cover
Contact Name
Annas Ribab Sibilana
Contact Email
gerasiinstitute@gmail.com
Phone
+6282250808667
Journal Mail Official
gerasiinstitute@gmail.com
Editorial Address
Perum Griya Permata 4 A4-5, Tulungagung
Location
Kab. tulungagung,
Jawa timur
INDONESIA
Journal Creative Economics and Trading Halal Ecosystem
Published by Gerasi Insan Nusantara
ISSN : -     EISSN : 30252830     DOI : https://doi.org/10.56404/tej.v2i2
Core Subject : Economy,
This journal with the name CETHE is published by the Gerasi Institute which focuses on scientific publications of the creative economy, tourism and sustainable halal industry in the Asian region. The publication of the CETHE journal will be conducted twice a year, namely in March and November.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 01 (2023): Jurnal Cethe: Maret 2023" : 5 Documents clear
Pemanfaatan Sistem Aplikasi Media Sosial Dalam Mengembangkan Inovasi Pada Produk UMKM Mohammad wasil; Lestari, Ayu Sri; Sari, Hanny Rosa Puspita; Aprilia , Diva Fauziyah; Fitriani, Aulia Salwa
Journal Creative Economics and Trading Halal Ecosystem Vol. 1 No. 01 (2023): Jurnal Cethe: Maret 2023
Publisher : GERASI INSAN NUSANTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56404/cethe.v1i01.59

Abstract

  Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dan menganalisis bagaimana penggunaan aplikasi media sosial dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis UMKM di era digital, serta strategi inovasi produk untuk meningkatkan bisnis UMKM dalam lingkungan persaingan yang sengit. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan menggunakan jurnal, buku, dan pencarian melalui internet. Dalam konteks Indonesia, hampir semua sektor bisnis, termasuk UMKM, mengalami kerugian akibat dampak pandemi COVID-19. Oleh karena itu, para pelaku UMKM harus meningkatkan produk mereka, termasuk dengan melakukan inovasi produk. Penggunaan media sosial dalam pengembangan inovasi produk UMKM dapat memiliki dampak signifikan terhadap kesuksesan UMKM tersebut. Banyak UMKM yang menggunakan media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan produk mereka agar dikenal oleh sebanyak mungkin konsumen. Oleh karena itu, inovasi yang tepat sangat penting dalam meningkatkan penjualan produk dan mengatasi penurunan penjualan yang terjadi.
Inovasi Produk Industri Kreatif Tenun Ikat Bandar Kota Kediri : Stretegi Dan Tantangan Novita, Deylla Eka; Fajrin, Ahmad Hanif; Chamidi, Achmad Luthfi; Sibilana, Annas Ribab
Journal Creative Economics and Trading Halal Ecosystem Vol. 1 No. 01 (2023): Jurnal Cethe: Maret 2023
Publisher : GERASI INSAN NUSANTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56404/cethe.v1i01.60

Abstract

Tenun ikat Bandar merupakan salah satu komoditas unggulan produk kreatif yang telah melegenda di kota kediri dan telah tersebar secara nasional hingga internasional. Tingginya intensitas persaingan industry kain tenun terutama yang diproduksi dari buatan pabrik serta kendala efisiensi dan relativitas yang cenderung rendah dalam pengembangan usaha menjadi ancaman eksistensi tenun ikat bandar. Melalui metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang terjadi pada pelaku industry kreatif tenun ikat bandar ini, dapat disimpulkan bahwa Strategi inovasi Tenun Ikat Bandar dilakukan dengan meningkatkan kualitas, citra perusahaan, ragam motif, warna, dan pengetahuan serta keterampilan pengrajin. Namun focus inovasi produk dengan mengembangkan ragam motif (unik dan eksklusif) serta peningkatan keragaman warna kain. Selain itu, tantangan inovasi produk yakni faktor hukum mengenai perlindungan Hak Cipta maupun faktor non hukum mengenai sumber daya manusia (SDM), teknologi produksi, dan pemasaran. Diperlukan Upaya dari pemerintah kota kediri untuk membantu menciptakan iklim yang kondusif untuk mendorong keunggulan bersaing tenun ikat bandar kota kediri.
DAMPAK KEMISKINAN, KESENJANGAN DAN KEADILAN SOSIAL PADA EKONOMI KREATIF Penurunanan Tingkat Kemiskinan di Era Pemerintahan Jokowi (Periode 1) hilmiyah, Hilmiyah Mahardini
Journal Creative Economics and Trading Halal Ecosystem Vol. 1 No. 01 (2023): Jurnal Cethe: Maret 2023
Publisher : GERASI INSAN NUSANTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56404/cethe.v1i01.61

Abstract

Indonesia sebagai negara berkembang tidak terlepas dari kemiskinan, dalam mengatasi permasalahan tersebut, pemerintahan Jokowi berhasil menurunkan tingkat kemiskinan hingga single digit, yaitu sebesar 9,82% atau setara dengan 25,95 juta jiwa orang pada maret 2018. Pemerintah membuat beberapa kebijakan dalam menurunkan tingkat kemiskinan, seperti kebijakan Program Indonesia Pintar (KIP), Perbaikan infantruktur dalam menurunkan tingkat keterisolasian suatu wilayah, kemudian kebijakan Alokasi Dana Desa (ADD). Oleh karena itu dalam penulisan ini akan dipaparkan beberapa hasil penelitian terkait evaluasi implementasi beberapa kebijakan Jokowi termasuk kebijakan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Alokasi Dana Desa (ADD). Berdasarkan kajian dari berbagai penelitian terkait kebijakan Jokowi dalam pengentasan kemiskinan, dapat diketahui bahwa dalam implementasi suatu kebijakan untuk mengukur keberhasilanya akan sangat sulit mencapai angka sempurna. Pasti ada dampak positif dan negatif dalam sebuah kebijakan. Pada kebijakan PIP, meskipun di dalamnya terdapat permasalahan terkait sasaran yang kurang tepat, sulitnya pengawasan dan sebagainya, namun bantuan sosial tunai tersebut mampu meringankan beban siswa yang berasal dari kalangan kurang mampu. Begitu juga dengan Program Dana Desa, desa mampu membangun beberapa infranstruktur serta sarana prasarana yang menunjang kegiatan warga. Hal ini menunjukan adanya perubahan perkembangan desa kearah lebih baik, memperluas inklusifitas dan menurunkan tingkat kesenjangan antara desa dan kota.
Filosofi Shodaqoh Sebagai Insrumen Ekosistem Halal Dalam Mendorong Kesejahteraan Ekonomi Ummat ulya, Ulya Nur Isnaini; Moh Farih Fahmi; Anas Ribab
Journal Creative Economics and Trading Halal Ecosystem Vol. 1 No. 01 (2023): Jurnal Cethe: Maret 2023
Publisher : GERASI INSAN NUSANTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56404/cethe.v1i01.62

Abstract

Artikel ini mengkaji shodaqoh secara filosofis saat diterapkan dalam ekonomi. bukan membahas ekonomi yang menggunakan alat bernama shodaqoh dalam mencapai keuntungan atau kondisi ekonomi yang diinginkan. Ada konsep dasar shodaqoh yang harus dikuatkan oleh umat muslim saat melakukan amaliah khususnya ekonomi dan dari pelaksanaannya pasti ada kontra konsepsi yang secara detail akan dibahas pada bagian pembahasan pada penulisan artikel ilmiah ini. Artikel ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literaratur. hasil dari penelitian ini adalah tentang filosofo shodaqoh dalam ekonomi syariah secara akan susah untuk diterapkan dalam kegiatan ekonomi. shodaqoh yang konsepya adalah keihlasan akan berbenturan dengan konsep ekonomi yang orientasinya adalah profit atau keuntungan
Fundrising Zakat, Infaq dan Sedekah Untuk Pemberdayaan Umat di Kota Blitar Murtadlo, Murtadlo
Journal Creative Economics and Trading Halal Ecosystem Vol. 1 No. 01 (2023): Jurnal Cethe: Maret 2023
Publisher : GERASI INSAN NUSANTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56404/cethe.v1i01.63

Abstract

Artikel ini mengkaji shodaqoh secara filosofis saat diterapkan dalam ekonomi. bukan membahas ekonomi yang menggunakan alat bernama shodaqoh dalam mencapai keuntungan atau kondisi ekonomi yang diinginkan. Ada konsep dasar shodaqoh yang harus dikuatkan oleh umat muslim saat melakukan amaliah khususnya ekonomi dan dari pelaksanaannya pasti ada kontra konsepsi yang secara detail akan dibahas pada bagian pembahasan pada penulisan artikel ilmiah ini. Artikel ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literaratur. hasil dari penelitian ini adalah tentang filosofo shodaqoh dalam ekonomi syariah secara akan susah untuk diterapkan dalam kegiatan ekonomi. shodaqoh yang konsepya adalah keihlasan akan berbenturan dengan konsep ekonomi yang orientasinya adalah profit atau keuntungan

Page 1 of 1 | Total Record : 5