cover
Contact Name
Masdar Helmi
Contact Email
rjiftu@eng.unila.ac.id
Phone
+6281394026283
Journal Mail Official
rjiftu@eng.unila.ac.id
Editorial Address
Gedung E Fakultas Teknik, Universitas Lampung. Jl. Soemantri Brojonegoro No.1, Gedung Meneng, Kota Bandar Lampung 35145, Indonesia.
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Rekayasa : Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung
Published by Universitas Lampung
ISSN : 08527733     EISSN : 27150747     DOI : https://doi.org/10.23960/rekrjits
Core Subject : Engineering,
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung (RJITS) is a peer-reviewed scientific journal that provides a national platform for the dissemination of research and development in the field of Civil Engineering and related disciplines. The journal focuses on publishing original research articles, technical papers, and case studies that contribute to the advancement of civil engineering theory, practice, and application. The scope of the journal includes, but is not limited to, the following areas: Structural Engineering Analysis, design, construction, materials, and performance of structures such as buildings, bridges, and towers. Geotechnical Engineering Soil mechanics, foundation engineering, slope stability, ground improvement, and geotechnical modeling. Transportation Engineering Planning, design, operation, and management of transportation systems including roads, railways, and traffic engineering. Hydraulic and Water Resources Engineering Hydrology, fluid mechanics, irrigation systems, drainage, flood control, and water supply systems. Construction Engineering and Management Project planning, scheduling, construction methods, cost estimation, and sustainable construction practices. Environmental Engineering Water and wastewater treatment, solid waste management, air pollution control, and environmental impact assessment. Materials in Civil Engineering Development, testing, and application of construction materials such as concrete, asphalt, steel, and composites. Urban and Regional Planning Infrastructure development, smart city planning, and sustainable urban systems. The journal welcomes contributions from academics, researchers, and professionals engaged in civil engineering and aims to foster innovation, knowledge sharing, and practical solutions in the field.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 25 No. 1 (2021)" : 6 Documents clear
EVALUASI NILAI SISA KAPASITAS JEMBATAN VOIDED SLAB WAY BAKO I BERDASARKAN PERATURAN PEMBEBANAN SNI 1725-2016 dan PPJJR No. 12/1970 Sumantri, Devie Arisandy; Helmi, Masdar; Isneini, Mohd
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 25 No. 1 (2021)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/rekrjits.v25i1.5

Abstract

Jembatan dapat mengalami kegagalan struktur karena berbagai macam faktor eksternal. Keadaan Jembatan Way Bako I yang mengalami lendutan cukup besar saat kendaraan melintas dan permukaan aspal yang selalu rusak mengindikasikan adanya potensi kegagalan struktur jembatan. Mengingat kegagalan struktur ini berbahaya bagi penggunanya, maka diperlukan langkah evaluasi sehingga  dapat diketahui nilai sisa kapasitas jembatan dan dihindari kegagalan strukturnya. Evaluasi pada Jembatan ini menggunakan metode rating factor (RF) mengacu kepada Pedoman Penentuan Nilai Sisa Kapasitas jembatan dari Dirjen Bina Marga dengan melakukan analisis terhadap kondisi harian (inventory)  dan kondisi  khusus  (operating). Berdasarkan pengamatan lapangan dan perhitungan data penelitian, Jembatan Way Bako I mengalami kerusakan non struktur maupun struktur. Berdasarkan analisis RF menurut SNI 1725-2016 dan PPJJR No. 12/1970 didapat hasil bahwa kapasitas momen pada inventory rating factor dan operating rating factor tidak aman karena memiliki nilai RF < 1. Sedangkan kapasitas geser pada inventory rating factor dan operating rating factor aman karena memiliki nilai RF > 1. Dengan demikian maka Jembatan Way Bako I memerlukan perbaikan struktur.
Analisis Pengaruh Pembangunan Infrastruktur Transportasi Terhadap Minat Kunjungan Kembali Wisatawan Dan Preferensi Wisatawan di Kabupaten Lampung Selatan Rachman, Tezza Soraya; Sulistyorini, Rahayu; Persada, Citra
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 25 No. 1 (2021)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/rekrjits.v25i1.10

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah dengan adanya jalan tol, dermaga eksekutif dan akses ke bandara yang semakin baik berpengaruh dalam meningkatkan jumlah wisatawan yang datang kembali. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi:karakteristik pasar wisatawan Kabupaten Lampung Selatan, preferensi wisatawan terhadap produk wisata di Kabupaten Lampung Selatan, dan pengaruh pembangunan infrastruktur trasnportasi terhadap kunjungan kembali wisatawan. Penelitian ini menggunakan kuisioner sebanyak 105 responden sedangkananalisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Persamaan yang dihasilkan adalah Y = 0,090 + 0,648 X1.1 + 0,293 X2.2, dengan variabel X1.1 adalah keterse-diaan jalan tol dan variabel X2.2 adalah kualitas dermaga eksekutif. Hasil penelitian menunjukkan aksesibilitas memiliki pengaruh sebesar 46,4% terhadap peningkatan kunjungan kembali wisatawan, sedangkan 53,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di masukan dalam model penelitian ini.Karakteristik wisatawan yang berkunjung di sekitar Lampung Selatan: berusia muda, berpenghasilan UMR dan kebanyakan wanita dengan tujuan untuk berlibur pada akhir pekan menggunakan mobil pribadi. Preferensi wisata lebih memilih wisata alam dan kuliner.Dari sisi sarana-prasarana, prioritas wisatawan adalah penyediaan air bersih, sedangkan kelancaran lalu lintas dankualitas jalan yang nyaman merupakan aksesibilitas yang diingikan wisatawan.
ANALISIS KOEFISIEN DEBIT PINTU CRUMP DE GRUYTER DAN PINTU SORONG (STUDI KASUS PADA BF 3 & BF 4 BPU 15 D.I. PUNGGUR UTARA) Andandaningrum, Della; Wahono, Endro Prasetyo; Kusumastuti, Dyah Indriana
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 25 No. 1 (2021)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/rekrjits.v25i1.15

Abstract

Koefisien debit (Cd) didefinisikan sebagai perbandingan antara debit nyata dan debit teoritis. Pada DI Punggur Utara BPU 15, permasalahan pada sistem irigasi terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah kondisi pintu yang perlu dievaluasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis koefisien debit pintu tipe crump de gruyter dan pintu sorong pada pintu BF 3 dan BF 4 sebagai fungsi bukaan pintu air dan menganalisis kinerja pintu sebagai pengatur debit. Penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi debit pintu dan kondisi pintu serta menghitung koefisien debitnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa debit yang dihasilkan berbeda. Untuk pintu BF 3 debit yang dihasilkan antara 0,1028 m3/s  sampai dengan 0,6417  m3/s dengan Cd rata-rata sebesar 0,8559 sedangkan untuk pintu BF 4 debit yang dihasilkan antara 0,0296 m3/s  sampai dengan 0,6361 m3/s dengan Cd rata-rata 0,82313. Dan untuk kinerja pintu antara BF 3 dan BF 4 terdapat selisih kehilangan air sebesar 0,0006 m3/s sampai 0,0276 m3/s.
Peningkatan kualitas air dengan meggunakan sistem filtrasi pada pengolahan air baku Rizki, Sekar Dwi
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 25 No. 1 (2021)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/rekrjits.v25i1.20

Abstract

Air baku merupakan air tanpa pengolahan. Instalasi pengolahan dengan material filter alami digunakan untuk mengurangi kekeruhan dan sedimentasi. Penelitian ini bertujuan menganalisis kualitas air baku, kombinasi susunan filter dan menganalisis prospek pengembangan instalasi pengolahan air untuk masyarakat. Sampel diambil pada bulan oktober 2019-januari 2020 di Desa Bernung, Kecamatan Gedong Tataan. Pada penelitian ini digunakan material filter kerikil, pasir kuarsa, arang, ijuk dan zeolite. Dari lima material filter yang digunakan, material ijuk yang paling baik menurunkan parameter TDS dengan nilai 209.5 mg/liter, sedangkan zeolite yang paling efektif menurunkan nilai parameter TSS dan turbidity dengan nilai 0.0490 mg/liter dan 4.61 NTU. Instalasi pengolahan air dalam studi ini dapat diterapkan untuk daerah dampak bencana banjir maupun kekeringan, dan dikhususkan untuk wilayah pedesaan dengan ekonomi menengah ke bawah karena mudah dan ekonomis.
Evaluasi dan proyeksi kinerja jalan studi kasus ruas jalan arteri Gunung Sugih-Terbanggi Besar Lampung Tengah Romdhani, Rohmat; Sulistyorini, Rahayu; Utoyo, Bambang
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 25 No. 1 (2021)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/rekrjits.v25i1.25

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis volume lalu lintas, kapasitas ruas jalan, kinerja simpang, alternatif solusi untuk mengatasi kemacetan dan pengaruh tata guna lahan terhadap volume lalulintas. Lokasi penelitian berada di ruas jalan arteri Gunung Sugih – Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah. Metode yang digunakan dengan melakukan survei lalu lintas dan analisis tarikan bangkitan akibat tata guna lahan dengan MKJI 1997. Berdasarkan analisis, diperoleh hasil untuk kapasitas ruas jalan Gunung Sugih – Terbanggi Besar pada periode 5 tahun (tahun 2025) dalam kondisi baik, periode 10 tahun (tahun 2030) diperlukan menerapkan skenario 2. Untuk simpang empat Pasar Bandar Jaya, pada periode 5 tahun (tahun 2025) menerapkan skenario 1, Pada periode 10 tahun (tahun 2030) menerapkan skenario 2. Dari analisa tarikan bangkitan, pergerakan didominasi oleh kawasan Pasar Bandar Jaya yaitu 1.543 Smp/Jam (92,2%). Sehingga untuk mendukung wilayah Pasar Bandar Jaya diperlukan sarana prasarana untuk mendukung aktivitas kehidupan seperti JPO, pedestrian, fasilitas angkutan umum, halte bus, kantong parkir dan lain sebagainya.
STUDI KASUS SISTEM DRAINASE YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN DI KOTA BANDAR LAMPUNG Siswanto, Siswanto
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 25 No. 1 (2021)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/rekrjits.v25i1.26

Abstract

Guna mencapai tujuan yang diharapkan dari sistem drainase yang berwawasan lingkungan adalah dengan menahan air dengan membuat sumur resapan air hujan (SRAH) dan kolam retensi. Sistem drainase yang ada dirancang hanya untuk mengalirkan air hujan, sedangkan limbah rumah tangga di buat suatu sistem instalasi pengelolaan limbah rumah tangga (IPAL). Didalam analisa drainase yang berwawasan lingkungan ini, perlu di ketahui berapa besar debit banjir yang terjadi, sebelum dan sesudah ada SRAH dan kolam retensi.  Dari hasil penelitian didapat besarnya debit banjir yang terjadi dalam periode kala ulang 5 tahun adalah sebesar 2,552 m3/dt, di kurangi debit sumur resapan sebesar 0,686 m3/dt dan debit tampungan kolam retensi 0,125 m3/dt, besarnya debit banjir yang terjadi setelah adanya SRAH dan kolam retensi adalah sebesar 1,741 m3/dt sehingga terjadi pengurangan sebesar 31,78 %.  Hal ini sangat berpengaruh terhadap dimensi drainase yang direncanakan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6