cover
Contact Name
Much Arsyad Fardani
Contact Email
jpi@umk.ac.id
Phone
+6285290760182
Journal Mail Official
jpi@umk.ac.id
Editorial Address
Jl. Lingkar Utara Gondangmanis, Bae, Kudus
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Prasasti Ilmu
ISSN : -     EISSN : 27763951     DOI : https://doi.org/10.24176/jpi.v2i3
Core Subject : Education,
Jurnal Prasasti Ilmu merupakan terbitan Laboratorium Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus yang menampung artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian dari para mahasiswa, guru, dosen, dan peneliti dari seluruh Indonesia. Fokus dan ruang lingkup dari jurnal prasasti ilmu adalah bidang pendidikan dasar, pendidikan karakter, pendidikan inklusi, bahasa, sastra, dan budaya.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2023): Jurnal Prasasti Ilmu" : 5 Documents clear
Hubungan Motivasi Belajar dengan HHasil Belajar Siswa Kelas V SD 01 Pringtulis Sofiya, Davina Adi; Purbasari, Imaniar; Setiawan, Deka
Jurnal Prasasti Ilmu Vol 3, No 2 (2023): Jurnal Prasasti Ilmu
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jpi.v3i2.8646

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan Motivasi Belajar dengan hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif korelasi yang dilaksanakan di SD 01 Pringtulis Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara. Subyek penelitian yaitu siswa kelas 5 SD 01 Pringtulis. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, angket, wawancara, dokumentasi penelitian. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas 5 SD 01 Pringtulis Nalumsari Jepara, dengan skor diperoleh r tabel (-0,374) dengan nilai signifikansi sebesar 0,231, yang berarti lebih dari 0,05 (0,2310,05). Dari data terseebut bida diambil kesimpulan bahwa tidak terdapat korelasi yang signifikan anatara motivasi belajar dan hasi belajar siswa kelas 5 SD 01 Pringtulis Nalumsari Jepara.
HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 3 NALUMSARI Sofiyan, Dampit Adi; Sarie, Fitria Novita
Jurnal Prasasti Ilmu Vol 3, No 2 (2023): Jurnal Prasasti Ilmu
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jpi.v3i2.8648

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Nalumsari. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis korelasi. Sumber data  berjumlah sebanyak 27 orang siswa diambil menggunakan angket perhatian orang tua dan dokumentasi hasil belajar siswa. Teknik  analisis data yang digunakan adalah pearson product moment. Hasil penelitian adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Nalumsari. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,838 dari rtabel sebesar 0,381 dengan signifikansi sebesar 0,05 atau 5%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa.
KONTRIBUSI NILAI PERSONAL DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM BUKU CERITA SI BUNGSU KARYA CHRISNA PUTRI Andriansah, Mahmud; Fauziah, Elfara Putri; Suroyyah, Nuris; Muslikah, Siti Indah; Setiawaty, Rani
Jurnal Prasasti Ilmu Vol 3, No 2 (2023): Jurnal Prasasti Ilmu
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jpi.v3i2.10472

Abstract

Buku cerita anak-anak memainkan peran penting dalam membentuk nilai-nilai dan pendidikan pada anak-anak. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi nilai personal dan nilai pendidikan yang terdapat dalam buku cerita "Si Bungsu" karya Chrisna Putri. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka melalui pembacaan literatur untuk memahami kontribusi nilai-nilai personal dan pendidikan dalam buku cerita. Setelah melalui proses studi pustaka, peneliti mencatat hal – hal penting sehingga ditemukan hasil analisis buku cerita "Si Bungsu" menyajikan beberapa nilai personal dan nilai pendidikan. Nilai personal yang terkandung dalam buku cerita tersebut antara lain perkembangan emosional, intelektual, imajinasi, rasa sosial, serta pertumbuhan rasa etis dan religius. Sedangkan nilai – nilai pendidikan yang terkandung dalam buku cerita tersebut antara lain nilai religius, tanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, dan nilai peduli sosial. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif dengan mendeskripsikan data hasil penelitian. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya buku cerita dalam membentuk nilai-nilai personal dan pendidikan pada anak-anak. Buku cerita "Si Bungsu" karya Chrisna Putri memberikan kontribusi yang signifikan dalam hal ini, dengan menyampaikan pesan-pesan yang bernilai dan membantu anak-anak untuk memahami pentingnya sikap positif dan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari.
KEMAMPUAN SISWA DALAM BERPIKIR KREATIF MELALUI MEDIA KOLASE PADA MATERI GAMBAR TIGA DIMENSI Wiyani, Wiwik; Fajrie, Nur
Jurnal Prasasti Ilmu Vol 3, No 2 (2023): Jurnal Prasasti Ilmu
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jpi.v3i2.8649

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis media kolase dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi tiga dimensi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Sidomukti Kota Pati dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data di lapangan, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi. Sumber data pimer yaitu guru kelas dan 4 siswa di SDN Sidomukti Kota Pati, sedangkan sumber data sekunder didapatkan dengan dokumentasi dan catatan penelitian, serta buku dan jurnal relevan yang terkait penelitian ini. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan analisis data naratif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kemampuan siswa dalam berpikir kreatif dengan membuat karya kolase yang menggunakan bahan daun kering dapat dinilai dengan kriteria penilaian yaitu: berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinal, dan merinci. Karya-karya siswa dikategorikan cukup untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa di SD Sidomukti Kabupaten Pati karena masih terdapat siswa yang belum mampu memenuhi kriteria-kriteria tersebut. Selain itu, dalam membuat karya seni kolase kurang menerapan unsur-unsur visual dan prinsip-prinsip dalam membuat seni kolase.
PERAN GURU DALAM MENANAMKAN SIKAP SOPAN SANTUN SISWA DALAM BERINTERAKSI SOSIAL DI SDN 2 MAYONGLOR Perdana, Agung Arya; Pratiwi, Ika Ari
Jurnal Prasasti Ilmu Vol 3, No 2 (2023): Jurnal Prasasti Ilmu
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jpi.v3i2.8642

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk sikap sopan santun siswa dalam berinteraksi sosial dan mendeskripsikan peran guru dalam menanamkan sikap sopan santun siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Mayonglor Jepara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data naratif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian peran guru dalam menanamkan sikap sopan santun siswa di SDN 2 Mayonglor dapat disimpulkan bahwa siswa yang diteliti sudah memiliki sikap sopan dalam berperilaku dengan tersenyum saat bertemu dengan guru dan menyapa guru seta sudah bisa berbicara dengan bahasa yang lebih sopan dengan bahasa Indonesia atau bahasa Jawa krama sedikit-sedikit setelah selalu diberikan pendidikan dan arahan tentang sikap sopan santun dalam berperilaku dan berbicara dari guru.

Page 1 of 1 | Total Record : 5