cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN" : 9 Documents clear
PENGGUNAAN MODEL MIND MAP DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD Pangesti, Etika
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 2 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penggunaan Model Mind Map dalam Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penggunaan model mind map pada siswa kelas IV SD Negeri 5 Bumirejo tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model mind map dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa  kelas IV SDN 5 Bumirejo tahun ajaran 2013/2014. Kata kunci: mind map, hasil belajar IPS
EFEKTIVITAS TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DITINJAU DARI MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR barokatur rofi'ah, eni
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 2 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.147 KB)

Abstract

Abstrak: Efektivitas Tipe Numbered Head Together ditinjau dari Minat Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh: (1) model pembelajaran NHT dan Ekspositori terhadap hasil belajar IPA; (2) minat tinggi dan rendah terhadap hasil belajar IPA; dan (3) interaksi antara model pembelajaran NHT dan Ekspositori dengan minat terhadap hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data tes dan angket. Teknik analisis anava dua jalur dengan cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh model  pembelajaran NHT dan Ekspositori terhadap hasil belajar IPA; (2) ada pengaruh minat belajar tinggi dan rendah terhadap hasil belajar IPA; dan (3) ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran NHT dan Ekspositori dengan minat belajar terhadap hasil belajar IPA.Kata kunci: Numbered Head together, Minat, Hasil Belajar, IPA
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEKNIK THINK PAIR SHARE DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN 1 SIDOGEDE susi, susi
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 2 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: The use of Model Learning Technique Think Pair Share In Improving Student Learning IPS SDN 1 Sidogede Class IV Academic Year 2013/2014. The purpose of this study is to describe the steps in an effort to increase learning social studies, knowing the increase in learning social studies, and to discover the challenges and solutions in order to enhance social studies learning through cooperative model think pair share technique. The experiment was conducted in three cycles with each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. The subjects were fourth grade students. Sources of data used in this study were students, teachers, and observers. The validity of the data using triangulation techniques and triangulation of data collection techniques. The conclusions of this study are learning social studies in the fourth grade students of SD Negeri 1 Sidogede school year 2013/2014 can be enhanced through cooperative model think pair share technique.      Keywords: think pair share, learning, IPS Abstrak: Penggunaan Model Pembelajaran Teknik Think Pair Share Dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SDN 1 Sidogede Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah dalam upaya peningkatan pembelajaran IPS, mengetahui peningkatan pembelajaran IPS, dan untuk menemukan kendala dan solusi dalam upaya peningkatan pembelajaran IPS melalui model kooperatif teknik think pair share. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa, guru, dan observer. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sidogede tahun pelajaran 2013/2014 dapat ditingkatkan melalui model kooperatif teknik think pair share. Kata kunci: think pair share, pembelajaran, IPS
PENGGUNAAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS III SDN KRADENAN Solihin, Ahmad
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 2 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: The Inquiry Method to Improve Mathematics Learning About Build Flat In third grade students of SDN Kradenan. The purpose of this research was describes the use of the method in the improvement of mathematics teaching and Build Flat obstacles and solutions. This research is an action research (PTK). The experiment was conducted in three cycles. The results show that: the use of inquiry method can improve the learning of mathematics Build Flat Elementary School third-grade students Kradenan. The obstacles are: shy students ask, some passive students in a discussion, and less confident when concluding material. The solution is: motivate students, directing students to work together, and guiding students as concluded Keywords : Methods of Inquiry, Mathematics Abstrak: Penggunaan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Tentang Bangun Datar Pada Siswa Kelas III SDN Kradenan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan metode dalam peningkatan pembelajaran Matematika tentang Bangun Datar dan menemukan kendala serta solusi. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil menunjukkan bahwa: penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang Bangun Datar pada siswa kelas III SDN Kradenan. Kendalanya yaitu: siswa malu bertanya, beberapa siswa pasif dalam berdiskusi, dan kurang percaya diri saat menyimpulkan materi. Solusinya ialah: memotivasi siswa, mengarahkan siswa untuk bekerja sama, dan membimbing siswa saat menyimpulkan. Kata kunci: Metode Inkuiri, Matematika
PENGGUNAAN METODE MAKE-A MATCH DAN MEDIA KARTU HURUF DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT AKSARA JAWA DI SEKOLAH DASAR kadar, slamet
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 2 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penggunaan Metode Make-a Match dan Media Kartu Huruf dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Kalimat Aksara Jawa di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan  metode make-a match dan media kartu huruf dalam peningkatan keterampilan menulis kalimat aksara Jawa siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 3 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 1 Patukgawemulyo tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan metode make-a match dan media kartu huruf dapat meningkatkan keterampilan menulis kalimat aksara Jawa di Sekolah Dasar. Kata Kunci: Make-a Match,  Kartu Huruf, Aksara Jawa. Abstract: Using Make-A Match Method and Media of Characters Card in Improvement of Writing Skills Java Script Sentencein Elementary School. The purpose of this research was to describe method of make-a match and the media of characters card in improvement of writing skills Java script sentence of students grade IV inelementary school. This research is research of class action (PTK), which is implemented in 3 cycles. The subjects were all of student grade IV at SDN 1 Patukgawemulyo academic year 2013/2014 which contain 23 students, The technique of collecting data through observation,tests, and interviews. The results showed that the use of a method of make-match and media of characters cards can improve writing skills of Java script sentences in elementary school.  Key Word: make-a match, characters card, Java script
PENGGUNAAN MODEL KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2 SIDAYU TAHUN AJARAN 2013/2014 Wakhyuni, Khikmah
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 2 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: Using the Contextual Model Audio Visual Media in the Improvement of Science Teaching Fifth Grade Elementary School Students Academic Year 2013/2014. This study aims to improve science teaching through the use of contextual models with audio-visual media. This study uses action research conducted in three cycles. Each cycle consists of planning, implementation, observation, and reflection. The research subject of this class action is fifth grade students of SDN 2 Sidayu totaling 17 students. The results showed Peggunaan contextual models with audio-visual media can enhance science teaching fifth grade elementary school students.  Keywords: Contextual Model, Audio Visual Media, Learning Science Abstrak: Penggunaan Model Kontekstual dengan Media Audio Visual dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran IPA melalui penggunaan model kontekstual dengan media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SDN 2 Sidayu yang berjumlah  17 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peggunaan model kontekstual  dengan media audio visual dapat meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V Sekolah Dasar. Kata kunci: Model Kontekstual, Media Audio Visual, Pembelajaran IPA
PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA TENTANG GAYA MELALUI METODE EKSPERIMEN DENGAN MEDIA KONKRET PADA SISWA KELAS IV SDN 2 GIRIPURNO Yuliastuti, Trias
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 2 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: Improved Learning About Style Through Science Experiments Methods Concrete Media In Fourth Grade Students of SDN 2 Giripurno. The purpose of this research was to describe the application of the experimental method with a concrete medium in improving science learning about style and obstacles and solutions. This research was Classroom Action Research (CAR) and implemented in three cycles. The results show that: application of the experimental method with concrete media can enhance science learning about the style in grade IV. The obstacles are: the student embarrassed to ask, some of the students in the experimental passive and less confident when presenting. The solution is: motivating students, directing students to work together, and guide students during the presentation. Keywords : Experimental methods, Concrete Media, Learning Science Abstrak: Peningkatan Pembelajaran IPA Tentang Gaya Melalui Metode Eksperimen dengan Media Konkret Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Giripurno. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode eksperimen dengan media konkret dalam peningkatan pembelajaran IPA tentang gaya dan menemukan kendala serta solusi. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil menunjukkan bahwa: penerapan metode eksperimen dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang gaya pada siswa kelas IV. Kendalanya yaitu: siswa malu bertanya, beberapa siswa pasif dalam eksperimen, dan kurang percaya diri saat presentasi. Solusinya ialah: memotivasi siswa, mengarahkan siswa untuk bekerja sama, dan membimbing siswa saat presentasi. Kata kunci: Metode Eksperimen, Media Konkret, Pembelajaran IPA
PENGGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN ARENDS DAN SUMBER BELAJAR LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 SUKOMULYO oktorahadi, dhestanto
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 2 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.451 KB)

Abstract

Abstract: The Use of Cooperative Learning Models Type Time Token Arends and Environmental Learning Resources to Increase Poetry Writing Skills on The Fifth Grade Students of SD Negeri 4 Sukomulyo. The purpose of this research to improve the poetry writing skills of fifth grade student by the use of cooperative learning models type time token arends and environmental learning resources. This research was a collaborative Classroom Action Research (CAR) which implemented in three cycles, consist of planning, implementation, observation, and reflection. The subject of this research are fifth grade student of SD Negeri 4 Sukomulyo amounts 16 students. The source of data on this research are students, peers, teachers, and documents. The data collecting tools are using test, observation, and interview. The result showed that the use of cooperative learning models type time token arends and environmental learning resources can increase the essay writing skills at fifth grade student. Keywords: Time Token Arends, Environmental Learning Resources, and Writing PoetryAbstrak: Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Arends dan Sumber Belajar Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas V SD Negeri 4 Sukomulyo. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe time token arends dan sumber belajar lingkungan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilakukan dalam tiga siklus, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 4 Sukomulyo sejumlah 16 siswa. Sumber data terdiri dari siswa, teman sejawat, guru, dan dokumen. Alat pengumpul data menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe time token arends dan sumber belajar lingkungan dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V. Kata kunci: Time Token Arends, Sumber Belajar Lingkungan, dan Menulis Puisi
PENERAPAN MAKE A MATCH DENGAN KARTU KATA BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V SDN 2 BUMIREJO TAHUN AJARAN 2013/2014 Kusuma, Upit Nurlita
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 2 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penerapan Make a Match dengan Kartu Kata Bergambar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas V. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjek penelitian siswa kelas V SDN 2 Bumirejo tahun ajaran 2013/3014 berjumlah 25 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif yang bersumber dari siswa, peneliti atau guru, teman sejawat, dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validasi data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber data. Analisis data terdiri dari reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Make a Match  dengan kartu kata bergambar dapat meningkatkan pembelajaran Bahasa Inggris kelas V SD. Kata Kunci: Make a Match, Kartu Kata Bergambar, Pembelajaran Bahasa Inggris Abstract: The Application of Make a Match with Flashcard on Improve English Learning 5th grade student. This study aims to: improve English learning. This research is Classsroom Action Research (CAR)  was conducted in three cycles. The subjects were all students of 5nd grade SDN 2 Bumirejo school year 2013/2014 with  total 25 students. The data is used data qualitative and data quantitative which from students, researchers or teacher, colleagues friend, and documents. The data technique use observation, interview, and test. The validity of data used triangulation techniques and triangulation data sources. Analysis data use reduction, data representation, and conclusion. The results showed that the application of Make a Match with Flashcard can improve 5nd grade student English learning Elementary School. Keywords: Make a match, flashcard, English Learning

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 6, No 6.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 5.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 4.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 3.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 2.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 1.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 6 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 5 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 4 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 3 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 2 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 1 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 6.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 5.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 4.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 3.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 2.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 1.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 6 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 5 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 4 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 3 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 2 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 6.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 5.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 4.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 3.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 2.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 1.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 6 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 5 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 4 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 3 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 2 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 6.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 5.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 3.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 2.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 1.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 3 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 2 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 4 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 3 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 2 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 1 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 4 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 3 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 1 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2012): Didaktik PGSD Kebumen Vol 1, No 1 (2012): Didaktik PGSD Kebumen More Issue