cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN
ISSN : 19799594     EISSN : 25415492     DOI : 10.21831
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 1 (2015): March-May" : 8 Documents clear
Pengaruh model collaborative learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan sikap sosial siswa kelas V SD Jarakan Sewon Bantul Purwaaktari, Eni
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 8 No. 1 (2015): March-May
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1099.998 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v8i1.4932

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model collaborative learningterhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika dan sikap sosial siswa kelas V SDJarakan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain randomizedpretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VSD Jarakan pada tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari empat kelas yaitu kelas 5a,5b, 5c, dan 5d. Sampel sejumlah tiga kelas (dua kelas sebagai kelompok eksperimen dansatu kelas sebagai kelompok kontrol) ditentukan melalui pengundian. Data dikumpulkanmenggunakan tes dan angket. Validitas instrumen tes dan angket diperoleh dari expertjudgement sedangkan estimasi reliabilitasnya diperoleh dengan menggunakan rumusAlpha Cronbach. Data dianalisis menggunakan uji t dan uji2 Hotelling's dengan tarafsignifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dansignifikan penggunaan model collaborative learning terhadap kemampuan pemecahanmasalah Matematika siswa, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaanmodel collaborative learning terhadap sikap sosial siswa, dan (3) terdapat pengaruh positifdan signifikan penggunaan model collaborative learning terhadap kemampuan pemecahanmasalah Matematika dan sikap sosial siswa yang diteliti
Pemanfaatan nursery rhymes sebagai media pendidikan karakter bagi anak usia dini Kurnia, Nandy Intan; Fitria, Yunike Juniarti
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 8 No. 1 (2015): March-May
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4315.733 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v8i1.4926

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan penggunaan nursery rhymes untukmengembangkan karakter anak usia dini. Penelitian ini menganalisis tiga nursery rhymesyaitu "A Wise Old Owl", "Baa Baa Black Sheep", dan "The North Wond Doth Blow" denganmenggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiganursery rhymesini merupakan media yang efektif untuk mendidik karakter anak. Nurseryrhymes ini dapat meningkatkan cinta anak didik kepada Tuhan dan ciptaannya. Metodeini juga mampu menjadikan orang yang rendah hati, hormat dan mengasihi orang lain.Selanjutnya, berdasarkan hasil penelitian ini, penggunaan nursery rhymes di kelas dapatmengembangkan karakter anak-anak usia dini
Pembelajaran konstruktivistik meningkatkan cara berpikir divergen siswa SD Haryanto, Haryanto
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 8 No. 1 (2015): March-May
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (857.161 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v8i1.4927

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model pembelajaran konstruktivistik yangefektif untuk mengembangkan cara berpikir divergen dan konvergen siswa SD. Metodepenelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah pendekatan R&D(Research and Development) model Borg and Gall. Hasil penelitian adalah; 1) pembelajarandi SD Sleman Iebih dominan mengembangkan cara berpikir konvergen daripada caraberpikir divergen, 2) model pembelajaran yang sering diterapkan guru adalah modelpembelajaran ekspositori, yang menjadikan metode ceramah sebagai metode utama, 3)penerapan model pembelajaran konstruktivistik mampu meningkatkan cara berpikirdivergen dan konvergen siswa SD, 4) penerapan model pembelajaran konstruktivistikmampu meningkatkan aktivitas belajar siswa SD, 5) penerapan model pembelajarankonstruktivistik mampu meningkatkan hasil belajar siswa SD, dan 6) sistem evaluasiportofolio mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa SD
Pengembangan perangkat pembelajaran tematik-integratif berbasis sosiokultural di sekolah dasar Abduh, Muhammad
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 8 No. 1 (2015): March-May
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3232.525 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v8i1.4928

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran tematikintegratifberbasis sosiokultural dengan tema indahnya kebersamaan yang layak danefektif bagi peserta didik kelas IV SDN Pujokusuman 1 Yogyakarta. Jenis penelitian iniadalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D). Tahap penelitianpengembangan ini mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yang telahdielaborasi oleh Sukmadinata menjadi tiga kelompok, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2)pengembangan, dan (3) pengujian dan sosialisasi. Subjek uji pendahuluan adalah tigaorang validator ahli dan satu orang validator praktisi. Subjek uji utama adalah pesertadidik kelas IV B SDN Pujokusuman 1 Yogyakarta yang berjumlah 29 peserta didik. Hasilpenelitian pada uji terbatas adalah produk silabus, RPP, media pembelajaran, bahan ajar,dan tes hasil belajar menurut validator ahli dan validator praktisi adalah layak untukdigunakan, dibuktikan dengan rerata skor Aiken's V untuk masing-masing perangkatpembelajaran yang mendekati 1, Uji efektivitas menggunakan desain eksperimen beforeafterdengan data hasil pre-test dan post-test menunjukkan perbedaan yang signifikan.Signifikansi yang dihasilkan dari perhitungan SPSS menunjukkan angka 0,0001 ≤ 0,05.Kegiatan guru sebelum dan ketika menggunakan perangkat yang dikembangkanmengalami peningkatan sebesar 34,26%. Kegiatan peserta didik sebelum dan ketikaditerapkan perangkat yang dikembangkan mengalami peningkatan sebesar 38,89%
Pelaksanaan standar pengelolaan pendidikan di sekolah dasar kecamatan Ngemplak, Sleman Rahayu, Mugi
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 8 No. 1 (2015): March-May
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (984.73 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v8i1.4929

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, pengawasan danevaluasi, kepemimpinan sekolah dasar, dan sistem informasi manajemen pendidikan dasardi sekolah dasar se-Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Pengambilandata dengan menggunakan angket yang ditujukan kepada kepala sekolah dan guru.Analisis data dilakukan secara kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan:pertama, pelaksanaan pengelolaan pendidikan pada aspek perencanaan programpendidikan telah memenuhi standar pengelolaan hingga 98%. Kedua, pelaksanaanpengelolaan pendidikan di Sekolah Dasar telah memenuhi standar pengelolaan hinggamencapai tingkat 96%. Ketiga, pelaksanaan pengelolaan pendidikan di Sekolah Dasarpada aspek pengawasan pendidikan telah memenuhi standar pengelolaan hinggamencapai tingkat 91%. Keempat, pelaksanaan pengelolaan pendidikan di Sekolah Dasarpada aspek kepemimpinan sekolah dasar telah memenuhi standar pengelolaan hinggamencapai tingkat 94%. Kelima, pelaksanaan pengelolaan pendidikan di Sekolah Dasar diKecamatan Ngemplak pada aspek sistem informasi manajemen telah memenuhi standarpengelolaan hingga mencapai tingkat 82,55%
Etos belajar siswa sekolah di daerah pinggiran Wahyono, Sugeng Bayu; Hardianto, Deni; Ambarwati, Unik
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 8 No. 1 (2015): March-May
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2357.731 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v8i1.4924

Abstract

Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui dan menganalisis penyebab rendahnya etosbelajar siswa dari perspektif sosial budaya, dan menawarkan solusi yang efektif bagi upayameningkatkan etos belajar siswa di daerah pinggiran. Pilihan metode penelitian adalahmetode survei dan penelitian kancah (field research). Hasil penelitian menunjukan bahwaetos belajar siswa Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) di daerah pinggiranternyata masih dalam kategori sedang cenderung rendah. Indikatornya adalah bahwadikalangan siswa sekolah pinggiran ditandai rendahnya minat baca, kurang menyukaitantangan atau rendahnya watak kompetitif, rendahnya kemandirian, tanggung jawabbelajar yang tidak tinggi. Letak teritorial cenderung memiliki hubungan signifikanterhadap rendahnya etos belajar siswa di sekolah pinggiran dan terdapat hubungan yangtidak linier antara persepsi positif terhadap belajar dengan praksis belajar di kalangansiswa sekolah daerah pinggiran
Evaluasi manajemen penerimaan peserta didik baru sistem real time online dinas pendidikan kota Yogyakarta Imam Ardhi, Mohammad
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 8 No. 1 (2015): March-May
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (895.348 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v8i1.4930

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program penerimaan peserta didikbaru sistem real time online. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan modelevaluasi goal attainment. Penilaian dilakukan untuk menggambarkan sejauh mana tujuanprogram telah dicapai. Populasi penelitian ini adalah seluruh panitia penerimaan pesertadidik baru dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, kepala sekolah, guru, dan komitedelapan SMA negeri di Kota Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Sampel diambil darikeseluruhan populasi dengan teknik purposive sampling, yang dipilih khusus berdasarkantujuan penelitiannya. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, yang diberikansecara langsung kepada responden. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif,yaitu dengan cara melakukan perhitungan secara kuantitatif pada masing-masingkomponen penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi penerimaanpeserta didik baru sistem real time online menghasilkan: 1) tingkat pencapaian programPPDB sistem real time online sudah sesuai dengan rencana yaitu 94,6%; 2) tujuan programPPDB sistem real time online sebesar 97,4% dengan kategori sesuai; 3) kualitas pelayananpanitia PPDB sebesar 93,9%, yang menunjukkan bahwa kualitas pelayanan panitia PPDBtermasuk kategori sesuai; 4) manfaat program PPDB sistem real time online sebesar 98%,menunjukkan bahwa manfaat dari penerimaan peserta didik baru sistem real time onlinemeningkatkan kepercayaan masyarakat dan meningkatkan efektifitas pelaksanaanpenerimaan siswa baru
Evaluasi penerapan program manajemen berbasis sekolah pada sekolah dasar di propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Mustadi, Ali; Ambarwati, Unik; Murti, Rahayu Condro; Supartinah, Supartinah
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 8 No. 1 (2015): March-May
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (873.122 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v8i1.4925

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sejauh mana keterlaksanaanimplementasi program Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Sekolah Dasar (SD) di DaerahIstimewa Yogyakarta (DIY). Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswaSD di DIY. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi (Evaluative Research). Pengumpulandata menggunakan teknik angket, observasi, dokumentasi. Pendekatan evaluasi yangdigunakan dalam penelitian ini yaitu evaluasi model Stake (Stake's Countenance Model) yangmembandingkan antara proses pembelajaran yang terjadi dengan proses pembelajaranyang seharusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi programManajemen Berbasis Sekolah (MBS) Sekolah Dasar (SD) di Daerah Istimewa Yogyakarta(DIY) berjalan dengan kategori cukup baik. Hal ini didasarkan pada penggunaan desainevaluasi model Stake's Countenance Model yang menekankan adanya pelaksanaan duahal pokok yakni deskripsi (description) dan pertimbangan keputusan (judgements). Dalamproses implementasi, program MBS mencakup 3 pilar utama yaitu: 1) input (antecedent),2) proses (transaction), 3) hasil (outcomes)

Page 1 of 1 | Total Record : 8