cover
Contact Name
Ridma Diana
Contact Email
ridmadiana7@gmail.com
Phone
+6289647817607
Journal Mail Official
ridmadiana7@gmail.com
Editorial Address
Jl. K.H. Mas Mansyur No. 17 Jakarta Pusat
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir
ISSN : -     EISSN : 30264332     DOI : https://doi.org/10.62026/
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir adalah jurnal pendidikan Islam berskala nasional dan Internasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Jamiat Kheir Jakarta sejak 2022 (versi online). e-ISSN: 3026-4332 Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir mengundang para dosen, peneliti, pengkaji, praktisi, dan pemerhati serta mahasiswa S1/S2/S3, untuk mengirimkan paper atau artikel ilmiahnya. Paper yang masuk akan di-review secara peer-review. Setelah proses review selesai, hasil review akan diinformasikan kepada penulis paper melalui sistem Open Journal System (OJS).Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir terbit 2 kali dalam setahun. Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir fokus kepada Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 29 Documents
PELAKSANAN FATWA MUI TENTANG PENGUNAAN MASKER DALAM SHALAT BERJAMAAH DI MASJID PADA MASA PANDEMI COVID-19 Dzulkifli Noor
Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir Vol 1 No 1 (2023): Vol. 1, No 1, Januari - Juni 2023
Publisher : LP2M JAMIAT KHEIR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan masker pada masa pandemi covid-19 pada kurun waktu 2019 sampai dengan 2021 mengalami 2 perkembangan terkait dengan kebijakan pemerintah dalam penanganan covid-19, yaitu anjuran bagi yang sehat dan kewajiban menggunakan bagi yang sakit, dan berikutnya kewajiban bagi seluruh masyarakat baik yang sehat dan sakit untuk menggunakan masker di tempat umum. Kewajiban yang diterapkan pemerintah ini menjadi efektif dilakukan dengan ditegakkannya razia pengunaan masker di tempat umum dan didukung dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait hukum penggunaan masker di dalam shalat berjamaah. Dalam penelitian ini, dijelaskan bagaimanakah kebiasaan masyarakat penggunaan masker dalam shalat berjamaah dan pendapat masyarakat terkait hal itu. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan sumber data pustaka dan wawancara. Hasil penelitian ada tiga 3 kebiasaan masyarakat dalam menggunakan masker pada shalat berjamaah di masjid, yaitu menggunakan masker dengan ketat, menggunakan masker dengan longgar dan tidak menggunakan masker.
STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Ridma Diana
Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir Vol 1 No 1 (2023): Vol. 1, No 1, Januari - Juni 2023
Publisher : LP2M JAMIAT KHEIR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This article aims to descriptively analyze how the learning strategies carried out by Islamic Religious Education teachers strive to improve learning outcomes in the field of Islamic Religious Education. The method used in this writing is a qualitative method with a type of literature review approach (study literature). Some of the references and guidelines for writing come from primary sources and secondary sources taken from several relevant previous studies, books, and reputable journals. Data collection in this article is done by documentation and data analysis using content analysis. The results of the analysis in this study explain that the learning strategy of Islamic Religious Education teachers in Islamic Religious Education subjects or fields of study can use several types of methods in learning activities. The strategy is at the stage of conceptualizing in a planned manner by looking at the characteristics of learning for the implementation of learning. While the method is at the implementation stage to be actualized by Islamic Religious Education teachers in the process of learning activities and Islamic Religious Education teachers can choose learning methods to improve Islamic Religious Education learning outcomes such as exemplary attitudes, lectures, questions and answers, demonstrations and discussions. Keywords: Teaching and learning strategies; Learning outcomes; Islamic Religious Education
ANALISIS KONTRIBUSI PENGAMALAN AL-QUR’AN TERHADAP KESEHATAN MENTAL
Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir Vol 1 No 1 (2023): Vol. 1, No 1, Januari - Juni 2023
Publisher : LP2M JAMIAT KHEIR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The Al-Qur'an gives instructions to humans to practice it comprehensively, because by practicing the Al-Qur'an it can give confidence that life becomes more meaningful. Someone who sticks to the Qur'an, when he experiences disappointment, he will not feel hopeless and will face it calmly and steadfastly. It is beliefs like these that will keep a person mentally healthy because he avoids feeling anxious, depressed and stressed when he has a problem. In the context of the Qur'an, people who are closer to Allah SWT by increasing their worship (remembrance of Allah SWT), the more peaceful their souls will be and the more able to face disappointments and difficulties in life. The type of research conducted is library research, which is a study that aims to collect data and information with the help of various materials contained in the library, for example in the form of books, notes, papers, and others. other. This means that the problem and data collection come from literature review. The results of the research from the contribution of the practice of the Qur'an to mental health are: (1) calm and peace of mind, (2) developing and utilizing potential, (3) living a meaningful and happy life. Keywords: Practice, Al-Qur'an, Mental health
PENDEKATAN EKONOMI DALAM KAJIAN KAPITALISME UMRAH DAN HAJI Fikriana Kurniati; Moh Zamroni; Rahmawan Octavianto Rahmawan Octavianto
Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir Vol 1 No 1 (2023): Vol. 1, No 1, Januari - Juni 2023
Publisher : LP2M JAMIAT KHEIR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62026/j.v1i1.18

Abstract

PERUBAHAN SOSIAL DALAM ISLAM Hariyadi Hary
Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir Vol 1 No 1 (2023): Vol. 1, No 1, Januari - Juni 2023
Publisher : LP2M JAMIAT KHEIR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai, sikap-sikap sosial, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.Islam adalah agama mayoritas yang dipeluk oleh masyarakat Indonesia. Agama Islam diperkirakan mulai berkembang di Indonesia pada abad ke 7 Masehi. Kehadiran Islam memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap perubahan sosial yang terjadi dari masa ke masa.Perubahan sosial yang terjadi di masyarakat tidak terlepas dari pengaruh positif dan pengaruh negatif, sehingga perlu adanya pedoman, dan petunjuk yang bisa mengarahkan manusia dalam mengikuti perubahan sosial di masyarakat. Dalam hal ini, peran agama menjadi sangat penting.Dalam interaksi sosial di masyarakat adanya kemajuan mempengaruhi prilaku dan pola sikap masyarakat, sehingga banyak prilaku menyimpang di masyarakat, yang dapat menggangu stabilitas kehidupan bermasyarakat. Dengan aktualisasi nilai-nilai agama Islam di masyarakat secara nyata dan terus menerus, akan semakin menunjukkan perubahan sosial di masyarakat yang bernilai positif. Selain sebagai pedoman, agama Islam juga dapat digunakan sebagai filter terhadap dampak negatif dalam perubahan sosial di masyarakat. Agar masyarakat bisa lebih selektif dalam menerima dan bisa mengakomodir budaya-budaya baru yang datang dari Barat Kata Kunci : Perubahan Sosial, Agama Islam
PENGEMBANGAN ALAT DAN TEKNIK EVALUASI TES DALAM PENDIDIKAN Slamet Susanto
Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir Vol 1 No 1 (2023): Vol. 1, No 1, Januari - Juni 2023
Publisher : LP2M JAMIAT KHEIR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada artikel ini memiliki tujuan untuk mengetahui teknik evaluasi dalam dunia pendidikan. Penulisan ini merupakan jenis penulisan deskriptif analitik(descriptive research). Penulisan ini juga termasuk penulisan eksploratif sebagaiupaya untuk menemukan secara faktual, akurat dan sistematis terhadap fakta dandata.Teknik evaluasi merupakan metode yang digunakan agar suatu tujuanevaluasi, yaitu menggali informasi tentang peserta didik dapat tercapai. Untukmelakukan evaluasi maka evaluator harus menguasai teknik evaluasi. Denganpenilaian guru akan mengetahui perkembangan hasil belajar, intelegensi, bakatkhusus, minat, hubungan sosial, sikap dan kepribadian siswa atau peserta didik.Untuk keperluan evaluasi diperlukan teknik evaluasi yang bermacam-macam,seperti kuesioner, tes, skala, format observasi, dan lain-lain. Dari sekian banyakteknik evaluasi, secara umum dapat dikelompokkan menjadi dua, yakni teknik tesdan non-tes. Khusus untuk evaluasi hasil pembelajaran teknik evaluasi yangpaling banyak digunakan adalah tes.
MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DAN AKHLAK MULIA MELALUI PEMBELAJARAN SHALAT DI SMPIT INSAN MANDIRI GREENVILLE SETU BEKASI, JAWA BARAT Asyraf Zuam
Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir Vol 1 No 2 (2023): Vol. 1, No 2, Juli - Desember 2023
Publisher : LP2M JAMIAT KHEIR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62026/j.v1i2.23

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pembentukkan Karakter Disiplin dan Akhlak Mulia Melalui Pembelajaran Shalat di SMPIT Insan Mandiri Greenville, Setu Bekasi, Jawa Barat. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juni 2022 sampai April 2023. Metode yang digunakan yaitu fenomenologi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa membentuk karakter disiplin dan akhlak mulia melalui pembelajaran shalat di SMPIT Insan Mandiri Greenville sesuai terlaksana dengan proses pembelajaran praktik ibadah yang diterapkan oleh guru pengampu mata pelajaran praktik ibadah melalui sumber media pembelajaran buku sifat shalat nabi, dan evaluasi mutaba’ah yaumiyah. Pembelajaran shalat merupakan salah satu program unggulan di SMPIT Insan Mandiri Greenville untuk meningkatkan nilai karakter disiplin yang tercantum dalam lima karakter Sekolah Insan Mandiri diantaranya: Jujur, Peduli, Bersih, Disiplin, dan Mandiri. Membentuk karakter disiplin melalui pembelajaran shalat merupakan salah satu pembiasaan agar murid dapat terbiasa melakukan aktivitas secara disiplin dan tepat waktu. Oleh karena itu, para guru di SMPIT Insan Mandiri Greenville sangat antusias dalam hal kedisiplinan khususnya di dalam shalat fardhu, dan sunnah.
FILSAFAT DAN CAKUPANNYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM Mustaqim Hajati
Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir Vol 1 No 2 (2023): Vol. 1, No 2, Juli - Desember 2023
Publisher : LP2M JAMIAT KHEIR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62026/j.v1i2.24

Abstract

The development of education will continue to experience renewal with existing scientific disciplines. This study contains the views and scope that exist in Islamic education through a philosophical perspective. Introductory material in this paper contains a review of ontology, espistemology and axiology to then be able to fully understand Islamic education. Not only definitive and theoretical discussion, but the concept of integration between philosophy and Islamic education is presented to prove that there is relevance between philosophy and renewable education by not forgetting Islamic values. Can see from the scope and scope of existing in Islamic education; the goals, actors, curriculum, methods, evaluation, and educational environment that grow directly in the philosophy of Islamic education. Keywords: Philosophy, Islamic Education, Integration, Scope
DASAR-DASAR RESOLUSI KONFLIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM Abdullah Safei
Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir Vol 1 No 2 (2023): Vol. 1, No 2, Juli - Desember 2023
Publisher : LP2M JAMIAT KHEIR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62026/j.v1i2.25

Abstract

Based on the conditions and reality of the dynamics of social life of society, religion is used as a justification reason, then religion, which certainly teaches peace and tranquility, will no longer feel relevant to be used as a guideline. However, if religious teachings are applied properly and also understood correctly and not ruled out, then religion in this case Islam which is guided by the holy book of the Qur'an must be relevant and can provide solutions to every problem that exists. Questioning the relevance of religion, in this case Islam with objective situations and conditions in people's social life tends to be unstable due to the vulnerability of vertical or horizontal conflicts is very interesting to watch, especially if the discussion comes to a resolution with peace in the perspective of the Qur'an. Indeed, the teachings of Islam, as embodied in the holy book of the Qur'an, teach that humans create an atmosphere of harmony, peace, security, and peace in life. Islam strongly dislikes anarchist behavior and prolonged conflict. Islamic leaders, such as ulama, kyai, ustadz or muballigh always remind the Islamic community to spread peace in human life. Therefore, if there is a different situation in the followers of Islam, then something must be wrong. The occurrence of disharmony in a society that embraces religion, because religious teachings are not practiced properly.
ANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SD AL WATHONIYAH 09 PENGGILINGAN JAKARTA m sony
Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir Vol 1 No 2 (2023): Vol. 1, No 2, Juli - Desember 2023
Publisher : LP2M JAMIAT KHEIR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62026/j.v1i2.28

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif analitis. Penelitian ini termasuk juga field reseach yang sumber datanya diperoleh langsung dari lapangan. Penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat analitis, yang memiliki tujuan untuk menggambarkan dengan tepat sifat-sifat suatu keadaan, individu, gejala atau kelompok tertentu atau bisa juga untuk menentukan frekuensi atau penyebaran sebuah gejala dan gejala lain. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisa data menggunakan teknik analisis deskriptif mencakup pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru PAI di SD Al Wathoniyah 9 sudah mengimplementasikan pembelajaran saintifik dengan baik dan sesuai dengan tahapan-tahapan yang memang sudah ditentukan dalam pendekatan saintifik, hanya saja terkadang guru tidak sistematis atau berurutan pada pelaksanaannya

Page 1 of 3 | Total Record : 29