cover
Contact Name
Nurul Arifiyanti
Contact Email
nurularifiyanti@uny.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jpafip@uny.ac.id
Editorial Address
Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Yogyakarta, 55281, Indonesia
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Anak
ISSN : 23026804     EISSN : 25794531     DOI : 10.21831
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan Anak is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management institution of early childhood education, early child development assessment, child development psychology, child empowerment, learning strategy, Educational tool play, instructional media, innovation in early childhood education and various fields related to Early Childhood Education.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Anak" : 10 Documents clear
PEMBELAJARAN UNSUR IRAMA MENGGUNAKAN METODE TAKADIMI PADA MAHASISWA PAUD FIP UNY TAHUN AJARAN 2015/2016 Rina Wulandari
Jurnal Pendidikan Anak Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v5i1.12369

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi pelaksanaan pembelajaran unsur irama musik menggunakan metode Takadimi pada mahasiswa prodi PAUD FIP UNY tahun ajaran 2015-2016. Subjek penelitian yaitu 83 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu eksplorasi. Teknik penyajian data yaitu deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data adalah dengan ketekunan. Hasil penelitian dalam mata kuliah estetika instrumental: 1) peserta didik adalah lulusan dari berbagai jurusan dan didominasi oleh lulusan sekolah menengah atas, 2) tujuan pembelajaran berbasis pada konsep dasar pendidikan seni untuk AUD yaitu menstimulasi estetika melalui apresiasi dan kreasi ekspresi, 3) materi musik menggunakan metode Takadimi yang termasuk metode untuk semua kalangan, 4) metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, pemberian tugas, demonstrasi dan eksperimen, kerja kelompok, drill, dan penemuan, 5) media pembelajaran yang digunakan adalah piano serta semua benda yang ada di sekitar yang dapat diatur menjadi bunyi musikal, dan          6) evaluasi didasarkan pada tugas, kehadiran, nilai ujian tengah semester, dan nilai ujian semester. Temuan lain selama penelitian yaitu: 1) kuantitas suku kata TA yang diganti dengan nol, merupakan hal yang sulit dibunyikan/ dipraktekkan oleh mahasiswa, dan 2) bentuk TA00MI dan TAKA0MI. Kata kunci: pembelajaran, unsur irama musik, metode takadimi
PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PEMBELAJARAN MENEMPEL PADA ANAK KELOMPOK B-3 TK NEGERI PEMBINA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2015 Titi Nugraini
Jurnal Pendidikan Anak Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v5i1.12364

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak Taman Kanak-Kanak dengan harapan akan berdampak pada optimalisasi perkembangan kognitif anak.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif. Desain penelitian merupakan penelitian berulang sesuai siklus spiral sebagaimana mengikuti pendapat Kemmis dan Me. Taggart. Penelitian dilaksanakan di Kelompok B-3 TK Negeri Pembina Yogyakarta pada semester genap Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan jumlah 16 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen lembar observasi dan anekdote record. Berdasarkan analisis deskriptif, penelitian ini menunjukkan hasil bahwa pembelajaran menempel kepingan bentuk-bentuk geometri telah terbukti dapat meningkatkan kreativitas anak TK. Berdasarkan data hasil observasi diperoleh data bahwa sebelum dilakukan tindakan ada 25% anak yang berkembang sesuai harapan dan ada 75% anak yang mulai berkembang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I diperoleh peningkatan data ada 56% anak mulai berkembang dan 44% anak berkembang sesuai harapan, siklus II ada 36% anak mulai berkembang dan 64% anak berkembang sesuai harapan, siklus III diperoleh ada 7% anak mulai berkembang dan 82% anak berkembang sesuai harapan serta ada 11% anak berkembang sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menempel kepingan bentuk-bentuk geometri dapat meningkatkan kreativitas anak TK di Kelompok B-3 TK Negeri Pembina.Kata kunci: Kreativitas, Menempel, Bentuk – bentuk geometri 
PERAN PENDIDIK PAUD DALAM MEMBANGUN KARAKTER ANAK Ika Budi Maryatun
Jurnal Pendidikan Anak Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v5i1.12370

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menjabarkan peran pendidik PAUD dalam membangun karakter anak sejak dini di lembaga. Lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) terdiri dari TPA, KB, dan TK. Pendidik PAUD yang dimaksud adalah guru dan pengasuh di sekolah, baik formal maupun nonformal. Karakter yang dikembangkan mengacu pada perkembangan moral anak melalui tiga pendekatan penanaman moral Lickona, yaitu konsep moral, sikap moral, dan prilaku moral.  Peran pendidik dalam membangun karakter anak sejak dini meliputi empat hal, yaitu (1) pendidik sebagai pendidik, (2) pendidik sebagai panutan, (3) pendidik sebagai perancang pengembangan, dan (4) pendidik sebagai konsultan dan mediator.Kata Kunci: Pendidik PAUD, Karakter Anak
PERAN MEDIA CERITA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK MELALUI KEGIATAN SHOW AND TELL Laras Pangestuti
Jurnal Pendidikan Anak Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v5i1.12365

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media cerita berupa foto dan gambar hasil karya anak terhadap kemampuan berbicara  anak usia dini di TK ABA Pantisiwi Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimen.Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK ABA Pantisiwi Bantul yang berjumlah 40 anak.Obyek penelitian ini adalah kemampuan berbicara.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan tes.Instrumen yang digunakan adalah dengan lembar observasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah dengan menghitung mean pre-test  dan mean post-test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa peran media cerita berupa foto mampu mengembangkan kemampuan berbicara anak sebesar 70,61%, sedangkan media gambar dari hasil karya anak mampu mengembangkan kemampuan berbicara sebesar 55,3%. Kata kunci: media, foto, hasil karya, kemampuan berbicara.
PENTAS WAYANG BOCAH SEBAGAI SARANA MEDIA PENDIDIKAN SENI UNTUK ANAK USIA DINI Joko Pamungkas
Jurnal Pendidikan Anak Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v5i1.12371

Abstract

Pertunjukan  seni wayang bocah  memiliki beberapa fungsi, salah satunya sebagai sarana media pendidikan. Kegiatan seni pentas wayang bocah dapat dijadikan media  mendidik anak untuk bersikap dewasa dan menghindari tingkah laku yang menyimpang. Nilai-nilai keindahan dan keluhuran pada wayang bocah  dapat mengasah perasaan seseorang. Secara umum konsep wayang bocah  sebagai sarana pendidikan seni berfungsi untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak, Membina perkembangan estetika, dan Membantu menyempurnakan kehidupan.Kata kunci: Wayang,bocah.aud
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE BERMAIN DI PAUD NAZARETH OESAPA Salmon Amiran
Jurnal Pendidikan Anak Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v5i1.12367

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah “Bagaimana efektifitas penggunaan metode bermain di PAUD Nazareth Oesapa?”. Adapun tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode bermain di PAUD Nazareth Oesapa. Dalam menganalisis data penulis menggunakan teknik penelitian kualitatif adalah merupakan proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil pengamatan (observasi), wawancara, catatan lapangan, dan studi dokumentasi, dengan cara mengorganisasikan data ke sintesis, menyusun ke dalam pola, memilih mana yang penting, dan mana yang dipelajari, dan membuat kesimpulan sehingga mudah dipahami oleh diri sendiri maupun orang lain. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah Observasi, Wawancara, dan Studi Dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa metode bermain dapat membantu anak dalam meningkatkan daya imajinasi, kemampuan fisik motorik halus dan kasar, keterampilan sosial, kognitif, emosi melalui metode bermain anak dapat dibimbing dan diarahkan. Anak dapat mengikuti aturan permainan, mendengarkan penjelasan materi permainan dengan tenang, senang dan kerjasama dan anak dapat menumbuhkan minat dan kreativitas anak sehingga kegiatan permainan tidak membosankan. Kata kunci: Metode Bermain
STUDY DESKRIPTIF PROSES MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA DINI Adharina Dian Pertiwi
Jurnal Pendidikan Anak Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v5i1.12372

Abstract

Membaca permulaan adalah kemampuan bahasa reseptif yang dilalui anak usia dini untuk mempersiapkan ketrampilan membaca anak sebelum memasuki sekolah dasar. Proses membaca permulaan distimulasikan kepada anak sesuai tahapan yang baik, yaitu seperti pengenalan pada huruf vokal dan konsonan kemudian mengeja atau menggabungkan bunyi huruf, suku kata maupun kata sederhana pada anak. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui study penelitian deskriptif kemampuan membaca permulaan pada anak TK Kelompok B. Jenis study penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data pada study penelitian deskriptif ini menggunakan teknik observasi dengan menggunakan instrumen penelitian lembar observasi checklist. Hasil study penelitian deskriptik ini digunakan untuk menggambarkan kemampuan membaca permulaan pada anak TK Kelompok B. Kemampuan membaca permulaan pada anak TK Kelompok B menunjukkan hasil Berkembang Sesuai Harapan (BSH).Kata kunci: kemampuan, membaca permulaan, kelompok B
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN RESEPTIF ANAK MELALUI PERMAINAN POLA SUKU KATA DI TAMAN KANAK- KANAK NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA - Amini
Jurnal Pendidikan Anak Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v5i1.12362

Abstract

Permainan pola suku kata adalah salah satu teknik pembelajaran yang dilakukan guru untuk  meningkatkan             kemampuan keaksaraan reseptif anak dalam hal membaca sambil bermain di Taman Kanak- Kanak. Pengenalan keaksaraan ini dilakukan melalui permainan pola suku kata dengan media pola suku kata MDF dan menggunakan instrument dari buku panduan perkembangan keaksaraan, minat baca, dan permainan pola suku kata. Alat penilaian  yang digunakan dengan menggunakan matriks indikator yang dibuat dalam bentuk cheklist, unjuk kerja  dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak- anak kelompok B4 TK Negeri Pembina Yogyakarta yang berjumlah 23 anak terdiri dari 14 anak laki- laki dan 9 anak perempuan. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan keaksaraan  anak melalui permainan pola suku kata dengan media kartu huruf secara signifikan dibuktikan dengan data hasil awal 52,17% meningkat menjadi 88,25%.Sedangkan data hasil  minat baca dari 50,29% meningkat 85,53%. Hal ini dapat menunjukkan bahwa permainan pola suku kata dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan reseptif anak.Kata Kunci: Bermain Pola Suku Kata
PENGEMBANGAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BAGI ANAK USIA DINI Uswatun Hasanah
Jurnal Pendidikan Anak Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v5i1.12368

Abstract

Anak-anak sangat dekat dengan permainan. Dalam kehidupan sehari-hari, permainan baik tradisional maupun modern selalu dilakukan anak-anak. Permainan yang dilakukan merupakan sesuatu yang dianggap wajib dilakukan sebagai sarana untuk perkembangan fisik motorik bagi Anak Usia Dini. Permainan modern yang sekarang ini sering dimainkan oleh anak-anak di perkotaan lebih cenderung mengasah kemampuan otak daripada kemampuan otot, oleh karena itu kepada para orang tua yang tinggal di perkotaan disarankan lebih memperkenalkan pada anak-anak mengenai jenis-jenis permainan yang lebih melatih kekuatan otot-otot mereka dan permainan tradisional dapat menjadi salah satu solusinya. Permainan tradisionalpun perlahan namun pasti mulai ditinggalkan, karena dianggap kuno serta melelahkan. Padahal jika ditinjau lebih dalam, beragam permainan tradisional secara langsung dapat memberikan kontribusi kepada anak-anak diantaranya berupa: 1) pembentukan fisik yang sehat, bugar, tangguh, unggul dan berdaya saing; 2)pembentukan mental meliputi: sportivitas, toleran, disiplin dan demokratis; 3)Pembentukan moral menjadi lebih tanggap, peka, jujur dan tulus; 4) pembentukan kemampuan sosial, yaitu mampu bersaing, bekerjasama, berdisiplin, bersahabat, dan berkebangsaan.Kata Kunci: Fisik motorik, Permainan Tradisional.
PENGEMBANGAN PANDUAN PERMAINAN UNTUK ENGOPTIMALKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI - Muthmainnah; Budi Astuti; Arumi Savitri Fatimaningrum
Jurnal Pendidikan Anak Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v5i1.12363

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan permainan guna mengoptimalkan perkembangan sosial emosional anak usia dini. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan Borg Gall namun hanya sampai pada tahap 3 yaitu pengembangan produk awal sesuai penilaian dan saran validator. Teknik pengumpulan data menggunakan skala dengan instrumen lembar skala.Analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Data kuantitatif kemudian dikonversikan ke data kualitatif dengan rumus persentase untuk mengetahui kualitas produk. Target penelitian ini adalah terciptanya ragam permainan dan panduan penggunaannya yang dapat digunakan sebagai alternatif metode pembelajaran di PAUD yang dapat mengembangkan kemampuan sosial emosional anak. Berdasarkan penilaian dari kedua validator, maka panduan yang telah dibuat peneliti dinyatakan layak diuji coba lapangan dengan revisi. Secara keseluruhan, apabila data kuantitatif dikonversikan ke data kualitatif diperoleh hasil untuk uji materi 84,37 % (baik) dan hasil untuk uji media 87,5 % (sangat baik).Kata kunci: pengembangan, panduan permainan, sosial emosional, anak

Page 1 of 1 | Total Record : 10