cover
Contact Name
Miftahul Huda
Contact Email
mh130@ums.ac.id
Phone
+6285642388900
Journal Mail Official
mh130@ums.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta Jl. Ahmad Yani, Pabelan, Kartasura, Surakarta 57162, Jawa Tengah, Indonesia
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran
ISSN : -     EISSN : 27213404     DOI : https://doi.org/10.23917/bppp
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran adalah buletin yang mempublikasikan kegiatan pengembangan dan implementasi inovasi kegiatan pembelajaran di sekolah. Buletin ini menfasilitasi luaran Program Pengenalan Lapangan Persekolahan – pengembangan perangkat pembelajaran dan asisten guru yang diterbitkan oleh PLP FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Lingkup kajian Buletin ini adalah kegiatan pengenalan lapangan persekolahan yang berupa: (a) penyusunan perangkat pembelajaran, (b) pengembangan perangkat pembelajaran, (c) Implementasi perangkat pembelajaran, (d) inovasi pembelajaran, (e) pengenalan model-model pembelajaran, (f) asistensi guru mengajar, (g) praktek pengalaman mengajar, dan (h) pemberdayaan pembelajaran yang lainnya dalam konteks pembelajaran di era komputasi global. Program PLP II ini dalam era disrupsi pendidikan ini menjadi sangat berperan karena hakikatnya yang bertujuan untuk: (a) menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru, (b) menelaah strategi pembelajaran yang digunakan guru, (c) menelaah sistem evaluasi yang digunakan guru, (d) membantu guru dalam mengembangkan RPP, media pembelajaran, bahan ajar, dan perangkat evaluasi, (e) menelaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, (f) latihan mengajar dengan bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing PLP II, dengan tujuan mengalami langsung proses pembelajaran, serta pemantapan jati diri calon pendidik; (g) melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler; dan (h) membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administasi guru. Buletin ini terbit dua kali dalam setahun. Periode Juli dan Desember. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran mengundang penulis, pelaksana, dan/atau inisiator pembelajaran untuk berkontribusi pada buletin ini sebagai sumbangan berbagi pengalaman pengembangan pembelajaran untuk memajukan pendidikan dalam konteks perubahan pendidikan.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2024): Vol 6, No. 1, Juli 2024" : 7 Documents clear
Efektivitas Penggunaan Media ScrapBook pada Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Pramesti, Impala Agus; Dita Eka Wardani; Ida Aulia Sekarwati; Yunus Sulistyono
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol. 6 No. 1 (2024): Vol 6, No. 1, Juli 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v6i1.6709

Abstract

Penggunaan media pembelajaran Scrapbook dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, khususnya pada materi menulis teks laporan hasil observasi di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Scrapbook dianggap sebagai alternatif yang efektif untuk melatih keterampilan menulis siswa dalam bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana media Scrapbook dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menggali bagaimana media Scrapbook mempengaruhi kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Scrapbook terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis bahasa Indonesia. Penilaian menunjukkan adanya kemajuan pengetahuan siswa seiring dengan metode yang diterapkan selama proses pembelajaran. Secara keseluruhan, media Scrapbook memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa, serta meningkatkan kemampuan menulis mereka. Abstract The use of Scrapbook learning media in Indonesian language subjects, especially in the material of writing observation report texts at SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, is expected to improve students' creativity and learning outcomes. Scrapbook is considered an effective alternative to train students' writing skills in Indonesian. This study aims to evaluate the extent to which Scrapbook media can improve the writing skills of grade X students at the school. This study uses a descriptive qualitative approach to explore how Scrapbook media affects students' ability to write observation report texts. The results showed that Scrapbook was effective in improving Indonesian writing skills. The assessment showed progress in students' knowledge along with the methods applied during the learning process. Overall, Scrapbook media has a positive impact on students' learning outcomes, as well as improving their writing skills.
Kesalahan Berbahasa Pada Tataran Morfologi Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X TKJ SMK Batik 1 Surakarta Zakiyyah, Nadia; Hafisyah, Nabila Nidia; Dwikysan Retika, Nadhiya; Karunia Assidik, Gallant
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol. 6 No. 1 (2024): Vol 6, No. 1, Juli 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v6i1.6989

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa pada teks laporan hasil observasi siswa kelas X TKJ SMK Batik 1 Surakarta pada tataran morfologi. Data dalam penelitian ini berwujud kesalahan pada tataran morfologi yang berwujud kata, kelompok kata, dan kalimat. Sumber data ini berasal dari peserta didik kelas X TKJ. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dan catat. Langkah penelitian adalah identifikasi, kategorisasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang ditemukan dalam karangan teks laporan hasil observasi siswa kelas X TKJ SMK Batik 1 Surakarta adalah 27 kesalahan pada tataran morfologi. Kesalahan tersebut terdapat pada 11 kesalahan prefiks, 6 kesalahan sufiks, 1 kesalahan infiks, 2 kesalahan konfiks, 5 kesalahan reduplikasi, dan 2 kesalahan komposisi (pemajemukan).
Penerapan Model Mind Mapping Teks Laporan Hasil Observasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Permata, Vira Sukma; Ivana, Tata Setya; Afifah Nur Laila; Assidik, Gallant Karunia
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol. 6 No. 1 (2024): Vol 6, No. 1, Juli 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v6i1.7126

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penerapan model mind mapping teks laporan hasil observasi siswa kelas X1 SMA Batik 2 Surakarta. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Tindakan kelas dalam dua siklus. Instrument yang digunakan ini lembar observasi dan penilaian tugas mind mapping menulis laporan teks hasil observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 SMA Batik 2 Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa setelah diberikan perlakuan dengan model mind mapping. Hal ini menunjukkan bahwa model mind mapping dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa. Adapun hasil menunjukkan rata-rata pada siklus I menulis ejaan sebesar 62,0 meningkat menjadi 70,00 pada siklus II, pada siklus I penggunaan aspek kebahasaan sebesar 68,33 dan meningkat menjadi 81,67 pada siklus II, dan pada siklus I menulis keefektifan kalimat meningkat dari 75,00 menjadi 81,67 dengan kategori baik. Peningkatan yang paling signifikan adalah penggunaan unsur kebahasaan yaitu sebesar 19,5%.
Peningkatkan Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Melalui Kesenian Tari Pada Siswa kelas XII di SMKN 8 Surakarta Rismawati, Amanda Eka; Sheviana Kevin Mutiara Sari; Salis Nazla Asyifa; Gallant Karuna Assidik
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol. 6 No. 1 (2024): Vol 6, No. 1, Juli 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v6i1.7127

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengeksplorasi pengaruh penerapan kesenian tari dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada siswa kelas XII SMKN 8 Surakarta. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Tindakan kelas dalam dua siklus. Instrument yang digunakan ini merupakan penulisan teks deskriptif dan penilaian tugas menulis esai yang meliputi struktur teks deskripsi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Seni Tari SMKN 8 Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan menulis teks deskripsi melalui media kesenian tari. Hal ini menunjukkan bahwa kesenian tari dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi, selain itu juga dapat meningkatkan keterampilan pengamatan dan kreativitas pada siswa. Adapun hasil menunjukkan rata-rata pada siklus I menulis ejaan sebesar 62,0 meningkat menjadi 70,00 pada siklus II, pada siklus I penggunaan aspek kebahasaan sebesar 68,33 dan meningkat menjadi 81,67 pada siklus II, dan pada siklus I menulis keefektifan kalimat meningkat dari 75,00 menjadi 81,67 dengan kategori baik.
Pemanfaatan Game Edukasi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Zahra, Defita Nabila
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol. 6 No. 1 (2024): Vol 6, No. 1, Juli 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v6i1.8303

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemanfaatan media game edukasi dalam pembelajaran bahasa Inggris. Perkembangan zaman pada saat ini membawa pada sebuah perubahan yang mengharuskan pembelajaran lebih bervariatif agar dapat memotivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris dalam meningkatkan kualitas hidupnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur review non sistematik yang dimana berdasarkan pada sumber-sumber relevan dari topik terkait. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat banyak game edukasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi pembelajaran terutama dalam penggunaan media teknologi seperti ponsel yang memberikan efek signifikan. Adapun sebuah hal yang perlu diperhatikan dimana dalam pembuatan media game edukasi harus disesuaikan dengan kemampuan serta pemahaman siswa dan juga materi pembelajaran agar nantinya dapat berjalan dengan maksimal dalam kegiatan belajar mengajar. Banyak sekali keunggulan yang didapatkan dengan menggunakan media game edukasi dalam pembelajaran bahasa Inggris dimana dengan menggunakan media ini mampu meningkatkan pemahaman siswa dan dapat menumbuhkan rasa interaksi sosial siswa karena seluruh siswa berperan aktif di setiap pelaksanaan game edukasi
Efektivitas Media Kupu-Kupu Pengenalan Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Siswa SD Paramita, Yeni; Nuqthy Faiziyah
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol. 6 No. 1 (2024): Vol 6, No. 1, Juli 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v6i1.8304

Abstract

Kemampuan baca tulis siswa SDN 02 Karangturi masih rendah. Salah satu faktor penyebanya yakni siswa masih bingung dalam mengenal dan membedakan huruf abjad. Inovasi kupu-kupu pengenalan huruf dapat dijadikan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran kupu- kupu pengenalan huruf sebagai upaya mengatasi rendahnya kemampuan baca tulis siswa di SDN 02 Karangturi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, melibatkan 14 siswa kelas I SDN 02 Karangturi sebagai subjek penelitian. Penelitian dilaksanakan di SDN 02 Karangturi yang terletak di Dukuh Sengkeran, Karangturi, Gondangrejo, Karanganyar, Jawa Tengah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tinjauan literatur. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran kupu-kupu pengenalan huruf efektif dalam meningkatkan kemampuan baca tulis siswa SDN 02 Karangturi, namun perlu pertimbangan lebih lanjut terkait kelemahan bahan dasarnya. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan alat bantu dalam meningkatkan kemampuan baca tulis siswa SDN 02 Karangturi
Kesalahan Penulisan Berbahasa Indonesia Aspek Ejaan Dalam Karya Gambar Siswa MI Muhammadiyah Cipetir Herman, Zulfa Mabila
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol. 6 No. 1 (2024): Vol 6, No. 1, Juli 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v6i1.8305

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan penulisan kesalahan yang terdapat pada karya gambar siswa MI Muhammadiyah Cipetir bertempat di Kabupaten Sukabumi desa Sukamaju. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian dilakukan bertepatan melakukan Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKN-DIK) 2023 selama 6 minggu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan catat dari kesalahan penulisan karya gambar siswa. Menggunakan teknik analisis data model Miles & Huberman dengan mereduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kesalahan aspek ejaan berupa huruf kapital dan penggunaan bahasa yang tidak baku. Karya gambar siswa disertai dengan kalimat maupun kata sebagai pesan makna kepada pembaca, hal ini masih ditemukan beberapa kesalahan dalam menulis. Penelitian ini penting dikaji sebab dapat mengetahui bentuk kesalahan siswa dalam kepenulisannya

Page 1 of 1 | Total Record : 7