cover
Contact Name
Kurnia Rahmatunnajilah
Contact Email
kurniarahmatunnajilah10@gmail.com
Phone
+62362-26830
Journal Mail Official
jurnal.ekuitas@undiksha.ac.id
Editorial Address
Jl. Ki Hajar Dewantara No.27-29, Tembokrejo, Kec. Purworejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur 67118
Location
Kab. pasuruan,
Jawa timur
INDONESIA
Ekuitas Jurnal Pnedidikan Ekonomi
ISSN : 25492292     EISSN : 23546107     DOI : https://doi.org/10.23887/ekuitas.v11i2
Core Subject : Economy, Education,
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi published by Universitas Pendidikan Ganesha in collaboration with Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia. A blind peer-reviewed and open access journal published twice a year (June and December). Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi offers original articles on economic and education. The journal is aimed at publishing and disseminating the results of researches and studies on economic and education conducted by researchers, teachers, and practitioners of economic and education. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi provides informative variety of papers geared toward theory and practice in the following area: Issues and ideas, as well as contemporary research findings in the field of economic and education Innovation in the field of pedagogy, curriculum, hardware, teaching materials, and methods & models in economic learning evaluation of teaching methods, learning attitudes and interests, materials, or processes. Reports on events that influence economic and education in all levels of education age (from early childhood to adulthood) and three main lines of education, namely formal, nonformal, and informal.
Articles 295 Documents
Model Pendidikan "PATRIOT" Untuk MEnumbuhkan Budaya Kewirausahaan di PErguruan tinggi Naswan Suharsono
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 1 (2013)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ekuitas.v1i1.9022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan suatu alternatif model Pendidikan Kewirausahaan secara terpadu dari teori ke aplikasi. Keterpaduan dimulai dari penguasaan pengetahuan teoritik, mempraktikkan di lapangan, dan mengkaji secara ilmiah fenomena tumbuhkembangnya budaya kewirausahaan itu di kelangan mahasiswa. Rekayasa model itu dilakukan dengan menyusunan prototipa perangkat pembelajaran berdasarkan model teoritik PATRIOT, kemudian menawarkannya kepada mahasiswa melalui bidang pendidikan, pengabdian, dan penelitian secara bertahap. Adapun kompetensi sasaran akhir yang ingin dicapai adalah terbentuknya kemampuan melakukan tindakan usaha (TUsaha) sesuai bidang keilmuan dan minat mahasiswa. Perangkat pembelajaran yang diperkukan sebagai pendukung terdiri dari bahan ajar kewirausahaan (BA-KWU), standar operasional praktek kerja lapangan (SO-PKL), standar operasional kuliah kerja lapangan (SO-KKL), dan standar operasional penelitian karya akhir (SO-PKA) yang diformat dalam satu Buku Panduan Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan di Perguruan Tinggi (P3-BKPT). Keempat komponen itu merupakan instrumental input yang harus diuji-empirik ke mahasiswa, dosen, dan praktisi untuk mendapatkan data sinergi kinerja antar komponen dan pola manajemennya.
Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Bukan Penentu Prestasi Belajar Mahasiswa Kadek Rai Suwena
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 5 No. 2 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ekuitas.v5i2.12749

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi yang diterima melalui jalur SNMPTN Undangan, (2) Prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi yang diterima melalui jalur SBMPTN, (3) Prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi yang diterima melalui Jalur Mandiri, dan (4) Perbedaan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi ditinjau dari jalur penerimaan mahasiswa baru. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) prestasi belajar mahasiswa yang diterima melalui Jalur SNMPTN mengalami peningkatan, (2) prestasi belajar mahasiswa diterima melalui Jalur SBMPTN Tulis mengalami peningkatan, (3) prestasi belajar mahasiswa diterima jalur Mandiri mengalami peningkatan, dan (4) ada perbedaan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha ditinjau dari Jalur Penerimaan SNMPTN Undangan dengan perolehan  Mean sebesar 2,8895, Jalur SBMPTN dengan Mean 2,9800, dan Jalur mandiri dengan perolehan  Mean 2,8268 dengan tingkat signifikansi 0,001%.Kata kunci: Perbedaan Prestasi Belajar, Jalur Penerimaan Mahasiswa
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Membayar Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan Khasan Setiaji; Adibatun Nisak
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 5 No. 2 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ekuitas.v5i2.12751

Abstract

Pajak sangat berperan dalam menggerakkan roda perekonomian yang ada di Indonesia. Namun pada saat ini banyak wajib pajak yang melakukan tindakan penghindaran, pengelakan, dan pelalaian pajak yang pada akhirnya akan menyebabkan peneriman pajak negara akan berkurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi, SPPT, pelayaan fiskus, dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan membayar pajak bumi dan bangunan pedesaan dan perkotaan di Desa Nolokerto baik secara simultan maupun secara parsial. Jenis penelitia ini digolongkan sebagai penelitian kuaintitatif. Populasi dalam peneitian ini adalah seluruh WP PBB P-2 di Desa Nolokerto. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Propotional stratified random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi, SPPT, pelayanan fiskus, dan kesadaran wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan membayar PBB P-2 di Desa Nolokerto baik secara parsial maupun simultan. Saran dalam meningkatkan kepatuhan membayar PBB P-2, maka pemerintah harus meningkatkan motivasi wajib pajak untuk memenuhi kewajiban perpajakannya, meningkatkan keakuratan data pada SPPT dengan melakukan survey secara rutin; meningkatkan pelayanan perpajakan bumi dan bangunan P2 terhadap wajib pajak, dan  meningkatkan kesadaran wajib pajak dengan mengadakan sosialisasi atau penyuluhan dan informasi perpajakan, menciptakan aparatur pemerintah yang bersih dan berwibawa.Kata Kunci: Motivasi, SPPT, Pelayanan Fiskus, Kesadaran Wajib Pajak, Kepatuhan 
Implementasi Model Manajemen Strategis dan Operasional Berbasis Kinerja di Fakultas Ekonomi Undiksha Naswan Suharsono
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 5 No. 2 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ekuitas.v5i2.12752

Abstract

Penelitian ini merupakan usaha lanjutan untuk mengimplementasikan Sistem Manajemen fakultas berbasis Rencana Strategis (Renstra) dan strategi pencapaiannya melalui Rencana Operasional (Renov) sampai jangka waktu 2025. Tujuan operasional penelitian ini adalah mendapatkan informasi yang menjadi komponen kunci dari lapangan untuk keperluan pengadaan basis data yang dibutuhkan fakultas, standar layanan informasi terpadu, dan hasil implementasi sistem administrasi operasional sampai ke manajerial fakultas dalam melaksanakan tridarma. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik survay, observasi, dan dokumentasi pada 5 jurusan di lingkungan Fakultas Ekonomi. Adapun data yang didapatkan diolah dengan teknis deskriptif dan analisis SWOT yang hasilnya bisa digunakan sebagai dasar mengimplementasikan Rencana Strategis dan Operasional yang telah dihasilkan pada penelitian tahun pertama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama basis data pendukung manajerial dan operasional yang diperlukan untuk mengembangkan prodi di setiap jurusan untuk memenuhi kebutuhan guru dan SDM pelaku kegiatan ekonomi di dunia usaha dan industri (DUDI) terus meningkat. Kedua, tatalaksana administrasi input-proses-output informasi manajemen berbasis teknologi informasi (TI) di lingkungan FE untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan administrasi program belum optimal. Ketiga, kinerja dosen dan pegawai administrasi fakultas berbasis TI bervariasi volume dan mutunya. Keempat, pola manajemen waktu kegiatan organisasi kemahasiswaan di bidang ekstra-akademik berbagi dengan tupoksi. Kelima, kinerja civitas akademika untuk menghasilkan output institusi sesuai profil lulusan telah ditetapkan dan direalisasikan dalam pelaksanaan kurikulum program studi. Direkomendasikan agar usaha untuk peningkatan kinerja disinergikan dengan peningkatan status akreditasi program studi dan AIPT.Kata Kunci:  manajemen berbasis kinerja, produk tridharma, administrasi kepegawaian, kinerja organisasi, rencana strategis
Pasar Modal yang Efisien I Nyoman Sujana
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 5 No. 2 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ekuitas.v5i2.12753

Abstract

Pasar modal sebagai pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan, baik dalam bentuk hutang ataupun modal sendiri, baik yang diterbitkan oleh pemerintah, public authorities, maupun perusahaan swasta. Dengan adanya pasar modal, para pemodal dimungkinkan untuk melakukan disversifikasi investasi, membentuk portofolio sesuai dengan risiko yang mereka bersedia tanggung dan tingkat keuntungan yang mereka harapkan. Dalam keadaan pasar modal yang efisien, hubungan yang positif antara resiko dan keuntungan yang diharapkan akan terjadi. Pasar modal yang efisien adalah pasar modal yang harga sekuritas-sekuritasnya mencerminkan semua informasi yang relevan. Syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk pasar modal yang efisien adalah : (1) diselousure; (2) pasar dalam keadaan seimbang; dan (3) kondisi pasar berlangsung secara bebas. Bentuk-bentuk pasar modal yang efisien meliputi : (1) efisiensi bentuk lemah; (2) efisiensi bentuk setengah kuat; dan (3) efisiensi bentuk kuat. Pengujian pasar modal yang efisien adalah : (1) efisiensi bentuk lemah dengan pengujian koefisien korelasi perubahan harga saham untuk time lag tertentu; (2) efisiensi bentuk setengah kuat dengan pengujian market model (single index model) dan Capital Assets Pricing Model (CAPM); dan (3) efisiensi bentuk kuat dengan pengujian Capital Assets Pricing Model (CAPM) juga yaitu dengan cara menganalisa prestasi berbagai portofolio yang dikelola secara profesional seperti mutual funds.Kata kunci: Pasar modal, efisien
Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Perilaku Belajar Sebagai Pemoderasi Ni Nyoman Sri Rahayu Trisna Dewi; Komang Krishna Yogantara
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 5 No. 2 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ekuitas.v5i2.12754

Abstract

Mahasiswa diharapkan tidak hanya memiliki kemampuan dan pengetahuan di bidang akuntansi tetapi juga kemampuan lain yang diperlukan untuk berkarier, yaitu kecerdasaan emosional. Mahasiswa yang memiliki kecerdasan emosional yang baik juga perlu menerapkan perilaku belajar yang baik. Perilaku belajar yang baik akan mampu meningkatkan kecerdasan emosional yang dimiliki oleh mahasiswa untuk dapat memahami mata kuliah yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional pada tingkat pemahaman akuntansi dengan perilaku belajar sebagai pemoderasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah moderated regression analysis. Sampel dalam penelitian ini dipilih berdasarkan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh positif pada tingkat pemahaman akuntansi serta perilaku belajar memoderasi pengaruh kecerdasan emosional pada tingkat pemahaman akuntansi.Kata kunci: pemahaman akuntansi
Sustainable Bagi Pedagang Canang Kaki Lima Gine Das Prena
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 5 No. 2 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ekuitas.v5i2.12755

Abstract

Perkembangan perekonomian dan perdagangan selanjutnya menyebabkan perkembangan ekonomi perkotaan terlihat lebih menjajikan dibandingkan dengan kegiatan perekonomian di desa. Hal ini menyebabkan masyarakat pedesaan berbondong bondong datang ke kota sebagai masyarakat urban demi ikut memperebutkan kue ekonomi di wilayah perkotaan. Tulisan ini mencoba fokus pada salah satu sektor informal yaitu pedagang Canang Kaki Lima yang bertahan hidup dengan persaingan tersendiri.sektor mikro ini sangat menarik untuk diulas karena didalamnya akan terlihat bagaimana mereka mempertahankan hidup dengan berbagai tantangan dan konsekuensinya.apa yang menjadi strategi bersaing yang mereka terapkan untuk dapat tetap memepertahankan eksistensi mereka di tengah tengah kota Denpasar. Kata Kunci: Sustainable, Canang Kaki Lima
Kesiapan Pemerintah Daerah dalam Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual (Studi Kasus Pada Badan Keuangan Provinsi Gorontalo) Saprudin Saprudin
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 5 No. 2 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ekuitas.v5i2.12756

Abstract

Permasalahan Sumber Daya Manusia yang ada di Badan Keuangan Provinsi Gorontalo memiliki latar belakang pendidikan yang tidak sesuai dengan jabatan yang mereka pegang. Memiliki keterampilan yang kurang memadai. Teknologi informasi yang dimiliki Badan Keuangan Provinsi Gorontalo sudah memiliki perangkat Komputer yang lengkap, akan tetapi masih kurangnya pemeliharaan peralatan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Untuk mengetahui Sumber daya manusia dan teknologi informasi berpengaruh positif terhadap Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual Pada Badan Keuangan Provinsi Gorontalo. Hasil penelitian menunjukan bahwa sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerapan standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual, selain itu untuk teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerapan standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual. Hasil uji koefisien determinasi menunjukan bahwa penerapan tandar akuntansi pemerintahan berbasis akrual pada Badan Keuangan Provinsi Gorontalo dipengaruhi oleh sumber daya manusia dan teknologi informasi sebesar 28,9% dan sisanya 71,1% dipengaruhi variabel lain yang belum diteliti dalam penelitian ini antara lain komitmen organisasi dan saranan prasarana Kata Kunci: Sumber Daya Manusia, Teknologi Informasi, Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual.
Pengaruh Pendidikan Ekonomi Keluarga Terhadap Perilaku Konsumsi Dimediasi Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2011 Bagus Shandy Narmaditya
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 1 (2013)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ekuitas.v1i1.12757

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan quantitative. Penelitian ini termasuk dalam kausal asosiatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang angkatan 2011. Sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan pengujian. Saat menganalisis data menggunakan media analisis. Hasilnya menunjukkan bahwa; (1) pendidikan ekonomi keluarga mempengaruhi secara signifikan dan positif terhadap perilaku konsumsi (2) pendidikan ekonomi keluraga mempengaruhi secara positif dan signifikan literasi ekonomi (3) lterasi ekonomi mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi (4) pendidikan ekonomi keluarga mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap gaya hidup (5) gaya hidup mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi (6) efek tidak langsung dari pendidikan ekonomi keluarga terhadap perilaku konsumsi melalui perilaku ekonomi (7) efek tidak langsung dari pendidikan ekonomi keluarga terhadap perilaku konsumsi melalui gaya hidup. Kata kunci: gaya hidup, perilaku konsumsi, perilaku ekonomi, pendidikan ekonomi keluarga
Keefektifan Penerapan Metode Simulasi Dalam Pembelajaran Ekonomi (Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMA Laboratorium UM Tahun Ajaran 2012-2013) Ni'matul Istiqomah
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 1 (2013)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ekuitas.v1i1.12758

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran simulasi dengan metode penelitian eksperimen untuk menguji efektifitas metode simulasi dan sebagai pembanding digunakan kelas kontrol metode mind mapping dan inquiry. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif yaitu untuk mengetahui interaksi antara metode, economic literacy dan gaya belajar serta menggunakan statistik analisis varian dengan variabel moderator economic literacy  dan gaya belajar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa dimana siswa yang belajar dengan menggunakan metode simulasi memiliki rata-rata hasil belajar lebih tinggi dengan gain score sebesar 25.581. Selain itu, hasil Tests of Between-Subjects Effects 0,033 < 0,05 menunjukkan terdapat interaksi antara metode, economic literacy dan gaya belajar siswa. Kata Kunci: economic literacy, gaya belajar, hasil belajar, inquiry, mind mapping.

Page 1 of 30 | Total Record : 295