cover
Contact Name
Peny Husna Handayani
Contact Email
jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com
Phone
+6282216797714
Journal Mail Official
jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com
Editorial Address
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Usia Dini
ISSN : 2301914X     EISSN : 25027239     DOI : https://doi.org/10.24114/jud.v7i1
Core Subject : Education,
Ruang lingkup Jurnal Usia Dini, yaitu: 1. Penelitian di bidang Pendidikan Anak Usia Dini (tumbuh kembang anak usia dini, pola asuh anak usia dini, gizi anak usia dini) 2. Inovasi pembelajaran di bidang Pendidikan Anak Usia Dini 3. Pengembangan perangkat pembelajaran di bidang Anak Usia Dini 4. Evaluasi dan asesmen di bidang Pendidikan Anak Usia Dini 5. Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini 6. Tren Pendidikan Anak Usia Dini
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2024): Juni 2024" : 6 Documents clear
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Solving Pada Tema Profesi Untuk Anak Usia 5-6 Tahun Br Sembiring, Putri Utami; Eza, Gita Noveri
Jurnal Usia Dini Vol 10, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jud.v10i1.52275

Abstract

Abstrak: Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif Berbasis Problem Solving Pada Tema Profesi Untuk Anak Usia 5-6 Tahun yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan konsep model ADDIE yaitu diantaranya terdiri dari tahap Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ialah ahli kelayakan isi, ahli tampilan media, guru dan peserta didik kelas B di TK Budi Murni 2 Simalingkar, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, dan Objek penelitian ini yaitu media pembelajaran interaktif berbasis problem solving pada tema profesi untuk anak usia 5-6 tahun. Teknis analisis data yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif. Data hasil penelitian yang diperoleh dari uji validitas dengan skala penilaian 1-5 yaitu validasi kelayakan isi memperoleh rata-rata skor sebesar 4,3 yang mana masuk kedalam kategori Sangat Valid/Layak dan validasi tampilan media mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4 yang mana masuk kedalam kategori valid/layak. Hasil Uji Praktikalitas dengan skala penilaian 1-5 dapat dilihat bahwa Uji praktikalitas guru mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4,6 yang mana masuk kedalam kategori Sangat Praktis dan hasil respon peserta didik mendapatkan rata-rata penilaian 4 dengan kategori sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis problem solving pada tema profesi untuk anak usia 5-6 tahun telah Valid dan Praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran anak usia 5-6 tahun.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Interaktif, Problem Solving.
Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Kelompok B2 Melalui Kegiatan Ecoprint di TK Negeri Pembina Desa Meranti Kecamatan Renah Pamenang Kabupaten Merangin Limas Sari, Linda Rizki; Amanda, Rizki Surya; Pangaribuan, Tumewa
Jurnal Usia Dini Vol 10, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jud.v10i1.48077

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan sains anak kelompok B2 di TK Negeri Pembina Desa Meranti melalui kegiatan ecoprint. Spesifikasi tujuan dari penelitian ini ialah, (1) untuk mengetahui kemampuan sains anak sebelum diberikan tindakan menggunakan kegiatan ecoprint, (2) untuk mengetahui kemampuan sains anak setelah diberikan tindakan menggunakan kegiatan ecoprint, (3) untuk mengetahui kegiatan ecoprint dapat meningkatkan kemampuan sains anak kelompok B2 di TK Negeri Pembina Desa Meranti. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas sebanyak 3 siklus. Subjek penelitian ini ialah anak usia 5-6 tahun pada kelompok B2 TK Negeri Pembina Desa Meranti dengan jumlah 12 anak, 7 perempuan dan 5 laki-laki. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan sains anak usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Desa Meranti pada pratindakan sebesar 32,73. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I kemampuan sains anak usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Desa Meranti mengalami peningkatan pada pertemuan 1 sebesar 38,38%, pertemuan 2 43,44% dan pertemuan 3 53,37%%. Pada siklus II pertemuan 1 sebesar 58,03%, pertemuan 2 66,66 % dan pertemuan 3 sebesar 71,12%. Pada siklus III rata-rata pertemuan 1 sebesar 75,88%, pertemuan 2 81,84% dan pertemuan 3 sebesar 91,36%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan ecoprint dapat meningkatkan kemampuan sains anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Desa Meranti dengan dengan kategori BSB atau kategori tinggi yaitu sebesar 91,36% . Kata kunci: kemampuan sains, kegiatan ecoprint
Stimulasi Kemampuan Berpikir Komputasional pada Anak Usia Dini di Era Digital Sipahutar, Rini Juliana; Silalahi, Natalia
Jurnal Usia Dini Vol 10, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jud.v10i1.60800

Abstract

Di era digital, kemampuan berpikir komputasional adalah keterampilan fundamental yang harus dikembangkan sejak usia dini. Anak-anak yang familiar dengan teknologi cenderung lebih mudah memahami konsep dasar komputasi seperti algoritma, logika, dan pemecahan masalah. Penggunaan alat bantu digital dan aktivitas bermain yang dirancang secara khusus dapat secara signifikan menstimulasi kemampuan berpikir komputasional. Oleh karena itu, penting bagi para pendidik dan orang tua untuk secara strategis mengintegrasikan teknologi dan kegiatan komputasional ke dalam pendidikan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bentuk kegiatan dan media yang dapat digunakan dalam melatih kemampuan berpikir komputasional. Penelitian ini merupakan systematic literature review dengan pendekatan PRISMA. Literatur didapatkan dari berbagai perpustakaan digital seperti Google Scholar, Scopus, ResearchGate dan Springer yang terbit di antara 2018-2024. Berdasarkan 6 naskah terpilih, disebutkan bahwa terdapat berbagai kegiatan seperti permainan konvensional dan pemrograman yang digunakan untuk menstimulasi kemampuan berpikir komputasional. Media yang digunakan antara lain building block, visual programming application dan robot.
Meningkatkan Pencapaian Perkembangan Pemecahan Masalah Melalui Permainan Memory Chess Match pada Kelompok B TK Nurul Islam Desa Lantak Seribu Sulistyowati, Dwi Mayang; Muazzomi, Nyimas; Yantoro, Yantoro
Jurnal Usia Dini Vol 10, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jud.v10i1.48015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: a) mendeskripsikan peningkatan dari keberhasilan setiap siklus dan pembelajaran melalui permainan memory chess match, dan b) untuk mengetahui bagaimana permainan memory chess match dapat meningkatkan kemampuan dalam pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi. Berdasarkan hasil penelitian pada pra siklus terdapat 7 anak (58,3%) belum berkembang dan 5 anak mulai berkembang (42%) dan pada siklus 1 dilakukan 4 kali pertemuan sudah terjadi peningkatan yang baik. Pertemuan 1 terdapat 11 anak mulai berkembang (92%) 1 anak berkembang sesuai harapan (8%). pertemuan 2 dengan 10 anak mulai berkembang (83%) 2 anak berkembang sesuai harapan (17%). Pertemuan 3 dengan 9 anak mulai berkembang (75%) 3 anak berkembang sesuai harapan (25%). Pertemuan 4 ada 4 anak dengan kriteria mulai berkembang (33%) dan 8 anak berkembang sesuai harapan (67%). Sehingga perlu kiranya melanjutkan ke siklus II. Pada siklus II dilakukan 4 kali pertemuan yang dilaksanakan peneliti dengan memperbaiki kesulitan yang dihadapi anak untuk meningkatkan perkembangan pemecahan masalah anak dengan maksimal. Pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan, pada pertemuan 1 ada 11 anak berkembang sesuai harapan (92%) 1 anak dengan berkembang sangat baik (8%). Pertemuan 2 ada 11 anak dengan kriteria berkembang sesuai harapan (92%) 1 anak berkembang sangat baik (8%). Pertemuan 3 ada 1 anak dengan berkembang sesuai harapan (8%) dan 11 anak berkembang sangat baik (92%). Pertemuan 4 meningkat 12 anak tergolong kriteria berkembang sangat baik (100%).Kata kunci: pemecahan masalah, memory chess match
Pentingnya Peran Orangtua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Tahirah, Ilmi; Ismawati, Ismawati; Megawati, Megawati; Herman, Herman; Rusmayadi, Rusmayadi
Jurnal Usia Dini Vol 10, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jud.v10i1.61363

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyoroti betapa signifikannya peran orang tua dalam membentuk kemampuan sosial dan emosional anak pada masa yang paling krusial dalam perkembangannya. Bagaimana peran orang tua dalam membangun fondasi emosional yang kuat dan mengembangkan keterampilan sosial yang esensial pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan melakukan penelitian literatur yang mencakup teori-teori yang berkaitan dengan masalah penelitian, data yang dikumpulkan dan dianalisis sebagian besar berasal dari literatur. Hasil dari penelitian ini, bahwa pada masa usia dini, membangun fondasi emosional yang kuat dan menumbuhkan keterampilan sosial yang esensial pada anak memiliki arti penting dalam membentuk dasar yang kokoh bagi perkembangan mereka secara menyeluruh. Orang tua dan lingkungan sekitar berperan sangat penting dalam memberikan dukungan, bimbingan, dan rangsangan yang tepat guna membantu anak mengembangkan keterampilan untuk mengelola emosi, berinteraksi secara positif dengan orang lain, dan membangun hubungan yang sehat
Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Teknik Kolase dengan Media Rainbow Rice di RA Nurul Islam Kabupaten Bungo Fatdilah, Dwi Nur; Sukendro, Sukendro; Rosyadi, Akhmad Fikri
Jurnal Usia Dini Vol 10, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jud.v10i1.48054

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan motorik halus anak usia 5-6 tahun di RA Nurul Islam Kabupaten Bungo setelah penerapan Tindakan kegiatan kolase melalui media rainbow rice. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui dua siklus yaitu meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang dapat diukur atau dihitung secara langsung dan dinyatakan dalam bentuk angka. Observasi dan dokumentasi merupakan instrumen pengumpul data yang digunakan pada penelitian ini. diperoleh dari hasil observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa kegiatan kolase dengan media rainbow rice dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Hal ini dapat dibuktikan dari penilaian siklus kedua sudah mencapai kriteria dari perkembangan yang diharapkan yaitu berkembang sangat baik (BSB) dengan persentase sebesar 85%. Hal tersebut juga dapat dilihat dari anak yang sudah bisa menggunakan jari-jari tangannya untuk menempel rainbow rice menggunakan jarinya sendiri secara baik dan rapi.Kata kunci: motorik halus, kolase, rainbow rice

Page 1 of 1 | Total Record : 6