cover
Contact Name
Riskha Arfiyanti
Contact Email
deiksisugj@gmail.com
Phone
+6281361170125
Journal Mail Official
deiksisugj@gmail.com
Editorial Address
https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/DEIKSIS/about/editorialTeam
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 23556633     EISSN : 25485490     DOI : https://doi.org/10.33603/dj.v11i1
Core Subject : Education,
Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian tentang sastra Indonesia,  pengajaran dan pembelajaran dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menerima publikasi dari pengajar, pemerhati dan peneliti bahasa dan Sastra Indonesia. Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah sebagai berikut: Model Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Media dan Multimedia Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Kurikulum dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Penilaian (Assesment) dan Evaluasi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Pengembangan Profesional Guru Bahasa dan Sastra Indonesia, Desain Didaktis dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Lesson Study dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Kajian tentang teori sastra, kritik sastra, sejarah sastra, genre, alih wahana dan sastra bandingan Kajian tenang hubungan sastra dengan kebudayaan, politik, filsafat, sosiologi, psikologi, antropologi, etnologi, genre, linguistik, dan sejarah. Kajian linguistik yang mencakup sosiolinguistik dan psikolinguistik.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2019): DEIKSIS: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA" : 8 Documents clear
Resepsi Mahasiswa Terhadap Nilai Moral Tokoh Utama dalam Novel “Ayat-Ayat Cinta 1” Karya Habiburrhman El Shirazy Wulandari Nur Fajriyah; Yumna Rasyid; Nuruddin Nuruddin
Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 2 (2019): DEIKSIS: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/dj.v6i2.1330

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan resepsi mahasiswa semester VI C Jurusan PBSI (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang sudah membaca novel “Ayat-ayat Cinta 1”. Resepsi mahasiswa terhadap nilai moral tokoh utama dalam novel Ayat-ayat Cinta 1 karya Habiburrahman El Shirazy tersebut mencakup: (1) nilai moral agama; (2) nilai moral kepribadian; dan (3) nilai moral sosial. Data penelitian kulitatif ini diperoleh melalui angket dan wawancara. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara: menyebarkan angket, melakukan wawancara, mengumpulkan data, mengklasifikasi data, dan menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai moral agama tokoh utama baik dengan persentase 9,3%, begitupula dengan nilai moral kepribadian dengan persentase 9,0%, dan nilai moral sosialnya dengan persentase 9,6%. Nilai moral tokoh utama dapat menjadi teladan dan pelajaran bagi mahasiswa sehingga dapat membentuk karakter yang kuat dalam nilai moral beragama, nilai moral kepribadian, dan nilai moral sosial.Kata Kunci: resepsi sastra, novel, pembaca, nilai moral
Nilai-Nilai Didaktis dalam Novel “Matahari Di Atas Gilli” Karya Lintang Sugianto Ria Kasanova; Anis Fajriana Oktasari
Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 2 (2019): DEIKSIS: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/dj.v6i2.1695

Abstract

Abstrak. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah nilai-nilai didaktis novel Matahari di Atas Gilli Karya Lintang Sugianto. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai didaktis yang terdapat dalam novel Matahari di Atas Gilli Karya Lintang Sugianto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu metode yang dimaksudkan untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat, serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Sumber data dalam penelitian ini adalah Matahari di Atas Gilli Karya Lintang Sugianto. Hasil penelitian menggambarkan bahwa dalam novel Matahari di Atas Gilli Karya Lintang Sugianto mengandung nilai-nilai didaktis yaitu, nilai intelektual, nilai harga diri, nilai sosial, nilai moral, nilai keindahan, nilai ketuhanan, nilai pengendalian diri, dan nilai cita-cita.Kata kunci: nilai didaktis, novel
Dampak Psikologis Kolonialisme Barat Terhadap Masyarakat Pribumi dalam Kumpulan Cerpen “Aloer-Aloer Merah” Karya Ardi Wina Saputra Atikah Ikbar; Eggy Fajar Andalas
Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 2 (2019): DEIKSIS: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/dj.v6i2.1844

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak-dampak kolonialisme Barat terhadap masyarakat pribumi dalam kumpulan cerpen Aloer-Aloer Merah karya Ardi Wina Saputra. Untuk mengetahui dampak mental dan dampak moral kolonialisme Barat terhadap subjek terjajah, digunakan kerangka pemikiran Edward Said. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Sumber data penelitian ini berupa kumpulan cerpen Aloer-Aloer Merah karya Ardi Wina Saputra. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan analisis data. Analisi data dilakukan sebagai berikut, 1) Mengidentifikasi data yang diperoleh dari kumpulan cerpen Aloer-Aloer Merah karya Ardi Wina Saputra. 2) Mengklasifikasi data yang sesuai dengan Teori Poskolonialisme. 3) Menganalisis dalam bentuk deskripsi menggunakan penafsiran peneliti. 4) Menyimpulkan hasil temuan. 5) Menulis laporan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak dampak moral dan mental subjek terjajah. Dampak moral subjek terjajah digambarkan dengan perilaku-perilaku masyarakat pribumi yang kehilangan identitas diri. Salah satu bentuk kehilangan identitas diri mereka adalah dengan meluapkan rasa dendamnya dan membunuh tuan-tuan Belanda. Dampak mental subjek terjajah digambarkan dengan memilih jalan kematian, yaitu bunuh diri. Bunuh diri menurutnya sebagai jalan untuk memulai dan membangun dunia baru dengan identitas baru.Kata Kunci: psikologi, kolonialisme, cerpen
Efektivitas Model Berpikir Berbicara Menulis dengan Media Foto Jurnalistik dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa Kelas VIII SMP Juwanda Juwanda; Nita Erlina
Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 2 (2019): DEIKSIS: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/dj.v6i2.1931

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas model Berpikir Berbicara Menulis dengan media foto jurnalistik dalam pembelajaran menulis puisi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi experimental design) dengan menggunakan desain penelitian yaitu nonequivalent control group design, teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan observasi. Teknik pengolahan data menggunakan uji statistik yaitu uji t dan deskripsi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Cirebon dan sampel yang digunakan adalah kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa pada masing-masing kelas sebanyak 30 siswa. Dalam penelitian ini diperoleh hasil berupa 1) efektivitas model Berpikir Berbica Menulis dengan media foto jurnalistik dalam pembelajaran menulis puisi, 2) aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis puisi menggunakan model Berpikir Berbicara Menulis dengan media foto jurnalistik, dan 3) profil tulisan siswa dalam pembelajaran menulis puisi menggunakan model Berpikir Berbicara Menulis dengan media foto jurnalistik. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan keterampilan menulis puisi siswa pada tes awal dan tes akhir setelah menerapkan model Berpikir Berbicara Menulis dengan media foto jurnalistik. Tes awal nilai rata-rata sebesar 35, dan tes akhir nilai rata-rata sebesar 79,1. Hal ini menunjukan peningkatan dari tes awal ke tes akhir sebesar 44,1. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa model Berpikir Berbicara Menulis dengan media foto jurnalistik dalam pembelajaran menulis puisi efektif.Kata kunci: model berpikir berbicara menulis, foto jurnalistik, puisi
Kajian Permainan Edukasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Taufik Hidayat; Asep Hidayatullah; Rina Agustini
Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 2 (2019): DEIKSIS: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/dj.v6i2.2111

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji berbagai jenis permainan (game) edukasi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di lingkungan sekolah. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif analitik. Objek yang diteliti adalah permainan edukasi. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, wawancara terhadapa guru, siswa dan ahli pendidikan. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini yakni terdapat dua kategori permainan yang diintegrasikan dalam pembelajaran bahasa indonesia. Pertama,  permainan yang berisi materi bahasa Indonesia. Materi bahasa Indonesia dijadikan bahan / media permainan sehingga lebih menyenangkan saat dipelajari. Permainan jenis ini contohnya cerita berantai, bercerita menggunakan alat peraga, mengisi dan membuat TTS, dsb. Kedua, permainan dalam bentuk penggunaan strategi pembelajaran yang fokus pada suasana pembelajaran yang menantang dan menyenangkan. Strategi pembelajaran ini contohnya bola berputar, meraih bintang, permainan tongkat, kartu sortir, dsb. Peneliti berharap hasil kajian ini dapat menjadi bahan rujukan guru untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran bahasa Indonesia menjadi lebih baik.Kata Kunci : permainan, edukasi, pembelajaran, bahasa Indonesia
Tataran Fonem Penderita Afasia Broca pada Produksi Leksikal: Suatu Kajian Neuro-Fonologi Mhd. - Johan; Triyani - Tami
Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 2 (2019): DEIKSIS: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/dj.v6i2.2131

Abstract

Abstrak. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang beraliran linguistik terapan dengan melakukan pendekatan neuro-fonologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bentuk leksikal yang diproduksi oleh penutur. Menjelaskan  bagaimana proses ujaran fonem yang dituturkan oleh penderita afasia broca. Penulis juga menggunakan pendekatan fonologi dan pendekatan morfologi. Adapun pengumpulan  data pada penelitian ini yakni dengan menggunakan metode simak libat cakap. Pada metode ini peneliti terlibat aktif memancing responden untuk bicara sebanyak-banyaknya sehingga didapatkanlah data yang lengkap dan dapat dianalisis dengan baik. Setelah melakukan penyadapan, peneliti mulai mencatatnya dan menyimpan data tersebut. Penulis menggunakan metode distribusi untuk menganalisis  data tersebut. Metode tersebut didukung oleh teknik dasar bagi unsur langsung. Teknik itu seperti: teknik lesap, teknik ganti, dan teknik tambah. Adapun hasil yang didapat yakni ditemukan tiga gangguan dalam bertutur, gangguan tersebut meliputi proses penambahan, proses ganti, dan proses penghilangan.Kata kunci: afasia broka, neurolinguistik, fonologi 
Analisis Unsur Inferensi Terhadap Tuturan Masyarakat Desa Megu Cilik Kabupaten Cirebon Khalimi Romansyah
Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 2 (2019): DEIKSIS: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/dj.v6i2.2177

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini menjelaskan tentang bentuk dan makna inferensi yang terdapat dalam tuturan masyarakat Desa Megu Cilik Kabupaten Cirebon. Obyek penelitian ini terbatas hanya pada tuturan bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif dengan pemerolehan data dari dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Adapun sampelnya terdiri atas sepuluh peristiwa tutur masyarakat Desa Megu Cilik Kabupaten Cirebon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tuturan bahasa Indonesia masyarakat Desa Megu Cilik banyak mengandung unsur inferensi. Hal ini terbukti dari sepuluh  peristiwa tutur bahasa Indonesia yang diamati, semuanya mengandung unsur inferensi. Adapun bentuk dan maknanya cukup beragam. Kata kunci: desa Megu Cilik, unsur inferensi, tuturan, masyarakat tutur
Model Pembelajaran Berbasis Saintifik Menggunakan Alat Peraga E Pen Interaktif dengan Muatan Kearifan Lokal pada Era Industri 4.0 untuk Pengajaran BIPA di Uninus Rani Siti Fitriani
Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 2 (2019): DEIKSIS: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/dj.v6i2.2187

Abstract

Abstrak. Era revolusi industri 4.0 membawa perubahan dalam metode dan model pembelajaran BIPA. Salah satunya dengan model pembelajaran berbasis saintifik menggunakan alat  peraga e pen interaktif dengan muatan kearifan lokal untuk pengajaran. Model pembelajaran berbasis saintifik ini sesuai dengan kurikulum 2013 yang meliputi mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan tes (pretest dan postest),  model dan alat peraga tersebut sangat membantu proses kegiatan belajar menyimak, berbicara, membaca, dan menulis untuk mahasiswa asing di Uninus.  Pembelajar BIPA yaitu mahasiswa asing dapat belajar bahasa Indonesia sekaligus memahami bagaimana kearifan lokal Indonesia dari kekayaan budayanya seperti makanan, pakaian, rumah adat, alat musik, dan sebagainya dengan mudah, efektif, efesien, dan menyenangkan.  Model  pembelajaran berbasis saintifik menggunakan alat peraga e pen interaktif dengan muatan kearifan lokal pada era industri  4.0 dapat meningkatan citra positif bahasa Indonesia dan kearifan  lokal Indonesia bagi pembelajar BIPA.Kata Kunci: model saintifik, e pen interaktif, BIPA, kearifan lokal

Page 1 of 1 | Total Record : 8