cover
Contact Name
Ahmad Ulil Albab Al Umar
Contact Email
ahmadulil.asfebi@gmail.com
Phone
+6287831398687
Journal Mail Official
peshum.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Slendro rt 02/01,gesi,sragen
Location
Kab. sragen,
Jawa tengah
INDONESIA
PESHUM
Published by CV ULIL ALBAB CORP
ISSN : -     EISSN : 28288017     DOI : 10.56799
PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, Sosiologi, Psikologi, Sosial, Budaya, Antropologi. (3) Humaniora: Sastra, Sejarah, Bahasa, Seni, Filsafat, Agama, Hukum. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora terbit setiap 6 kali dalam setahun.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 5: Agustus 2022" : 15 Documents clear
Penerapan Media Pembelajaran Sederhana Melalui In-House Training (IHT) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Nuryanti
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 5: Agustus 2022
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v1i5.537

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Penerapan Media Pembelajaran Sederhana melalui In-Houses Training dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN 13 Semberang Kab. Sambas. Pendekatan yang digunakan dalam kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilatarbelakangi dikarenakan kurangnya guru-guru dalam menggunakan media pembelajaran sehingga pemahamana siswa terhadap materi pembelajaran tidak sesuai dengan yang diharapkan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Penerapan media pembelajaran sederhana oleh guru di SDN 13 Semberang Kecamatan Sambas mengalami peningkatan hal ini dibuktikan dengan tingkat pemahaman siswa yakni Lembar Analisi Hasil Supervisi Akademik pada Kegiatan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) Kemampuan Guru dalam Menerapkan media pembelajaran sederhana pada Siklus 2.
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IV SDN 02 Tempukung Patiah
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 5: Agustus 2022
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v1i5.538

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika dengan menerapkan model picture and picture. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Data dianalisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model picture and picture dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa.
Penggunaan Alat Peraga Kubus Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tuti Herawati
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 5: Agustus 2022
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v1i5.539

Abstract

Penelitian ini dengan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan selama tiga siklus, metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan pengamatan dan tes. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI, indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika rata-rata kelas telah meperoleh nilai minimal 70.Dari hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada pokok bahasan menentukan volum bangun ruang (balok dan kubus) mencapai rata-rata 64 pada siklus I, dan siklus II 85. Berdasarkan hasil tersebut, disimpukan bahwa penggunaan alat peraga kubus satuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan tersebut. Dari hasil pengamatan juga dapat dilihat adanya peningkatan aktivitas dalam pembelajaran.Saran, yang dapat disampaikan kepada guru kelas VI agar menggunakan alat peraga kubus satuan dalam mengajarkan materi menentukan volum bangun ruang, dan siswa kelas VI diharapkan berlatih dengan menggunakan alat peraga kubus satuan untuk mengerjakan soal-soal latihan menentukan volum bangun ruang sehingga memudahkan dalam menyelesaikan soal tersebut.
Model Full Inclusion Dengan Co-Teaching Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Di Kelas Reguler SDN 04 Nagur Sambas Nurlita
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 5: Agustus 2022
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v1i5.540

Abstract

SDN 04 Nagur Sambas sebagai salah satu sekolah penyelenggara pendidikan inklusi dalam pengelolaan kelas belum mengakomodasi anak ABK secara maksimal. Hal ini menyebabkan minat belajar anak ABK di SDN 04 Nagur masih rendah. Anak ABK belum mendapatkan proses pembelajaran sesuai dengan kemampuannya. Hal demikian sangat menyulitkan anak ABK dalam mengikuti proses pembelajaran di SDN 04 Nagur. Proses pembelajaran mengintegrasikan anak reguler dengan anak ABK. Kesulitan yang dihadapi oleh anak ABK akan dicari solusinya melalui pengelolaan proses pembelajaran di semua kelas. Cara penerapan model Full Inclusion dengan Co-Teaching memberikan layanan pendidikan kepada anak ABK agar dapat bergabung dengan anak reguler dan guru pendamping mengajar bersama setiap hari di kelas reguler untuk memahamkan pengetahuan, keterampilan, dan psikomotornya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu mendeskripsikan minat belajar anak ABK dengan menggunakan model Full Inclussion dengan Co-Teaching. Data diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumen. Penelitian melalui 4 tahap yaitu: (1) perencanaan (planning), (2) tindakan (acting), (3) pengamatan (observing), dan (4) refleksi ( reflecting). Subyek penelitian 1 guru kelas, 1 guru pendamping dan 1 anak ABK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Full Inclusion dengan Co-Teaching dapat meningkat minat belajar anak, hal ini dibuktikan dengan data yang diperoleh yaitu ada peningkatan yang signifikan pada kemampuan kognitif, keterampilan dan psikomotor anak ABK.
Model Pembelajaran Think Pair Share Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Julina
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 5: Agustus 2022
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v1i5.541

Abstract

Matematika menjadi suatu ilmu pengetahuan yang mengembangkan kemampuan berpikir manusia untuk menyelesaikan masalah yang ada dalam kehidupannya. Penguasaan matematika melalui pembelajaran di sekolah terletak pada mata pelajaran matematika. Mata pelajaran matematika di SD membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir yang logis, kritis, sistematis, analisis dan kreatif untuk dapat memecahkan masalah. Mata pelajaran matematika juga membekali peserta didik untuk menjadi seseorang yang bertanggung jawab dan menyelesaikan masalah dengan alasan yang logis dan sistematis. Pada pembelajaran matematika, peserta didik dilatih untuk mengkomunikasikan ide dalam bentuk bahasa numerik.. Kemampuan berpikir yang dikembangkan inilah yang akan mewujudkan suatu perkembangan kehidupan manusia.
Pengaruh Motivasi Belajar Melalui Minat Baca Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 1 Sukaratu Rintan Khaerun Nisa; Yopa Taufik Saleh; Rahmat Permana
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 5: Agustus 2022
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v1i5.570

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan masalah rendahnya keterampilan berbicara siswa kelas tinggi SD Negeri 1 Sukaratu. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar melalui minat baca terhadap keterampilan berbicara siswa kelas tinggi SD Negeri 1 Sukaratu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif path analysis. Adapun teknik sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 51 siswa. Hasil penelitian dari pengaruh langsung menunjukan motivasi belajar terhadap minat baca tidak berpengaruh positif dan signifikan diperoleh dengan nilai siginifikasi (Sig.) sebesar 0.307, motivasi belajar tidak berpengaruh secara positif dan signifikasi terhadap keterampilan berbicara diperoleh dengan nilai siginifikasi (Sig.) sebesar 0.405, minat baca berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan berbicara ) diperoleh dengan nilai siginifikasi (Sig.) sebesar 0.003, kemudian pengaruh tidak langsung menunjukan bahwa motivasi belajar melalui minat baca berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keterampilan berbicara dengan menggunakan Sobel Test diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 2.363. Simpulan dari penelitian ini yaitu motivasi belajar tidak perpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat baca dan keterampilan berbicara akan tetapi dengan melalui minat baca motivasi belajar perngaruh secara positif dan signifikasi terhadap keterampilan berbicara.
Perbedaan Impulsive Buying Pada Konsumen Dewasa Awal Ditinjau Dari Jenis Metode Pembayaran Non Tunai Nurul Fauziyah; Resekiani Mas Bakar; Andi Nasrawaty Hamid
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 5: Agustus 2022
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v1i5.571

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan impulsive buying pada konsumen dewasa awal ditinjau dari jenis metode pembayaran non tunai. Jenis pembayaran non tunai dalam penelitian ini adalah pay later dan e-wallet. Partisipan dalam penelitian ini adalah perempuan (21-34 tahun), memiliki pendapatan per bulan, dan pernah melakukan belanja online dengan menggunakan pembayaran non tunai dalam bertransaksi (N = 30). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain between-participant design. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap impulsive buying dilihat dari jenis metode pembayaran non tunai. Nilai rerata impulsive buying pada kelompok pay later lebih tinggi dibandingkan kelompok e-wallet. Penelitian ini menunjukkan bahwa jenis pembayaran non tunai tidak memberikan pengaruh yang berbeda terhadap impulsive buying. Penelitian ini memberi kontribusi pada konsumen agar lebih cerdas dan berhati-hati ketika berbelanja.
Pengaruh Harga, Kualitas, Dan Promosi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada UMKM Pia Ethes Trenggalek Titissari Ailmi; Lativa Hartiningtyas
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 5: Agustus 2022
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v1i5.572

Abstract

Seorang produsen ketika hendak mengeluarkan sebuah produk haruslah memperhatikan beberapa aspek penting seperti hal nya kisaran harga, kualitas, dan promosi produk tersebut agar dapat memberikan rasa puas dan juga meningkatkan penjualan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas, dan promosi produk terhadap minat beli konsumen pada UMKM Kue Pia Ethes Trenggalek. Pada era digital, sangat penting bagi pelaku UMKM utuk mempelajari strategi promosi terutama dalam digital marketing untuk memperluas jangkauan promosi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian asosiatif dengan teknik non probability sampling serta cara pengambilan data purposive sampling. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Dengan 98 responden sampel yang dianggap mewakili suatu populasi, diketahui dari hasil analisis bahwa harga, kualitas, dan promosi produk berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen pada UMKM Pia Ethes Trenggalek.
Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Kemasan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian: (Studi Kasus Soya Nony’z Tulungagung) Twin Matsni Atussa’dyah; Lativa Hartaningtyas
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 5: Agustus 2022
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v1i5.573

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk, kualitas kemasan dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen. Sampel dari penelitian ini adalah konsumen pembeli produk soya nony’z Tulungagung, Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, dengan jumlah sampel 109 orang responden dengan menggunakan metode kuesioner tertutup. Hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukan bahwa kualitas produk, kualitas kemasan dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas produk, kualitas kemasan dan harga meningkatkan keputusan pembelian.
Efektivitas Penggunaan Selebriti (Attractiveness Selebriti Endorse) Melalui Media Sosial Instagram Untuk Memengaruhi Minat Beli Produk Fashion Andi Ayu Sukmadewi; Lukman; Resekiani Mas Bakar
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 5: Agustus 2022
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v1i5.574

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan selebriti (attractiveness selebriti endorse) melalui media sosial instagram untuk memengaruhi minat beli produk fashion. Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimen dengan desain between participant. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 46 orang (18-25 tahun). Peneltian eksperimen ini membandingkan dua kelompok (selebriti & non-selebriti) untuk mengetahui efektivitas penggunaan selebriti (attractiveness selebriti endorse) melalui media sosial instagram untuk memengaruhi minat beli produk fashion. Hasil uji mann-whitney U menunjukkan terdapat perbedaan minat beli konsumen terhadap pembelian produk fashion antara partisipan yang menonton video menggunakan model selebriti yang memiliki attractiveness dan partisipan yang menonton video menggunakan model non-selebriti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa attractiveness selebriti endorse memengaruhi minat beli konsumen pada produk fashion. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi bagi pemilik usaha untuk melakukan pertimbangan dalam memilih model untuk mempromosikan produk yang dimiliki, serta menjadi evaluasi dan saran bagi selebriti endorse sebagai komunikator yang persuasif untuk memengaruhi minat beli konsumen.

Page 1 of 2 | Total Record : 15