cover
Contact Name
Toni Ari Wibowo
Contact Email
p2pkm@poltekparprima.ac.id
Phone
+6282146347194
Journal Mail Official
p2pkm@poltekparprima.ac.id
Editorial Address
Jl. Perjuangan No. 18 Kel. Sunyaragi Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
UTAMA: Jurnal Pariwisata Prima
ISSN : 30475481     EISSN : 30473209     DOI : -
UTAMA : Jurnal Pariwisata Prima merupakan sebuah publikasi ilmiah yang berfokus pada berbagai aspek dalam bidang pariwisata. Jurnal ini bertujuan untuk menjadi platform untuk pertukaran ide, penelitian, serta wawasan terkini dalam ilmu pariwisata. Ruang lingkupnya mencakup berbagai topik yang relevan dengan industri pariwisata yang meliputi tourism, hospitality, MICE dan berbagai macam turunan dalam ilmu serupa.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2024): SEPTEMBER" : 5 Documents clear
EVALUASI PENERAPAN KEBIJAKAN PARIWISATA PADA FASILITAS PARIWISATA YANG ADA DI DESA PONDOKNONGKO, KECAMATAN KABAT, KABUPATEN BANYUWANGI M Juniansyah Putra; Ressa Elok Windari; Kanom, Kanom; Suparlan; Yuan Aghtania Salsabila; Resma Wahyu Yudithia; Vivi Silfiyani Anisa Putri; Slamet Ariftoni
Jurnal Pariwisata Prima Vol. 2 No. 2 (2024): SEPTEMBER
Publisher : P2PKM Politeknik Pariwisata Prima Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan kebijakan pariwisata di Desa Pondok Nongko dengan fokus pada infrastruktur dan fasilitas pariwisata, serta potensi wisata dan budaya daerahnya. Evaluasi dilakukan untuk memahami peraturan daerah yang telah diterapkan dan dampaknya terhadap pengembangan pariwisata lokal. Melalui penelitian ini, diidentifikasi hambatan implementasi kebijakan pariwisata berdasarkan kebijakan dan praktik lapangan, dengan harapan merancang renovasi yang diperlukan untuk memenuhi tujuan wisata di Desa Pondok Nongko. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan studi kelayakan melalui wawancara dan observasi langsung ke lokasi. Desa Pondoknongko memiliki potensi pariwisata besar, namun evaluasi menunjukkan minimnya fasilitas pariwisata di desa tersebut. Rekomendasi termasuk memberikan edukasi tentang lingkungan, membangun kembali potensi pariwisata, dan mengoptimalkan infrastruktur pariwisata untuk mendukung pertumbuhan sektor pariwisata secara berkelanjutan. Evaluasi kebijakan pariwisata di Desa Pondok Nongko penting untuk memahami efektivitas implementasi kebijakan dan merancang strategi yang lebih baik untuk pengembangan pariwisata lokal. Peningkatan infrastruktur dan fasilitas pariwisata di Desa Pondok Nongko diharapkan dapat mendukung pertumbuhan sektor pariwisata secara berkelanjutan.
ANALISA POTENSI KAMPUNG WISATA KACIREBONAN DI KOTA CIREBON Hernawati, Yuke; Fitriyana, Dian
Jurnal Pariwisata Prima Vol. 2 No. 2 (2024): SEPTEMBER
Publisher : P2PKM Politeknik Pariwisata Prima Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kampung Wisata Kacirebonan merupakan salah satu potensi pariwisata yang menonjol di Kota Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi yang dimiliki oleh kampung wisata tersebut dari berbagai aspek, termasuk keunikan budaya, daya tarik wisata, infrastruktur, serta potensi ekonomi yang terkait. Metode penelitian yang digunakan melibatkan survei lapangan, wawancara, dan analisis data sekunder. Hasil analisis menunjukkan bahwa Kampung Wisata Kacirebonan memiliki potensi yang signifikan untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata unggulan. Keberagaman budaya, warisan sejarah, serta ketersediaan infrastruktur dasar menjadi faktor-faktor utama yang dapat mendukung pengembangan kawasan ini. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya perencanaan dan pengelolaan yang terencana serta berkelanjutan untuk memaksimalkan potensi pariwisata Kampung Wisata Kacirebonan, sehingga dapat memberikan manfaat ekonomi dan sosial yang signifikan bagi masyarakat lokal dan daerah sekitarnya. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam upaya pelestarian dan pengembangan potensi pariwisata lokal di Kota Cirebon
Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial TikTok Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Di Malaika Wedding Planner Sanjaya, Ni Made Hellen; Citrawati, Luh Putu; Swandewi, Ni Kadek
Jurnal Pariwisata Prima Vol. 2 No. 2 (2024): SEPTEMBER
Publisher : P2PKM Politeknik Pariwisata Prima Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tingkat persaingan yang ketat pada usaha jasa wedding organizer di Bali memotivasi perusahaan seperti Malaika Wedding Planner untuk memanfaatkan media sosial sebagai alat branding dan pemasaran. Pada tahun 2021, Malaika Wedding Planner memperluas jangkauannya dari Instagram dan Facebook ke TikTok untuk menghasilkan konten yang lebih menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana promosi melalui TikTok mempengaruhi keputusan pembelian jasa di Malaika Wedding Planner, dengan fokus pada dimensi context, communication, collaboration dan connection, serta faktor-faktor keputusan pembelian. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling, melibatkan 52 responden yang pernah menggunakan jasa Malaika Wedding Planner. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert dan diolah menggunakan SPSS versi 26 dengan teknik regresi linear sederhana, uji determinasi, dan uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa promosi TikTok mempengaruhi 46,9% keputusan pembelian, 53,1% yang tersisa dipengaruhi oleh aspek lain yang tidak termasuk dalam penelitian. Hasil t hitung sebesar 6,644 melampaui nilai t tabel (2,009) dan p-value 0,000, menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : PENGEMBANGAN AGROWISATA KOPI DI LAMPUNG BARAT Adam Hafidz Al Fajar; Trinoto Prasetyo; Jepri Leo
Jurnal Pariwisata Prima Vol. 2 No. 2 (2024): SEPTEMBER
Publisher : P2PKM Politeknik Pariwisata Prima Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi potensi pengembangan agrowisata kopi di Lampung Barat sebagai strategi untuk meningkatkan perekonomian lokal sekaligus mendukung keberlanjutan. Meskipun Lampung Barat dikenal sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia, pengembangan agrowisata di wilayah ini masih menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan infrastruktur, kurangnya promosi, dan partisipasi masyarakat yang minim. Dengan menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR), penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang mempengaruhi keberhasilan agrowisata kopi dan memberikan rekomendasi untuk mengatasi kendala tersebut. Kajian ini menunjukkan bahwa pengembangan agrowisata kopi berpotensi meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat melalui peningkatan pendapatan, penciptaan lapangan kerja, serta pelestarian budaya dan lingkungan. Untuk itu, diperlukan kebijakan yang mendukung penguatan sumber daya manusia, pengembangan infrastruktur, promosi yang efektif, dan keterlibatan masyarakat dalam pengembangan agrowisata di Lampung Barat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pemerintah, masyarakat lokal, dan investor dalam merancang kebijakan dan program yang lebih efektif untuk pengembangan agrowisata kopi yang berkelanjutan di wilayah ini.
STRATEGI PEMASARAN THE ATRIUM HOTEL & RESORT DI ERA PARIWISATA 4.0 Eko Yuli Sutrisno
Jurnal Pariwisata Prima Vol. 2 No. 2 (2024): SEPTEMBER
Publisher : P2PKM Politeknik Pariwisata Prima Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui potensi bisnis dan menganalisis upaya yang dilakukan The Atrium Hotel & Resort dalam memasarkan produknya. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun kesimpulan dari pembahasan artikel ini adalah The Atrium Hotel & Resort memiliki potensi bisnis yang bagus. Upaya yang dilakukan hotel tersebut untuk memasarkan produknya adalah dengan memaksimalkan media dan alat pemasaran, serta membagi segmentasi pasar sehingga dapat ditentukan alat atau media pemasaran yang digunakan

Page 1 of 1 | Total Record : 5