Articles
15 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 11 No. 1 (2022): Jurnal Online Tata Busana Maret 2022"
:
15 Documents
clear
Profil usaha beads flower sebagai industri manik di Desa Plumbon Gambang Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang
Putri, Maulida 'Amalia
Jurnal Online Tata Busana Vol. 11 No. 1 (2022): Jurnal Online Tata Busana Maret 2022
Publisher : Universitas Negeri Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v11i1.43882
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang profil beads flower yang kemudian diharapkan mampu menjadi data rujukan bahwa Kabupaten Jombang telah mampu mengatasi pengolahan limbah kaca menjadi produk kreatif yang bernilai jual tinggi. Berdasarkan observasi dan wawancara home industryini memiliki 20 karyawan dengan latar belakang sumber daya manusia yang berbeda-beda. Untuk membuat berbagai produk kreatif yang dapat menghasilkan pendapatan yang cukup tinggi sehingga dapat mengangkat perekenomian di kabupaten Jombang khususnya di Desa Plumbon Gambang. Beads flower mengadakan pelatihan secara rutin guna untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas karyawannya. Pelatihan biasa dilakukan dan dipimpin langsung oleh pemilik dan direksi. Hasil produksi beads flower mengantarkannya untuk mendapat prestasi maupun penghargaan baik regional maupun internasional, sehingga dapat tawaran kerjasama dengan berbagai pihak, sehingga dapat meningkatkan pengembangan home industryini semakin meningkat.
PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TATA BUSANA KELAS X SMK NEGERI 2 NGANJUK
Arini, Desy Dwi;
Kharnolis, Mein
Jurnal Online Tata Busana Vol. 11 No. 1 (2022): Jurnal Online Tata Busana Maret 2022
Publisher : Universitas Negeri Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v11i1.44982
Kompetensi dasar atau KD menganalisis pemeliharaan bahan tekstil merupakan pengetahuan dasar bagi siswa kelas X dalam mempelajari ilmu tata busana. Pemilihan model pembelajaran menjadi hal penting untuk memastikan siswa mampu memahami pembelajaran, sehingga berhasil meningkatkan hasil belajar. Model pembelajaran berbasis masalah atau Problem based learning merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah dengan solusi terbaik. Penerapan problem based learning pada KD menganalisis pemeliharaan bahan tekstil merupakan hal yang sangat dibutuhkan untuk menujang hasil belajar siswa kelas X. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning dan hasil belajar siswa pada ranah afektif khususnya dalam berfikir kritis selama proses pembelajaran.. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Design dengan desain one-shot case study, sedangkan pengambilan data dilaksanakan dengan melakukan serangkaian observasi penerapan sintak problem based learning dan tes kinerja untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam menganalisis pemeliharaan bahan tekstil dan busana. Dari hasil analisis data yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan penerapan sintak dalam pembelajaran problem based learning praktek pemeliharaan bahan tekstil menunjukkan rata-rata 3,28 sesuai dengan kriteria sangat baik dan hasil belajar pada ranah afektif khususnya dalam berfikir kritis menunjukkan presentase 90% sesuai dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar serta kemampuan berfikir kritis siswa pada KD menganalisis pemeliharaan bahan tekstil. Kata Kunci: problem based learning, pemeliharaan bahan tekstil, berfikir kritis
TANGGAPAN MAHASISWA MENGENAI MEDIA PUBLIKASI GELAR CIPTA BUSANA VIRTUAL TAHUN 2021
Devi, Rentya Sari
Jurnal Online Tata Busana Vol. 11 No. 1 (2022): Jurnal Online Tata Busana Maret 2022
Publisher : Universitas Negeri Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v11i1.45000
Pembelajaran online dilakukan sebagai antisipasi penyebaran covid-19, mahasiswa dituntut untuk tetap melaksanakan pembelajaran dengan segala keterbatasannya. Pembelajaran online membuat mahasiswa harus melakdanakan gelar cipta busana secara virtual, yang mana hal tersebut suatu tantangan bagi mahasiswa tata busana, karena menyelenggarakan gelar cipta busana yang mana membutuhkan publikasi kepada khalayak untuk mengenalkan desainer muda dari Universitas Negeri Malang. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal tanggapan mengenai media publikasi yang digunakan pada virtual gelar cipta yaitu youtube, instagram, twitter, dan tiktok. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan rumus menurut Surakhmad yang mana terdapat 48 mahasiswa sebagai sampel. Instrumen pada penelitian ini yakni angket yang akan diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian maka bisa disimpulkan bahwa mahasiswa beranggapan media publikasi youtube, instagram, twitter, dan tiktok cocok digunakan yang ditinjau dari faktor internal dan faktor eksternal tanggapan untuk mempublikasi gelar cipta busana secara virtual.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATA KULIAH CROCHET PROGRAM STUDI D3 TATA BUSANA UNIVERSITAS NEGERI MALANG
Salsabila, Andara Yorie
Jurnal Online Tata Busana Vol. 11 No. 1 (2022): Jurnal Online Tata Busana Maret 2022
Publisher : Universitas Negeri Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v11i1.45112
Penelitian kali ini ialah R & D (Research & Development) sebagai nama ilmiahnya yang mempunyai goals penting untuk memproduksi suatu multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline untuk menambah kualitas pembelajaran pada mata kuliah Crochet program studi D3 Tata Busana Universitas Negeri Malang. Metode penelitian memakai model pengembangan ADDIE dengan teknik mengambil informasi memakai angket. Validasi penelitian ini melibatkan ahli materi dan ahli media. Validasi dari ahli materi dengan hasil 70,58% terkualifikasi valid dan validasi dari ahli media dengan hasil 93,75% terkualifikasi sangat valid. Hasil uji lapangan terhadap mahasiswa D3 Tata Busana 2020 mencapai skor 87,85% dengan kualifikasi sangat valid. Dari hasil uji coba media pembelajaran berbasis Articulate Storyline ini menunjukkan media pembelajaran sangat layak dipakai dan membantu aktivitas belajar mahasiswa.
PELATIHAN MENGHIAS TAS SPUNBOND SEBAGAI ECO-WEARABLE BAG
Sasmita, Arielia Feby;
Kharnolis, Mein
Jurnal Online Tata Busana Vol. 11 No. 1 (2022): Jurnal Online Tata Busana Maret 2022
Publisher : Universitas Negeri Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v11i1.45203
Kantong plastik yang masif, tidak terkendali, dan tidak disertai dengan pengelolaan sampah yang baik dapat mencemari lingkungan dan membahayakan kesehatan makhluk hidup. Tas spunbond merupakan tas pengganti kantong plastik yang terbuat dari kain yang kuat dan dapat digunakan berkali-kali serta proses penguraiannya lebih mudah namun tas ini belum banyak yang meminati karena desainnya yang polos. Tas spunbond perlu diperbarui dengan cara dihias agar lebih menarik, menambah minat konsumen, tidak mudah luntur ketika dicuci dan lebih wearable. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses pelatihan dan mengetahui hasil jadi produk. Metode penelitian yang digunakan berupa observasi dengan lembar penilaian aktivitas instruktur yang dinilai oleh 2 observer juga dengan lembar penilaian hasil produk yang dinilai oleh instruktur dan ketua PKK Pogot IX. Hasil analisis data penelitian dengan instrumen penilaian disajikan dengan skala likert menunjukkan: 1) Dari 7 aspek penilaian aktivitas instruktur didapat nilai rata-rata 4,55 yang dikategorikan sangat baik; 2) Penilaian hasil jadi dari 5 aspek menunjukkan nilai rata-rata 86,3 yang diikategorikan baik.
PENERAPAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI DASAR PEMBUATAN POLA ROK SETENGAH LINGKAR
Noptavianti Syamsul, Nur Nisa;
Kharnolis, Mein
Jurnal Online Tata Busana Vol. 11 No. 1 (2022): Jurnal Online Tata Busana Maret 2022
Publisher : Universitas Negeri Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v11i1.45254
Media video pembelajaran adalah suatu metode yang digunakan pada proses belajar mengajar dengan cara memanfaatkan teknologi informasi berupa video berbasis pembelajaran atau tutorial, dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan ketertarikan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) mengetahui bagaimana penggunaan media video pembelajaran pada pembuatan pola rok setengah lingkar, 2) mengetahui apakah penggunaan video pembelajaran efektif digunakan dalam pembuatan pola rok setengah lingkar, 3) apakah ada pengaruh pada proses pembelajaran pola rok setengah lingkar setelah menggunakan media video pembelajaran. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dari buku-buku referensi, jurnal-jurnal terdahulu. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan penggunaan video sebagai media pembelajaran dapat mempermudah siswa untuk mengerti, mengingat, dan mempraktekkan materi. Media video memungkinkan siswa mengulang materi pembelajaran untuk memfasilitasi pembelajaran mandiri. Pemahaman siswa yang meningkat akan meningkatkan prestasi dan keberhasilan belajar siswa. Media video pembelajaran juga akan meningkatkan keberhasilan penyampaian materi juga kepada siswa, dengan demikian media video pembelajaran efektif digunakan dan memiliki pengaruh yang positif pada pembelajaran pola rok setengah lingkar
STUDI TENTAG MINAT BELAJAR MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI PRODI S1 TATA BUSANA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA SEMESTER GANJIL 2020/2021
Ramadhanti, Nuril;
Hidayati, Lutfiyah
Jurnal Online Tata Busana Vol. 11 No. 1 (2022): Jurnal Online Tata Busana Maret 2022
Publisher : Universitas Negeri Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v11i1.45287
Kebijakan pembelajaran daring terkait wabah covid-19 menuntut mahasiswa dan dosen sigap dalam menggunakan teknologi komunikasi dan informasi. Perubahan skema pembelajaran luring menuju daring tentunya turut mempengaruhi terhadap minat belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : 1) Faktor-faktor yang mempengaruhi perkuliahan daring di Prodi S1 Pendidikan Tata Busana Unesa dan 2) Pengaruh pembelajaran daring dengan minat belajar mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survei dan alat bantu kuisioner berbentuk google form. Jumlah responden sebanyak 132 mahasiswa di ambil secara stratified random sampling meliputi angakatan 2017-2020 dengan taraf kesalahan 10%. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif berupa identifikasi kendala yang dihadapi selama perkuliahan dan analisis terhadap rata-rata hasil pengisian kuisioner responden. Hasil penelitian menyatakan bahwa : 1) terdapat 4 kendala utama dalam pembelajaran online menurut mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana Unesa yaitu, a) keterbatasan jaringan berupa akses internet khususnya mahasiswa yang tinggal di kota kecil atau pelosok, b) keterbatasan perangkat keras (hardware) mahasiswa yang kurang mendukung, c) keterbatasan mahasiswa mengakses materi ajar, d) jam perkuliahan yang tidak stabil sehingga kegiatan lain terhambat. 2) Terdapat pengaruh antara sistem daring (online) dengan minat belajar mahasiswa. Pengaruh ini muncul akibat banyaknya kendala yang ada selama pembelajaran daring berlangsung. Kata Kunci: pembelajaran daring, mahasiswa, covid-19
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK TATA BUSANA
Umami, Fitria;
Yulistiana, Yulistiana
Jurnal Online Tata Busana Vol. 11 No. 1 (2022): Jurnal Online Tata Busana Maret 2022
Publisher : Universitas Negeri Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v11i1.45291
Team Assisted Individualization (TAI) digunakan dalam mengatasi perbedaan pencapaian dari setiap siswa dari berbagai sudut pandang. Hal tersebut dikarenakan siswa yang memiliki motivasi dan pemahaman yang berbeda-beda, sehingga harapan dari model ini adalah dapat menampung berbagai perbedaan individu tersebut. Tujuan studi literatur ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI), menganalisis hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran tipe TAI, serta mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran TAI terhadap hasil belajar pada siswa SMK Tata Busana. Metode penelitian yang digunakan pada artikel ilmiah ini berupa literatur review. Teknik literatur review yaitu mencari ketidaksamaan, kesamaan, membandingkan memberikan pandangan, dan meringkas beberapa penelitian dari berbagai referensi seperti buku, jurnal ilmiah, dsb. Team Assisted Individualization merupakan model pembelajaran yang mengkombinasikan kemampuan individual siswa kedalam kelompok heterogen untuk menyelesaikan problematika materi. Hasil belajar sebelum menerapkan model pembelajaran TAI memperoleh rata-rata sebesar 51% dan setelah diterapkan model pembelajaran TAI rata-rata hasil belajar menjadi 96%. Penerapan model pembelajaran TAI pada siswa SMK tata busana dengan karekteristik senang berdiskusi sangat tepat digunakan, guna meningkatkan aktifitas siswa yang akhirnya berpengaruh terhadap hasil belajar siswa karena model pembelajaran ini mengajak siswa untuk memanfaatkan tutor sebaya sehingga siswa lebih termotivasi, mudah menerima materi dan mencapai nilai KKM. Hal tersebut dapat mendukung model pembelajaran tipe TAI untuk dapat diterapkan pada SMK tata busana mata pelajaran dasar pola, pembuatan pola, dan desain busana.