cover
Contact Name
Osco Parmonangan Sijabat
Contact Email
oscosijabat17@gmail.com
Phone
+6285270212826
Journal Mail Official
migascentralsijabat@gmail.com
Editorial Address
Jl. Medan KM. 4,5 Sumber Jaya II, Gang Kolam No. 4, Kelurahan Sumber Jaya, Kecamatan Siantar Martoba, Kota Pematang Siantar, Indonesia, Kode Pos: 21138.
Location
Kota pematangsiantar,
Sumatera utara
INDONESIA
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI)
ISSN : -     EISSN : 2987744X     DOI : -
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel terkait penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari berbagai disiplin ilmu dalam bidang pendidikan, sains dan teknologi, kemasyarakatan, entrepreneurship, serta kebijakan manajemen yang diadopsi dalam berbagai aktivitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan terapan lainnya. Artikel-artikel yang dipublikasikan adalah hasil-hasil penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bersifat original dan belum pernah diterbitkan atau diajukan ke jurnal lain. Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) menerima manuskrip atau naskah artikel dalam bidang riset terapan dan hilirisasi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat secara kuantitatif maupun kualitatif berbasis komunitas. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun yaitu di bulan Februari, Mei, Agustus dan November. Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel terkait penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang: 1. PENDIDIKAN : [PGSD, PKn, Ekonomi, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Jerman, Fisika, Biologi, Kimia, Matematika, IPA]. 2. SAINS : [Matematika, Tehnik Mesin, Manajamen Pengelolaan Sumber Daya Perairan, Ilmu Komputer] 3. SOSIAL HUMANIORA 4. KEWIRAUSAHAAN [ENTREPRENEURSHIP]
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 44 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 4 (2023): P3JI - NOVEMBER" : 44 Documents clear
EDUKASI LITERASI DIGITAL DALAM MENANGKAL PENYEBARAN HOAX DI MASYARAKAT Irving Josafat Alexander; Gloria Sirait; Imelda Sabrina Sibarani; Lampola Sitorus
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 1 No. 4 (2023): P3JI - NOVEMBER
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah penyebaran berita bohong, perundungan dan ujaran kebencian akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat dalam kehidupan masyarakat dan menunjukkan bahwa masyarakat yang awalnya sederhana berkembang menjadi kondisi modem yang semakin kompleks. Interaksi antar masyarakat dalam konteks digital menjadi peluang munculnya berbagai penipuan, pelecehan, dan ujaran kebencian. Hoax adalah informasi yang sebenarnya tidak benar tetapi tampak benar. Hoaks biasanya mengandung ujaran kebencian yang dapat menghasut, menyudutkan, dan bahkan memprovokasi agama, tokoh ideologi, dan lain-lain. Untuk menyikapi bahaya hoaks yang sangat merugikan ini, dilakukan upaya yang disebut sebagai literasi digital. Literasi digital adalah kemampuan individu untuk mengakses, memahami, membuat dan mengkomunikasikan serta mengevaluasi berita yang beredar Lokasi kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di Gereja Pentakosta Indonesia (GPI) Sidang Paya Kapar Tebing Tinggi. Adapun bentuk kegiatan pengabdian yang dilakukan berupa sosialisasi dalam bentuk penyuluhan. Jumlah warga yang mengikuti sebanyak 25 orang. Adapun penyuluhan yang dilakukan berupa edukasi mengenai hoax, dampak hoax di masyarakat, literasi digital dan manfaat literasi digital bagi masyarakat dalam menangkal hoax. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Para peserta kegiatan telah memahami pentingnya literasi digital dalam menangkal penyebaran hoax yang beredar di internet maupun di media sosial dan para peserta sangat antusias mengikuti pelaksanaan kegiatan dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada peneliti.
PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 3 SUBTEMA 2 KEBERAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI LINGKUNGANKU KELAS IV SD NEGERI 095130 SENIO BANGUN Fenica Septiana Saragih; Osco Parmonangan Sijabat; Theresia Monika Siahaan
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 1 No. 4 (2023): P3JI - NOVEMBER
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Quantum teaching terhadap hasil belajar siswa pada tema 3 subtema 2 kelas IV SD Negeri 095130 Senio Bangun Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain Pre-Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design yang terdiri dari kelas eksperimen. Adapun populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 095130 Senio Bangun. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 095130 Senio Bangun yang berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa pretest dan posttest soal pilihan berganda yang berjumlah 20 soal. Hasil uji N-gain diperoleh bahwa mean dari data nilai hasil uji N-gain yaitu 72,15 atau hasil akhir N-gain score 0,72 dengan klasifikasi tinggi. Taraf signifikan yang diperoleh yaitu 0,72 > 0,70. Maka dapat disimpulkan bahwa model Quantum teaching berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada tema 3 subtema 2 keberagaman makhluk hidup di lingkunganku kelas IV SD Negeri 095130 Senio Bangun Tahun Ajaran 2023/2024.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA 2 MANUSIA DAN LINGKUNGAN KELAS V SD NEGERI 095551 JL. ASAHAN Malinda Eva Artauli Manik; Minar Trisnawati Lumbantobing; Osco Parmonangan Sijabat
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 1 No. 4 (2023): P3JI - NOVEMBER
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar siswa subtema 2 manusia dan lingkungan kelas V SD Negeri 095551 Jl. Asahan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunkan desain penelitian pre-eksperimental bentuk one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V yang berjumlah 33 siswa dengan jumlah sampel seluruh jumlah populasi penelitian sebanyak 33 siswa. Hasil dari penelitian terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata posttest berjumlah 77,69 sedangkan pretest berjumlah 57,93. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh taraf signifikan = 0,05 dan ttabel sebesar 1,694 dan thitung sebesar 9,512. Dengan demikian thitung>ttabel 9,512 > 1,694 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak artinya ada perbedaan antara hasil belajar setelah pembelajaran menggunakan model picture and picture. Maka dari hasil uji tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar siswa subtema 2 manusia dan lingkungan Kelas V SD Negeri 095551 Jl. Asahan.
PENGARUH MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 091488 BAHSAMPURAN Agustina A. Silitonga; Osco Parmonangan Sijabat; Asister Fernando Siagian
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 1 No. 4 (2023): P3JI - NOVEMBER
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flash card terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS kelas V. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode pra-eksperimen dengan menggunakan rancangan one grup design pretest-postest. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media flash card sedangkan kemampuan berpikir kritis sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 091488 Bahsampuran tahun ajaran 2023/2024, dengan sampel siswa kelas V sebanyak 30 orang . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen, pengumpulan data dilakukan dengan tes uraian. Hasil penelitian menunjukan media flashcard berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal tersebut dapat diketahui dari perolehan nilai rata-rata pretest sebesar 56,70 dan nilai rata-rata posttest 75,00 sebesar. Hasil pengujian pada Uji N-Gain dengan nilai 0,44 atau dikategorikan sedang (cukup efektif). Maka dari hasil uji tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media flash card terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 091488 Bahsampuran.
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PPKn DI UPTD SDN 121248 PEMATANG SIANTAR Stanly Saul Grafindo Nainggolan; Eva Pasaribu; Sukardo Sitohang
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 1 No. 4 (2023): P3JI - NOVEMBER
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran PPKn di UPTD SDN 121248 Pematang Siantar. Hasil belajar merupakan proses menilai sejauh mana siswa menguasai pelajaran setelah proses belajar. Faktor eksternal adalah salah satu komponen yang mempengaruhi hasil belajar. Faktor eksternal yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pola asuh orang tua. Penelitian ini melibatkan 30 orang tua dan 30 siswa sebagai populasi dan sampel. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisoner atau angket. Dalam penelitian ini mengunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data regresi linear sederhana, statistik deskriptif dan pengujian hipotesis analisis denagn uji t. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran PPKn di UPTD SDN 121248 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2023/2024.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA 3 SUBTEMA 1 KELAS V SD NEGERI 122365 PEMATANG SIANTAR Dionisius Sitinjak; Muktar Panjaitan; Radode Kristianto Simarmata
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 1 No. 4 (2023): P3JI - NOVEMBER
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemilihan model pembelajaran yang tepat sangatlah penting mempengaruhi tujuan pembelajaran yang dicapai siswa. Uji coba ini diharapkan dapat memahami dampaknya penggunaan model pembelajaran Gatherings Match-up Rivalry (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA mata pelajaran 3 subtema 1 materi kerangka yang dihubungkan dengan perut manusia di kelas V SD Negeri 122365 Pematang Siantar. Penyelidikan ini menggunakan Ujian Pra Pendahuluan dengan menggunakan sistem Pretest-Posttest On-Get-Together. Penjelajahan hal ini dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama yaitu tanggal 02 September 2023 sampai dengan 04 Oktober 2023 dengan jumlah sampel Jumlah muridnya 23 orang, 9 perempuan dan 14 laki-laki. Dari tes ujian informasi yang dilaksanakan, hasil tes spekulasi diperoleh dari hasil percobaan yang diberikan kepada siswa. Sehingga diperoleh thitung = 35,76 dan tabel = 1,717, sehingga didapatkan thitung ≥ tabel atau 35,76 ≥ 1,717. Jadi dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diakui. Hal ini bermaksud bahwa pada pengaruh pemanfaatan model pembelajaran Groups Games Competition (TGT) kepada hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA topik 3 subtema 1 materi “Kerangka Terkait Perut Manusia” di SD Negeri 122365 Pematang Siantar.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 2 PEMATANG SIANTAR Hesra Melinda N; Anton Luvi Siahaan
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 1 No. 4 (2023): P3JI - NOVEMBER
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa pada materi mobilitas sosial di UPTD SMP Negeri 2 Pematang Siantar. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran make a match dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Pemilihan sampel ini menggunakan teknik random sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes yang terdiri dari pretest dan posttest untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan program SPSS Versi 23. Hasil penelitian ini diperoleh nilai posttes kelas eksperimen dengan rata rata nilai 84,16 dan kelas kontrol dengan rata rata nilai 79,66. Berdasarkan uji hipotesisi yang dilakukan menggunakan uji independent t test dengan membandingkan hasil belajar pada posttest kelas eksperimen dan hasil belajar posttest kelas kontrol, dan diperoleh nilai signifikansinya yaitu 0,030 dimana 0,030 < 0,05 maka dalam penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa. Uji N-Gain yang dilakukan pada kelas eksperimen sebesar 69.5060%, sedangkan kelas kontrol sebesar 60.0018%. sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran make a match lebih efektif sebesar 9,5042% dibandingkan penggunaan model konvensional.
PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PRODI EKONOMI UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN PEMATANG SIANTAR Enzely Saragi Sitio
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 1 No. 4 (2023): P3JI - NOVEMBER
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. Sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2019,2020,2021,2022 sebanyak 197 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan kuisioner.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 23 dan uji hipotesis menggunakan Uji t. Hasil perhitungan uji t dimana variabel literasi keuangan memperoleh hasil t-hitung sebesar 5,607 sehingga hal ini dapat dikatakan bahwa variabel literasi keuangan adalah variabel yang paling dominan mempengaruhi variabel dependen (Y) yakni perilaku konsumtif.
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN AKADEMIK UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN PEMATANG SIANTAR Lurindang Basauli Sihombing
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 1 No. 4 (2023): P3JI - NOVEMBER
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar. Variabel dalam penelitian ini adalah kepuasan mahasiswa sebagai vairabel bebas dan pelayanan akademik sebagai variabel terikat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey, dengan Populasi Seluruh mahasiswa yang masih aktif di Universitas HKBP Nommensen Pematang siantar yang berjumlah sebanyak 3.294 mahasiswa dan sampel penelitian ini juga seluruh mahasiswa yang masih aktif di Universitas HKBP Nommensen Pematang siantar yang berjumlah 357 mahasiswa yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen: Angket pelayanan akademik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: persepsi mahasiswa terhadap Layanan Akademik Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar dilihat dari kualitas layanan (reliability, responsiveness, assurance, empathy and tangibles) jawaban responden sebagian besar pada kategori “memuaskan”. Aspek dengan skor nilai angket tertinggi yaitu aspek empathy (jaminan) dengan tingkat persentase sebesar 54,1% berada pada kategori memuaskan. Dan skor terendah yaitu aspek tangibles (berwujud) dengan tingkat persentase 37,9% berada pada kategori cukup memuaskan.
PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS V SD NEGERI 173466 SILABAN Arma Tresia Simanullang; Asister Fernando Siagian; Emelda Thesalonika
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 1 No. 4 (2023): P3JI - NOVEMBER
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa. Tujuan penelitian ini adalah untul mengetahui ada tidaknya pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa SD Negeri 173466 Silaban dan besaran pengaruhnya. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini sebanyak adalah seluruh kelas V SD Negeri 173466 Silaban yang berjumlah 20 siswa. Jadi sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik total sampling. Jadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa. Hasil uji analisis regresi linear sederhana diketahui t hitung sebesar 2,484. Nilai t pada tabel statistic dengan signifikansi 0,05 dengan df= n-2 atau 20-2=18 adalah sebesar 2,101. Karena t hitung (2,484) > t tabel (2,101) maka gerakan literasi sekolah terhadap minat baca . Nilai R square adalah 0,255, maka sumbangan pengaruh dari variabel gerakan literasi sekolah terhadap minat baca sebesar 25,5% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kesimpulannya, terdapat pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa kelas V SD Negeri 173466 Silaban sebesar 25,5%.