cover
Contact Name
A Fandi Bastian
Contact Email
fandi@lecturer.uluwiyah.ac.id
Phone
+6285853778546
Journal Mail Official
jurnaltaawun@uluwiyah.ac.id
Editorial Address
TA’AWUN: Jurnal Pengabdian LPPM IAI Uluwiyah Mojokerto Jalan Raya Mojosari Mojokerto Km. 4 No.10 Mojokerto
Location
Kota mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
TA’AWUN: Jurnal Pengabdian
ISSN : -     EISSN : 28300602     DOI : https://doi.org/10.47759/x6r71812
TA’AWUN: Jurnal Pengabdian bertujuan untuk mempublikasikan pemikiran konseptual atau gagasan serta temuan penelitian yang telah dicapai di bidang pengabdian kepada masyarakat. TA’AWUN: Jurnal Pengabdian memiliki ruang lingkup pengabdian kepada masyarakat yang telah direkonstruksi menjadi karya pengabdian dengan berbasis penelitian ilmiah dalam berbagai metode PAR ( Participatory Action Research ), ABCD ( Asset Based Community Development ), CBR ( Community-Based Research ), Service Learning , Community Development , R&D (Research and Development), dan metodologi lainnya. Jurnal ini berfokus pada beberapa ruang lingkup dan minat, seperti: Ketahanan Pangan Lokal, Pelatihan, Pemasaran, Teknologi Tepat Guna, Desain Pemberdayaan Masyarakat, keagamaan, Kesehatan, Akses Sosial, Peningkatan Industri Kreatif masyarakat; Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa; Pengembangan Pendidikan dan Peningkatan nilai-nilai Islam untuk Pembangunan Berkelanjutan; Pengembangan dan pemanfaatan nilai berkearifan lokal, serta Peningkatan seni dan budaya; Pengembangan ekonomi, Kewirausahaan, Koperasi, dan UMKM; Pengembangan dan pemanfaatan IPTEK; Pemberdayaan sumber daya manusia.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 01 (2022): Mei" : 4 Documents clear
MODEL KOMUNIKASI SIBERNETIKA DALAM KONTEKSKONSELING PERKAWINAN DI JETIS MOJOKERTO Imam Wahyudi; Moch Nurcholis majid; Dhelittya Finaliyani Putri
Ta'awun Jurnal Pengabdian Vol. 1 No. 01 (2022): Mei
Publisher : LPPM Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47759/8sh3sq84

Abstract

Tulisan ini mengkaji tentang Model Komunikasi Sibernetika dalamKonteks Konseling Perkawinan. Tujuan dari tulisan ini adalah untukmengetahui bagaimana pelaksanaan penerapan Model KomunikasiSibernetika dalam Konteks Konseling Perkawinan dan mengetahuihasil dari pelaksanaan penerapan Model Komunikasi Sibernetikadalam Konteks Konseling Perkawinan. Dalam penelitian ini, metodeyang digunakan adalah ceramah bervariasi. Metode ini dipilih untukmenyampaikan konsep-konsep yang penting untuk dimengerti dandikuasai oleh peserta pelatihan. Penggunaan metode ini denganpertimbangan bahwa metode ceramah yang dikombinasikan dengangambar-gambar, animasi dan display dapat memberikan materi yangrelatif banyak secara padat, cepat dan mudah. Dalam penelitian inidihasilkan temuan bahwa kemampuan peserta dilihat daripenguasaan materi masih kurang dikarenakan waktu yang singkatdalam penyampaian materi dan kemampuan para peserta yangberbeda-beda. Hal ini disebabkan jumlah materi yang banyak hanyadisampaikan dalam waktu satu jam setiap sesi, sehingga tidak cukupwaktu bagi para peserta untuk memahami dan mempraktekkansecara lengkap semua materi yang diberikan. Secara keseluruhankegiatan pendampingan dalam rangka pembentukan karakterreligius remaja di Komisariat ini dapat dikatakan berhasil.Keberhasilan ini selain diukur dari keempat komponen di atas, jugadapat dilihat dari kepuasan peserta setelah mengikuti kegiatan.Adapun hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagaireferensi untuk menambah dan mengembangkan pengetahuan dibidang Penerapan Model Komunikasi Sibernetika dalam KonteksKonseling Perkawinan untuk mengatasi kenakalan remaja agardapat membantu pencapaian tujuan yang diinginkan. Berdasarkantemuan-temuan tersebut, dihasilkan simpulan bahwa dengan hasildari bimbingan dan konseling Islam dengan terapi realitas denganModel Komunikasi Sibernetika dalam Konteks KonselingPerkawinan, dengan adanya perubahan perilaku yang dilakukanremaja. Hal ini dilihat dari adanya suatu penurunan dari perlakunegatif remaja dan adanya peningkatan perilaku positif dari diriremaja.
DAKWAH MELALUI ZIAROH UNTUK MENGATASI KENAKALAN REMAJADI DESA DAWAR BLANDONG MOJOKERTO Suhajis; Fendi Teguh Cahyono; Mokhamad Fajrul Amin
Ta'awun Jurnal Pengabdian Vol. 1 No. 01 (2022): Mei
Publisher : LPPM Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47759/dm90aj64

Abstract

ulisan ini mengkaji tentang Dakwah Melalui Ziaroh untuk MengatasiKenakalan Remaja. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengetahuibagaimana pelaksanaan penerapan dakwah melalui ziaroh untukmengatasi kenakalan remaja dan mengetahui hasil dari pelaksanaanpenerapan dakwah melalui ziaroh untuk mengatasi kenakalan remaja.Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah ceramahbervariasi. Metode ini dipilih untuk menyampaikan konsep-konsepyang penting untuk dimengerti dan dikuasai oleh peserta pelatihan.Penggunaan metode ini dengan pertimbangan bahwa metodeceramah yang dikombinasikan dengan gambar-gambar, animasi dandisplay dapat memberikan materi yang relatif banyak secara padat,cepat dan mudah. Dalam penelitian ini dihasilkan temuan bahwakemampuan peserta dilihat dari penguasaan materi masih kurangdikarenakan waktu yang singkat dalam penyampaian materi dankemampuan para peserta yang berbeda-beda. Hal ini disebabkanjumlah materi yang banyak hanya disampaikan dalam waktu satu jamsetiap sesi, sehingga tidak cukup waktu bagi para peserta untukmemahami dan mempraktekkan secara lengkap semua materi yangdiberikan. Secara keseluruhan kegiatan pendampingan dalam rangkapembentukan karakter religius remaja di Komisariat ini dapatdikatakan berhasil. Keberhasilan ini selain diukur dari keempatkomponen di atas, juga dapat dilihat dari kepuasan peserta setelahmengikuti kegiatan. Adapun hasil dari penelitian ini diharapkan dapatdigunakan sebagai referensi untuk menambah dan mengembangkanpengetahuan di bidang Penerapan dakwah melalui ziaroh untukmengatasi kenakalan remaja agar dapat membantu pencapaiantujuan yang diinginkan. Berdasarkan temuan-temuan tersebut,dihasilkan simpulan bahwa dengan hasil dari bimbingan dankonseling Islam dengan terapi realitas dengan dakwah melalui ziarohmemberikan hasil untuk diri remaja, dengan adanya perubahanperilaku yang dilakukan remaja. Hal ini dilihat dari adanya suatupenurunan dari perlaku negatif remaja dan adanya peningkatanperilaku positif dari diri remaja.
PEMBINAAN ANAK USIA 4-6 TAHUN DALAM MENINGKATKAN BACAANDO’A SEHARI-HARI MELALUI ULUWIYAH EDUCARE Ahmad Aly Syukron Aziz Al Mubarok; A Fandi Bastian; Lilis Mufaricha
Ta'awun Jurnal Pengabdian Vol. 1 No. 01 (2022): Mei
Publisher : LPPM Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47759/xxt6fe58

Abstract

Golden age merupakan masa dimana anak mengalami proses tumbuhkembang yang sangat pesat. Oleh karena itu perlu adanya stimulus yangtepat dan sesuai pada tahap perkembangan usianya guna tercapainya tujuanyang diharapkan. Uluwiyah Educare merupakan salah satu program yangdiharapkan dapat membantu menstimulus perkembangan kemampuanbacaan do’a sehari-hari. Metode yang digunakan ialah metode pembinaan,artinya kegiatan uluwiyah educare memberi wadah bagi anak-anak untukmengembangkan potensi yang dimiliki sehingga kemampuannya semakinbertambah. Hasil dari pembinaan yang dilakukan selama 2 minggu ini ialahmeningkatnya bacaan do’a sehari-hari dan bertambahnya hafalan do’asehari-hari anak usia 4-6 tahun.
PEMBINAAN AKIDAH ANAK-ANAK MELALUI PEMBIASAAN JAMAAHSUBUH DAN NADZOMAN AQIDATUL AWAM DI KELURAHAN KAUMAN KECAMATAN MOJOSARI KABUPATEN MOJOKERTO Muhammad Ahmad Fulka Sa’dibih; Nining Khurrotul Aini
Ta'awun Jurnal Pengabdian Vol. 1 No. 01 (2022): Mei
Publisher : LPPM Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47759/e9ddyr29

Abstract

Masjid dan mushola sudah ada sejak awal masuknya Islam di Nusantara,seiring datangnya para saudagar yang berdagang dan berda’wah. Bahkanmasjid dan mushala, di samping sebagai tempat untuk beribadah, jugasebagai tempat untuk belajar Agama Islam, seperti mengaji al-Qur’an danpendalaman- pendalaman materi seperti aqiqah, ibadah dan muamalah.pengelolaan masjid dan mushala di negara Indonesia masih kurang optimal.Hal ini dapat dibuktikan dengan suasana masjid dan mushala yang terasaasing dan jauh dari masyarakatnya, yang ditandai dengan jumlah jama’ahshalat yang sedikit. Lebih-lebih jamaah dari kalangan anak-anak. Darikenyataan tersebut kegiatan berupa pendampingan shalat subuh berjamaahdan dilanjutkan menghafalkan surah munjiat dan nadzoman Aqidatul Awam,dengan sasaran pendampingan adalah anak-anak santri Shibyanul Yaum.Kegiatan pendampingan dilakukan dengan menggunakan metode motivasi,peningkatan kesadaran, ceramah bervariasi, demonstrasi dan latihan. Hasilkegiatan dampingan tergambar dari aspek berikut: 1)Keberhasilan targetjumlah peserta pelatihan; 2)Ketercapaian tujuan pelatihan; 3)Ketercapaiantarget materi yang telah direncanakan; 4)Kemampuan peserta dalampenguasaan materi.

Page 1 of 1 | Total Record : 4