cover
Contact Name
Riskha Arfiyanti
Contact Email
deiksisugj@gmail.com
Phone
+6281361170125
Journal Mail Official
deiksisugj@gmail.com
Editorial Address
https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/DEIKSIS/about/editorialTeam
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 23556633     EISSN : 25485490     DOI : https://doi.org/10.33603/dj.v11i1
Core Subject : Education,
Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian tentang sastra Indonesia,  pengajaran dan pembelajaran dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menerima publikasi dari pengajar, pemerhati dan peneliti bahasa dan Sastra Indonesia. Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah sebagai berikut: Model Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Media dan Multimedia Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Kurikulum dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Penilaian (Assesment) dan Evaluasi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Pengembangan Profesional Guru Bahasa dan Sastra Indonesia, Desain Didaktis dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Lesson Study dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Kajian tentang teori sastra, kritik sastra, sejarah sastra, genre, alih wahana dan sastra bandingan Kajian tenang hubungan sastra dengan kebudayaan, politik, filsafat, sosiologi, psikologi, antropologi, etnologi, genre, linguistik, dan sejarah. Kajian linguistik yang mencakup sosiolinguistik dan psikolinguistik.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2019): DEIKSIS: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA" : 11 Documents clear
Analisis Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan Novel Bekisar Merah Karya Ahmad Tohari Tisa Rahayu Vitiana
Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 1 (2019): DEIKSIS: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/deiksis.v6i1.936

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perwatakan tokoh-tokoh novel Bekisar Merah karya Ahmad Tohari. (2) Konflik antar tokoh dalam novel Bekisar Merah karya Amad Tohari. (3) Id dalam novel Bekisar Merah karya Amad Tohari. (4) Ego dalam novel Bekisar Merah karya Amad Tohari. (5) Superego dalam novel Bekisar Merah karya Amad Tohari. (6) Nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Bekisar Merah karya Ahmad Tohari Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perwatakan tokoh-tokoh novel Bekisar Merah karya Ahmad Tohari. (2) Konflik antar tokoh dalam novel Bekisar Merah karya Amad Tohari. (3) Id dalam novel Bekisar Merah karya Amad Tohari. (4) Ego dalam novel Bekisar Merah karya Amad Tohari. (5) Superego dalam novel Bekisar Merah karya Amad Tohari. (6) Nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Bekisar Merah karya Ahmad Tohari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi pustaka tidak waktu serta tidak terikat dengan tempat penelitian. Penelitian ini dimulai bulan Agustus 2017 sampai januari 2018. Penelitian ini dilakukan perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data, penganalis, penafsir data, dan pelaporan hasil penelitian. Dalam hal ini peneliti bertindak sebagai pembaca aktif, terus menerus membaca, mengamati, dan mengidentifikasi satuan-satuan tutur yang sesuai dengan tujuan penelitian, kemudian menafsirkan dan menganalisis data penelitian digunakan instrumen pembantu berupa panduan kodifikasi data. Hasil penelitian adalah (1) Ada perbedaan menonjol perwatakan tokoh-tokoh yang ada dalam novel Bekisar Merah karya Ahmad Tohari. (2) Terdapat konflik antar tokoh dalam novel Bekisar Merah karya Amad Tohari. (3) Terdapat Id dalam novel Bekisar Merah karya Amad Tohari. (4) Terdapat Ego dalam novel Bekisar Merah karya Amad Tohari. (5) Terdapat Superego dalam novel Bekisar Merah karya Amad Tohari. (6) terdapat nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Bekisar Merah karya Ahmad Tohari 
Penggunaan Campur Kode dan Alih Kode dalam Transaksi Jual Beli Pedagang Kaki Lima di Cirebon Hesti Muliawati; Solikhin Solikhin; Ulfa Nursyamsiah
Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 1 (2019): DEIKSIS: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/deiksis.v6i1.1180

Abstract

Masyarakat Indonesia tergolong masyarakat tutur dwibahasawan. Bagi sebagian masyarakat hal yang biasa menggunakan campur kode bahkan alih kode karena bahasa pertamanya ialah bahasa daerah dan bahasa keduanya yakni bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan alih kode dan campur kode yang terjadi dalam kegiatan jual beli serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kejadian tersebut. Data penelitian ini adalah berupa variasi bahasa yang digunakan oleh pedagang kaki lima di Jalan Perjuangan, Kota Cirebon saat melakukan transaksi jual beli antara penjual dan pembeli. Adapun sumber penelitian yakni pedagang kaki lima yang berada di Jalan Perjuangan, Kota Cirebon yang berada di sekitar  empat lokasi berbeda. Dalam kenyataan sehari-hari, ternyata bahwa ragam bahasa lebih cenderung memakai alih kode dan campur kode. Penggunaan campur kode dan alih kode dalam percakapan antara penjual dan pembeli berfungsi sebagai pengakrab dan mempermudah dalam berkomunikasi. Dengan demikian, campur kode dan alih kode  sering terjadi dan digunakan saat berkomunikasi dalam transaksi jual beli.
Penggunaan Bahasa Pada Transaksi Jual Beli di Toko Dalam Jaringan (Daring) (Kajian Sosiolinguistik) Eko Yulianto; Hilda Hilaliyah; Chadis Chadis
Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 1 (2019): DEIKSIS: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/deiksis.v6i1.1202

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan bahasa yang digunakan pada transaksi jual beli di toko daring atau online dan memberikan gambaran terhadap penggunaan bahasa khas yang digunakan oleh masyarakat seiring perkembangan teknologi. Secara teoretis, hasil penelitian ini dapat menambah khazanah ilmu linguistik, khususnya bidang sosiolinguistik. Secara praktis, hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi beberapa pihak, yaitu untuk pembaca, dapat menambah pengetahuan tentang ragam bahasa yang digunakan pada transaksi jual-beli  Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan dan memaparkan hasil analisis penggunaan bahasa pada transaksi jual beli di toko dalam jaringan (daring). Metode deskriptif dalam penelitian ini tidak menggunakan angka, tetapi menggunakan teori sosiolinguistik untuk menganalisis data yang ditemukan dan kemudian dideskripsikan. Data yang dikumpulkan merupakan data deskripsi berupa bahasa pada transaksi jual-beli yang berada dalam toko daring tersebut, yaitu Tokopedia, Lazada, dan Bukalapak. Hasil penelitian ini yaitu bentuk bahasa khas ranah Sosiolinguistik yang ditemukan berupa singkatan, interferensi, kata majemuk, dan bahasa asing. Kekhasan ini terlihat dari sisi sosial penggunaan bahasa. Hal ini menguatkan bahwa bahasa bersifat dinamis yang dapat disesuaikan dengan situasi dan kepentingan di dalam berkomunikasi.
Implikatur dan Pelanggaran Prinsip Kerjasama dalam Wacana Percakapan Debat Calon Gubernur DKI Jakarta (Penelitian Analisis Isi dalam Acara Gelar Mata Najwa di Metro TV) Antonia Kurniati
Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 1 (2019): DEIKSIS: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/deiksis.v6i1.1215

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelanggaran prinsip kerja sama, menganalisis fungsi implikatur, menganalisis jenis-jenis implikatur, dan menganalisis makna implikatur. Pendekatan dalam penelitian ini, yaitu kualitatif dengan metode analisis isi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut.Pertama, ada empat jenis prinsip kerja sama, yaitumaksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi, dan maksim cara. Dari data yang diperoleh, pelanggaran yang sering muncul dalam prinsip kerja sama debat calon gubernur DKI Jakarta, yaitu pelanggaran terhadap maksim kuantitas. Kedua, ada lima jenis fungsi implikatur, yaitu, wujud implikatur representatif, wujud implikatur direktif, wujud implikatur ekspresif, wujud implikatur komisif, dan wujud implikatur deklarasi. Dari data yang diperoleh, fungsi implikatur yang sering muncul dalam penelitian ini adalah wujud implikatur representatif. Ketiga, ada dua jenis implikatur, yaitu implikatur konvensional dan implikatur nonkonvensional. Dari data yang diperoleh, jenis implikatur yang dominan dalam penelitian ini adalah implikatur konvensional.  Keempat, makna implikatur. Makna implikatur dalam penelitian ini adalah implikasi pragmatis tuturan berimplikatur.
Pengembangan Media Pembelajaran Majas Berbasis Teknologi Wulan Ria Anggraini; Dini Anggita Sumantri; Shodiq Imam Purnomo; Purwati Anggraini
Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 1 (2019): DEIKSIS: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/deiksis.v6i1.1322

Abstract

Majas merupakan salah satu materi yang disampaikan dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP dan SMA atau yang sederajat. Majas sering dipergunakan dalam pembuatan karya sastra seperti puisi, cerpen, dan novel. Begitupun dalam kegiatan sehari-hari majas juga sering dipergunakan. Pada kenyataannya, baik siswa SMP maupun SMA, banyak yang belum memahami keberagaman majas dan pemakaiannya. Hal ini tentu tidak boleh dibiarkan karena majas adalah bagian dari bahasa Indonesia yang ada di dalam kurikulum siswa SMP dan SMA. Pada era sekarang, perkembangan teknologi semakin canggih. Seiring dengan hal tersebut, materi pembelajaran Bahasa Indonesia dapat dibuat menjadi lebih praktis dengan menggunakan aplikasi pembelajaran berbasis android. Aplikasi majas adalah salah satu alternatif untuk media pembelajaran siswa yang ingin mendalami dan menggunakan majas dalam berbagai kalimat dan karya sastra. Aplikasi ini dilengkapi dengan materi majas, berbagai contoh penggunaannya, komik, dan permainan yang dapat mengasah keterampilan siswa. Dengan demikian, belajar majas akan lebih menyenangkan dan siswa lebih mudah memahami penggunaan majas.
Analisis Kesalahan Percakapan Bahasa Indonesia Siswa Asing dalam Tayangan Kelas Internasional Stasiun Televisi Net Mumun Siti Munawwaroh
Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 1 (2019): DEIKSIS: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/deiksis.v6i1.1406

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan strategi permukaan dalam  percakapan bahasa Indonesia yang dilakukan oleh siswa asing dalam tayangan Kelas Internasional.  Tayangan Kelas Internasional merupakan suatu acara televisi mengenai  pembelajaran bahasa Indonesia bagi pelajar asing  (BIPA). Di dalamnya terdapat percakapan bahasa Indonesia siswa asing yang belajar bahasa Indonesia. percakapan bahasa Indonesia itu terjadi baik saat pembelajaran maupun di luar pembelajaran, baik terjadi antarsiswa atau antarsiswa  dengan guru dan staf sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis isi. Data berupa percapakan bahasa Indonesia siswa dianalisis untuk ditemukan kesalahannya. Pembelajaran BIPA Kelas Internasional diikuti oleh Lingling asal Republik Rakyat China (RRC), Kotaro asal Jepang, Lee Jong Yu asal Korea Selatan, Tyson asal Australia, Carlos asal Kolumbia, Angelina asal Brazil, Abbas asal Nigeria dan Mrs. Palak asal India. Kesalahan yang dilakukan terbagi menjadi empat macam yaitu kesalahan omission, addition, misformation, dan misorder. Dalam 20 episode yang dianalisis, terjadi kesalahan omission sebanyak 2 kali, kesalahan addition sebanyak 36 kali, kesalahan misformation sebanyak 14 kali, dan kesalahan misorder sebanyak 8 kali. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu contoh kasus pembelajaran BIPA di Indonesia atau di luar negeri.
Petuah Tentang Syariat dalam Syair Sidi Djamadi Yosi Wulandari; Wachid Eko Purwanto; Fitri Merawati
Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 1 (2019): DEIKSIS: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/deiksis.v6i1.1546

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan petuah-petuah kehidupan berupa syariat dalam Syair Sidi Djamadi. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi. Penelitian ini menggunakan konsep pemaknaan hermeneutika Paul Ricouer. Subjek penelitian ini adalah Syair Sidi Djamadi merupakan salah satu naskah nusantara dari Minangkabau dan berjumlah 761 bait. Syair tersebut dibukukan dalam bentuk jilid biasa oleh pemilik berbahasa Arab Melayu Gundul, dan terdiri atas 71 halaman. Objek penelitian ini adalah petuah-petuah kehidupan. Data dikumpulkan dengan inventarisasi data, analisis dan interpretasi, dan penyimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sebagai salah satu naskah kuno Minangkabau Syair Sidi Djamadi memperkuat konteks kepengarangan Minang zaman dahulu yang mengutamakan nilai-nilai kehidupan yang disandingkan dengan agama. Sebagai ulama, Sidi Djamadi telah menguraikan sembilan syariat yang perlu diingat oleh masyarakat khususnya di Nagari Minangkabau. Sembilan syariat itu ialah, syariat dan adat, syariat menuntut ilmu, syariat syahadat, syariat puasa, syariat zakat, syariat salat, syariat 20 sifat wajib Allah, syariat haji, dan syariat salat tarawih.
Analisis Teks Ulasan Film dari Media Elektronik Google dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar untuk Siswa SMP/Mts Kelas VIII Karlinah Karlinah; Jaja Jaja
Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 1 (2019): DEIKSIS: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/deiksis.v6i1.1653

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: (1) mengetahui struktur dan kebahasaan teks ulasan film; (2) mengetahui rancangan bahan ajar teks ulasan film; (3) mengetahui implementasi bahan ajar teks ulasan film. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik yang bertujuan mendeskripsikan data yang telah diperoleh dari hasil penelitian.Data yang digunakan dalam penelitian ini terdapat 3 teks ulasan film yang diperoleh dari media elektronik google.Teknik dalam mengumpulkan data, yaitu dokumentasi, simak, dan teknik catat.Hasil penelitian berupa rancangan bahan ajar handout teks ulasan film.Bahan ajar tersebut dapat digunakan untuk mempelajari struktur teks ulasan, kaidah kebahasaan teks ulasan, dan sajian tanggapan sebuah karya. Bahan ajar yang telah dirancang oleh peneliti akan melalui proses validitas terlebih dahulu sebelum diimplementasikan. Validitas dilakukan 3 tahap. Pertama, validasi yang dilakukan oleh dosen ahli bahasa Indonesia dari Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon. Kedua, validasi olehguru bahasa Indonesia dari SMPN 1 Kertasemaya. Ketiga, implementasi kepada 10 peserta didk SMPN 1 Kertasemaya.Data yang diperoleh dari hasil angket validasi, yaitu berikut ini. (1) Hasil validasi oleh dosen bahasa Indonesia memperoleh presentase 95%. (2) Hasil validasi oleh guru bahasa Indonesia memperoleh presentase 100%. (3) Nilai hasil implementasipeserta didik memperoleh presentase 95,97%. Berdasarkan hasil angket validasi tersebut kemudian dijumlahkan dan mendapatkan hasil akhir 95,50%. Persentase yang diperoleh menunjukan kriteria kelayakan bahan ajar handout teks ulasan film sangat valid atau dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran teks ulasan film.
Potret Perempuan dalam Novel Tarian Bumi Karya Oka Rusmini (Sebuah Tinjauan Feminisme Sastra) Andi Sutisno
Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 1 (2019): DEIKSIS: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/deiksis.v6i1.1749

Abstract

Karya sastra merupakan pengejawantahan kehidupan. Dalam konteks tersebut, karya sastra dibuat untuk menggambarkan realitas hidup masyarakat, salah satunya adalah kehidupan perempuan. Persoalan-persoalan yang berkaitan dengan kehidupan perempuan selalu menarik untuk diangkat ke dalam cerita karya sastra. Tentu saja hal ini memberikan pembelajaran kepada masyarakat tentang posisi dan peran perempuan itu sendiri dalam kehidupan, baik sebagai individu maupun kelompok masyarakat. Gerakan feminis memberikan ruang lain dalam khazanah apresiasi dan kritik sastra. Kritik sastra feminis hadir seiring dengan massifnya gerakan feminisme itu sendiri. Kajian sastra dengan pendekatan feminisme ini membuka ruang-ruang interpretasi atas perempuan dalam karya sastra.  Novel sebagai salah satu karya sastra yang berisikan peristiwa-peristiwa dan konflik-konflik yang kompleks, tentunya memberikan keluasan interpretasi juga, termasuk di dalamnya menginterpretasikan tokoh perempuan dan posisinya dalam novel tersebut.
Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Memahami Struktur Wacana Melalui Metode Analisis Wacana Kritis Berbasis Literasi Media Sosial Cecep Dudung Julianto
Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 1 (2019): DEIKSIS: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/deiksis.v6i1.1905

Abstract

Di era literasi media modern saat ini, pesan media mempunyai peran yang sangat kuat dalam membentuk perilaku masyarakat. Derasnya informasi yang beredar di masyarakat belum diimbangi dengan keterampilan berpikir kritis dan literasi media sosial. Kesalahan dalam menafsirkan sebuah wacana teks berita dapat menimbulkan ‘krisis komunikasi’ dengan menyebarkan informasi yang salah secara cepat. Keterampilan mahasiswa berpikir kritis dan memahami struktur teks wacana sangat penting untuk mendukung prinsip belajar sepanjang hayat dan sebagai bagian pembelajaran kepada warga negara. Penerapan metode analisis wacana kritis berbasis literasi media sosial dapat dijadikan solusi untuk meningkatkan kualitas mahasiwa dalam memahami struktur wacana, misalnya: mengklasifikasikan bagianpendahuluan, isi, dan penutup serta menganalisis kode media dan kompetensi untuk menafsirkan beberapa makna dan pesan teks berita sehingga mahasiswa dapat mengevaluasi pesan wacana tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen sejati dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan yang digunakan yaitu tes, observasi, walkthrough, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) profil kemampuan mahasiswa memahami struktur wacana sebagian besar berada pada kategori sedang 38,5%, dengan rentang skor 50-69. Kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kemampuan awal yang sama; 2) penggunaan metode analisis wacana kritis berbasis literasi media sosial mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa memahami struktur wacana secara signifikan daripada metode pembelajaran konvensional

Page 1 of 2 | Total Record : 11