cover
Contact Name
Mukhlis
Contact Email
mukhlisahmadmuaidi@gmail.com
Phone
+6285248587742
Journal Mail Official
mukhlisahmadmuaidi@gmail.com
Editorial Address
Jalan Mesjid Jami No. 1 Antasari Kecil Timur, Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam
ISSN : -     EISSN : 28090322     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Jami Banjarmasin. Jurnal ini dikhususkan untuk memuat tulisan dalam bentuk hasil penelitian pendidikan Islam, atau gagasan tertulis dalam bentuk karya ilmiah dengan bidang kajian yang serumpun. AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam menggunakan sistem double-blind untuk peer-review; identitas pengulas dan penulis tetap anonim. Artikel akan ditinjau oleh dua ahli; satu reviewer dari luar dan satu editor dari jurnal biasanya terlibat dalam meninjau kiriman. Jurnal akan menyaring artikel untuk plagiarisme menggunakan cek turnitin.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "AL GHAZALI, Vol. 1, No. 1, Juni 2021" : 5 Documents clear
PEMBINAAN KARAKTER MURID MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI KUIN UTARA 6 KOTA BANJARMASIN Ahyar Rasyidi; Ahyanor Ramadhani
AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam AL GHAZALI, Vol. 1, No. 1, Juni 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Jami Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berujuan untuk mengetahui secara jelas tentang pembinaan karakter murid melalui kegiatan kepramukaan dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pembinaan karakter murid melalui kegiatan kepramukaan di Sekolah Dasar Kuin Utara 6 Banjarmasin. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh murid Sekolah Dasar Kuin Utara 6 Banjarmasin tahun ajaran 2020-2021 yang berjumlah 159 murid. Kemudian ditarik menjadi beberapa sampel dari murid kelas IV dan V yang berjumlah 54 orang dengan menggunakan teknik purvosive sampling. Teknik mengumpulkan data digunakan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentar. Sedangkan teknik pengolahan data melalui proses editing, koding, scoring, tabulating dan interprestasi data. Kemudian analisis yang digunakan adalah menggunakan teknik indukatif yaitu menarik kesimpulan yang bersifat umum menjadi khusus. Dari hasil penelitian yang dilakukan bahwa pembinaan karakter melalui kegiatan kepramukaan di Sekolah Dasar Negeri Kuin Utara 6 Banjarmasin masih kurang berjalan sebagaimana mestinya Faktor yang dianggap menjadi kendalanya adalah kurangnya tersedia fasilitas yang ada di sanggar pramuka, dibuktikan dengan pengamatan secara langsung ke lokasi. Adapun faktor yang dipandang menunjang pembinaan karakter melalui kegiatan kepramukaan meskipun belum banyak pengaruhnya dalam meningkatkan kelancaran kegiatan adalah minat dan aktifnya murid dalam mengikuti pembinaan karakter kepramukaan, adanya dukungan dari orang tua murid, dan pembina yang sudah jelas dalam memberikan materi.
PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA MADRASAH ALIYAH RAUDHATUL ISLAMIYAH KECAMATAN SUNGAI TABUK KABUPATEN BANJAR Mukhlis; Mirnawati Dewi
AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam AL GHAZALI, Vol. 1, No. 1, Juni 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Jami Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.10648462

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan minat baca siswa Madrasah Aliyah Raudhatul Islamiyah Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar serta mengetahui faktor yang mempengaruhi peran guru dalam meningkatkan minat baca siswa Madrasah Aliyah Raudhatul Islamiyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelusuran secara intensif menggunakan prosedur ilmiah untuk menghasilkan kesimpulan naratif baik tertulis maupun lisan berdasarkan analisis data tertentu dengan tujuan mengambarkan objek, mengungkap makna di balik fenomena dan menjelaskan fenomena yang terjadi. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 21 orang guru dan 145 siswa Madrasah Aliyah Raudhatul Islamiyah Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. Karena jumlahnya yang cukup banyak, diadakan penarikan sampel menjadi 2 orang guru dan 23 siswa kelas X1 Madrasah Aliyah Raudhatul Islamiyah Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara observasi, wawancara dan dokumenter. Setelah data terkumpul kemudian selanjutnya diolah melalui editing, koding, kategorisasi dan diinterpretasikan, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa terdapat empat peran guru dalam meningkatkan minat baca siswa Madrasah Aliyah Raudhatul Islamiyah Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar yaitu: (1) Guru berperan sebagai motivator, (2) Guru berperan sebagai pembimbing, (3) Guru berperan sebagai informator, (4) Guru berperan sebagai pengelola kelas. Adapun faktor yang mempengaruhi peran guru dalam meningkatkan minat baca siswa Madrasah Aliyah Raudhatul Islamiyah Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar diantaranya: (1) Ada atau tidaknya kemauan dan ketertarikan siswa terhadap kegiatan membaca, (2) Tidak adanya perpustakaan, (3) Sangat sulit menemukan kegiatan, kebiasaan atau rangsangan dari lingkungan keluarga dan masyarakat yang dapat membantu guru dalam meningkatkan minat baca siswa.   Kata kunci: Peran Guru, Minat Baca, PAI
METODE MENGHAFAL ALQUR’AN PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TAHFIZH SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HAMID KOTA BANJARMASIN Baihaqi; Agus Setiawan
AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam AL GHAZALI, Vol. 1, No. 1, Juni 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Jami Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: bagaimana metode menghafal Alqur’an pada kegiatan ekstrakurikuler tahfizh siswa Madrasah Ibtidaiyah Al-Hamid Kelurahan Alalak Utara Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin. Dan apa-apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi siswa dalam menghafal Alqur’an pada kegiatan ekstrakurikuler tahfizh. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru laki-laki yang mengajar pada kegiatan ekstrakurikuler tahfizh yang berjumlah 4 orang dan 22 orang siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tahfizh. Sedangkan objek penelitian adalah bagaimana penerapan metode menghafal siswa pada kegiatan ekstrakurikuler tahfizh dan faktor-faktor yang mempengaruhi siswa dalam menghafal Alqur’an pada kegiatan ekstrakurikuler tahfizh. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi,wawancara, dan angket. Setelah data diperoleh lalu diadakan editing data, koding, klasifikasi data, tabulating dan interprestasi data. Teknik dalam analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode induktif dalam menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini diketahui : Metode yang digunakan untuk menghafal Al-Qur’an pada kegiatan ekstrakurikuler adalah metode talaqqi. istima’,qiroah, kitabah, tahfizh, dan gabungan. Adapun faktor yang mempengaruhi siswa dalam menghafal Alquran pada kegiatan ekstrakurikuler tahfizh meliputi dua faktor yaitu faktor internal yaitu minat dan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tahfizh adalah tinggi, waktu menghafal Al-Qur’an siswa ketika berada di rumah dilakukan setelah shalat fardhu, dengan target siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tahfizh hafal juz A’mma atau juz 30. Faktor ekternal yaitu guru sering memberikan motivasi dan nasehat kepada siswa untuk menghafal Al-Qur’an termasuk kategori tinggi. Kondisi lingkungan untuk menghafal Al-Qur’an pada kegiatan ekstrakurikuler tahfizh sangat mendukung, ditandai dengan dukungan penuh dari orang tua siswa.
Pelaksanaan Tahfiz Al Qur’an Bagi Siswa Madrasah Aliyah Al Hamid Kecamatan Banjarmasin Utara Muhammad; Ahyar Rasyidi; Rahmad Hidayat
AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam AL GHAZALI, Vol. 1, No. 1, Juni 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Jami Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/0evtx322

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertempat di Madrasah Aliyah Al Hamid Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan tahfiz Al-Qur’an bagi siswa Madrasah Aliyah Al-Hamid Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 42 orang, terdiri 11 laki-laki dan 31 perempuan. Kemudian ditetapkan sampel sebanyak 19 orang siswa dari kelas X dan XI dengan menggunakan teknik sampel jenuh yaitu menjadikan semua anggota populasi menjadi sampel, adapun kelas XII tidak dijadikan sampel karena sedang menghadapi ujian nasional. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumenter, sedangkan teknik pengolahan data adalah menggunakan editing, koding, skoring, tabulating, dan interpretasi data. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif dan dalam pengambilan kesimpulan menggunakan teknik induktif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa pelaksanaan tahfiz Al Qur’an bagi siswa Madrasah Aliyah Al Hamid Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin cukup baik. Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan tahfiz Al-Qur’an terdiri dari dua faktor, internal dan eksternal. Faktor internal meliputi pengaruh metode hafalan terhadap pelaksanaan tahfiz Al-Qur’an siswa. Sedangkan faktor eksternal meliputi intensitas guru dalam memotivasi dan memberikan dorongan agar para siswa meningkatkan hafalannya, dan minimnya alokasi waktu yang tersedia untuk menghafal Al-Qur’an di sekolah. Kata Kunci: Pelaksanaan, Tahfiz Al-Qur’an, Faktor Yang Mempengaruhi.
Tinjauan Konsep Model Inovasi dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Sebagai Strategi yang Digunakan dalam Mengimplementasikan Kurikulum Baru Pada Konteks Pendidikan Faridatun Nikmah
AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam AL GHAZALI, Vol. 1, No. 1, Juni 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Jami Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zgj9jf65

Abstract

This paper provides an overview of innovative models in curriculum development, focusing particularly on the implementation of the independent curriculum (Kurikulum Merdeka) as a strategy for introducing new curricula in the educational context. The study delves into the conceptual frameworks and methodologies underpinning curriculum innovation, examining how these models have been utilized to shape and enhance the educational landscape. By analyzing the strategies employed in implementing the Kurikulum Merdeka, the paper aims to elucidate the principles and practices driving curriculum reform efforts. Through this exploration, insights are gained into the challenges and opportunities associated with curriculum innovation, ultimately contributing to a deeper understanding of educational policy and practice in curriculum development.

Page 1 of 1 | Total Record : 5