11