cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Research Report - Social Science
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Social,
Research Report - Humanities and Social Science merupakan kumpulan laporan penelitian yang dilakukan oleh para dosen Universitas Katolik Parahyangan, Bandung dalam bidang sosial. Penelitian tersebut didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Katolik Parahyangan. Bidang sosial mencakup berbagai disiplin ilmu, diantaranya Managemen, Akuntansi, Ekonomi dan Studi Pembangunan, Hukum, Administrasi Bisnis, Administrasi Publik, Hubungan Internasional dan Filsafat. Research Abstract diterbitkan dua (2) kali setiap tahunnya.
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 (2010)" : 4 Documents clear
PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA DAN ALUMNI SEBAGAI ”OPINION LEADER” PADA KUALITAS PELAYANAN TERHADAP NIAT MEREFERENSIKAN PROGRAM D3 MANAJEMEN UNPAR Wisnu Wardhono; Ida Nuraida
Research Report - Humanities and Social Science Vol. 1 (2010)
Publisher : Research Report - Humanities and Social Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.463 KB)

Abstract

Berdasarkan hasil survey, secara umum alasan mahasiswa masuk Unpar adalah berdasarkan pengaruh dan informasi yang positif dari opinion leader, terutama dari alumni, yang pernah merasakan jasa pelayanan di D 3 Manajemen Unpar. Hal ini juga berlaku untuk program D 3 Manajemen Unpar yang didirikan pada tahun 1995. Sejak kepindahan lokasi kampus dari Jl. Pasteur ke Jl. Ciumbuleuit 94 Bandung pada tahun 2000 serta ditutupnya kelas karyawan, D3 Manajemen Unpar mengalami penurunan jumlah mahasiswa. Penulis ingin mengetahui bagaimana persepsi opinion leader, terutama mahasiswa dan alumni, terhadap kualitas pelayanan (tangibility, emphaty, reliability, assurance, responsiveness atau disingkat TERAR) di D 3 Manajemen Unpar, dan sejauhmana kepuasan atas kualitas layanan/TERAR tersebut mempengaruhi niat mereka untuk mereferensikan D 3 Manajemen Unpar. Hal ini sangat berguna bagi D 3 Manajemen Unpar sebagai umpan balik terhadap kualitas pelayanan dari sudut pandang mahasiswa dan alumni yang sedang dan pernah merasakan produk jasa di D 3 Manajemen Unpar. Mereka akan melakukan perbandingan antara harapan dan persepsi mereka terhadap produk. Jika kualitas pelayanan yang digunakan sesuai atau bahkan melebihi harapan mereka (selain kualitas produk dan pengorbanan yang dikeluarkan mahasiswa dan alumni), maka hal ini akan mempengaruhi persepsi nilai mahasiswa dan alumni terhadap timbulnya minat mereferensikan yang positif mengenai D 3 Manajemen Unpar kepada teman-teman, kolega, keluarga dan orang-orang dalam lingkungan pergaulan mereka. Juga sebaliknya. Dalam jangka panjang, hal ini dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi jumlah mahasiswa yang masuk ke D 3 Manajemen Unpar.
AN INVESTIGATION OF THE APPLICATION OF SERVQUAL IN THE ENHANCEMENT OF SERVICE QUALITY AMONG INTERNATIONAL POST- GRADUATE STUDENTS: COMPARING INDONESIA WITH MALAYSIA Sandra Sunanto; Ria Satyarini; Taufiqurrahman Taufiqurrahman; Amran Amran; Ahmadreza Shekarchizadeh
Research Report - Humanities and Social Science Vol. 1 (2010)
Publisher : Research Report - Humanities and Social Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (37.525 KB)

Abstract

Universities strive to deliver high-quality service throughout its educational curriculum and its administrative process. In order to do so, universities must view students as their primary clients and seek to maximize their satisfaction with the level of university offered.Using SERVQUAL model, this research has an objective to investigate the performance of services delivered by universities to the international post-graduate students Indonesia. As part of joint research commitment with Malaysian scholars, findings of this research will be compared with their findings.This research uses paired T-test sample and regression analysis to test the hypotheses. Students did not too satisfy with the performance of non-faculty staff but they were quite satisfied with general and faculty performances.However, universities still have to improve their performances in order to deliver service excellences to their students.Keywords: Education, SERVQUAL, Service Excellences, Satisfaction.
IKLIM KERJA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KATOLIK PARAHYANGAN BANDUNG 2012 F.X Supriyono; Regina Detty
Research Report - Humanities and Social Science Vol. 1 (2010)
Publisher : Research Report - Humanities and Social Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.841 KB)

Abstract

Sebuah kajian komprehensif iklim organisasi literatur mengakibatkan identifikasi delapan dimensi iklim organisasi. Delapan operasional definisi dimensi dikembangkan dan diuji antara sampel tenaga dosen dan non dosen (karyawan).Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat tekanan kerja kurang positif sedangkan untuk dimensi yang lain memiliki iklim kerja yang positif. Namun organisasi perlu mengembangkan lagi tujuh dimensi yang lain agar memiliki persepsi yang lebih positif (tidak ragu-ragu).
ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN PADA 6 MEREK PAKAIAN WANITA KASUAL (STUDI PADA WANITA USIA 17-39 TAHUN, KELAS MENENGAH ATAS DI BANDUNG) Istiharini Istiharini; L. Retno Adriani
Research Report - Humanities and Social Science Vol. 1 (2010)
Publisher : Research Report - Humanities and Social Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.982 KB)

Abstract

Terjadi perubahan selera berpakaian terutama untuk wanita usia 17-30 tahun dengan kelas sosial atas karena umumnya wanita dengan karakteristik ini yang sedang haus akan informasi demi mendapatkan penampilan terbaik. Wanita muda memiliki keinginan yang lebih besar dibandingkan pria dan anak-anak (Sorger dan Udale, 2006:116) terutama untuk pakaian, asesorieries, sepatu, tas. Diharapkan dengan memiliki tampilan secara utuh mereka tampak lebih fashionable. Untuk dikenakan sehari-hari biasanya wanita mengenakan pakaian kasual. Kasual adalah dress code dimana penekanannya adalah pada kenyamanan dan ekspresi personal pada situasi yang tidak formal. Bahkan dalam kamus Wikipedia dinyatakan, “Casual generally means anything goes”. Pakaian kasual adalah pakaian yang tidak formal walaupun belakangan banyak yang meng-kasual-kan pakaian formal biasa disebut semi-casual sehingga pakaian casual bisa dipakai dalam situasi formal. Bandung dijadikan kota untuk diteliti karena dari hasil penelitian pendahuluan penduduk Bandung “fashionable”, Bandung merupakan pusat mode Indonesia, banyak designer kenamaan Indonesia lahir dari Bandung dan di Bandung pula banyak pabrik tekstil dan garment untuk memenuhi animo konsumennya. ada 6 merek yang diteliti yaitu Triset, LOGO, C2, Dust, MANGO dan Giordano. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner, observasi dan studi literature. Sampel diambil dengan menggunakan teknik convenience sampling. Data yang telah terkumpul diolah dengan mengambil modus (nilai terbanyak). Objek penelitian dalam penelitian ini adalah wanita muda usia 18-30 tahun kelas menengah atas yang berada di Bandung.Dari penelitian ini didapat kesimpulan profil wanita pengguna pakaian kasual adalah wanita yang peduli penampilan, tidak terlalu peduli merek , suka jalan-jalan ke mall, suka berbelanja pakaian dan referensi pakaian dari majalah atau melihat di toko. Konsumen dalam hal ini responden dalam penelitian ini masih menganggap atribut produk merek luar negeri lebih baik daripada merek dalam negeri. Merek luar negeri masih menjadi acuan ketika membeli pakaian. Positioning merek luar negeri di benak konsumen lebih baik daripada merek lokal.Kata kunci: Wanita muda kelas menengah atas, yang berdomisili di Bandung, pakaian kasual, persepsi

Page 1 of 1 | Total Record : 4