cover
Contact Name
Vivi Meilinda
Contact Email
vivimeilinda89@gmail.com
Phone
+6285722334798
Journal Mail Official
lenterapublikasiku@gmail.com
Editorial Address
Street of Susukan, RT. 04., RW. 05., Wage. Desa Susukan Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. 45592
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
Lentera: Multidisciplinary Studies
ISSN : 29872472     EISSN : 29877032     DOI : https://doi.org/10.57096/lentera
Lentera: Multidisciplinary Studies is a scientific journal in the form of research and can be accessed openly. This journal is published once a month by PT. Publikasiku Academic Solution Lentera: Multidisciplinary Studies publishes research articles in multidisciplinary sciences, which includes: Humanities and social sciences, contemporary political science, Educational sciences, religious sciences and philosophy, economics, Engineering sciences, Health sciences, medical sciences, design arts sciences, and media. Published articles are from critical and comprehensive research, studies, or scientific studies on important and current issues or reviews of scientific books.
Articles 128 Documents
PERAN AKREDITASI DALAM MENARIK MINAT MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI DI IAI BUNGA BANGSA CIREBON Ahmad Fauzi; Arief Firmansyah; Cindy Yulinar Pratiwi; Hilmi Hermawati; Meliyana Meliyana; Taufik Ridwan
Lentera: Multidisciplinary Studies Vol. 1 No. 1 (2022): Lentera: Multidisciplinary Studies
Publisher : Publikasiku

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Banyak institusi di Cirebon telah membuka kelas karyawan sebagai tanggapan atas permintaan pasar karena pendaftaran di kelas reguler dan kelas karyawan kira-kira setara dengan 40% hingga 45% dari semua siswa setiap tahun ajaran baru. Ketika kelas karyawan baru dibuat, Perguruan Tinggi atau lembaga pendidikan tinggi lainnya harus mempertimbangkan lebih dari sekadar pendapatan atau bisnis, mereka juga perlu mempertimbangkan kualitas lulusan dan efisiensi proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode ini. Jenis penelitian deskriptif kualitatif adalah yang penulis gunakan. Hasil penelitian menunjukkan 26,67% mahasiswa reguler mengangkat akreditasi sebagai alasan mereka memilih berkuliah di IAI Bunga Bangsa Cirebon dan 36% mahasiswa karyawan mengangkat akreditasi sebagai alas an mereka memilih berkuliah di IAI Bunga Bangsa Cirebon.
IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAAN E-CAMPUS DI INSTITUT BUNGA BANGSA CIREBON Isvihana Isvihana; Taufik Ridwan; Gina Febriana; Hendri Hendri; Lena Febriani; Yoga Fathurrohman
Lentera: Multidisciplinary Studies Vol. 1 No. 1 (2022): Lentera: Multidisciplinary Studies
Publisher : Publikasiku

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi yang makin canggih, pendidikan juga mengikuti perkembangan dalam proses pembelajaraan sehingga mengharuskan pembelajaraan tidaka secara konvensional harus juga berbasis online seperti E-learning pembelajaraan melalui situs web menggunakan internet serta teknologi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen pembelajaran e-campus di Institut Bunga Bangsa Cirebon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi terbuka non-partisipan, wawancara semi terstruktur dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pembelajaraan e-campus mempermudah mahasiswa dalam proses perkuliahan baik secara offline atau online serta sudah mampu implementasikan manajemen pembelajaraan dimulai dari manajemen perencanaan pembelajaraan dengan e-campus, manajamen pelaksanaan pembelajaran dengan e-campus dan manajemen evaluasi pembelajaraan e-campus dengan tingkat kesiapan penggunaan untuk mahasiswa lebih efektif perkuliahan dan mencapai tujuan lembaga pendidikan lebih digital.
STRATEGI SISTEM INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU MENGGUNAKAN MEDIA ELETRONIK DENGAN APLIKASI E-CAMPUS Taufik Ridwan; Azkiyah Zilfi; Siti Fauziyah; Faizatulatifah Faizatulatifah; Rivan Rivan; Abil Abil
Lentera: Multidisciplinary Studies Vol. 1 No. 1 (2022): Lentera: Multidisciplinary Studies
Publisher : Publikasiku

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan STAI Bunga Bangsa Cirebon yang signifikan menjadi universitas terbaik di Jawa Barat telah menemukan titik terang dengan kepercayaan. Bertambahnya jumlah calon mahasiswa setiap tahunnya perkembangan program studi membuat sistem manual yang ada melakukan inovasi dalam menyelenggarakan sistem pendidikan dan administrasi dengan sistem teknologi E-Campus. Panitia penerimaan mahasiswa baru dalam mengelola data calon mahasiswa baru. Metode pengujian sistem yang digunakan adalah metode unit testing dengan pendekatan pengujian digitalisasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan objek penelitian yang dilakukan secara langsung yang bertempat di bagian akademik (Rektorat) di ruang panitia penerimaan mahasiswa baru Institut Agama Islam (IAI) Bunga Bangsa Cirebon (BBC). Berdasarkan hasil analisis bagaimana merancang sistem informasi penerimaan mahasiswa baru IAI BBC, sehingga sistem tersebut dapat mempermudah proses pendaftaran.
STRATEGI SISTEM INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU MENGGUNAKAN MEDIA ELETRONIK DENGAN APLIKASI E-CAMPUS Saleh Saleh; Millatul Fuaidiah; Taufik Ridwantaufikridwan98@gmail.com; Mala Ainul Marwa; Nurit Nurit
Lentera: Multidisciplinary Studies Vol. 1 No. 1 (2022): Lentera: Multidisciplinary Studies
Publisher : Publikasiku

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan STAI Bunga Bangsa Cirebon yang signifikan menjadi universitas terbaik di Jawa Barat telah menemukan titik terang dengan kepercayaan. Bertambahnya jumlah calon mahasiswa setiap tahunnya perkembangan program studi membuat sistem manual yang ada melakukan inovasi dalam menyelenggarakan sistem pendidikan dan administrasi dengan sistem teknologi E-Campus. Panitia penerimaan mahasiswa baru dalam mengelola data calon mahasiswa baru. Metode pengujian sistem yang digunakan adalah metode unit testing dengan pendekatan pengujian digitalisasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan objek penelitian yang dilakukan secara langsung yang bertempat di bagian akademik (Rektorat) di ruang panitia penerimaan mahasiswa baru Institut Agama Islam (IAI) Bunga Bangsa Cirebon (BBC). Berdasarkan hasil analisis bagaimana merancang sistem informasi penerimaan mahasiswa baru IAI BBC, sehingga sistem tersebut dapat mempermudah proses pendaftaran.
PANDANGAN ISLAM TERHADAP PENDIDIKAN INKLUSIF Dedi Arianto
Lentera: Multidisciplinary Studies Vol. 1 No. 1 (2022): Lentera: Multidisciplinary Studies
Publisher : Publikasiku

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan inklusif merupakan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada seluruh anak untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Mereka adalah anak-anak yang istimewa yang seharusnya mendapatkan perlakuan yang istimewa bukan justru di sisihkan dan mendapatkan perlakukan diskriminatif, sehingga dianggap perlu dalam sebuah lembaga pendidikan adanya pendidikan inklusif. Penelitian ini berbasis library research, Adapaun penelitian menggunakan media untuk mengumpulkan sumber pustaka, seperti buku, jurnal, artikel, dan sebagainya, yang dapat membantu dalam proses pemecahan masalah penelitian. Metode yang digunakan peneliti merupakan metode gabungan dimana peneliti tidak saja memaparkan, menulis atau menarik sebuah kesimpulan, akan tetapi juga melakukan analisis yang memberikan gambaran, pemahaman, serta memberikan penjelasan yang cukup. Hasil penelitian pandangan Islam terhadap pendidikan inklusif bahwa pendidikan inklusif tidak bertentangan dengan ajaran dan nilai-nilai Islam, Ajaran Islam menganjurkan umat nya untuk senantiasa menuntut ilmu dan kesempatan untuk belajar dan mendorong kepedulian terhadap orang lain tanpa membeda-bedakan ras, warna kulit, budaya, atau ciri fisik manusia lainnya.
Analisis Kesulitan Mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan Pada Mata Kuliah Micro Teaching Amanda Salsabila
Lentera: Multidisciplinary Studies Vol. 1 No. 2 (2023): Lentera: Multidisciplinary Studies
Publisher : Publikasiku

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sering mengalami permasalahan dalam perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi pembelajaran. Pada perencanaan, permasalahan yang biasa dihadapi mahasiswa adalah tahap pembuatan RPP. Pada tahap pelaksanaan mahasiswa juga mengalami kesulitan dalam hal pengelolaan kelas. Sedangkan dalam tahap evaluasi kesulitannya ketika mahasiswa ingin melakukan penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang dihadapi mahasiswa pada pelaksanaan Praktik Pengalaman lapangan II mahasiswa Tadris Ilmu Pengetahuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, beserta solusinya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian 1 kelompok mahasiswa PPL sejumlah -+ 33 orang dengan Problematika Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan II sebagai Objek penelitian. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari Observasi dan dokumentasi dengan menggunakan teknik purposive Sampling. Analisis data yang digunakan yakni pengumpulan data, reduksi data, Penyajian data, dan penarikan kesimpulan
Pengalaman Pasien Terhadap Perawatan yang Harus Dijalani Setelah Mendapatkan Terapi Intervensi Koroner Perkutan (IKP) Dewi Baririet Baroroh; Astri Melani Astari; Retty Ratnawati
Lentera: Multidisciplinary Studies Vol. 1 No. 2 (2023): Lentera: Multidisciplinary Studies
Publisher : Publikasiku

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perawatan yang adekuat setelah Intervensi koroner perkutan (pemasangan ring) sangat diperlukan untuk mencegah resiko terjadinya sumbatan kembali pembuluh darah jantung dan gangguan lainnya akibat infeksi pada pemasangan ring. Proses perawatan ini akan memberikan persepsi tersendiri bagi diri pasien. Tujuan Penelitian ini adalah mengeksplorasi pemahaman terhadap dampak terapi dan pemahaman tentang perawatan setelah terapi dilakukan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif fenomenologi interpretatif. Ada 7 orang pasien yang terpasang terapi intervensi koroner perkutan yang terlibat sebagai. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur. Proses analisa data menggunakan Interpretatif Phenomenologocal Analysis (IPA). Setelah mendapatkan terapi intervensi perkutan, pasien merasakan perubahan positif pada tubuhnya. Pasien merasa keadaan tubuh semakin baik, tanpa ada keluhan nyeri, tanpa kesulitan tidur, bebas bernafas dan dapat melakukan semua aktifitas sehari-hari dengan lebih baik. Pasien merasakan dirinya lebih sehat bugar. Pasien menyadari bahwa setelah terapi ini butuh memelihara kondisi tubuhnya secara terus menerus. Kesadaran pasien pada perubahan apa yang terjadi pada tubuhnya dan kemampuan mengenali kebutuhan tubuh terhadap perawatan yang terus menerus dapat mendorong menuju kualitas hidup pasien menjadi lebih baik.
Pengaruh Strategi Pembelajaran Selima (Semangat Literasi Madrasah) dalam Meningkatkan Aktivitas Speaking Skills Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI-MIA 1 MAN 2 Deli Serdang Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pokok Bahasan Descriptive Text Burhanuddin Burhanuddin
Lentera: Multidisciplinary Studies Vol. 1 No. 2 (2023): Lentera: Multidisciplinary Studies
Publisher : Publikasiku

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian di lakukan di MAN 2 Deliserdang. Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil pengamatan pembelajaran bahasa inggris di MAN 2 DELI SERDANG telah berjalan dengan baik, namun dari hasil ulangan harian pada saat mengajar atau praktik berbicara dalam bahasa inggris tentang Deskriptif Teks sebagian besar siswa belum bisa mengaplikasikan Speaking skills dengan menceritakan ulang atau mendeskripsikan sesuatu.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc.Tagart yang mana Kemmis mengembangkan modelnya berdasarkan system spiral refleksi yang dimulai dengan rencana, tindakan, pengamatan, refleksi perencanaan kembali merupakan dasar untuk suatu rencana pemecahan masalah. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX dengan jumlah siswa 30 orang. Kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI yang memiliki rata-rata hasil belajar Bahasa Inggris masih < dari 75 jika dibandingkan dengan kriteria ketuntasan minimum (KKM). Berdasarkan  hasil angket bahwa respon siswa terhadap strategi pembelajaran SELIMA (Semangat Literasi Madrasah),pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan efektif. Siswa juga tidak merasa tertekan atau terpaksa untuk membaca buku. Hal ini menjadi pacuan untuk kelas lain agar mencontoh siswa yang mengalami strategi pembelajaran SELIMA (Semangat Literasi Madrasah)
Syariah Financial Literacy Among SME Owner In Padang City Silvy Astari; Howardi Vizha Adha; Engla Sulistia
Lentera: Multidisciplinary Studies Vol. 1 No. 2 (2023): Lentera: Multidisciplinary Studies
Publisher : Publikasiku

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Financial literacy is basic skill that should be have by human being. Syariah Financial literacy is based on Islamic perspective different with conventional financial literacy. Padang Panjang city is known as Serambi Makah, most of the population in the city have Islam as their religion. This paper distinguish the understanding of SME owner regarding syariah financial literacy. We found that the small medium enterprise owner in Padang Panjang City high financial behaviour and financial attitude but low syariah financial knowledge.
Analisis Pengaruh Minimnya Pemahaman Tenaga Pendidik Terhadap IPTEK di Era 4.0 Di SMP Negeri 16 Kota Jambi Ervika Agnes Yulia; Siti Tiara Maulia
Lentera: Multidisciplinary Studies Vol. 1 No. 2 (2023): Lentera: Multidisciplinary Studies
Publisher : Publikasiku

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan merupakan sumber daya manusia yang meiliki jangka panjang yang memiliki nilai strategis bagi keberlangsungan peradaban manusia di dunia tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan potensi pendidikan di era 4.0 yang dimana Perkembangan IPTEK adalah bagian penting dalam sejarah peradaban manusia. Kajian IPTEK adalah seringkali menyertakan interaksinya dengan masyarakat. Kini IPTEK adalah bagian penting dalam kemajuan dalam dunia pendidikan. Tantangan di Era Revolusi Industri harus dihadapi. Beberapa tantangan yang harus dihadapi pada Era Revolusi Industri 4.0 antara lain masalah keamanan informasi, mesin produksi harus stabil, keterampilan yang kurang memadai, Keagamaan untuk berubah serta berkurangnya pekerjaan dalam jumlah yang banyak dikarenakan perubahan otomitasi.

Page 1 of 13 | Total Record : 128