cover
Contact Name
Ahmad Ulil Albab Al Umar
Contact Email
ahmadulil.asfebi@gmail.com
Phone
+6282211345348
Journal Mail Official
journalekoma@gmail.com
Editorial Address
Slendro rt 02/01,gesi,sragen
Location
Kab. sragen,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi
Published by CV ULIL ALBAB CORP
ISSN : -     EISSN : 28285298     DOI : 10.56799
Core Subject : Economy, Social,
EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi merupakan jurnal yang diterbitkan oleh CV ULIL ALBAB CORP. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi menerbitkan artikel hasil penelitian dan kajian literatur dari bidang ekonomi, manajemen, akuntansi baik dari perspektif konvensional dan/atau Islam namun juga tidak terbatas pada bidang ilmu-ilmu sosial. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi terbit setahun 6 kali tiap tahun. Jurnal ini merupakan wadah bagi para akademisi, praktisi, mahasiswa, maupun lapisan masyarakat lain untuk mempublikasikan hasil penelitian dan pemikirannya. Jurnal ini menerima artikel dengan seleksi secara ketat dan berkomitmen menjaga kualitas artikel.
Articles 197 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 4: Mei 2024" : 197 Documents clear
Kinerja Pegawai dipengaruhi oleh Kemampuan Intelektual dan Disiplin Kerja Kevin Indajang; Vivi Candra; Dermawan Perangin Angin; Nelly Ervina; Sudung Simatupang
EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Vol. 3 No. 4: Mei 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/ekoma.v3i4.2878

Abstract

Kinerja karyawan sangat dibutuhkan oleh organisasi agar tujuan yang telah dutetapkan dapat tercapai dengan harapan dapat terjadi melalui kemampuan intelektual karyawan dan pelaksanaan disiplin kerja yang ada. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemampuan intelektual dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan Hotel Sapadia Pematangsiantar yang berjumlah 45 karyawan. Hasil penelitian ditemukan bahwa kemampuan intelektual dan disiplin kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan secara simultan Untuk uji parsial kemampuan intelektual terhadap kinerja karyawan berpengaruh kinerja karyawan, variabel disiplin kerja juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hal ini bermakna ketika kemampuan intelektual karyawan baik dan juga penerapan disiplin kerja yang baik maka akan mampu menghasilkan kinerja yang baik juga pada karyawan, karena tujuan organisasi dapat tercapai dengan kinerja yang baik.
Literasi Manfaat Program Beasiswa Pendidikan STMA Trisakti Yohanes Jhony Kurniawan; Heppy Julianto
EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Vol. 3 No. 4: Mei 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/ekoma.v3i4.3174

Abstract

This Community Service research is based on the material and non-material benefits of the scholarships, so literacy on the benefits of the educational scholarship program at STMA Trisakti is required. With the existence of literacy on the benefits of the educational scholarship program at STMA Trisakti, it is hoped that there will be an increase in understanding among the community, especially the lower middle class, about alternative financing opportunities with scholarships for those who are the targets of the scholarship. Title as follows; "Literacy Benefits of the STMA Trisakti Education Scholarship Program". The Community Service Method uses scholarship benefits literacy by socializing and creating scholarship benefits books. The conclusion is; There are 99 scholarship recipient students who are actively involved in literacy outreach activities for the benefits of the STMA Trisakti Education scholarship, and of the 99 students there are 90 students who write and collect articles or 90, 90% reflect the wishes of scholarship recipient students in literacy activities for the benefits of the STMA Trisakti Education scholarship which is ultimately useful for people who need information from literacy as an outcome. There are 45 articles or 39% that have the appropriate format to be formatted into a final draft of the article with the title inspiration for the benefits of STMA Trisakti Education scholarships. The suggestion is that students have high interest in writing ISBN books, so there is a need for facilitation in achieving academic and non-academic achievements in writing ISBN books
Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Menginap di Hotel GranDhika Adinda Putri Aysah; Jamaludin Khalid
EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Vol. 3 No. 4: Mei 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/ekoma.v3i4.3194

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi dampak persepsi harga, citra merek, dan word of mouth terhadap keputusan untuk melakukan menginap. Penelitian ini memfokuskan pada populasi tamu yang telah menginap di Hotel Grandhika Iskandarsyah. Dengan menggunakan metode accidental sampling, yaitu dengan mendistribusikan kuesioner kepada tamu yang telah melakukan penginapan setidaknya satu kali, sebanyak 100 tamu diambil sebagai responden dalam penelitian ini. Analisis regresi linier dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 27 digunakan untuk menilai hubungan antar variabel yang dipertimbangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sementara persepsi harga memiliki dampak, dampak tersebut tidak signifikan terhadap keputusan untuk menginap. Di sisi lain, citra merek dan word of mouth menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan untuk menginap. Karena itu, maka dapat dsimpulkan bahwa persepsi harga, citra merek, dan word of mouth secara bersama-sama memengaruhi kepuasan pelanggan. Implikasinya, penelitian ini dapat memberikan kontribusi berharga serta evaluasi yang bermanfaat bagi Hotel Grandhika Iskandarsyah untuk meningkatkan pertimbangan kebijakan dan merumuskan strategi pemasaran yang efektif guna mencapai target penjualan yang telah ditetapkan
Analisis Risk Profile, Good Corporate Governance, Earning, Capital (RGEC) PT Bank Tabungan Negara Tbk Ratih Juwita; Antoni Antoni
EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Vol. 3 No. 4: Mei 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/ekoma.v3i4.3216

Abstract

Kepercayaan masyarakat merupakan hal penting bagi perbankan. Untuk menjaga kepercayaan tersebut perbankan perlu meningkatkan kinerja keuangannya. Metode untuk menganalisis kinerja keuangan perbankan salah satunyamenggunakan metode Risk Profile, Good Corporate Governance, Earning, Capital (RGEC). Penelitian ini menggunakan data kuantitatif berupa annual report PT Bank Tabungan Negara Tbk (https://btn.co.id/report). Analisis data yang digunakan yaitu Risk Profile menggunakan rasio NPL dan LDR, Good Corporate Governance, Earning menggunakan rasio ROA, ROE, NIM, BOPO dan Capital menggunakan rasio CAR. Hasil penelitian PT Bank Tabungan Negara Tbk periode 2020-2022 menunjukan bahwa, pada tahun 2020-2021 PT Bank Tabungan Negara Tbk memperoleh peringkat komposit tiga dengan kategori cukup sehat dan pada tahun 2022 PT Bank Tabungan Negara Tbk memperoleh peringkat komposit dua dengan kategori sehat. Peningkatan kinerja bank PT Bank Tabungan Negara Tbk menunjukan PT Bank Tabungan Negara Tbk mampu menghadapi pengaruh negatif yang signifikan dari perubahan kondisi bisnis dan faktor eksternal lainnya.
Membangun Kinerja Karyawan: Pengaruh Work Life Balance, Perceived Organizational Support dan Technostress Dyah Krisna Murti; Wahju Wulandari; Dharmayanti Pri Handini
EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Vol. 3 No. 4: Mei 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/ekoma.v3i4.3221

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Work Life Balance dan Perceived Organizational Support Terhadap Kinerja Karyawan Dimoderasi Technostress. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Surya Kemasindo Malang. Teknik penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan “Non Probability Sampling”, dan Metode penarikan sampel dalam penelitian ini adalah Sampel Jenuh (Total Sampling) atau Sensus. Responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 34. Data diproses melalui software Smart Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa work life balance dan technostress berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, sedangkan perceived organizational support tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Technostress tidak berperan dalam memoderasi pengaruh work life balance dan perceived organizational support terhadap kinerja karyawan.
Pengembangan Desa Wisata Melalui Community Based Tourism di Kabupaten Kepulauan Sangihe Roosalina Hera Lucia; Oktavianus Wayan Semuel; Steven Yones Kawatak; Prijanto Familia Benedichta
EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Vol. 3 No. 4: Mei 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/ekoma.v3i4.3232

Abstract

Tourists have very varied desires, which is why tourist villages are formed to introduce tourists more about the communities within them and the resources that support them. Of course, every tourism management is very dependent on the existence of human resources through Community Based Tourism. Promising that human resources around tourism areas can be more independent in managing and developing existing destinations. Apart from that, human resources who have new competencies and are capable of managing a tourist destination will become more innovative and creative to adapt to developments in tourism management. Likewise with the Para Lelle tourist village in Sangihe Islands Regency which has various destinations and is a leading tourist village, that there are still operational obstacles in the form of electricity problems and inadequate and optimal internet networks, as well as transportation which depends on weather factors. This research uses a qualitative research method with a descriptive approach to see how human resources develop with limited facilities such as the problems mentioned above. Based on the research results, several reality phenomena were found, such as tourism activities which are managed by the community independently and studied based on economic, social, cultural and environmental dimensions so that we get interrelated results in assessing strengths and weaknesses for SWOT analysis, then there are recommended strategies for developing resources. humans and the Lelle Tourism Village.
Analisis Dampak Alokasi Dana Desa (ADD) Terhadap Pemberdayaan Masyarakat dan Kelembagaan Desa Rulyanti Susi Wardhani; Vebtasvili Vebtasvili; Kelvin Frans Surbakti
EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Vol. 3 No. 4: Mei 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/ekoma.v3i4.3240

Abstract

The aim of this research is to analyze the management of village fund allocation at the Planning, Implementation, Administration, Reporting and Accountability stages and to analyze the impact of village fund allocation on community empowerment and village institutions in Mangkol Village and Pedindang Village, Pangkalan Baru District, Central Bangka Regency. His research is a type of qualitative research and the data used is primary data and secondary data collected using observation, interviews and documentation methods. Resource persons in the research consisted of the Village Head, Village Secretary, Village Treasurer, BPD Management, PKK, LPM, BUMDes, Karang Taruna, RT, Community. The data analysis technique used in the field is tennis The results of this research show that the Planning, Implementation, Administration, Reporting and Accountability stages are in accordance with the predetermined pathways and guidelines. Village Fund Allocation has a positive impact on community empowerment and village institutions. However, the community has not been able to develop the economy in the village due to a lack of responsibility and understanding from the BUMDes management team.
Pengaruh Makroekonomi dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Perubahan Harga Saham Sektor Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2019-2022 Martalia Arya Nurfadila; Alfiana Alfiana; Muchlis H. Mas'ud
EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Vol. 3 No. 4: Mei 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/ekoma.v3i4.3242

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh makroekonomi dan karakteristik perusahaan terhadap perubahan harga saham perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2022. Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatif-eksplanatori dengan sampel penelitian ini adalah 31 perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2019-2022. Sampel yang diambil menggunakan purposive sampling. Data diambil menggunakan teknik dokumentasi dari laporan keuangan perusahaan sektor perbankan yang diperoleh dari website www.idx.co.id. Data kemudian diolah menggunakan perangkat lunak SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk domestik bruto tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap perubahan harga saham, variabel ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan secara parsial terhadap perubahan harga saham, variabel struktur modal tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap perubahan harga saham, variabel profitabiltas berpengaruh positif signifikan terhadap perubahan harga saham.
Pengaruh Promosi dan Pelayanan Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Simpanan Hari Raya (Sariya) Dhaniel Widhi Pratomo; Danang Satrio; Arif Budiharjo
EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Vol. 3 No. 4: Mei 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/ekoma.v3i4.3247

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk memahami serta mengevaluasi dampak promosi dan layanan terhadap peningkatan jumlah nasabah simpanan hari raya (Sariya) di Koperasi X. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah simpanan hari raya (Sariya) di suatu Kecamatan Kabupaten Batang. Jumlah sampel penelitian ini yaitu 91 responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang kemudian di olah menggunakan SPSS.. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling, dengan teknik sampling insidental. Pengukuran jawaban instrumen kuesioner menggunakan skala likert dengan 5 tingkatan skor jawaban. Uji validitas istrumen menggunakan metode person’s produck moment correlation, uji reliabilitas menggunakan cronbach alpha. Pengujian hipotesis menggunakan uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Promosi berpengaruh positif signifikan terhadap peningkatan jumlah nasabah, berarti H1 diterima. 2) Pelayanan memiliki positif signifikan terhadap peningkatan jumlah nasabah berarti H2 diterima. 3) Promosi dan pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan jumlah nasabah berarti H3 diterima
Analysis of Work Motivation and Leadership Techniques at Bank Sumedang Sukmayadi Sukmayadi
EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Vol. 3 No. 4: Mei 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/ekoma.v3i4.3252

Abstract

The essence of the problem in this study is the closeness between the leadership and subordinates, the leadership does not give firm reprimands to its employees, employees feel less comfortable at work due to environmental factors and lack a leadership style in influencing their subordinates to work together. This study aims to determine employee motivation and to analyze the application of leadership techniques at Bank Sumedang. The types of data used are primary data and secondary data. Data collection methods are interviews and observation. The data analysis method used is descriptive method with qualitative data. The research results show that the motivation and leadership techniques at Bank Sumedang is fairly good. In the sense that the employees are very compact, solid, have a sense of kinship and always try and be responsible for their work and seen from the level of persistence, employees at Bank Sumedang are motivated by giving rewards and for the leadership style at Bank Sumedang it is considered good enough the way the leader prioritizes deliberation , make decisions and receive input that builds the organization in accordance with organizational goals. The conclusion that can be drawn is that by providing motivation and leadership techniques that is good and right for employees, it can motivate employees to work better in the future.

Page 1 of 20 | Total Record : 197