cover
Contact Name
Dodik Prasetyo
Contact Email
dodikpsetyo@alfattah.ac.id
Phone
+6285640018663
Journal Mail Official
jurnalsentrapaud@alfattah.ac.id
Editorial Address
LPPM STAI AL-FATTAH PACITAN Jl. Nawangan Km. 02 Jatimalang, Arjosari, Pacitan, Jawa Timur, Indonesia.
Location
Kab. pacitan,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Published by STAI Al-Fattah Pacitan
ISSN : -     EISSN : 28088921     DOI : https://doi.org/10.1515
Core Subject : Education,
JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini features original research in early childhood education, especially in Muslim society from around the world. With this as its main focus, it should be emphasized that the definition of education contains parenting and its multidisciplinary approach, covering all related fields, including Islamic religion, gender, psychology, sociology, child’s health and social work.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2022): Jurnal Sentra: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini" : 5 Documents clear
Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan melalui Model Pembelajaran Problem Solving dengan Benda Konkret pada Anak Usia Kelompok B TK Indrakila Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2021/2022 Prasetyo, Dodik
JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1 (2022): Jurnal Sentra: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : LPPM STAI Al-Fattah Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1515/4z3eh773

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan melalui problem solving dengan benda konkret. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan 2 siklus dengan tema rekreasi dan pekerjaan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Indrakila Arjosari Pacitan, dengan jumlah 22 anak yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 13 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I, rerata kemampuan penjumlahan 11-15 (64,01) meningkat menjadi 83,33. Pada penjumlahan 16-20 (51,13) meningkat menjadi 85,60. Langkah pembelajarannya yaitu: 1) guru memperkenalkan benda konkret yang digunakan, 2) guru mencontohkan bagaimana memecahkan persoalan penjumlahan, 3) guru membacakan problem solving, 5) anak memecahkan persoalan penjumlahan dengan mengambil, memindah, menggabung dan menghitung secara langsung benda konkret, dan 6) anak memecahkan persoalan penjumlahan secara individu pada siklus I dan berpasangan pada siklus II.
Implementasi Pendidikan Karakter “Jujur” pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Anak Usia Dini melalui Cerita Nabi Muhammad SAW Sebagai Suri Tauladan di RA Nurul Falah Desa Mlati Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan Dwiantari, Wiwid Pheni
JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1 (2022): Jurnal Sentra: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : LPPM STAI Al-Fattah Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1515/efz60f84

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui perencanaan dan implementasi guru dalam membangun karakter “Jujur” pada masa pandemi covid-19 untuk anak usia dini di RA Nurul Falah Desa Mlati Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan Melalui cerita Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan. Penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berbentuk diskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Perencanaan implementasi pendidikan karakter “Jujur” melalui cerita Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan: a) Membuat RPPH dan disusun secara lengkap, b) Memahami RPPH dan performance, c) RPPH merupakan perencanaan yang dibuat agar mencapai tujuan. Perencanaan bisa berubah menyesuaikan keadaan anak dengan memodivikasi RPPH yang sudah dibuat; dan 2) Implementasi guru dalam membangun karakter “Jujur” anak usia dini melalui cerita Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan: a) Metode pembelajaran diintegrasikan melalui pembiasaan, role model, melalui kegiatan-kegiatan sehari-hari, b) Menggunakan penerapan metode pembiasaan dan keteladanan kepada anak-anak didik.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini melalui Permainan Manik-Manik di BA Aisyiyah Tulakan Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2022/2023 Kumalasari, Hanit Nugraini
JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1 (2022): Jurnal Sentra: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : LPPM STAI Al-Fattah Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1515/rzgext74

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmengetahui kemampuan berhitung permulaan mulai 1-20, pada anak usia dini di BA Aisyiyah Tulakan karena kemampuan berhitung permulaannya masih rendah. Terbukti dari 16 anak baru ada 4 anak yang kemampuannya berkembang sesuai harapan/bisa berhitung 1-20 dengan baik dan benar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).  Pelaksanaan PTK dilakukan dalam dua siklus. Teknik penggumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Instrumen penelitiannya adalah lembar observasi peningkatan kemampuan matematika melalui permainan manik manik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berhitung permulaan 1-20 pada pra siklus 25%, setelah dilakukan tindakan siklus I mencapai 50% dan pada siklus I Imencapai 80%. Total peningkatannya mencapai 55%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan meronce dapat meningkatkan kemampuan matrmatika.
Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna melalui Kegiatan Mencampur Warna TK Bina Putra Pringkuku Pacitan Putro, Heri Cahyono; Lestari, Sri
JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1 (2022): Jurnal Sentra: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : LPPM STAI Al-Fattah Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1515/qm80tt62

Abstract

Mengenal warna pada anak usia dini merupakan kemampuan anak untuk mengetahui dari satu warna ke warna lain. Penelitian ini memiliki tujuan antara lain memaparkan aktivitas guru, anak, dan peningkatan kemampuan mengenal warna anak usia dini di TK Bina Putra kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan. Peneliti menggunakan pendekatan action research yaitu penelitian tindakan kelas. Terdapat 2 siklus kegiatan ini yang melibatkan masing-masing 2 tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek Penelitian ini terdiri dari 19 siswa TK A dan 2 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, sedangkan analisis menggunakan deskriptif Adapun hasil penelitian terdiri dari siklus I pertemuan 1 mendapat skor 80%. Hasil tersebut menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil karena target yang ditentukan adalah 85%, maka penelitian berlanjut pada siklus 2. Pada siklus II diperoleh data mencapai 95%. Peningkatan persentase pada siklus I ke siklus ke II dikarenakan guru menyampaikan materi dengan runtut sehingga situasi kelas kondusif dan menyenangkan bagi anak, serta memberikan apresiasi bagi para siswa. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran melalui metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna anak usia dini di TK Bina Putra Pringkuku Pacitan.
Meningkatkan Kecerdasan Matematika melalui Permainan Kartu Angka pada Anak Usia Dini TK Putra Siaga Desa Gawang Pacitan Wigati
JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1 (2022): Jurnal Sentra: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : LPPM STAI Al-Fattah Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1515/tf918v41

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang upaya meningkatkan kemampuan mengenal angka melalui media kartu angka. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan berkolaborasi dengan guru dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari-April 2019. Subjek penelitian adalah 20 anak TK Putra Siaga Gawang, Kebonagung, Pacitan. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Adapun capaian angka dari pelaksanaan siklus I dan II dapat digambarkan terjadi peningkatan, yaitu, siswa yang termasuk dalam kategori berkembang sangat baik (BSB) dari siklus I sebanyak  4 anak (20%) menjadi 5 anak (25%). Siswa dalam kategori berkembang sesuai harapan (BSH) juga mengalami perkembangan, yaitu dari 10 anak (50%) menjadi 65% atau (13 anak). Sementara itu, jumlah siswa yang termasuk dalam kategori mulai berkembang sebanyak 5 anak (25%) pada siklus I menjadi 2 anak (10%).

Page 1 of 1 | Total Record : 5