Articles
8 Documents
Search results for
, issue
"Vol 6, No 2 (2019): Jurnal Bisnis dan Manajemen Volume 6 Nomor 2 Tahun 2019"
:
8 Documents
clear
STRATEGI PEMASARAN, SITUASI PERSAINGAN, DAN PERMODALAN DALAM MEMPENGARUHI KINERJA UKM PENGRAJIN TERASI KAWASAN PESISIR KOTA LANGSA
Dhian Rosalina
Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 6, No 2 (2019): Jurnal Bisnis dan Manajemen Volume 6 Nomor 2 Tahun 2019
Publisher : University of Merdeka Malang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26905/jbm.v6i2.3262
This study aims to analyze the effect of marketing strategies, competitive situations, and capital on the performance of shrimp paste SMEs in the coastal area of Langsa City. The number of respondents in this study was twenty-four shrimp paste in the coastal area of Langsa City in two villages: Lhokbani and Simpang Lhee which are craftsmen centers for shrimp paste / rebon shrimp paste in Langsa City. The sampling technique used is non probablity sampling. The analytical method used is multiple linear regression analysis. The results of this study are 1) Marketing strategies do not have a significant impact on business performance, 2) The competitive situation does not have a significant impact on business performance, and 3) capital has a positive and significant effect. From the results of the analysis it was found that this research was consistent with previous research that the problem of capital was still a serious obstacle for small and medium businesses in Indonesia. DOI : https://doi.org/10.26905/jbm.v6i2.3262
PENGARUH WAKTU KERJA DAN DUKUNGAN SUPERVISOR TERHADAP KESEIMBANGAN KEHIDUPAN KERJA KARYAWAN GENERASI Y PADA PT BANK SYARIAH MANDIRI DI PULAU LOMBOK
Rasyidatur Rahmaniah;
Thatok Asmony;
Siti Nurmayanti
Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 6, No 2 (2019): Jurnal Bisnis dan Manajemen Volume 6 Nomor 2 Tahun 2019
Publisher : University of Merdeka Malang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26905/jbm.v6i2.3598
Keseimbangan kehidupan kerja diperlukan organisasi untuk mendukung keberhasilan organisasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh waktu kerja dan dukungan supervisor terhadap keseimbangan kehidupan kerja karyawan generasi Y PT Bank Syariah Mandiri di Pulau Lombok. Responden penelitian ini menggunakan seluruh populasi karyawan generasi Y sebanyak 89 responden. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu kerja memiliki pengaruh negatif signifikan dan dukungan supervisor memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keseimbangan kehidupan kerja karyawan generasi Y PT Bank Syariah Mandiri di Pulau Lombok. Pengaturan waktu kerja yang fleksibel, pembatasan lembur, mengelola hubungan yang baik dengan bawahan, memberikan motivasi, memperhatikan keluhan, menciptakan suasana kekeluargaan dalam menjalankan kepemimpinan dapat meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja karyawan. DOI : https://doi.org/10.26905/jbm.v6i2.3598
EKSPERIENTAL LEARNING PELATIHAN FINANCIAL LIFE SKILLS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MERDEKA MALANG
Aris Siswati
Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 6, No 2 (2019): Jurnal Bisnis dan Manajemen Volume 6 Nomor 2 Tahun 2019
Publisher : University of Merdeka Malang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26905/jbm.v6i2.3673
Penelitian didasarkan pada rencana strategis induk penelitian Universitas Merdeka Malang yang masuk dalam kategori kewirausahaan. Penelitian memiliki tujuan yang spesifik untuk memperoleh sebuah gambaran mengenai Financial Life Skills khususnya pada mahasiswa peserta pelatihan. Penelitian diikuti oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Merdeka Malang sejumlah 24 orang. Berdasarkan penelitian dapat dilihat terjadi perbedaan yang nyata antar sebelum dan sesudah pelatihan Finansial Life Skill. Hal ini menunjukkan pentingnya adanya pelatihan Financial Life Skill guna meningkatkan daya saing lulusan Universitas Merdeka Malang. Pelatihan FLS tidak hanya memberikan pengetahuan investasi tetapi juga pengetahuan dan sikap yang bisa mendukung saat mahasiswa lulus dan memasuk dunia kerja. Dengan bekal skill ketrampila hidup dan literasi keuangan yang didapat melalui pelatihan bisa dijadikan pedoman dan arahan dalam menapaki karir kedepan DOI : https://doi.org/10.26905/jbm.v6i2.3673
PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT PEMBELIAN ULANG DAN KEPUASAN PELANGGAN ONLINE SHOPPING PADA REMAJA DI SITUBONDO
Rini Kartika Sari;
Nanik Hariyana
Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 6, No 2 (2019): Jurnal Bisnis dan Manajemen Volume 6 Nomor 2 Tahun 2019
Publisher : University of Merdeka Malang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26905/jbm.v6i2.3674
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh harga, kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap minat pembelian ulang dan kepuasan pelanggan online shopping. Penelitian ini dilakukan pada remaja di Situbondo yang berlangganan online shopping. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian adalah Analisis Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukan bahwa harga, kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh terhadap minat pembelian ulang, serta harga, kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, dan minat pembelian ulang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan online shopping DOI : https://doi.org/10.26905/jbm.v6i2.3674
PENGARUH DANA PIHAK KETIGA DAN NON PERFORMING FINANCING TERHADAP PERTUMBUHAN PEMBIAYAAN BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2015 -2018
agus Tomi
Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 6, No 2 (2019): Jurnal Bisnis dan Manajemen Volume 6 Nomor 2 Tahun 2019
Publisher : University of Merdeka Malang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26905/jbm.v6i2.3683
Perkembangan bank umum syariah di Indonesia terus mengalami peningkatan sejak diterapkannya undang-undang nomor 21 tahun 2008 tentang perbankan syariah sampai dengan Desember 2018 telah berdiri 14 bank umum syariah, 32 Unit Usaha Syariah dan 167 Bank Pembiayaan Rakyat Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Non Performing Financing (NPF) terhadap pertumbuhan pembiayaan di Indonesia pada tahun 2015-2018. Metode penelitan ini menggunakan penelitian ekspalanatory, menurut Ghazali penelitian eksplanatory atau penelitian penjelasan yang menjelaskan hubungan klausal antara variable-variabel melalui pengujian hipotesis dan penjelasan lebih dipokokkan pada sifat analisinya. Sumber data sekunder yang berasal dari laporan publikasi data statistik perbankan syariah milik otoritas jasa keuangan. Berdasarkan hasil uji statistik dengan pendekatan regresi linier berganda dana pihak ketiga (DPK) memiliki pengaruh signifikan terhadap pembiayaan di bank umum syariah dengan nilai signifikansi sebesar 0,02. Sedangkan Non performing financing (NPF) secara simultan tidak berpengaruh terhadap pembiayaan di bank umum syariah sepanjang tahun 2015 – 2018, namun secara parsial NPF berdasarkan pembiayaan modal kerja memiliki hubungan signifikan dan berkorelasi negatif terhadap pembiayaan modal kerja, sedangkan NPF pembiayaan investasi memiliki hubungan signifikan dan berkorelasi positif terhadap pembiayaan investasi, sedangkan NPF pembiayaan konsumtif memiliki hubungan signifikan dan berkorelasi negatif terhadap pembiayaan konsumtif.
ATRIBUT PEMILIHAN KUALITAS RESTORAN: CITRA MEREK DAN HARGA
Echo Perdana Kusumah;
Ratih Hurriyati;
Puspo Dewi Dirgantari
Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 6, No 2 (2019): Jurnal Bisnis dan Manajemen Volume 6 Nomor 2 Tahun 2019
Publisher : University of Merdeka Malang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26905/jbm.v6i2.3689
Studi ini meneliti dampak citra merek dan harga pada atribut preferensi restoran (kualitas layanan, kualitas makanan, dan suasana). Structural Equation Model (SEM) diterapkan dengan menggunakan 169 responden dan aplikasi AMOS untuk menguji hipotesis. Hasil menunjukkan bahwa preferensi atribut restoran secara positif dipengaruhi oleh citra merek dan harga. Citra merek tidak mempengaruhi secara signifikan semua atribut kualitas restoran (kualitas layanan). Kualitas layanan memang memiliki hubungan positif dengan citra merek yang dibangun oleh sebuah restoran, tetapi belum tentu tingkat layanan yang diinginkan oleh konsumen, di mana konsumen memiliki karakter dan persepsi yang berbeda dalam hal dilayani. Studi ini juga mengungkapkan bahwa pemilik restoran dapat menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang ada dengan meningkatkan kualitas makanan, kualitas layanan, dan suasana restoran mereka https://doi.org/10.26905/jbm.v6i2.3689
PERILAKU KOMPLAIN, PENANGANAN KOMPLAIN DAN ATRIBUT HARGA PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN
Hilda Sanjayawati
Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 6, No 2 (2019): Jurnal Bisnis dan Manajemen Volume 6 Nomor 2 Tahun 2019
Publisher : University of Merdeka Malang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26905/jbm.v6i2.3699
Tujuan Penelitian ini adalah pada pelanggan bank Muamalat KCP Gresik yaitu Menganalisi pengaruh yang signifikan secara simultan dari variable-variabel perilaku Komplain, penanganan Komplain dan atribut harga terhadap kepuasan pelanggan selanjutnya menganalisis pengaruh yang signifikan secara parsial dari variable-variabel perilaku complain penanganan complain dan atribut harga terhadap kepuasan pelanggan dan menganalisis variable yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan. Manfaat Penelitian adalah Penelitian mengenai pengaruh ketiga variable terhadap kepuasan pelanggan secara simultan maupun parsial tersebut diharapkan dapat memberikan dampak manfaat bagi Bank Muamalat KCP Gresik, sebagai dasar dalam rangka menyusun rencana-rencana strategi, baik untuk pengembangan pemasaran maupun pengambilan keputusan yang khususnya terkait dengan permasalahan komplain, penangan komplain, atribut harga dan kepuasan pelanggan juga pihak karyawan sebagai salah satu bahan pemikiran guna mengembangkan dan meningkatkan kinerja karyawan dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik untuk kepuasan pelanggan. DOI : https://doi.org/10.26905/jbm.v6i2.3699
Analisis Pengaruh Temperamen Individu Terhadap Tingkat Stres Kerja Pegawai Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat
Khalifahmi Amran
Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 6, No 2 (2019): Jurnal Bisnis dan Manajemen Volume 6 Nomor 2 Tahun 2019
Publisher : University of Merdeka Malang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26905/jbm.v6i2.3794
The purpose of this study was to determine and analyze the effect of individual temperament on work stress levels. The populations in this study were employees of the ASN (Civil Servants) in the Department of Maritime Affairs and Fisheries of the Province of West Sumatra, which until December 2019 with total populations are 97 peoples. Samples were taken with a purposive sampling technique of 83 peoples. The results of this study found that: (1) Melancholic individual temperament has a significant effect on work stress levels. The higher one's individual temperament, the higher the work stress possessed by someone, (2) The magnitude of the effect of individual temperament on the level of work stress of ASN employees with a determination coefficient R2 of 0.152 or 15.20%, this value is still lower than the influence of other factors that is equal to 84.80 % which is not included in this study, and (3) The most dominant factor in influencing work stress is Melancholic so this factor is the main priority that need to be considered in conducting future recruitment in order to achieve the vision and mission of the Department of Maritime Affairs and Fisheries of West Sumatra Province.