cover
Contact Name
Tedy Wiraseptya
Contact Email
riksjp21@gmail.com
Phone
+6285263167243
Journal Mail Official
jtradisign@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Batu Kasek, Jl. Bandes Batu Kasek. RT/RW : 001/003.
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Tradisign: Jurnal Pustaka Desain dan Budaya
Published by Pustaka Galeri Mandiri
ISSN : -     EISSN : 29854741     DOI : https://doi.org/10.55382/tradisign
Tradisign adalah Jurnal Desain dan Budaya yang dikelola di bawah Litbang penerbit Pustaka Galeri Mandiri. Jurnal Ini memiliki filosofi sbb : Tradisign, mewakili budaya sebagai cirikhas asal jurnal yakni di Minangkabau yang khas dengan budaya. Design sebagai ruang lingkup ilmu yg merangkup Sains, Teknologi dan Seni. Tradisign juga bisa diartikan dengan tradisional dan sign. Sign sebagai sistem tanda dan arah pandu. Harapan menjadi jurnal yg memandu desain dan budaya bagi pihak akademis dan pihak peneliti.
Articles 18 Documents
BRANDING ALFAFA SIRUP KAYU MANIS MINUMAN KHAS KERINCI Widia Marta; Robby Usman
TRADISIGN : Jurnal Pustaka Desain dan Budaya Vol 1 No 1 (2022): November 2022 | Karya Desain dan Budaya
Publisher : Pustaka Galeri Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Usaha Alfafa merupakan salah satu industri produk sirup kayu manis di daerah Kabupaten Kerinci yang sudah berdiri sejak tahun 2005 serta sudah mendapatkan banyak piagam penghargaan sejak usaha Alfafa didirikan. Namun sejak awal berdiri, usaha Alfafa memang kurang memperhatikan identitas visual, brand, maupun strategi. Selama ini usaha Alfafa hanya memiliki logo yang dibuat ala kadarnya, serta elemen-elemen visual yang kurang sesuai dalam pengaplikasiannya. Metode yang digunakan dalam perancangan visual identity Alfafa ini dengan melakukan penggalian data yang berkaitan dengan usaha Alfafa yang didapat dari hasil observasi dan wawancara dengan pemilik usaha Alfafa. Hasil kegiatan tersebut dikaji kembali untuk mendapatkan analisa SWOT dari usaha Alfafa. Analisa tersebut digunakan dalam pembuatan identitas visual yang berupa logo atau identitas yang dapat mewakili karakteristik dari usaha Alfafa. Selain itu, dibuat pula media aplikasi untuk mendukung keperluan usaha Alfafa seperti media marketing, stationery set, dan merchandising.
PERANCANGAN FILM DOKUMENTER RUMAH GADANG KAJANG PADATI: Film Dokumenter Ekspositoris Ihsan Maulana; Tedy Wiraseptya; Melisa Suardi
TRADISIGN : Jurnal Pustaka Desain dan Budaya Vol 1 No 1 (2022): November 2022 | Karya Desain dan Budaya
Publisher : Pustaka Galeri Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perancangan film dokumenter ini merupakan penelitian studi Desain Komunikasi Visual. Dalam penelitian ini membahas mengenai rumah Kajang Padati yang berada di Kota Padang. Rumah Kajang Padati memiliki nilai historis yang bangunannya masih berdiri kokoh menyimpan sejarah. Metode penelitian yang digunakan dalam proses pembuatan karya menggunakan riset emic dan proses produksi. Film dokumenter ini disajikan sebagai bentuk kampanye dalam merawat benda warisan budaya di Kota Padang. Harapan dari penilitan ini dapat memberikan informasi yang komunikatif terhadap masyarakat, dikarenakan informasi saat ini mengenai Rumah Kajang Padati sangatlah minim. Sehingga yang harus perlu diperhatikan dalam penelitian ini yaitu menciptakan karya dokumenter dalam bentuk audio visual yang dibentuk melalui naskah sesuai alur cerita, ide, dan konsep.
PERANCANGAN FILM DOKUMENTER MENELUSURI JEJAK SILEK INDUAK AYAM PESISIR SELATAN Muhammad Syamsul; Vernanda Em Afdhal; M Sayuti
TRADISIGN : Jurnal Pustaka Desain dan Budaya Vol 1 No 1 (2022): November 2022 | Karya Desain dan Budaya
Publisher : Pustaka Galeri Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Silat adalah sistem beladiri yang diwariskan oleh nenek moyang sebagai budaya bangsa Indonesia sehingga perlu dilestarikan, dibina dan dikembangkan. Di Minangkabau silat lebih dikenal dengan sebutan silek. Banyak aliran silek yang dari ranah Minangkabau salah satunya silek induak ayam yang berasal dari Pesisir Selatan. Silek induak ayam tidak begitu mendapatkan eksistensi dikalangan masyarakat pada era sekarang terutama di Minangkabau dan berujung terlupakan sehingga nantinya akan hilang ditelan zaman, silek ini berasal dari sebuah kampung yang terletak di Pesisir Selatan. berdasarkan hasil observasi silek ini lebih mengutamakan pertahanan diri dari pada penyerangan terhadap lawan, serta penguncian gerakan saat lawan melakukan penyerangan, silek merupakan suatu seni bela diri tradisional yang seharusnya dilestarikan dari waktu kewaktu, namun silek induak ayam mulai hilang dan terlupakan, bahkan kemungkinan belum sempat dikenal lebih dikalangan masyarakat Minangkabau. Rancangan menggunakan analisis data yaitu SWOT. Adapun media yang rancangannya sebuah film dokumenter, di dukung dengan media pendukung seperti trailer video, video youtube, video sosial media, poster, spanduk, x-banner, t-shirt, tote bag, stiker, mug dan pin. Film dokumenter merupakan media utama yang digunakan sebagai media informasi. Media pendukung dibuat dalam media cetak dan digital.  
PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL TENTANG ZAKAT MAAL Hazendra Perdana
TRADISIGN : Jurnal Pustaka Desain dan Budaya Vol 1 No 1 (2022): November 2022 | Karya Desain dan Budaya
Publisher : Pustaka Galeri Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Islam mengajarkan tentang kewajiban membayar zakat, hal ini berarti mengeluarkan beberapa persen dari kekayaan yang telah didapatkan. Dari kewajiban seseorang yang harus membayar zakat, ada yang disebut dengan zakat maal. Masih banyak masyarakat tidak mengetahui lebih rinci mengenai kewajiban untuk mengeluarkan sebagian hartanya yang biasa di sebut Zakat Maal. Sehingga perlu adanya media kampanye yang dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan media audio visual. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik produksi yang meliputi pra produksi, produksi dan pasca produksi. Output dari penelitian ini berupa media utama yang menghasilkan sebuah video pendek mengenai informasi zakat maal dan media pendukung berupa media-media tambahan sebagai pelengkap karya kampanye. Tujuan dari perancangan mengenai wajibnya zakat maal agar masyarakat mendapat informasi dan tahu akan pentingnya kewajiban membayar zakat maal dan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar  zakat maal.
PERANCANGAN VIDEO KAMPANYE CANGKUAK SEBAGAI KULINER KHAS PADANG PANJANG calvin jorgi
TRADISIGN : Jurnal Pustaka Desain dan Budaya Vol 1 No 1 (2022): November 2022 | Karya Desain dan Budaya
Publisher : Pustaka Galeri Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sumatera Barat terkenal akan masakannya, sehingga memiliki beragam kuliner. Di Kota Padang Panjang terdapat masakan dengan nama cangkuak. Cangkuak ini sudah masakan khas yang telah ada dan telah diwarisi secara turun-menurun oleh masyarakat di Kota Padang Panjang. Penelitian ini bertujuan untuk membuat perancangan video kampanye cangkuak sebagai kuliner khas Padang Panjang. Data yang digunakan pada perancangan ini adalah data verbal, data visual dan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumnentasi dan sumber internet yang dianalisa dengan teori SWOT. Melalui metode penelitian tersebut, maka hasil yang di capai adalah perancangan video kampanye yang efektif dan bertujuan menarik konsumen untuk dapat mengenal masakan cangkuak khas Padang Panjang dan menambah minat masyarakat untuk mengetahui masakan tersebut. Media pendukung yang di rancang adalah poster, xbanner, flyer, instagram, totebag, baju, apron, mug, dan stiker. Perancangan ini telah menepuh berbagai proses, pada media utama dan media pendukung diciptakan menggunakan prinsip-prinsip desain agar serasi dan sesuai antara satu dengan yang lainnya sehingga masyarakat mendapatkan informasi mengenai masakan cangkuak khas Padang Panjang, Sumatera Barat.
Analisi Rancangan Media Belajar Anak Berkesulitan Belajar (Learning Disabilities) di Lingkungan SLB Lumin Alisa Lubuk Minturun Kota Padang Muhammad Syukri Erwin
TRADISIGN : Jurnal Pustaka Desain dan Budaya Vol 2 No 1 (2023): Mei 2023 | Desain dan Budaya: Perspektif Multidisipliner
Publisher : Pustaka Galeri Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengkajian Media Belajar Anak berkebutuhan Khusus (kesulitan belajar) studi kahus di SLB (Sekolah Luar Biasa) Lumin Alisa, Lubuk Minturun. Anak berkebutuhan khusus seperti anak kesulitan belajar, adalah anak yang sulit untuk mengingat pelajaran, mereka mengalami masalah dengan kemampuan daya ingat. dalam kajian ini membahas tentang bagai mana menentukan media untuk anak kesulitan belajar yang sesuai dan bisa menarik minat dan perhatian dan mengasah daya ingat anak. Proses pengumpulan data dengan langsung terjun kelapangan demi keakuratan data yang di dapatkan, sehingga media belajar yang diperuntukan untk anak berkesulitan belajar akan lebih akurat penggunaanya dibandingkan media belajar ABK yang lain. Pengkajian ini bertujuan menginformasikan dan membedakan media belajar yang baik dan sesuai untuk ABK kategori “Berkesulitan Belajar” dibandingkan ABK dengan kategori yang lain.
Perancangan Buku Ilustrasi Biografi Tan Malaka M. Arif; Vernanda Em Afdhal
TRADISIGN : Jurnal Pustaka Desain dan Budaya Vol 2 No 1 (2023): Mei 2023 | Desain dan Budaya: Perspektif Multidisipliner
Publisher : Pustaka Galeri Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tan Malaka merupakan pahlawan nasional yang mencetuskan ide Republik Indonesia sehingga Tan Malaka dinobatkan dengan gelar Bapak Republik. Dikarenakan pemahaman sejarah dan kurang tereksposnya Tan Malaka maka beliau seakan menjadi pahlawan terlupakan yang berasal dari Sumatra Barat. Penelitian tugas akhir ini merupakan sebuah upaya untuk menjadikan sejarah Tan Malaka sebagai objek untuk diangkat lagi dalam sebuah media buku ilustrasi, sehingga dapat memberikan informasi mengenai Tan Malaka untuk dipahami dan dimengerti masyarakat terutama generasi sekarang. Berdasarkan hasil dari observasi dan wawancara, didapatkan data bahwa keberadaan dari biografi yang hanya tertuju pada buku teks sehingga Tan Malaka sejarahnya kurang mendapatkan minat dari kalangan muda. Karena kurang efektifnya media yang digunakan merupakan salah satu faktor dari fenomena terlupakannya sejarah Tan Malaka tersebut. Untuk itu dalam mengatasi permasalahan tersebut perlu dirancang buku biografi tentang Tan Malaka dalam versi ilustrasi, dengan adanya gambar maka menambah ketertarikan generasi sekarang dalam minat membaca sejarah kepahlawanan Tan Malaka. Dalam buku ilustrasi biografi akan direpresentasikan kisah hidup Tan Malaka dalam memperjuangkan Republik Indonesia. Dengan adanya perancangan ini diharapkan dapat menjadi media edukasi sejarah yang menarik generasi muda dan orang dewasa dalam membaca lagi kehidupan dari tokoh-tokoh nasional seperti Tan Malaka. Pada rancangan ini media buku ilustrasi menjadi media utama dan ditambah dengan beberapa media pendukung untuk menguatkan promosi dari buku ilustrasi.
ANALISIS RANCANGAN PROMOSI KAIN TENUN TROSO SEBAGAI WARISAN BUDAYA JEPARA (Studi Kasus: Sentra Lestari Indah Putera) Muhamad muhamad fadhil indra. S.Ds., M.Ds
TRADISIGN : Jurnal Pustaka Desain dan Budaya Vol 2 No 1 (2023): Mei 2023 | Desain dan Budaya: Perspektif Multidisipliner
Publisher : Pustaka Galeri Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jepara yang terletak di Jawa Tengah biasanya dikenal dengan industri ukiran kayu mulai hiasan sampai ke peralatan rumah dan kain tenun yang dikenal yaitu Tenun Ikat Troso. Sentra Tenun Ikat Troso merupakan industri kain tenun yang bertempat di Desa Troso, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara.Pengembangan industri Tenun ikat Troso dengan penerapan prinsip Desain Komunikasi Visual merupakan cara untuk menumbuhkembangkan industri rumahan para perajin di Desa Troso, Jepara, lewat karya seni yang mereka menjadikan satu nilai budaya lokal yang patut dikembangkan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang terjadi pada fenomena jaman sekarang motif tenun Cemara dan Lompong sudah jarang dibuat oleh perajin, yang dikarenakan tidak adanya permintaan pasar.Hal tersebut terjadi karena para perajin lebih mementingkan aspek dagang daripada budaya.Pada awal munculnya motif kain Tenun Ikat Troso pertama kali adalah motif Cemara dan Lompong, namun belakangan para perajin dan pengusaha tenun membuat motif sesuai permintaan pesanan.sehingga tenun budaya khas Timor banyak ditemukan dan juga masih kurang promosi dari Tenun Ikat Troso.Berdasarkan uraian di atas maka penelitian ini perlu dilakukan agar perajin bangga untuk menjual kembali tenun motif khas Troso yaitu Cemara dan Lompong sehingga lokalitas kebudayaan Tenun Ikat Troso bangkit kembali. Kata Kunci : Desain Komunikasi Visual, Motif, Tenun Ikat, Troso.
Interface Design Webiste “Syne” Portal Industri Kreatif Sumatera Barat Nabil Rais Al Faruqi; Dwi Mutia Sari
TRADISIGN : Jurnal Pustaka Desain dan Budaya Vol 2 No 1 (2023): Mei 2023 | Desain dan Budaya: Perspektif Multidisipliner
Publisher : Pustaka Galeri Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Syne sebagai media lokal yang membahas informasi seputar industri kreatif yang belum memiliki media penyampai informasi yang cepat, lengkap, dan mudah. Perancangan ini bertujuan untuk mempermudah audiens untuk memilih informasi yang ingin dilihat secara lengkap, cepat, dan mudah. Website ini nantinya akan menjadi pusat distribusi informasi seputar industri kreatif di Sumatera Barat. Permasalahan utama yang terjadi pada Syne bahwa media sosial yang digunakan Syne saat ini dirasa masih terbatas dari segi penyampaian informasi dikarenakan keterbatasan fitur. Dengan menggunakan metode Glass Box yang melalui beberapa tahapan, yaitu persiapan, inkubasi, luminasi, dan verifikasi. Metode Glass Box adalah metode yang selalu berusaha menentukan fakta-fakta dan sebab atau alasan faktual yang melandasi terjadinya suatu hal atau kejadian dan kemudian berusaha menentukan alternatif solusi dari masalah yang timbul. Pada perancangan ini akan menghasilkan sebuah media yaitu website yang dirancang dengan mempertimbangkan tampilan yang mudah dipahami dengan dilengkapi fitur-fitur yang akan memudahkan audiens dalam memilih konten ataupun informasi yang ingin dilihat. Selain itu, perancangan ini didampingi oleh media pendukung yang dirancang seperti Infographic, Poster, Sticker Pack, Zine, Social Media Content, Foam Board, dan Banner.
E-CATALOGUE BRAND “ MINOR MORAL” Muhammad Fathan Ar Reza; Budiwirman
TRADISIGN : Jurnal Pustaka Desain dan Budaya Vol 2 No 1 (2023): Mei 2023 | Desain dan Budaya: Perspektif Multidisipliner
Publisher : Pustaka Galeri Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perancangan ini ditujukan untuk menghasilkan sebuah media alternatif yang akan mempermudah calon customer Minor Moral untuk mengetahui produk apa saja yang dijual oleh Minor Moral. Masalah yang diidentifikasi adalah banyaknya calon customer yang belum mengetaui tentang Minor Moral dan apa saja produk yang dijual oleh Minor Moral. Untunk menemukan jalan keluar dari permasalahan tersebut, digunakan metode glassbox yang memiliki beberapa tahapan, yaitu Tahapan Persiapan, Inkubasi, Iluminasi, Verifikasi. Metode ini diawali dengan melakukan menyiapkan segala perangkat dan keperluan untuk melakukan desain untuk, kemudian mempersiapkan diri untuk mengolah segala macam referensi ide yang akan digunakan dalam pembuatan E-Catalogue, dan hasil perancangan yang sudah final disebarkan melalui beberapa platform digital atau print out. Perancangan ini menghasilkan sebuah output yaitu media E-Catalogue sebagai media untuk memberikan informasi terkait produk apa saja yang yang ditawarkan. Diharapkan dengan adanya perancangan E-Catalogue ini bisa membantu meningkatkan penjualan Minor Moral serta meningkatkan brand awareness masyarakat khususnya kota Pekanbaru terhadap produk lokal seperti Minor Moral.

Page 1 of 2 | Total Record : 18