cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
PAUD Teratai
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 66 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 3 (2017): Vol 6 No 3 Edisi Yudisum Sep 2017" : 66 Documents clear
MENINGKATKAN   KEDISIPLINAN ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI METODE BERMAIN BOLA ESTAFET DI PPT HASANAH TERPADU SAMBIKEREP SURABAYA KHASANAH, NUR
PAUD Teratai Vol 6, No 3 (2017): Vol 6 No 3 Edisi Yudisum Sep 2017
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan anak usia 3-4 tahun melalui metode bermain bola estafet. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B di PPT Hasanah Terpadu  yang berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil dari  penelitian ini pada siklus I aktivitas guru menunjukkan persentase 66,06% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 87,49%. Aktivitas anak pada siklus I sebesar 62,49% meningkat menjadi 83,92% pada siklus II. Nilai rata-rata kedisiplinan anak pada siklus I tingkat perkembangannya memperoleh  persentase sebesar 59,25% dan siklus II meningkat dengan persentase 85,64%. Hal ini berarti terjadi peningkatan kedisiplinan melalui kegiatan bola estafet, sehingga penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil karena telah mencapai target yang telah ditentukan.                 Kata kunci: Kedisiplinan, bola estafet                                     Abstract This classroom action research aims to improve the discipline of children aged 3-4 years through the method of playing the ball of the relay. The subjects of this study were children of group B in PPT Hasanah Terpadu, which amounted to 18 children. Data collection techniques use observation and documentation. Data analysis techniques in this study using descriptive statistical analysis. The results of this study on the cycle I teacher activity showed a percentage of 66.06% and then in the second cycle increased to 87.49%. Activity of children in cycle I of 62.49% increased to 83.92% in cycle II. The average value of child discipline in the first cycle of development rate obtained a percentage of 59.25% and cycle II increased with a percentage of 85.64%. This means there is an increase in discipline through the activities of the relay ball, so that this class action research is declared successful because it has reached the target that has been determined. Keywords:Discipline,ball relay 
PENERAPAN KOLASE DENGAN KEGIATAN 5M UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK JAYA NEGARA SURABAYA ISMAYANTI, ISTA
PAUD Teratai Vol 6, No 3 (2017): Vol 6 No 3 Edisi Yudisum Sep 2017
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI METODE PERMAINAN KANTONG ANGKA BAGI KELOMPOK A DI TK KARTINI KECAMATAN GENTENG SURABAYA RAHMAWATI, AISYAH
PAUD Teratai Vol 6, No 3 (2017): Vol 6 No 3 Edisi Yudisum Sep 2017
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan pemahaman konsep bilangan melalui metode permainan kantong angka pada tahun pelajaran 2016-2017. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Kartini Kecamatan Genteng Surabaya yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif yaitu berdasarkan analisis refleksi pada siklus. Hasil dari penelitian ini, pada siklus I aktivitas guru menunjukkan persentase 60,41% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 81,25%. Aktivitas anak pada siklus I sebesar 44,83% meningkat menjadi 77,08% pada siklus II. Nilai rata-rata pemahaman konsep bilangan pada siklus I tingkat perkembangannya memperoleh persentase sebesar 54,69% sedangkan siklus II meningkat menjadi 81,09%. Berdasarkan uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada pemahaman konsep bilangan anak kelompok A di TK Kartini Kecamatan Genteng Surabaya melalui metode permainan kantong angka. Kata kunci: konsep bilangan, permainan, kantong angka Abstract This classroom action research aims to describe the effort to improve the understanding of the concept of numbers through the method of playing pocket of numbers in the academic year 2016-2017. The subject of this research is the children of group A Kartini Kindergarten, Genteng, Surabaya District, which is 16 children. Techniques of collecting data are using observation and documentation while technique of data analysis using descriptive statistic that is based on analysis of reflection on cycle. The results of this research, on the cycle I of teacher activity showed a percentage of 60.41% and then in the cycle II increased to 81.25%. The activity of children in cycle I from 44.83% increased to 77.08% in cycle II. The average value of understanding the concept of numbers in cycle I of development rate obtained a percentage of 54.69% while the cycle II increased to 81.09%. Based on the description above, it can be concluded that there is an increase in understanding of the concept of numbers the children group A in Kartini Kindergarten, Genteng, Surabaya District through the method of pocket numbers.  Keywords: the concept of numbers, game, pocket numbers
PENGARUH MEDIA CELEMEK CERITA TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL CABANG LOCERET NGANJUK Juariyah, Betti
PAUD Teratai Vol 6, No 3 (2017): Vol 6 No 3 Edisi Yudisum Sep 2017
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian Pre Eksperimental Design ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media celemek cerita terhadap keterampilan menyimak anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Cabang Loceret Nganjuk. Populasi penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Cabang Loceret Nganjuk dengan sampel 16 anak kelompok A. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Wilcoxon Matched Pairs Test dengan rumus Thitung < Ttabel . Dari hasil pengolahan data maka diperoleh skor antara sebelum perlakuan (pre-test) dan setelah perlakuan (post-test) signifikan 5% dengan N = 16 diperoleh Ttabel sebesar 30 (Thitung < Ttabel yaitu jumlah yang semula 72 menjadi 99. hasil  uji perbandingan dengan uji Wilcoxon menunjukkan Thitung = 0 lebih kecil dari Ttabel dengan taraf = 0 < 30). Dengan ini maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa media celemek cerita berpengaruh terhadap keterampilan menyimak anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Cabang Loceret Nganjuk. Kata Kunci: Media Celemek Cerita, Keterampilan Menyimak.   Abstract Research Pre Experimental Design aims to determine the influence of apron story media on the skills to listen to children aged 4-5 years in kindergarten Aisyiyah Bustanul Athfal Loceret Branch Nganjuk. The study population is children aged 4-5 years in kindergarten Aisyiyah Bustanul Athfal Loceret Branch Nganjuk with a sample of 16 children group A. Techniques Data collection using observation and documentation. Data analysis technique of this research using Wilcoxon Matched Pairs Test with Tcount <Ttable formula . From result of data processing hence got score between before treatment (pre-test) and after treatment (post-test) that number of original 72 become 99. Result of comparison test with Wilcoxon test show Tcount = 0 smaller than Ttable with significant level 5% with N = 16 obtained T table of 30 (Tcount <Ttable = 0 <30). With this then Ho is rejected and Ha accepted. Based on the above description can be concluded that the apron story media effect on the skills of listening children aged 4-5 years in kindergarten Aisyiyah Bustanul Athfal Loceret Branch Nganjuk . Keywords: apron story media, listening skills
PENGARUH MEDIA CREPE PAPER (KERTAS KREP) TERHADAP KEMAMPUAN SAINS (MENCOBA DAN MENGKOMUNIKASIKAN KONSEP KAPILARITAS) ANAK KELOMPOK B DI TK SABILUL HIKMAH SURABAYA NASROMI, BINTI
PAUD Teratai Vol 6, No 3 (2017): Vol 6 No 3 Edisi Yudisum Sep 2017
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian pre eksperimental design ini bertujuan untuk membuktikan apakah media crepe paper (kertas krep) berpengaruh terhadap kemampuan sains (mencoba dan mengkomunikasikan konsep kapilaritas) anak usia 5-6 Tahun di Sabilul Hikmah Surabaya.  Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 15 anak dan penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena tidak ada sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon match pair test dibantu dengan software IBM SPSS 20 dengan rumus Asymp Sig. 2 tailed) < α (0,05). Dari hasil pengolahan data diperoleh nilai Sig (0,001) < α (0,05), hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa media crepe paper (kertas krep) berpengaruh terhadap kemampuan sains (mencoba dan mengkomunikasikan konsep kapilaritas) anak usia 5-6 Tahun di TK Sabilul Hikmah Surabaya. Kata Kunci: Kertas Krep, Konsep Kapilaritas Abstract This pre experimental design study aims to prove whether media crepe paper  affect the ability of science (try and communicate the concept of capillarity) children aged 5-6 years in Sabilul Hikmah Surabaya. The study population is children aged 5-6 years with a sample of 15 children. Data collection techniques use observation and documentation. Technique Data analysis used is test wilcoxon match pair test assisted by software of SPSS 20. By using the formula Asymp.Sig (2 tailed) <α (0.05). From the data processing obtained Sig value. (0.001) < α (0.05), this indicates that Ho is rejected and Ha accepted which means media crepe paper (crepe paper) affect the ability of science (try and communicate concept capillarity) 5-6 year old child in Sabilul Hikmah Surabaya Kindergarten.  Keywords: Crepe Paper, Concept Of Capilarity
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF KATA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK KELOMPOK A TK HIDAYATULLAH SURABAYA Hikmah, Roudlotul
PAUD Teratai Vol 6, No 3 (2017): Vol 6 No 3 Edisi Yudisum Sep 2017
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian Pre-Experimental ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran induktif kata bergambar terhadap kemampuan menulis permulaan anak kelompok A di TK Hidayatullah Surabaya. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TK Hidayatullah Surabaya dengan jumlah masing-masing 18 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan perbedaan analisis data tentang kemampuan menulis sebelum dan sesudah diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran induktif kata bergambar diperoleh hasil perbedaan pre-test dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Wilcoxon match pair test dibantu dengan software IBM SPSS 20. Dari hasil pengolahan data diperoleh signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05. Sehingga pengambilan keputusan yaitu Ha diterima dan H0 ditolak karena sig<0,05 (0,00<0,05). Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran induktif kata bergambar terhadap kemampuan menulis anak kelompok A di TK Hidayatullah Surabaya. Kata Kunci: pembelajaran induktif kata bergambar, menulis Abstract This pre experimental research the purpose of this study is to determine the inductive learning with pictorial word to writing in group A TK Hidayatullah Surabaya. Subjects in this study were children in group A TK Hidayatullah Surabaya with the amount of each 18 children. Technique of data accumulation in this research is observation, test and documentation. This approach is used to determine the difference between the writing ability before treatment is given and after treatment is given using inductive learning of pictorial word. Technique of data analysis using Wilcoxon match pair test assist with software IBM SPSS 20 result obtained significant 0,000 is smaller than 0,05. So that can be decided that Ha accepted and H0 rejected because sig <0,05 (0,000<0,05). So it can be concluded that there is influence of inductive learning model of pictorial words to the ability to write a group A children in TK Hidayatullah Surabaya. Keywords: inductive learning with pictorial word, writing.
PENGARUH PEMBELAJARAN SENTRA BAHAN ALAM TERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK KELOMPOK B Rahmawati, Septianingdyah
PAUD Teratai Vol 6, No 3 (2017): Vol 6 No 3 Edisi Yudisum Sep 2017
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian Quasi Experimental Design ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada  pengaruh pembelajaran sentra bahan alam terhadap kemampuan sains anak kelompok B di RA Baitul Muttaqien Surabaya. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di RA Baitul Muttaqien yaitu 15 anak kelompok eksperimen (B1) dan 15 anak kelompok kontrol (B2). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney U-Test dengan menggunakan bantuan SPSS 20 dengan rumus Uhitung < Utabel dan dilihat dari Asymp Sig 2-tailed < α (0,05). Berdasarkan pengolahan data diperoleh Uhiung (20) < Utabel (64) dan Asymp Sig2-tailed (0,000) < α (0,05), maka H0 di tolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa  pembelajaran sentra bahan alam berpengaruh signifikan terhadap kemampuan sains anak kelompok B di RA Baitul Muttaqien Lidah Wetan Tengah Surabaya Kata Kunci: Pembelajaran sentra bahan alam, kemampuan sains.   Abstract Quasi Experimental Design This study aims to determine whether there is an effect of learning center of natural materials on the science ability of children group B in RA Baitul Muttaqien Surabaya. Subjects in this study were group B children in RA Baitul Muttaqien, 15 experimental group (B1) and 15 control group (B2). Data collection techniques used are observation, documentation and tests. The data analysis technique used Mann Whitney U-Test test using SPSS 20 with the formula Uhitung <Utabel and seen from Asymp Sig 2-tailed <α (0,05). Based on data processing obtained Uhiung (20) <Utabel (64) and Asymp Sig2-tailed (0,000) <α (0,05), then H0 is rejected and Ha is accepted. Thus it can be concluded that learning centers of natural materials significantly influence the science ability of children group B in RA Baitul Muttaqien Lidah Wetan Tengah Surabaya  Keywords: Learning center of nature, science ability.
PENGARUH METODE PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN SAINS MENGENAL OSMOSIS TANAMAN ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA TRAWAS MOJOKERTO INTAN MUSTIKA, PURBA
PAUD Teratai Vol 6, No 3 (2017): Vol 6 No 3 Edisi Yudisum Sep 2017
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre Experimental Design ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode proyek terhadap kemampuan sains mengenal osmosis tanaman anak kelompok B TK Dharma Wanita Trawas Mojokerto. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 24 anak kelompok B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan menggunakan bantuan IBM SPSS 20 dengan rumus Asymp. Sig. (2 tailed)< α (0,05). Berdasarkan hasil perhitungan data, didapatkan nilai Sig. (0,000) < α (0,05), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya metode proyek berpengaruh terhadap kemampuan sains mengenal osmosis tanaman anak kelompok B TK Dharma Wanita Trawas Mojokerto. Kata Kunci: Metode proyek, kemampuan sains.   Abstract This quantitative research with Pre Experimental Design research design is aimed to find out whether there is influence of project method to the science ability to know osmotic of plant on group B TK Dharma Wanita Trawas Mojokerto. The sample used in this study amounted to 24 children of group B. Technique of collecting data used is observation and test. The data analysis technique used Wilcoxon Signed Rank Test with the help of IBM SPSS 20 with formula Asymp. Sig. (2 tailed) <α (0.05). Based on the data calculation, obtained Sig value. (0.000) < α (0,05), hence it can be concluded that Ho is rejected and Ha accepted which means project method has influence to science ability to recognize osmotic of plant of group B TK Dharma Wanita Trawas Mojokerto. Keywords: Project method, science ability.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA SEKUNDER MELALUI KEGIATAN MELUKIS DENGAN JARI (FINGER PAINTING) KELOMPOK B DI PPT ASSALAM SURABAYA FADILLA, NUR
PAUD Teratai Vol 6, No 3 (2017): Vol 6 No 3 Edisi Yudisum Sep 2017
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengenal warna sekunder melalui kegiatan melukis dengan jari (Finger Painting) kelompok B di PPT Assalam Surabaya. Subyek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun yang berjumlah 12 anak tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan statistik deskriptif berdasarkan analisis refleksi siklus. Dari hasil pengolahan data diperoleh aktivitas guru pada siklus I sebesar 53.7 % kemudian pada siklus II sebesar 78.15 %, aktivitas anak pada siklus I sebesar 54.7 % kemudian pada siklus II sebesar 75 %, kemampuan mengenal warna sekunder pada siklus I sebesar 53.1 % kemudian pada siklus II sebesar 78.05 %, berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada kemampuan mengenal warna sekunder melalui kegiatan melukis dengan jari (Finger Painting) Kata kunci: Mengenal Warna, Melukis dengan jari (Finger Painting) Abstract This class action research aims to descript improvement in ability of comprehending secondary colors through painting-with-fingers activity in group B PPT Assalam Surabaya. Subject of research is 20 3-4 years children in school year of 2016/2017. Technique of collecting data is by using observation and documentation, while data analyze is by using descriptive statistic based on cycle reflection analysis. From results of data analysis, it obtains that activity of teacher in cycle I was 53.7% and then in cycle II it was 78.15%. activity of children in cycle I is 54.7% and then in cycle II it was 75%. Ability of comprehending secondary colors in cycle I was 53.1% and then in cycle II it was 78.05%. Based on description above, it can be concluded that the improvement exists in the ability of comprehending secondary colors through paintingwith-fingers activity. Keywords: Recognizing colors, Finger Painting Activities
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MEMERAS PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD LESTARI TAMBAKSARI SURABAYA PATMIATI,
PAUD Teratai Vol 6, No 3 (2017): Vol 6 No 3 Edisi Yudisum Sep 2017
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan  peningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan memeras pada tahun pelajaran 2016/2017. Subyek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun di PAUD Lestari Tambaksari Surabaya dengan jumlah 15. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif yaitu berdasarkan analisis refleksi pada siklus. Hasil dari penelitian ini, pada siklus I aktivitas guru menunjukkan persentase 67,85% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 85,7%. Aktivitas anak pada siklus I sebesar 64,28% meningkat menjadi 89,28% pada siklus II. Nilai rata-rata kemampuan motorik halus pada siklus I tingkat perkembangannya memperoleh persentase sebesar 46,66% sedangkan siklus II meningkat menjadi 86,66%. Berdasarkan uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan motorik halus pada anak usia 3-4 tahun di PAUD Lestari Tambaksari Surabaya melalui kegiatan memeras. Kata kunci: Kemampuan motori halus, Kegiatan memeras.   Abstract This classroom action research aims to describe enhancement of fine motor skills through extortion activities in the academic year 2016/2017. Research subjects are children aged 3-4 years in PAUD Lestari Tambaksari Surabaya as much as 15 childrens. Technique of data collection using observation and documentation while technique of data analysis use descriptive statistic that is based on analysis of reflection on cycle. Result of this research, in cycle I teacher activity show percentage 67,85% then in cycle II increased to 85,7%. The activity of children in the first cycle of 64.28% increased to 89.28% in cycle II. The average value of fine motor ability in cycle I the development rate obtained a percentage of 46.66% while the second cycle increased to 86.66%. Based on the description above, it can be concluded that there is an increase in fine motor skills in children aged 3-4 years in PAUD Lestari Tambaksari Surabaya through extortion activities. Keyword : Fine motoric skills, activity squeezing