cover
Contact Name
Syarifah
Contact Email
jurnal_dialektika@iainpare.ac.id
Phone
+6281241171249
Journal Mail Official
jurnal_dialektika@iainpare.ac.id
Editorial Address
Jalan Amal Bhakti Soreang Fakultas Tarbiyah Kota Parepare
Location
Kota pare pare,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam
ISSN : -     EISSN : 29859336     DOI : 10.35905/dialektika.v3i2.12710
Jurnal Pendidikan Agama Islam atau DIALEKTIKA adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh IAIN Parepare Press dengan E-ISSN dan P-ISSN, terbit dua kali setahun yaitu Juni dan Desember. Fokus jurnal ini adalah isu-isu penting dan aktual tentang pendidikan agama Islam seperti pendidik ditinjau dari pendidikan Islam, peserta didik ditinjau dari pendidikan Islam, kurikulum pendidikan Islam, manajemen pendidikan Islam, metode pembelajaran ditinjau dari pendidikan Islam, media pembelajaran ditinjau dari pendidikan Islam, lembaga pendidikan Islam, sejarah pendidikan Islam, kajian tafsir tarbawi, dan kajian hadits tarbawi.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2024): DIALEKTIKA: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM" : 5 Documents clear
Pemanfaatan Waktu Luang Peserta Didik Kelas IX Di Luar Jam Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan BTQ Nur Ina Fildzha Zahia; Wahyu Hidayat; Sudirman
Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 2 No 2 (2024): DIALEKTIKA: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/dialektika.v2i2.2187

Abstract

Abstract: Everyone has time to spend doing activities that support their performance or time spent just to entertain and relax. This also applies to students, in addition to time to study at school, they also have free time at home. The results of field observations show that the ability reading and writing skills of the Qur'an some class IX students do not meet the KKM, therefore some improvements are needed in the learning process, one of which is the use of free time outside of school hours and students. Keyword: Free time, parents, students, and ability reading and writing skills of the Qur'an.
Telaah Faktor-Faktor Penyebab Kurangnya Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII pada Mata Pelajaran Fiqih di Era Revolusi Industri 4.0 Nurhanisa Ridwan; Abd.Rahman K; A.Tien Asmara Palintan
Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 2 No 2 (2024): DIALEKTIKA: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/dialektika.v2i2.2209

Abstract

Motivasi merupakan salah satu unsur yang terpenting dalam keberhasilan suatu proses pembelajaran. Namun, di era revolusi industri 4.0 ini motivasi peserta didik semakin menurun karena disebabkan oleh beberapa faktor. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menelaah faktor-faktor penyebab kurangnya motivasi belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Fiqih di era industri 4.0. Metode penelitian yaitu menggunakan jenis penelitian lapangan berupa pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yakni dengan teknik observasi dan wawancara. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu terdapat tiga faktor utama penyebab kurangnya motivasi peserta didik antara lain: 1) tidak adanya media pembelajaran, 2) kurangnya sarana dan prasarana pendukung proses pembelajaran, 3) penggunaan metode pembelajaran yang monoton.
Efektivitas Teknologi Informasi Sebagai Sarana Pendekatan Studi Islam Terhadap Masyarakat Nur Aqila R; Nur Rahmah
Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 2 No 2 (2024): DIALEKTIKA: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/dialektika.v2i2.2848

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif tentang efektivitas teknologi informasi sebagai sarana pendekatan studi islam terhadap masyarakat. Adapun masalah dalam penelitian ini, yaitu bagaimana penggunaan teknologi informasi dapat menjadi sarana pendekatan studi islam di kalangan masyarakat dan sejauh mana efektivitas penggunaan teknologi informasi dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan masyarakat terhadap studi islam. Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas teknologi informasi sebagai sarana pendekatan studi Islam terhadap masyarakat. Studi ini akan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk menggali data dan mengukur efektivitas teknologi informasi dalam pendekatan studi Islam. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawamcara, dan analisis konten. Adapun hasil penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan teknologi informasi sangat berpengaruh sebagai salah satu sarana pendekatan studi Islam kepada Masyarakat.
Pendidikan Berbasis Sistem Informasi Manajemen (SIM) pada Jenjang Sekolah Menengah Atas Haryanto; Rustan Efendy
Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 2 No 2 (2024): DIALEKTIKA: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/dialektika.v2i2.7131

Abstract

Penggunaan teknologi dalam pendidikan akan membuka kemungkinan untuk lahirnya berbagai alternatif bentuk kelembagaan baru dalam menyediakan fasilitas belajar dan mengelola pendidikan secara maksimal. Hanya saja pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), penggunaan teknologiuntuk kepentingan manajemen masih belum optimal dilakukan. Penelitian ini menggunakan studi pustaka dengan mengumpulkan beragam referensi terkait tujuan penelitian untuk memperoleh hasil. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan sistem informasi manajemen yang tepat dan sesuai dengan perkembangan zaman maka akan mampu untuk menciptakan pengelolalan dan penyelenggaraan pendidikan yang efektif dan efisien. Sistem informasi manajemen atau SIM memiliki manfaat yang beragam. Mulai dari penanganan masalah administrasi pendaftaran siswa baru, hingga pengelolaan materi pada peserta didik, pelaksanaan kegiatan perkuliahan, pengelolaan sumber daya, hingga proses pengambilan keputusan administrasi, semuanya dapat dilakukan dengan lebih efisien dan tepat melalui penggunaan sistem informasi.
Nilai Pendidikan Agama Islam Yang Terkandung dalam Film Animasi Nussa dan Rara dan Relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam Andi Nurindah Sari; Andi Zulfiana
Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 2 No 2 (2024): DIALEKTIKA: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/dialektika.v2i2.7672

Abstract

Penelitian Kualitatif yang bertujuan untuk mengkaji nilai Pendidikan Agama Islam dalam film Animasi Nussa dan Rara serta relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam di Kampus. Jenis penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Penelitian yang dilaksanakan di Institut Agama Islam Negeri Parepare, dengan menggunakan dua sumber data yaitu, sumber data primerdan sumber data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film animasi Nussa dan Rara mengandung nilai-nilai Pendidikan Islam, yang dapat berfungsi sebagai media pembelajaran untuk pengembangan mental dan kepribadian dalam kehidupan sehari-hari. Dalam film ini, terdapat berbagai nilai Pendidikan Agama Islam, seperti nilai Pendidikan aqidah, akhlak, dan ibadah. Film ini dapat menjadi alat yang efektif untuk mengajarkan nilai-nilai tersebut. Selain itu, relevansi film animasi Nussa dan Rara dengan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada era Pasca Pandemi tercermin dalam beberapa episode, seperti "Ayo Berolahraga", "Yuk Cuci Tangan", dan "Generasi Cerdas: Cegah Virus Dari Rumah". Episode-episode tersebut menyoroti tindakan-tindakan yang relevan dengan kondisi pasca pandemi, termasuk cara menjaga kebersihan diri, menjaga kesehatan tubuh, dan upaya pencegahan virus, yang dapat diaplikasikan dari rumah. Hal ini menunjukkan bahwa film ini tidak hanya bermanfaat sebagai sarana pendidikan Islam, tetapi juga memiliki relevansi dengan konteks zaman yang terkini, yaitu masa pasca pandemi.

Page 1 of 1 | Total Record : 5