cover
Contact Name
Binar Winantaka
Contact Email
jurnalwuny@uny.ac.id
Phone
+62274586168
Journal Mail Official
jurnalwuny@uny.ac.id
Editorial Address
Gedung LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta Jalan Kolombo 1, Yogyakarta
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmiah WUNY
ISSN : 01263854     EISSN : 27470547     DOI : https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i3
Jurnal Ilmiah WUNY mempublikasikan berbagai hasil penelitian dan atau hasil pemikiran di bidang pendidikan, teknologi, kesehatan, dan budaya.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2021): Jurnal Ilmiah WUNY" : 11 Documents clear
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR BOGA DASAR Purwanti, Heni
Jurnal Ilmiah WUNY Vol 3, No 1 (2021): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.939 KB) | DOI: 10.21831/jwuny.v3i1.40832

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk mencari pemecahan masalah terhadap rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Boga dasar. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X Kuliner 5 di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Yogyakarta dengan jumlah siswa 36 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, dengan langkah-langkah dalam penelitian yang mengikuti prinsip dasar penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dengan dilaksanakan pembelajaran menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan keaktifan pada siswa yang meliputi : keaktifan visual, keaktifan lisan, keaktifan mendengarkan, keaktifan menulis, keaktifan emosional, keaktifan motoric dan keaktifan mental. Tingkat ketuntasan belajar mengalami peningkatan yaitu hasil belajar teori siklus I sebesar 61,11% menjadi 94,44% di siklus II, demikian juga ketuntasan hasil belajar praktik dari 83,33% di siklus I menjadi 97,22% di siklus II. Berdasar hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meingkatkan hasil belajar Boga Dasar pada siswa kelas X Kuliner 5 SMK Negeri 4 Yogyakarta.
MODIFIKASI PEKERJAAN RUMAH (PR) SEBAGAI WAHANA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER Latun, Umi
Jurnal Ilmiah WUNY Vol 3, No 1 (2021): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.435 KB) | DOI: 10.21831/jwuny.v3i1.40707

Abstract

Sumber daya yang bermutu dan berkarakter menjadi modal utama pembangunan Indonesia seutuhnya. Pemerintah telah menargetkan adanya revolusi karakter bangsa melalui gerakan Penguatan Pendidikan Karakter. Dalam implementasinya di sekolah, ada beberapa cara untuk membangun karakter siswa. Salah satunya adalah melalui modifikasi pekerjaan rumah (PR), yaitu dengan memberikan tugas rumah kepada siswa dengan pelibatan keluarga agar memiliki karakter yang baik atau bahkan lebih baik dan prestasi belajar meningkat. Kegiatan semacam ini sesuai dengan harapan pemerintah dalam pembangunan karakter bangsa melalui program penguatan pendidikan karakter (PPK) yang lebih ditekankan lagi dalam kurikulum 2013 dimana setiap mata pelajaran harus berkontribusi dalam pendidikan karakter yang mencakup aspek relegius/spiritual dan aspek sosial yang dalam pelaksanaannya dapat dilakukan melalui berbagai media, dengan tempat di mana saja dan dengan siapa saja, dalam arti dapat dilaksanakan dengan selain guru. Modifikasi pekerjaan rumah (PR) memenuhi harapan tersebut. Hasilnya terbukti signifikan serta efisien, efektif, ekonomis, hasilnya lestari dan merupakan langkah inovatif. Dalam hal ini siswa meningkat karakter dan prestasinya ke arah yang lebih baik.
BATIK “SENG” KABUPATEN MALANG BERPEWARNA ALAMI LIMBAH KOPI SEBAGAI INOVASI PENJAGA TRADISI Solikan Solikan
Jurnal Ilmiah WUNY Vol 3, No 1 (2021): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (850.735 KB) | DOI: 10.21831/jwuny.v3i1.40702

Abstract

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang sangat tinggi nilainya, yang keberadaannya terus dilestarikan oleh masyarakat pendukungnya. Sebagai bagian dari kearifan lokal (local wisdom/local genius), batik juga menjadi hal yang penting bagi apa yang diistilahkan sebagai konstruksi identitas atau jati diri kebudayaan sebuah bangsa. Adapun salah satu jenis batik yang mendapatkan sambutan yang cukup tinggi di masyarakat, adalah batik dengan pewarnaan alami yang berasal dari bahan pewarna tumbuh-tumbuhan baik, dari kulit, batang, daun, bunga, maupun juga buahnya. Dimensi signfikansi perihal batik warna alami ini, terutama dikaitkan dengan faktor keamanan dan kesehatan manusia dan lingkungan alam, jika dibandingkan dengan yang berpewarna sintetik karena berasal dari bahan kimiawi. Perihal penggunaan warna alami tersebut, sebagaimana di antaranya yang ada pada batik Seng (istilah “Seng” merupakan singkatan dari Sengguruh, nama sebuah desa) di Kabupaten Malang, yakni dengan menggunakan pewarna alami dari limbah ampas kopi. Penggunaan pewarna alami dari limbah kopi tersebut, selain sebagai sebentuk pemanfaatn limbah, juga dari sisi kualitas warna yang dihasilkan cukup baik, yakni coklat keabu-abuan. Keberadaan batik “Seng” di Kabupaten Malang dengan pewarna alami dari limbah kopi tersebut, kiranya cukup ikonik dan menarik untuk dikaji.Terkait dengan hal tersebut, artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pemanfaatan limbah kopi sebagai bahan pewarna alami batik Seng di Kabupaten Malang, terutama dalam perspektif sebagai salah satu inovasi kreatif untuk menjaga eksistensi batik, sebagai salah satu kearifan lokal dan warisan tradisi.
PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DENGAN METODE DISKUSI BERBANTU MEDIA VISUAL Sukarni Sukarni
Jurnal Ilmiah WUNY Vol 3, No 1 (2021): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.706 KB) | DOI: 10.21831/jwuny.v3i1.40709

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar pada siswa khususnya kelas II SD Negeri Wiladeg, Wiladeg,Karangmojo,Gunungkidul dengan menggunakan metode diskusi berbantuan media audio visual.Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Wiladeg pada tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan beberapa tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Wiladeg yang berjumlah 20 siswa dan objek penelitian ini adalah penerapan metode diskusi berbantuan media audio visual. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya prestasi belajar siswa yaitu minimal 80% dari jumlah siswa di kelas mendapat nilai mencapai KKM ≥75.Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dengan penerapan metode diskusi berbantuan media audio visual dapat disimpulkan bahwa : (1) prestasi belajar siswa meningkat dari rata-rata prestasi belajar sebelum tindakan sebesar 67,07 dengan persentase ketuntasan 44% menjadi 73,09 dengan persentase ketuntasan 73% pada siklus I dan rata-rata 83,79 dengan persentase ketuntasan 100% pada siklus II; (2) pembelajaran pada siklus I dan siklus II secara umum sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan RPP.
IDENTIFIKASI ITEM FIT DAN PERSON FIT DALAM PENGUKURAN HASIL BELAJAR KIMIA Nor Amelia, Rizki
Jurnal Ilmiah WUNY Vol 3, No 1 (2021): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.747 KB) | DOI: 10.21831/jwuny.v3i1.40703

Abstract

Tes kimia buatan guru yang berkualitas sangat dibutuhkan mengingat keputusan yang diambil dari hasil tes tersebut berdampak pada siswa. Untuk memenuhi hal tersebut, model Rasch menawarkan statistik uji yang berperan penting dalam konstruksi pengujian yang berkaitan dengan masalah evaluasi dan pemilihan item serta dalam pengambilan keputusan terhadap skor tes yang dihasilkan. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi item fit dan person fit dalam pengukuran hasil belajar kimia menggunakan model Rasch. Data yang berupa respon multiple choice dari 40 item penyusun instrumen tes kimia buatan guru diambil dengan teknik dokumentasi dan dianalisis menggunakan Winsteps Rasch Software versi 3.73. Hasil analisis menyimpulkan bahwa semua item penyusun instrumen tes kimia buatan guru terbukti fit model. Sementara itu, dari 356 siswa SMA di Kota Yogyakarta yang menjadi responden penelitian, 18 siswa diantaranya teridentifikasi sebagai person misfit yang sebaiknya diperiksa lebih lanjut untuk mendapatkan bimbingan guru.
PENERAPAN DISCOVERY LEARNING MELALUI AKTIVITAS TSTS DAN WINDOW SHOPPING PADA SISWA KELAS IX Heri Suhud Kustoyo
Jurnal Ilmiah WUNY Vol 3, No 1 (2021): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (660.927 KB) | DOI: 10.21831/jwuny.v3i1.40710

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan minat peserta didik kelas IX J SMP Negeri 1 Cilacap Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yaitu deskripsi komparatif dengan membandingkan antara nilai awal dengan nilai hasil perlakuan baru. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa soal yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar. Proses kegiiatan pembelajaran dilakukan dengan 6 tahapan yaitu : 1) Stimulation dengan menayangkan video sistem reproduksi; 2) Problem statement dengan menggali pertayaan dari video; 3) Data Collection membagi peserta didik menjadi 8 kelompok mencari informasi sistem reproduksi manusia; 4) Data processing dengan memberi tugas membuat mading tentang sistem reproduksi 5) verifiacation dengan berbagi tugas 2 orang berperan menjaga stand dan menjelaskan isi mading; 2 orang lainnya berperan menjadi tamu yang melakukan kegiatan kunjungan ke stand untuk diskusi. 6) Generalization ,guru memandu jalannya presentasi dan menarik kesimpulan. Perubahan perilaku setelah mengikuti pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia menggunakan model Discovery learning melalui aktivitas Two Stay Two Stray (TSTS) dan window Shopping yaitu meningkatkan keterampilan abad 21 yaitu keterampilan 4K (berfikir Kritis, Kreatif, Kerjasama dan Komunikasi) dan meningkatkan literasi berupa literasi bahasa, literasi digital dan literasi sains. Hasil belajar peserta didik kelas IX J SMP Negeri 1 Cilacap Tahun Pelajaran 2019/2020 setelah mengikuti pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia model Discovery learning melalui aktivitas Two Stay Two Stray (TSTS) dan window Shopping diperoleh rata-rata nilai pengetahuan sebesar 84 lebih tinggi dibandingkan KKM IPA kelas IX yang ditetapkan SMP N 1 Cilacap. Daya serap peserta didik mencapai 100% dan ketuntasan belajar mencapai 93.8 %.
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA SISWA KELAS V Lina Dwi Komala Sudarnoto
Jurnal Ilmiah WUNY Vol 3, No 1 (2021): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.799 KB) | DOI: 10.21831/jwuny.v3i1.40704

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas V SDN 2 Pandak Korwilcam Dindik Baturraden yang berjumlah 22 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi,dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam penguasaan materi pelajaran yang telah diberikan, pada setiap akhir siklus diadakan evaluasi dengan menggunakan tes tertulis yang terdiri dari 10 butir soal Isian dan 5 butir soal uraian, sedangkan untuk mengetahui seberapa besar motivasi siswa dalam pembelajaran IPS, siswa diminta mengisi angket pada setiap akhir siklsus. Hasil penelitian pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.diantaranya (1) hasil tes menunjukan peningkatan nilai rata-rata kelas ,(2) persentase siswa yang mencapai nilai KKM yang di tetapkan meningkat;(3)respons siswa terhdap pembelajaran IPS tentang Keragaman Suku Bangsa dan Budaya dengan Model NHT dalam kategori baik.
MEDIA BIG BOOK WRITING BERBASIS CULTURE LEARNING PADA PEMBELAJARAN MENULIS Dian Permatasari Kusuma Dayu; Cerianing Putri Pratiwi
Jurnal Ilmiah WUNY Vol 3, No 1 (2021): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jwuny.v3i1.40711

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan media Big Book Writing Berbasis Culture Learning pada pembelajaran menulis siswa kelas 5 SDN Selosari 3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pada penelitian ini ada dua data yaitu data verbal dan data nonverbal. Data verbal pada penelitian ini yaitu hasil rekaman kegiatan penerapan media big book writing berbasis culture learning pada pembelajaran menulis siswa kelas 5. Data nonverbal yaitu nilai hasil evaluasi kemampuan menulis. Subjek pada penelitian ini adalah guru kelas 5 dan siswa kelas 5. Instrument pada penelitian ini menggunakan angket, wawancara dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis data interaktif, ada tiga hal utama dalam analisis data model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini yaitu hasil nilai rata-rata menulis kelas 5 SDN Selosari 3 yaitu sebesar 81,9% dari total siswa 14, maka dapat dikatakan nilai menulis siswa sudah cukup baik. Semua siswa sudah dapat menulis cerita karena nilai siswa sudah mencapai KKM.
UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GERAK MOTORIK MELALUI PERMAINAN LEMPAR TANGKAP BOLA Rohmadi Rohmadi
Jurnal Ilmiah WUNY Vol 3, No 1 (2021): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jwuny.v3i1.40705

Abstract

Pendidikan jasmani sebagai bagian integral dari pendidikan akan membantu para siswa untuk dapat menjalani proses pertumbuhan dan perkembangan secara optimal baik fisik, motorik, mental dan sosial. Tujuan pengembangan adalah aspek fisik akan berhubungan dengan kemampuan melakukan aktivitas-aktivitas yang melibatkan kekuatan fisik dan berbagai organ tubuh (physical fitness). Pengembangan gerak berhubungan dengan kemampuan melakukan gerak secara efektif, efisien, halus, indah, sempurna (skill full). Pengembangan mental berhubungan dengan kemampuan berfikir dan menginterprestasikan semua pengetahuan tentang pendidikan jasmani ke dalam lingkungan. Perkembangan sosial berhubungan dengan kemampuan siswa dalam menyesuaikan diri pada kelompoknya.Hakekat pendidikan jasmani adalah proses pendidikan via gerak insani (human movement) yang dapat berupa aktivitas jasmani, permainan dan olahraga. Pengembangan substansi pendidikan jasmani dan pendidikan olahraga pada dasarnya bertolak dari kaidah yang sama yaitu penyesuaian dengan kematangan atau kesiapan belajar anak. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui permainan lempar tangkap bola untuk mengembangkan motorik pada anak usia 8 s.d 9 tahun. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa berpengaruhnya permainan lempar tangkap bola terhadap kemampuan gerak anak.
PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGEMBANGAN DIRI MELALUI TEKNIK SHAPING PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN Elsy Dwiandriani
Jurnal Ilmiah WUNY Vol 3, No 1 (2021): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jwuny.v3i1.40712

Abstract

Tulisan yang berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK, Classroom Action Research) yang dilaksanakan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Sungailiat Bangka Belitung ini bertujuan meningkatkan kemampuan pengembangan diri dalam menyetrika pakaian bagi siswa tunagrahita, khususnya tunagrahita ringan. Sebagai kolaborator adalah teman sejawat. Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita ringan kelas 5 sebanyak 5 orang. PTK ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri atas 4 kali pertemuan. Data program khusus pengembangan diri diperoleh melalui observasi, tes, dan catatan lapangan. Setelah diberikan tindakan melalui teknik shaping pada siklus I, nilai siswa mengalami peningkatan, meskipun belum maksimal. Maka, dilakukanlah siklus II. Hasilnya, teknik shaping dapat meningkatkan kemampuan pengembangan diri secara optimal dalam menyetrika pakaian. Kriteria keberhasilan ditetapkan berdasarkan ketercapaian minimal pada kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa teknik shaping dapat meningkatkan kemampuan pengembangan diri menyetrika pakaian pada siswa tunagrahita ringan.

Page 1 of 2 | Total Record : 11