cover
Contact Name
Ahmad Syafii
Contact Email
sindotech.sda@gmail.com
Phone
+6281233876559
Journal Mail Official
sindotech.sda@gmail.com
Editorial Address
Jl.Raya Sepande RT 1 RW 1 Candi Sidoarjo
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
(JUPI) Jurnal Pendidikan Indonesia
ISSN : 29872391     EISSN : 29872391     DOI : -
Core Subject : Education,
(JUPI) Jurnal Pendidikan Indonesia merupakan jurnal online peer-review akses terbuka yang menyediakan forum untuk berbagi kajian ilmiah tentang Teknologi pendidikan, manajemen pendidikan dan penelitian tindakan kelas. Redaktur menyambut artikel dan laporan penelitian yang membahas isu-isu terkini seperti: pendidikan, kurikulum, penelitian tindakan kelas, penelitian pengembangan pendidikan dan manajemen pendidikan
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 01 (2025): Edisi Maret" : 5 Documents clear
Analisis Gaya Belajar Siswa terhadap Metode Pembelajaran yang Efektif di SD Negeri 1 Rowoharjo Sekar Sari, Dewi
JUPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) Vol 3 No 01 (2025): Edisi Maret
Publisher : Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Sindotech

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan di Indonesia, khususnya di tingkat sekolah dasar menghadapi tantangan dalam menciptakan metode pembelajaran yang efektif. Salah satu faktor kunci yang memengaruhi keberhasilan proses belajar mengajar adalah gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya belajar siswa di SD Negeri 1 Rowoharjo dan bagaimana gaya belajar tersebut memengaruhi penerapan metode pembelajaran yang efektif. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara dengan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap siswa memiliki gaya belajar berbeda-beda, yaitu visual, auditori, dan kinestetik yang berpengaruh pada cara mereka menyerap dan mengolah informasi. Dengan menerapkan pembelajaran diferensiasi yang sesuai dengan gaya belajar siswa, guru dapat meningkatkan keterlibatan dan prestasi akademik siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang pentingnya penyesuaian metode pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan individual siswa, serta mendorong sekolah untuk melakukan evaluasi berkala terhadap metode pembelajaran yang diterapkan.
Analisis Pengaruh Durasi Penggunaan Sosial Media terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Banyuasin III Luthfiyah, Andien Annisa
JUPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) Vol 3 No 01 (2025): Edisi Maret
Publisher : Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Sindotech

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Media sosial telah menjadi bagian dari kehidupan anak-anak, memberikan dampak yang signifikan pada cara mereka bersosialisasi dan mengelola emosi.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media sosial terhadap perkembangan sosial dan emosional siswa sekolah dasar, khususnya di SDN 5, Banyuasin III. Adapun penelitian ini dilakukan melalui metode kuantitatif dengan penyebaran kuisioner daring kepada siswa dan guru. Analisis difokuskan pada hubungan antara durasi penggunaan media sosial dengan perkembangan sosial dan emosional siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai dampak positif maupun dampak negatif media sosial terhadap anak-anak, serta memberikan rekomendasi pada pihak sekolah dan orang tua dalam mengelola penggunaan media sosial secara bijaksana untuk mendukung perkembangan anak secara optimal.
Telaah Filsafat Pendidikan Islam Dalam Pendidikan Karakter : Studi Fenomenologi Di Sdn Curahmalang III Wibowo, Sigit; Ridho Alamsyah, Mochammad; Zainuddin, Mohammad Zainuddin
JUPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) Vol 3 No 01 (2025): Edisi Maret
Publisher : Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Sindotech

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan karakter merupakan pondasi penting untuk kesuksesan individu di masa depan. Namun, apakah pendidikan karakter yang dilakukan sudah sesuai dengan landasan filosofis pendidikan islam. Dalam penelitian ini dilakukan dengan metode studi fenomenologi pada SDN Curahmalang III. Dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi langsung, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi, penyajian data dalam bentuk naratif, dan menyimpulkan. Didapatkan hasil bahwa pendidikan karakter yang dilakukan pada SDN Curahmalang III tersebut sudah sesuai dengan landasan filosofis dari sudut pandang pendidikan islam dalam menjalankan upaya mendidik karakter siswa. Meliputi nilai-nilai kepemimpinan, kolaborasi, ukhuwah islamiyah, kedisiplinan, dan belajar sepanjang hayat. Dengan berbagai program yang dilakukan seperti baris - berbaris, melaksanakan piket rutin, melakukan sistem yang mendukung siswa untuk berkompetisi, dan melakukan kegiatan P5 dengan cara berkolaborasi dengan wali murid. Namun, masih ada kendala-kendala dalam pelaksanaan program-program tersebut seperti ketepatan waktu dari para wali murid dan jadwal pelaksanaan yang dibuat oleh para guru masih belum menentu dan dapat berubah-ubah.
Transformasi Al-Quran Membangun Peradaban Era Pendidikan Digital (Analisis Historis Dan Relevansi Kontemporer) Yuniar, Agus Rahmat
JUPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) Vol 3 No 01 (2025): Edisi Maret
Publisher : Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Sindotech

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji relevansi Al-Qur’an dalam konteks pendidikan era digital, khususnya dalam pembentukan karakter, integrasi nilai moral, dan penguatan literasi spiritual. Melalui pendekatan kualitatif berbasis studi literatur dan wawancara dengan pakar pendidikan Islam serta praktisi teknologi pendidikan, ditemukan bahwa ayat-ayat Al-Qur’an mengandung prinsip-prinsip fundamental yang tetap relevan dalam merespons tantangan zaman modern. Ayat pertama yang diturunkan, Iqra’ bismi rabbika (QS. Al-‘Alaq: 1), menjadi titik tolak penting bagi pengembangan pendidikan digital yang tidak hanya berorientasi pada teknologi dan efisiensi informasi, tetapi juga menekankan kesadaran spiritual, etika, dan tanggung jawab sosial. Penelitian ini juga mengidentifikasi berbagai tantangan integrasi Al-Qur’an dalam sistem pendidikan digital, seperti dualisme kurikulum, keterbatasan kompetensi guru dalam literasi digital berbasis nilai, serta pengaruh konten digital global yang cenderung sekuler. Meskipun demikian, munculnya berbagai inovasi seperti platform pembelajaran Qur’ani, kurikulum integratif, dan pelatihan guru berbasis adab menunjukkan bahwa nilai-nilai Al-Qur’an memiliki potensi besar untuk menjadi fondasi pendidikan digital yang transformatif. Kesimpulan dari studi ini menegaskan bahwa keberhasilan pendidikan Islam di era digital sangat bergantung pada kemampuan mengintegrasikan wahyu dan akal secara harmonis, sehingga menghasilkan sistem pendidikan yang inklusif, etis, dan kontekstual.
Pengaruh Penggunaan Metode Praktik Terhadap Hasil Belajar Bagi Siswa Usia Dini Syafii, Ahmad
JUPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) Vol 3 No 01 (2025): Edisi Maret
Publisher : Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Sindotech

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode praktik pada pembelajaran usia dini , disamping itu, untuk mengetahui gambaran hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode diskusi pada pembelajaran usia dini   dan untuk mengetahui pengaruh metode praktik terhadap hasil belajar peserta didik  . Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik PG/TK Al-Itqon yang berjumlah 56 peserta didik. Teknik pengambilan sampel adalah sampel jenuh sehingga sampel kelas eksperimen sebanyak 26 peserta didik dan kelas kontrol sebanyak 24 peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode diskusi. Instrumen berupa tes hasil belajar peserta didik. Analisis data berupa statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji independent sample t-test. Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata- rata posstest hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen adalah 83,96, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-ratanya adalah 71,75 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh metode praktik terhadap hasil belajar peserta didik di PG/TK Al-Itqon.

Page 1 of 1 | Total Record : 5