cover
Contact Name
Mita Yuniati
Contact Email
mitayuniati@unesa.ac.id
Phone
+6285736219539
Journal Mail Official
mitayuniati@unesa.ac.id
Editorial Address
Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Gedung A3 Lt. 2, Fakultas Teknik - Universitas Negeri Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Online Tata Busana
Jurnal Online Tata Busana berisi hasil penelitian bidang Fesyen baik di kependidikan maupun non kependidikan. Focus and Scope: - Pendidikan Tata Busana - Fesyen - Tekstil - Kriya tekstil - Teknologi menjahit - Pola Busana - Manajemen dan Kewirusahaan Fesyen
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 13 No. 3 (2024): Jurnal Online Tata Busana November 2024" : 5 Documents clear
PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK MATERI PEMBUATAN POLA KEBAYA PADA SISWA FASE F SMK NEGERI 6 SURABAYA Nurtina; Nashikhah, Ma'rifatun
Jurnal Online Tata Busana Vol. 13 No. 3 (2024): Jurnal Online Tata Busana November 2024
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v13i3.70147

Abstract

E-modul berbasis flipbook hadir sebagai alternatif media berbentuk elektronik untuk penyajian materi selama proses pembelajaran. Sebuah alat bantu visualisasi pembelajaran yang penggunaannya melalui perangkat elektronik seperti handphone dan komputer disebut dengan e-modul. Flipbook adalah media pembelajaran mandiri yang dibuat sistematis dan tersaji dalam format digital sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mendeskripsikanikelayakan e-moduliberbasis flipbook materi pembuatan pola kebaya, 2) untuk mendeskripsikan hasil belajar setelah diterapkan e-modul berbasis flipbook materi pembuatan pola kebaya. Penelitian ini menggunakan R&D (Research and development), jenis penelitian yang dipilih ialah ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implemen dan Evaluate). Subjek peneltian ini yaitu 31 siswa fase F SMK Negeri 6 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes serta menggunakan instrument penelitian lembar angket dan lembar tes. Hasil kelayakan pengembangan e-modul berbasis flipbook materi pembuatan pola kebaya oleh ahli media yaitu 72% yang masuk dalam kategori “Layak” dan hasil kelayakan oleh ahli materi sebesar 81% dan termasuk kategori “Sangat Layak”. Kemudian pada hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil ketuntasan belajar siswa (psikomotor) memiliki persentase 97% yang dinyatakan tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut e-modul berbasis flipbook sangat layak dan efektif digunakan saat pembelajaran.
PENGEMBANGAN MEDIA E-MODUL PEMBUATAN POLA CELANA WANITA PADA FASE F SMK NEGERI 1 JABON Nurlita, Diah Ayu; Nashikhah, Ma'rifatun
Jurnal Online Tata Busana Vol. 13 No. 3 (2024): Jurnal Online Tata Busana November 2024
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v13i3.70326

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan media E-Modul pembuatan pola celana wanita pada Fase F SMK Negeri 1 Jabon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media E-Modul pembuatan pola celana wanita yang efektif dan menarik, serta meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembuatan pola celana wanita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Data dikumpulkan melalui analisis kurikulum, analisis permasalahan peserta didik, dan analisis materi pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media E-Modul pembuatan pola celana wanita yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan sebagai media pembelajaran inovatif bagi peserta didik ke las XI Desain Produksi Busana di SMK Negeri 1 Jabon. Hasil belajar peserta didik setelah diterapkan media E-Modul pembuatan pola celana wanita menunjukkan bahwa 34 peserta didik (94,4%) telah mencapai kriteria ketuntasan, sedangkan 2 peserta didik (5,6%) tidak mencapai nilai ketuntasan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pengembangan media E-Modul pembuatan pola celana wanita dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembuatan pola celana wanita. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi akademisi, praktisi, dan pembuat kebijakan dalam pengembangan media pembelajaran yang inovatif dan efektif.   Kata kunci: media E-Modul, pembuatan pola celana wanita, Fase F SMK Negeri 1 Jabon, hasil belajar peserta didik.
PERBEDAAN HASIL JADI PEWARNAAN TEKNIK ECOPRINT MORDAN TUNJUNG, KAPUR, DAN TAWAS MENGGUNAKAN DAUN TABEBUYA PADA KAIN KATUN SUTERA Agustin, Eka Bella; Hidayati, Lutfiyah
Jurnal Online Tata Busana Vol. 13 No. 3 (2024): Jurnal Online Tata Busana November 2024
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v13i3.70529

Abstract

Ecoprint adalah metode pencetakan alami yang memanfaatkan bahan organik untuk menghasilkan pola dan warna pada kain. Penelitian ini mengkaji perbedaan hasil pewarnaan teknik ecoprint dengan 3 jenis mordan menggunakan daun tabebuya pada kain katun sutera. Penggunaan mordan berfungsi untuk mengikat warna pada serat kain sehingga warna dapat menempel lebih tahan lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil pewarnaan ecoprint daun tabebuya pada kain katun sutera dengan mordan tunjung, (2) hasil pewarnaan ecoprint daun tabebuya pada kain katun sutera dengan mordan kapur (3) hasil pewarnaan ecoprint daun tabebuya pada kain katun sutera dengan mordan tawas, dan (4) perbedaan hasil jadi pewarnaan ecoprint daun tabebuya di antara ketiga jenis mordan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Instrumen penelitian berupa lembar observasi yang telah divalidasi oleh 3 penilai ahli. Teknik analisis data yang digunakan berupa statistik deskriptif yang meliputi perhitungan rerata skor hasil observasi dan analisis statistik uji ANAVA tunggal yang meliputi perhitungan perbandingan skor setiap mordan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil pewarnaan ecoprint dengan mordan tunjung mendapat skor rerata tertinggi yaitu 4,42; (2) hasil pewarnaan ecoprint dengan mordan tawas mendapat skor rerata tertinggi kedua 3,98; (3) hasil pewarnaan ecoprint dengan mordan kapur mendapat skor rerata paling rendah 3,98; dan (4) terdapat perbedaan hasil jadi pewarnaan teknik ecoprint mordan tunjung, kapur dan tawas. Kata Kunci: eksperimen, ecoprint, mordan.
PENERAPAN METODE DRILL PEMBUATAN PROPORSI TUBUH WANITA PADA ELEMEN MENGGAMBAR MODE DI KELAS X TATA BUSANA SMK NEGERI 1 JATIREJO Wahyudin, Ilham Dicky; Rahayu, Imami Arum Tri
Jurnal Online Tata Busana Vol. 13 No. 3 (2024): Jurnal Online Tata Busana November 2024
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v13i3.70629

Abstract

ABSTRAK— Metode drill didefinisikan sebagai suatu metode pembelajaran yang dilakukan secara berulang agar peserta didik memperoleh kemahiran secara praktis mengenai materi yang telah dipelajarinya dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan metode drill dalam pembuatan anatomi tubuh wanita pada elemen menggambar mode di kelas X  Tata Busana SMK Negeri 1 Jatirejo. 2) mendeskripsikan keterampilan siswa setelah diterapkan metode drill dalam pembuatan anatomi tubuh wanita pada elemen menggambar mode di kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Jatirejo. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre experimental design, dengan model perlakuan tunggal (one shot case study). Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu sampel total atau sampel jenuh. Sampel yang akan diterapkan metode drill adalah kelas X Tata Busana 1 di SMK Negeri 1 Jatirejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan penilaian produk. Hasil penelitian ini menunjukan: 1.) diperoleh nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 3,4 dan aktivitas peserta didik sebesar 3,5 maka rata-rata nilai keterlaksanaan metode drill diperoleh 3,5 dengan kategori “sangat baik”. 2.) perolehan nilai ketuntasan peserta didik kelas X tata busana 1 dalam pembuatan anatomi tubuh wanita, pada drill tahap 1 yaitu 50% maka dinyatakan “belum tuntas”, ada drill tahap 2 meningkat menjadi 62,5% dan masih “belum tuntas”, lalu pada drill tahap 3 mendapatkan 75% maka dinyatakan “tuntas”, drill tahap 4 mengalami penurunan menjadi 69% dan dinyatakan “belum lulus” dan drill tahap 5 meningkat menjadi 81% maka dinyatakan “tuntas”, setelah dilakukan pengulangan sebanyak 5 kali, maka diadakan tahap evaluasi dengan hasil yang diperoleh meningkat menjadi 83% dan dinyatakan tuntas secara klasikal. Berdasarkan data diatas, maka dapat disimpulkan bahwa metode drill dapat meningkatkan keterampilan peserta didik pada kompetensi menggambar anatomi tubuh wanita.
PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL POLA DASAR BADAN SISTEM PORRIE MULIAWAN ELEMEN DASAR POLA SMK NEGERI 1 SOOKO Ajizah, Salsa; Yuniati, Mita
Jurnal Online Tata Busana Vol. 13 No. 3 (2024): Jurnal Online Tata Busana November 2024
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v13i3.70946

Abstract

Pemanfaatan video sebagai sarana pembelajaran dinilai efektif dalam mengembangkan keterampilan, kreativitas, memperdalam daya pikir, serta menumbuhkan antusiasme dan keingintahuan siswa. Tujuan penelitian: (1) Mengetahui kelayakan Pengembangan Video Tutorial Pola Dasar Badan Sistem Porrie Muliawan; (2) Mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan media video tutorial pembuatan pola dasar badan sistem Porrie Muliawan; (3) Mengetahui respons siswa terhadap Pengembangan Video Tutorial Pola Dasar Badan Sistem Porrie Muliawan. Jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Sampel penelitian merupakan siswa kelas X Desain dan Produksi Busana 2 yang terdiri dari 32 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu validasi ahli,  tes, dan angket respons siswa. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kelayakan video tutorial pola dasar badan sistem Porrie Muliawan diperoleh hasil sebesar 88 dengan kategori sangat layak, (2) Hasil belajar siswa menggunakan video tutorial pola dasar badan sistem Porrie Muliawan, memperoleh skor ketuntasan hasil belajar klasikal 88, (3) Respons siswa terhadap video tutorial pola dasar badan sistem Porrie Muliawan sangat positif, dengan skor mencapai 91.  Kata Kunci: Media Video Tutorial, Pola Dasar Badan, Sistem Porrie Muliawan

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 2 (2025): Jurnal Online Tata Busana Juli 2025 Vol. 14 No. 1 (2025): Jurnal Online Tata Busana Maret 2025 Vol. 13 No. 3 (2024): Jurnal Online Tata Busana November 2024 Vol. 13 No. 2 (2024): Jurnal Online Tata Busana Juli 2024 Vol. 13 No. 1 (2024): Jurnal Online Tata Busana Maret 2024 Vol. 12 No. 3 (2023): Jurnal Online Tata Busana November 2023 Vol. 12 No. 2 (2023): Jurnal Online Tata Busana Juli 2023 Vol. 12 No. 1 (2023): Jurnal Online Tata Busana Maret 2023 Vol. 11 No. 3 (2022): Jurnal Online Tata Busana November 2022 Vol. 11 No. 2 (2022): Jurnal Online Tata Busana Juli 2022 Vol. 11 No. 1 (2022): Jurnal Online Tata Busana Maret 2022 Vol. 10 No. 02 (2021): Jurnal Online Tata Busana Juli 2021 Vol. 10 No. 01 (2021): Jurnal Online Tata Busana Maret 2021 Vol. 10 No. 3 (2021): Jurnal Online Tata Busana November 2021 Vol. 9 No. 03 (2020): Jurnal Online Tata Busana Desember 2020 Vol. 9 No. 2 (2020) Vol. 9 No. 1 (2020) Vol. 8 No. 3 (2019) Vol. 8 No. 2 (2019) Vol. 8 No. 1 (2019) Vol. 7 No. 1 (2018): Volume 7, Nomor 1, Edisi Yudisium Februari 2018 Vol. 7 No. 2 (2018): Jurnal Online Tata Busana Maret 2018 Vol. 7 No. 3 (2018) Vol. 6 No. 3 (2017): Volume 6, Nomor 3, Edisi Yudisium Agustus 2017 Vol. 6 No. 2 (2017): Volume 6, Nomor 2, Edisi Yudisium Mei 2017 Vol. 6 No. 1 (2017): Volume 6, Nomor 1, Edisi Yudisium Pebruari 2017 Vol. 5 No. 3 (2016): Volume 5, Nomor 3, Edisi Yudisium Agustus 2016 Vol. 5 No. 2 (2016): Volume 5, Nomor 2, Edisi Yudisium Mei 2016 Vol. 5 No. 1 (2016): Volume 5, Nomor 1, Edisi Yudisium Pebruari 2016 Vol. 4 No. 3 (2015): Volume 4, Nomor 3, Edisi Yudisium Agustus 2015 Vol. 4 No. 2 (2015): Volume 4, Nomor 2, Edisi Yudisium Mei 2015 Vol. 4 No. 1 (2015): Volume 4, Nomor 1, Edisi Yudisium Pebruari 2015 Vol. 3 No. 3 (2014): Volume 3, Nomor 3, Edisi Yudisium Agustus 2014 Vol. 3 No. 2 (2014): Jurnal Online Tata Busana Mei 2014 Vol. 3 No. 1 (2014): Jurnal Online Tata Busana Pebruari 2014 Vol. 2 No. 3 (2013): Jurnal Online Tata Busana Agustus 2013 Vol. 2 No. 2 (2013): Jurnal Online Tata Busana Mei 2013 Vol. 2 No. 1 (2013): Jurnal Online Tata Busana Pebruari 2013 More Issue