cover
Contact Name
T. Fachrul Razie
Contact Email
lpmstitmu@gmail.com
Phone
+6282273123435
Journal Mail Official
lpmstitmu@gmail.com
Editorial Address
Jln. Nasional (Komplek Pendidikan) Padang Meurantee - Susoh
Location
Kab. aceh barat daya,
Aceh
INDONESIA
Anatesa : Kajian Pendidikan, Sosial dan Keagamaan
ISSN : 23028327     EISSN : 30479487     DOI : -
Anatesa : Kajian Pendidikan, Sosial, dan Keagamaan merupakan publikasi akademis yang menyajikan tulisan-tulisan ilmiah yang mendalam dan terkini dalam bidang pendidikan, sosial, dan keagamaan. Jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah bagi para peneliti, akademisi, dan praktisi yang ingin berkontribusi dalam pengembangan pemahaman terhadap isu-isu kritis dalam ketiga ranah tersebut.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol. 15 No. 2 (2025): Kajian Pendidikan, Sosial dan Keagamaan" : 4 Documents clear
KEVALIDAN PERANGKAT PEMBELAJAAN MENGGUNAKAN MODEL OPTHREE BERBANTUAN MEDIA GOOGLE SITES PADA KONSEP FLUIDA STATIS Mauli, Eka Nurdiana U; Supartin; Demulawa, Meilan
Anatesa : Kajian Pendidikan, Sosial dan Keagamaan Vol. 15 No. 2 (2025): Kajian Pendidikan, Sosial dan Keagamaan
Publisher : STIT Muhammadiyah Aceh Barat Daya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study is to develop Learning Devices using the OPHThreee Model assisted by valid Google Sites media. This study is a development research (Research and Development) that adapts the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation).Data collection instruments include Expert Validation Sheets, which are carried out by two validators who have the appropriate competencies. The results of the study showed that the results of the validation of learning devices obtained an average value of the teaching module of 3.57, teaching materials of 3.50, Student Worksheets of 3.48, Learning media of 3.65, and Learning Outcome Tests of 3.51 so that they are declared valid and can be used with a little revision. Based on the results of the study, it can be interpreted that the physics learning device using the OPthree model assisted by Google Sites media on the static fluid concept that has been developed is of high quality and suitable for use in learning.
Konsep Pendidikan Al-Ghazali: Konsep Pendidikan Perspektif Imam Al-Ghazali Her, Hermanita
Anatesa : Kajian Pendidikan, Sosial dan Keagamaan Vol. 15 No. 2 (2025): Kajian Pendidikan, Sosial dan Keagamaan
Publisher : STIT Muhammadiyah Aceh Barat Daya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Landasan pokok pemikiran pendidikan al-Ghazali adalah ajaran Islam itu sendiri, dimana lahirnya pemikiran yang disebut konsep pendidikan perspektif al-Ghazali ini didasari oleh kondisi dan situasi masyarakat pada saat itu sangat kacau balau bahkan manusia saat itu bisa dikatakan sedang mengalami kemerosostan moral serta mengarahkan pendidikan hanya semata tujuan dunia belaka. Adapun konsep pendidikan al-Ghazali ini berciri khas “Moral-religius” dengan tidak melupakan urusan dunia. Untuk itu al-Ghazali menciptakan sebuah konsep pendidikan yang bertujuan untuk merubah pola pikir masyarakat saat itu sehingga mereka mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat yang mencakup kebahagian dalam arti yang seluas-luasnya. Konsep pendidikan yang ditawarkan al-Ghazali ini juga tidak terlepas dari konsep pendidikan secara konfrehensif yang mencakup berbagai macam komponen pendidikan didalamnya. Konsep ini diawali oleh komponen pendidikan pada umumnya yang didalamnya juga membahas tentang; Tujuan pendidikan, kurikulum, Metode dan Media, pendidik, peserta didik, materi pengajaran dan aspek psikologis yang mendukung proses pembelajaran.
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PESERTA DIDIK Safran, Safran
Anatesa : Kajian Pendidikan, Sosial dan Keagamaan Vol. 15 No. 2 (2025): Kajian Pendidikan, Sosial dan Keagamaan
Publisher : STIT Muhammadiyah Aceh Barat Daya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi akademik peserta didik. Kecerdasan emosional mencakup kemampuan mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri, mengenali emosi orang lain, dan membina hubungan sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa SMP kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan prestasi akademik. Temuan ini menunjukkan pentingnya pembinaan kecerdasan emosional dalam lingkungan pendidikan untuk meningkatkan capaian akademik siswa.  
KENDALA SUPERVISI PENGAJARAN KEPALA SEKOLAH Makhsura, Suri
Anatesa : Kajian Pendidikan, Sosial dan Keagamaan Vol. 15 No. 2 (2025): Kajian Pendidikan, Sosial dan Keagamaan
Publisher : STIT Muhammadiyah Aceh Barat Daya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ada berbagai cara yang dilakukan kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi pengajaran ini baik secara otokratis maupun secara demokratis. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apa saja kendala sepervisi pengajaran kepala sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kepustakaan (library research) terkait jurnal-jurnal tentang supervisi pengajaran kepala sekolah. Dari hasil pembahasan diketahui bahwa kendala dalam supervisi pengajaran kepala sekolah melibatkan empat faktor, yaitu kepala sekolah (waktu, kurangnya keterampilan dan pengetahuan, stres dan karakteristik pribadi kepala sekolah), guru (sikap dan motivasi guru), siswa serta peralatan dan fasilitas.

Page 1 of 1 | Total Record : 4