Ulil Albab			
            
            
            
            
            
            
            
            ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, Seni, Pertanian, Peternakan, Ilmu Komputer, ilmu humaniora dan bidang ilmu lainnya. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin terbit setiap bulan atau 12 kali dalam setahun.
            
            
         
        
            Articles 
                37 Documents
            
            
                            
                
                    Search results for 
                     
                     
                     
                    , issue 
"Vol. 3 No. 7: Juni 2024" 
                    
                    : 
37 Documents 
                    
clear       
                        
                        
                            Analisis Penggunaan Akun X (Twitter) @aniesbubble Terhadap Perolehan Suara Paslon 01 Dalam Pemilu 2024 
                        
                        Kelvin Yurcel; 
Sekar Arum Pramudita; 
Margaretha Tiffany Dison Haro                        
                         ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 7: Juni 2024 
                        
                        Publisher : CV. Ulil Albab Corp 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.56799/jim.v3i7.3394                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Kampanye politik mengalami perubahan strategi dan pendekatan di era pesatnya perkembangan media sosial, sebagai contoh media sosial yang saat ini digandrungi masyarakat adalah X. Penggunaan platform X dikalangan masyarakat, terutama Generasi Z memiliki peran penting menjelang pemilihan presiden RI 2024. Salah satu akun X yang berhasil mengambil atensi khalayak adalah @aniesbubble, yaitu sebuah akun yang dibentuk untuk memberikan dukungan kepada Paslon 01. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana akun X @aniesbubble memersuasi pengguna platform X untuk memberikan suaranya kepada Anies dalam Pemilu 2024 dengan menerapkan Kpopfication. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi dengan subjek penelitiannya adalah komentar para pengikut akun X @aniesbubble. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kultivasi untuk memahami bagaimana paparan informasi yang terus-menerus disampaikan melalui akun X @aniesbubble dapat memengaruhi persepsi dan sikap pemilih. Berdasarkan hasil analisis, pengaruh antara akun X @aniesbubble dan perolehan suara Anies-Muhaimin ternyata berada pada tingkat hubungan yang lemah karena total perolehan suara yang diperoleh pasangan calon presiden dan wakil presiden tersebut hanya sebesar 24,95%. Kesimpulannya adalah jumlah pengikut dan interaksi yang tinggi pada akun X pendukung Anies Baswedan @aniesbubble yang aktif dalam menyebarkan konten-konten terkait kampanye tidak menjadi jaminan tingginya perolehan suara yang didapatkan.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Optimalisasi Strategi Analisis Bisnis Melalui Perspektif Kajian Literatur 
                        
                        Yulianda Sari                        
                         ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 7: Juni 2024 
                        
                        Publisher : CV. Ulil Albab Corp 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.56799/jim.v3i7.3539                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
This research aims to investigate the optimization of business analysis strategies through the perspective of literature review. By conducting a comprehensive literature review, this study seeks to gain a deep understanding of various business analysis strategies that have been examined in the literature. The discussions resulting from this research include identifying Challenges in Business Analysis and Refinement of Business Analysis Methods and Techniques. Additionally, in-depth discussions cover the Best Strategy Implementation in Organizational Contexts to Implications for business practices in Indonesia. Other findings highlight the importance of advanced information technology, such as big data analytics and machine learning, in enhancing the effectiveness of business analysis. In conclusion, this research concludes that by understanding and implementing business analysis strategies found in literature reviews, organizations can improve the quality of their decision-making, adapt their strategies to environmental changes, and achieve competitive advantages in the ever-changing market.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kelompok Pengolah Dan Pemasar Ikan Minataruna: (Studi kasus di Padukuhan Kembang, Kalurahan Wonokerto, Turi, Sleman) 
                        
                        Fera Arista Wardani                        
                         ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 7: Juni 2024 
                        
                        Publisher : CV. Ulil Albab Corp 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.56799/jim.v3i7.3548                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Community empowerment is a program implemented by the community and for the community to provide certain power or abilities with the aim of improving the quality and welfare of the community so that it is better in all fields. This is what the Padukuhan Kembang women do through the Minataruna Fish Processing and Marketing Group. With the formation of the Minataruna Fish Processing and Marketing Group, it is hoped that it will be able to alleviate poverty, increase family income, and be able to develop the potential of existing resources to be independent, innovate and be creative in fish processing. The technique used by researchers is a qualitative approach. The results of this research provide an illustration that equality, participation, self-reliance and sustainability will produce an empowerment program that truly stands independently on its own two feet.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Sejarah Kerajaan Samudera Pasai di Indonesia 
                        
                        Aulia Dinan Muhammad Dzakiyy; 
Muhammad Farhan Febrian                        
                         ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 7: Juni 2024 
                        
                        Publisher : CV. Ulil Albab Corp 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.56799/jim.v3i7.3551                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Kerajaan Samudera Pasai, menurut beberapa pendapat merupakan Kerajaan Islam Pertama di Indonesia. Sebagai kerajaan Islam pertama di Indonesia tentunya memberikan pengaruh yang sangat besar dalam penyebaran Islam hingga berdampak pada banyaknya umat muslim di Indonesia, dengan munculnya Islam di Kerajaan Samudera Pasai juga memberikan perubahan pada aspek berkehidupan. Tujuan dari penelitian ini yaitu memperluas pengetahuan mengenai sejarah Kerajaan Samudera Pasai, keberlangsungan aspek di kehidupan, dan mengetahui bagaimana Kerajaan Samudera Pasai mengalami kemunduran hingga keruntuhan. Penelitian ini adalah penelitian sejarah dan penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi pustaka dengan pendekatan sejarah. Sehingga hasil dari penelitian ini mampu mengembangkan pengetahuan terkait Kerajaan Samudera Pasai.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Qōidah Al-Umūr Bi Maqōsidiha 
                        
                        Siti Munawira S; 
Rahmi Dewanti; 
Mawardi Pewangi                        
                         ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 7: Juni 2024 
                        
                        Publisher : CV. Ulil Albab Corp 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.56799/jim.v3i7.3570                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Qoidah al-Umūr bi maqōsidiha yang diartikan dengan “Segala sesuatu tergantung tujuannya” merupakan salah satu dari lima Qoidah Asassiyah yang menurut para ulama memiliki cakupan yang sangat luas serta memuat beberapa qoidah cabang atau qoidah furu’yyah. Ada banyak dalil dari Al-Qur’an yang mengisyaratkan tentang pentingnya niat seperti yang disebutkan dalam Surah al-Baqarah ayat 225, surah al-Nisa ayat 100 dan 114, juga sabda Rasulullah yang menjadi dasar qoidah ini ialah hadits dari sahabat Umar bin Khattab yang berbunyi Innamal ‘amālu binniyat. Beberapa ulama menyebutkan bahwa hadits innamal a’malu binniyat mencakup sepertiga ilmu, Imam Ahmad mengindikasikan bahwa yang dimaksud dengan “sepertiga ilmu” bahwa hadits tersebut merupakan dasar salah satu dari tiga qa`idah yang muaranya mencakup seluruh permasalahan hukum fiqh. Menurut Imam al-Syafi`i, masuk pada 70 bab ilmu dan dapat berkembang pada permasalahan yang mubah jika dilakukan dengan tujuan agar kuat melaksanakan ibadah, seperti bekerja, minum, makan, tidur dan lain-lain.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Maqashid Al-Qur’an Konteks Al-Targhib Perspektif Imam ‘Izz Al-Din dan Aplikasinya dalam Ayat Pujian 
                        
                        Aprilla Muharani; 
Haryono Hadi Kuswanto                        
                         ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 7: Juni 2024 
                        
                        Publisher : CV. Ulil Albab Corp 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.56799/jim.v3i7.3581                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Metode tafsir maqashidy atau dikenal juga dengan maqashid al-Qur’an belakangan ini sedang marak dibicarakan di kalangan para mahasiswa dan cendekiawan muslim. Term istilah maqashid al-Qur’an banyak ditemui dalam karya ulama, di antaranya Imam ‘Izz al-Din Ibn Abd Al-Salam. Menurut beliau ada 5 maqashid al-Qur’an yaitu al-ta’rif bi al-ilahiyah, targhib (motivasi), takhwif , ahkam, dan akhbar muakkidah li al-ahkam. Dalam penelitian ini penulis akan memaparkan mengenai maqashid al-Qur’an konteks al-targhib perspektif Imam ‘Izz al-Din ibn Abd al-Salam dalam kitab Nubadz min Maqashid al-Kitab al-‘Aziz dan bagaimana aplikasinya dalam ayat pujian. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif-analisis dengan menjabarkan data yang diperoleh selanjutnya dilakukan suatu analisis untuk menggali pesan maqashid konteks al-targhib yang terdapat dalam ayat pujian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa al-targhib sebagai maqashid al-Qur’an menurut beliau terdapat dalam ayat pujian, dimana ayat tersebut terdapat pada dua tempat yaitu ayat tentang pujian terhadap amal dan pujian terhadap pelaku amal. Jadi maqashid al-Qur’an dari setiap ayat tersebut memberikan motivasi untuk melakukan amal tersebut.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Integrating Dynamic Capabilities and Social Capital: Enhancing Competitiveness in Tourism Industry 
                        
                        Matias Andika Yuwono; 
Lena Ellitan                        
                         ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 7: Juni 2024 
                        
                        Publisher : CV. Ulil Albab Corp 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.56799/jim.v3i7.3600                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Integrating dynamic capabilities and social capital in tourism companies' marketing and operational management is crucial to achieving competitive advantage and providing added value to customers. From the analysis of the seven articles studied, there are similarities in recognizing the importance of adapting to market and business environment changes and managing strong relationships with suppliers, business partners and local communities. However, there are differences in the focus and approach of each article, ranging from an emphasis on managing costs and risks in the supply chain to applying technology to improve operational efficiency. The new idea proposed from this analysis is the importance of strengthening the flow of information and skills between dynamic capabilities and social capital so that companies can combine valuable market knowledge with the ability to innovate and adapt to market changes. By building solid relationships with suppliers, business partners, and local communities, companies can strengthen their brand image, increase external collaboration, and increase customer satisfaction. Tourism companies can achieve long-term sustainability through this integrated approach in an increasingly dynamic and competitive business era.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Keikhlasan Maria sebagai Model Kemuridan Gereja di Tengah Krisis Iman Menurut Kitab Wahyu 12:4b-6 
                        
                        Ferdianus Gato Ma; 
Christian D.J Sogen; 
Marianus T. Nainaif; 
Rafael Bani; 
Klaudius A.B.R. Hepat; 
Petrus K. Taitoh; 
Andronikus P. Bouk; 
Martinus L. Wawin; 
Siprianus S. Senda                        
                         ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 7: Juni 2024 
                        
                        Publisher : CV. Ulil Albab Corp 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.56799/jim.v3i7.3646                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
The basic vocation of Christian believers as apostles today is to be bearers of God's good news. The joyful word that God sent down to earth through the mission of His Son becomes a continuous message of joy. In the context of social life with all its arrangements and circumstances, believers are called to be salt and light that have a good affect on life together. The form of discipleship of the Church today is a form of discipleship that is ready to carry out the will of God and prioritise the interests of many people. In the context of the Month of Mary, reflection on the virtues of Mary becomes relevant to be able to evaluate the extent to which the faithful live and are responsible for their predicate as children of God. By using a literature research method based on social philosophy and reflection on scriptural theology, the phenomenon of a crisis of faith seen in social inequality is analysed by putting forward ideal ideas that can inspire Christian believers to strive to become members of the Church who affect the good of many people. The results of this analysis are very useful to purify the call of discipleship of believers to sincerely answer God's call and prioritise His will as inspired by John in Revelation 12: 4b-6.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Peran Pasar Tradisional dalam Menigkatkan Pendapatan Masyarakat: Studi Kasus Pasar Batu Karopa Desa Bontomanai Kabupaten Bulukumba 
                        
                        Auliya Rukmana Amar                        
                         ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 7: Juni 2024 
                        
                        Publisher : CV. Ulil Albab Corp 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.56799/jim.v3i7.3702                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Pasar tradisional memiliki banyak peran baik untuk masyarakat maupun pemerintah. Peran pasar tradisional adalah sebagai wadah untuk melakukan peningkatan kesempatan kerja, peningkatan pendapatan masyarakat hingga penurunan angka kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pasar tradisional dalam meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya sebelum dan setelah berdagang di Pasar Tradisional Batu Karopa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data mulai dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran pasar tradisional dalam meningkatkat pendapatan masyarakat telah berhasil hal ini terbukti dari banyaknya masyarakat yang mengandalkan pasar tradisional ini dengan penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup dan pengeluaran yang minimal sehingga dapat memenuhi kebutuhannya. Selain itu rata-rata pedagang yang berjualan di Pasar Tradisonal Batu Karopa pendapatannya meningkat dibandingkan sebelum berjualan di pasar ini. Namun masyarakat berharap agar pemerintah terus meperhatikan tata kelola Pasar Tradisional Batu Karopa agar semakin baik dan nyaman sebagai tempat melakukan jual beli.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Perspektif Ibnu Khaldun dan Al-Farabi pada Filsafat Pendidikan Islam 
                        
                        Aulia Al-Qisthy Nazifah; 
Nurul Mafazah; 
Susi Susilawati; 
Dina Indriyana; 
Wahyu Hidayat                        
                         ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 7: Juni 2024 
                        
                        Publisher : CV. Ulil Albab Corp 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.56799/jim.v3i7.3718                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Ide-ide Islam menjadi landasan bagi berbagai maksud, nilai, dan tujuan yang membentuk filosofi pendidikan Islam. Filosofi ini menekankan nilai pendidikan sebagai cara untuk mencapai tujuan seperti kesejahteraan sosial, keadilan, dan kebenaran, serta didasarkan pada Hadits dan Al-Quran. Pendidikan Islam sangat menekankan pada pertumbuhan akademis, moral, dan spiritual seseorang. Bukan hanya perolehan informasi saja yang menjadi tujuannya, namun pengembangan karakter yang sejalan dengan prinsip-prinsip Islam juga menjadi tujuannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang disandingkan dengan pendekatan deskriptif. Informasi kualitatif yang dikumpulkan terdiri dari teks tertulis, penjelasan, dan deskripsi dari sumber terkait yang mencakup penjelasan pandangan pendidikan Al-Farabi dan Ibnu Khaldun. Sumber daya tersebut terdiri dari buku, jurnal, dan artikel yang digunakan dalam penelitian ini.