cover
Contact Name
Rosmala Atina Rusadi
Contact Email
umbogorraya@gmail.com
Phone
+6285782230332
Journal Mail Official
umbogorraya@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Leuwiliang No.106, Leuwimekar, Kec. Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16640
Location
Kab. bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Bidan
ISSN : 23024024     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Health,
Jurnal Bidan Umbara merupakan wadah atau sarana yang menerbitkan tulisan ilmiah hasil-hasil penelitian maupun nonhasil penelitian di bidang ilmu-ilmu kebidanan khususnya dan ilmu-ilmu kesehatan pada umumnya yang belum pernah diterbitkan atau sedang dalam proses penerbitan di jurnal-jurnal ilmiah lain. Redaksi berhak mengubah tulisan tanpa mengubah maksud atau substansi dari naskah yang dikirimkan. Naskah yang belum layak diterbitkan dalam Jurnal Ilmu Kebidanan dan Kesehatan tidak dikembalikan kepada pengirimnya, kecuali atas permintaan dari penulis yang bersangkutan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 14 Documents
ANALISIS DETERMINAN PELAPORAN INSIDEN KESELAMATAN PASIEN OLEH PENANGGUNG JAWAB RUANGAN VK DI RUMAH SAKIT Eti Sulastri; Heriyanti; Selma Aulia
Journal Bidan Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Bidan
Publisher : Departemen DIII UMBARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kurangnya Budaya Lapor terhadap Insiden Keselamatan Pasien menyebabkan tingginya kesalahan saat melakukan tindakan karena sepuluh kejadian nyaris cidera akan menyebabkan satu kejadian tidak diharapkan. Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien (IKP) dapat dijadikan proses pembelajaran yang dapat mencegah terulangnya kesalahan dan pada akhirnya akan meningkatkan keselamatan pasien dan mutu asuhan dan pelayanan keperawatan di rumah sakit. Sebuah tinjauan sistematik dilakukan, yang bertujuan untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi pelaporan IKP oleh penanggung jawab ruangan di suatu rumah sakit. Metode pada penelitian ini menggunakan pencarian artikel melalui database seperti ProQuest, ScienceDirect, dan SPRINGER LINK dengan kata kunci: pelaporan insiden keselamatan pasien; pendidikan; pengalaman kerja; persepsi; sikap. Dari hasil pencarian tersebut didapatkan 1055 kemudian dilakukan screening,didapatkan 4 jurnal yang sesuai dengan kriteria inklusi PICO, masalah dan tujuan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan berdasarkan 4 jurnal secara umum faktor yang signifikan terhadap pelaporan IKP adalah kurang pengetahuan, takut dan khawatir dan persepsi tidak melapor terhadap pasien tidak cedera.
HUBUNGAN PERILAKU ORANG TUA TERHADAPP KEJADIAN EARLY CHILDHOOD CARIES DI INDONESIA Musdalifah; Eti Sulastri; Annisa Konita
Journal Bidan Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Bidan
Publisher : Departemen DIII UMBARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengetahuan dan kepercayaan orang tua memiliki pengaruh terhadap kesehatan gigi anak. Literatur review ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara perilaku orang tua terhadap kejadia Earl Childhood Caries di Indonesia. Studi ini merupakan systematic literature reviewyang menggunakan 2 database, yaitu PubMed dan Proquest. Dari hasil ekstrakszi dan sintesis data, didapatkan bahwa terdapat hubungan positif antara perilaku orang tua dan kejadian ECC, semakin baik tingkat Pendidikan, status sosial dan ekonomi orang tua, maka semakin baik kondisi kesehtan gigi dan mulut anak
IMPLEMENTASI LAYANAN HOME CARE PADA MASA PANDEMI COVID-19 Heriyanti; Fenti Putri Cahyani; Ananda Shahyla
Journal Bidan Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Bidan
Publisher : Departemen DIII UMBARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Layanan home care atau homevisite adalah salah satu layanan kesehatan yang dimiliki oleh suatu Rumah sakit maupun klinik. Layanan homecare memiliki kelebihan antara lain pasien tidak perlu datang ke fasilitas kesehatan, tetapi petugas kesehatan yang menghampiri ke rumah untuk memberikan layanan kesehatan seperti pemeriksaan Dokter, pemberian terapi obat dan pemeriksaan penunjang seperti laboratorium. Akan tetapi semenjak pandemi COVID-19 merebak di Indonesia sejak 2020 membuat masyarakat takut untuk keluar rumah maupun bertemu dengan orang lain. Sejak saat itu, layanan kesehatan termasuk homecare atau homevisite mengalami penurunan kunjungan. Kesulitan pun sangat dirasakan bagi pasien dan keluarga yang sejak lama mengandalkan layanan homecare untuk kebutuhan kesehatannya. Studi ini ditulis untuk melihat implementasi layanan homecare pada masa pandemi COVID-19 dengan menggunakan metode literature review pada 2 database, yaitu Proquest dan Scopus. Dari hasil studi, didapatkan bahwa implementasi layanan homecare pada masa pandemi membutuhkan upaya lebih untuk memberikan pelayanan dengan tetap menjaga protokol kesehatan.
KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEHAMILAN BERBASIS TELEMEDICINE MASA PANDEMI COVID-19 Ely yusti; Eti sulastri,; Annisa Konita
Journal Bidan Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Bidan
Publisher : Departemen DIII UMBARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Telemedicine, yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk menyediakan layanan kesehatan jarak jauh, telah menjadi alat penting dalam mengurangi penyebaran virus dengan membatasi kontak fisik. Namun, pertanyaan tentang dampaknya terhadap kepuasan pasien muncul, terutama dalam konteks pandemi yang penuh ketidakpastian.Tujuan: Menggambarkan kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan berbasis telemedicine selama pandemi COVID-19.Metode: Pencarian literatur di database utama seperti PubMed, Cochrane Library, dan ScienceDirect. Kriteria inklusi mencakup studi yang secara eksplisit mengevaluasi kepuasan pasien terkait dengan penggunaan telemedicine selama pandemi COVID-19 dan dipublikasikan dalam bahasa Inggris.Hasil: Hasil dari seleksi studi mengindikasikan bahwa pasien yang menggunakan telemedicine selama pandemi COVID-19 memiliki tingkat kepuasan yang tinggi, sebagaimana diukur dengan Skor Press Ganey. Faktor-faktor seperti pengurangan risiko infeksi COVID-19, kemudahan akses, dan pertimbangan ekonomi telah mendukung adopsi telemedicine oleh pasien
LAMA WAKTU RAWAT INAP PASIEN OPERASI BEDAH CAESAR Rosmala Atina Rusadi; Musdalifah; 2 Yulvina Iskandar
Journal Bidan Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Bidan
Publisher : Departemen DIII UMBARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Operasi bedah cesar merupakan salah satu cara melahirkan bayi dengan cara membuka perut dan sayatan pada rahim. Walaupun terdapat resiko jangka menengah maupun jangka panjang, pada beberapa wanita operasi bedah cesar dapat menjadi pilihan atau satu satunya pilihan untuk dapat melahirkan bayi yang sehat. Di negara Indonesia, sebanyak 33% ibu hamil melakukan persalinan di rumah sakit. Prevalensi operasi bedah caesar menunjukkan bahwa dalam beberapa waktu terakhir mengalami peningkatan pada beberapa negara di dunia.Tujuan: Menggambarkan jumlah lama waktu rawat inap yang dibutuhkan pada pasien dengan operasi bedah cesar Metodologi: Pencarian literatur di database utama seperti PubMed, Pro Quest, dan Scopus. Kriteria inklusi mencakup studi yang secara eksplisit menunjukkan lama waktu rawat inap pasien yang menjalani operasi bedah sesar dan dipublikasikan dalam bahasa Inggris Hasil: Hasil dari seleksi studi mengindikasikan bahwa pasien yang semakin banyak faktor resiko atau penyulit yang dialami ibu, maka semakin lama pula waktu yang dibutuhkan untuk rawat inap. Hasil dari seleksi studi mengindikasikan bahwa pasien yang dilakukan operasi Caesar lama rawat inapnya saat ini 58 jam (2,4 hari) Diskusi: jurnal yang ditelaah sejalan dengan alur pemikirian penulis. tinjauan ini menegaskan bahwa lama rawat inap pasien yang dilakukan operasi caesar 58 jam (2,4) hari, pasien dipulangkan setelah 2 hari pasca persalinan dengan operasi caesar
ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN WAKTU TUNGGU PASIEN RAWAT JALAN DI POLI KANDUNGAN RUMAH SAKIT X Fenti Putri Cahyani; Heriyanti; Selma Aulia
Journal Bidan Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Bidan
Publisher : Departemen DIII UMBARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rumah sakit, selain berfokus pada pemberian layanan kesehatan, juga harus memperhatikan aspek kepuasan pasien. Kegiatan penilaian kinerja organisasi rumah sakit mempunyai manfaat, terutama bagi pihak yang memiliki kepentingan terhadap rumah sakit. Pengelolaan rumah sakit masa kini yang berbasis ekonomi dan manajemen memerlukan indikator keberhasilan rumah sakit untuk mengukur efektivitas pelaksanaan kegiatan operasional untuk menghadapi berbagai situasi persaingan global. Akuntabilitas merupakan salah satu hal penting dalam menjaga dan meningkatkan kinerja organisasi sektor publik. Studi ini ditulis untuk menggambarkan peran penerapan akuntabilitas sumah sakit dalam peningkatan kualitas pelayanan rumah sakit dengan menggunakan metode literature review pada tiga database, yaitu Proquest, Scopus, dan Garuda. Dari hasil studi, didapatkan rumah sakit sebagai organisasi publik di Indonesia seluruhnya menerapkan pengukuran akuntabilitas dengan ukuran yang berbeda, bergantung pada jenis organisasinya guna penerapan prinsip-prinsip tata kelola yang baik (efektivitas, efisiensi, dan transparansi).
EFISISENSI DAN EFEKTIFITAS PENGENDALIAN BARANG DI RUANG VK RUMAH SAKIT SILOAM Rosmala Atina Rusadi; Eti Sulastri; Annisa konita
Journal Bidan Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Bidan
Publisher : Departemen DIII UMBARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini lebih diarahkan kepada upaya merevitalisasi kondisi daerah pemekaran melalui kerjasama di bidang kesehatan agar terjadi bentuk kerjasama yang efisien berdasarkan keunggulan aspek kesehatan yang ada pada masing-masing daerah. Penelitian ini mengidentifikasi efisiensi pelayanan kesehatan kabupaten/kota sebelum dan sesudah pemekaran wilayah. Lokasi Penelitian berada di 9 daerah kabupaten yang terdiri dari 4 kabupaten daerah induk, yaitu; Kabupaten Pontianak, Kabupaten Sambas, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sintang. Serta 5 kabupaten daerah pemekaran, yaitu ; Kota Singkawang, Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Landak, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Melawi. Metode analisis yang digunakan adalah dengan Data Envelopment Analysis (DEA) untuk menghitung efisiensi pada setiap rumah sakit di daerah pemekaran maupun daerah induk. Selain itu penelitian ini juga menggunakan analisis efisiensi rasionalitas sumber daya dalam membentuktata kelola kerjasama kesehatan antara kabupaten
FAKTOR RESIKO KELEBIHAN BERAT BADAN DAN OBESITAS PADA IBU HAMIL DI INDONESIA Musdalifah; ely Yusti; Selma Aulia
Journal Bidan Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Bidan
Publisher : Departemen DIII UMBARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegemukan/obesitas merupakan masalah yang dihadapi oleh negara-negara berpenghasilan tinggi, rendah, dan menengah. Tinjauan ini bertujuan untuk melaporkan data yang dipublikasikan tentang prevalensi kelebihan berat badan dan obesitas pada anak-anak, remaja, dan orang dewasa di Indonesia, bersama dengan faktor risiko yang terkait. Desain studi: Tinjauan literatur. Metode: Kami melakukan pencarian literatur untuk artikel yang akan diterbitkan dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia Hasil: Kami memasukkan 5 makalah tentang topik yang tersedia dalam teks lengkap dan lulus proses penilaian kritis. Prevalensi kelebihan berat badan/obesitas telah meningkat selama dua dekade terakhir pada anak-anak, remaja dan orang dewasa di Indonesia. Tingkat prevalensi lebih tinggi pada anak laki-laki daripada anak perempuan di antara anak-anak, tetapi lebih tinggi pada wanita pada kelompok usia remaja dan dewasa. Prevalensi kelebihan berat badan/obesitas juga lebih tinggi pada mereka yang tinggal di perkotaan dan dengan pendapatan atau pendidikan yang lebih tinggi. Simpulan: Kegemukan/obesitas merupakan masalah kesehatan masyarakat yang serius di Indonesia dengan prevalensi yang terus meningkat. Berdasarkan penelitian-penelitian diatas, screening time, kurangnya aktivitas fisik dan intake makanan cepat saji menjadi faktor risiko terbesar dari obesitas.
HUBUNGAN DAMPAK PSIKOLOGIS TENAGA BIDAN TERHADAP BALITA POSISTIF COVID-19 DI UNIT PICU SAAT PANDEMI COVID-19 Eti Sulastri,; Rosmala Atina Rusadi; Rani Susanti
Journal Bidan Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Bidan
Publisher : Departemen DIII UMBARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Corona virus disease-19 (COVID-19) menjadi wabah dunia yang menimbulkan beban psikologis bagi masyarakat dan tenaga kesehatan yang memberikan perawatan pada pasien dengan COVID-19. Pandemi COVID-19 juga memperberat beban kerja ICU sejak awal dan menghasilkan dilema moral yang sangat menantang. Tingkat stres moral yang tinggi telah dialami oleh pekerja tenaga kesehatan ICU di seluruh dunia, yang dapat mengakibatkan masalah kesehatan mental. Penelitian ini menggunakan metode literature review pada dua database yaitu Scopus dan ProQuest antara tahun 2021-2022. Temuan tinjauan mengungkapkan bahwa sebagian besar penyedia layanan kesehatan ICU selama gelombang awal fase percepatan pandemi, memiliki tekanan psikososial yang signifikan secara klinis. Penelitian telah menunjukkan bahwa staf ICU, terutama mereka yang memiliki beban kerja tinggi, memiliki prevalensi lebih tinggi dari kondisi kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi. Strategi diperlukan untuk seluruh sistem perawatan kesehatan untuk membantu kesehatan mental tenaga kesehatan di ICU.
PENERAPAN AKUNTABILITAS RUMAH SAKIT DI INDONESIA DALAM PENINGKATA KUALITAS PELAYANAN KEHAMILAN RUMAH SAKIT Ely Yusti; Fenti Putri Cahyani; Ananda Shahyla
Journal Bidan Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Bidan
Publisher : Departemen DIII UMBARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rumah sakit, selain berfokus pada pemberian layanan kesehatan, juga harus memperhatikan aspek kepuasan pasien. Kegiatan penilaian kinerja organisasi rumah sakit mempunyai manfaat, terutama bagi pihak yang memiliki kepentingan terhadap rumah sakit. Pengelolaan rumah sakit masa kini yang berbasis ekonomi dan manajemen memerlukan indikator keberhasilan rumah sakit untuk mengukur efektivitas pelaksanaan kegiatan operasional untuk menghadapi berbagai situasi persaingan global. Akuntabilitas merupakan salah satu hal penting dalam menjaga dan meningkatkan kinerja organisasi sektor publik. Studi ini ditulis untuk menggambarkan peran penerapan akuntabilitas sumah sakit dalam peningkatan kualitas pelayanan rumah sakit dengan menggunakan metode literature review pada tiga database, yaitu Proquest, Scopus, dan Garuda. Dari hasil studi, didapatkan rumah sakit sebagai organisasi publik di Indonesia seluruhnya menerapkan pengukuran akuntabilitas dengan ukuran yang berbeda, bergantung pada jenis organisasinya guna penerapan prinsip-prinsip tata kelola yang baik (efektivitas, efisiensi, dan transparansi).

Page 1 of 2 | Total Record : 14