cover
Contact Name
Evi Juita Wailan' An
Contact Email
evijuita.wailanan@mikroskil.ac.id
Phone
081396574014
Journal Mail Official
business.vdean.rncs@mikroskil.ac.id
Editorial Address
Jl. Thamrin No. 124 Medan 20212 Gedung A. Lantai 2.
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil
Published by Universitas Mikroskil
ISSN : 20889607     EISSN : 26226421     DOI : https://dx.doi.org/10.55601/jwem
Core Subject : Economy,
Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil (JWEM) merupakan salah satu publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mikroskil Medan, diharapkan dapat menjadi media dalam menuangkan ide dan pemikiran dalam bidang Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, dan Kewirausahaan. JWEM Terbit 2 kali dalam setahun yaitu Edisi April dan Edisi Oktober.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2019): Volume 9 Nomor 2 Edisi Oktober 2019" : 7 Documents clear
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Continuance Intention Pengguna Go-Food di Jakarta Cindy Monica; Vita Briliana
Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil Vol 9, No 2 (2019): Volume 9 Nomor 2 Edisi Oktober 2019
Publisher : Lembaga Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Mikroskil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.515 KB) | DOI: 10.55601/jwem.v9i2.624

Abstract

This study aims to determine the effect of perceived ease of use, perceived usefulness, confirmation, performance value, and satisfaction with continuance intention. The research used is in the form of casual and descriptive research. Samples taken were 142 respondents using purposive sampling technique. The data analysis method is done by SEM (Structural Equation Model) using SmartPLS 3.0 and IBM SPSS version 25. This research shows that perceived ease of use, perceived usefulness, confirmation, performance value and satisfaction have an influence on continuance intention.  
Analisis Program Klinik Bisnis (KLIBI) untuk Perkembangan UMKM Kota Tebing Tinggi Muhammad Umar Maya Putra; Windy Aginta
Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil Vol 9, No 2 (2019): Volume 9 Nomor 2 Edisi Oktober 2019
Publisher : Lembaga Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Mikroskil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.65 KB) | DOI: 10.55601/jwem.v9i2.627

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis program yang telah dilaksanakan oleh UMKM Binaan Klinik Bisnis (KLIBI) Tebing Tinggi. Metode yang digunakan adalah Metode Analisis Deskriptif Yaitu analisis yang digunakan untuk menganalisa data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpulkan dan dapat ditafsirkan secara umum dengan keaktifan program ini berlangsung dari tahun 2013 s.d 2015. Dari hasil pengamatan yang dilakukan bahwa terjadi kedekatan yang erat, tidak adanya gap diantara tim KLIBI dengan Usaha Mikro dan Kecil (UMK)  untuk membina keharmonisan usaha dengan memperkuat basis Information dan technology (IT) melalui website www.klibitebingtinggi.com sehingga dapat  berlangsung secara terus menerus menuju pada Kota Tebing Tinggi sebagai basis tujuan perdagangan di Indonesia untuk  menembus pasar internasional perlu ditingkatkan frekuensinya dan meningkatkan insentif untuk  diversifikasi  produk,  pengkayaan  desain,  dan  hak  paten  untuk  produk  UMKM.
Pengembangan Usaha Aneka Kripik dan Kerupuk di Kelurahan Tanah Enam Ratus Kecamatan Medan Marelan Fivi Rahmatus Sofiyah; Yulinda Yulinda; Marhayanie Marhayanie; Setri Hiyanti Siregar
Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil Vol 9, No 2 (2019): Volume 9 Nomor 2 Edisi Oktober 2019
Publisher : Lembaga Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Mikroskil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (421.65 KB) | DOI: 10.55601/jwem.v9i2.639

Abstract

Persaingan dunia bisnis semakin ketat, pelaku usaha harus menyiapkan diri untuk menghadapi perubahan-perubahan agar usaha dapat berkembang, kesiapan diri untuk aktif, kreatif dan inovatif sangat dituntut dalam menjalankan usaha. Dalam kegiatan ini ada beberapa kendala yang dihadapi oleh mitra yaitu kendala produksi, kemasan, merek (brand awareness) dan pemasaran promosi dan mitra tidak memiliki laporan keuangan usaha. Kendala produksi adalah masih sangat terbatas jumlah produksi disebabkan karena alat produksi yang digunakan sangat terbatas dan belum memadai, kendala dari aspek kemasan adalah kemesan yang digunakan masih hanya menggunakan plastik biasa dan menggunakan klip sehingga tampilan sangat sederhana, kendala dari sisi merek mitra tidak memiliki indentitas, sehingga ketika konsumen mau membeli lagi tidak tahu merek dan alamat si penjual, Kendala dari aspek pemasaran adalah sangat terbatasnya lokasi pemasaran, mitra merupakan golongan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dan biasanya belum mempunyai kanal distribusi produk yang luas. Mitra mendistribusikan produknya hanya ke lingkungan sekitar rumahnya, kendala promosi. Promosi hanya dari mulut kemulut perubahan zaman menuntut perubahan jangkauan pasar yang lebih luas harus during/online, dan unuk laporan keuangan mitra tidak memiliki pengetahuan dasar mengenai pentingnya memisahkan uang usaha dengan uang pribadi untuk keberlanjutan usaha. Kegiatan pengabdian ini diharapkan akan mampu meningkatkan jumlah produksi mitra dan memperbaiki kualitas kemasan produk. Dimana kedepannya diharapkan dapat memasuki pasar sasaran yang baru yang lebih luas dan lebih baik. Kondisi ini nantinya akan berdampak pada pengembangan usaha dan peningkatan pendapatan mitra dan juga akan berdampak pada perekrutan tenaga kerja di masyarakat sekitar.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Audit Delay pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia H. Syamsul Bahri Surbakti; Windy Aginta
Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil Vol 9, No 2 (2019): Volume 9 Nomor 2 Edisi Oktober 2019
Publisher : Lembaga Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Mikroskil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.363 KB) | DOI: 10.55601/jwem.v9i2.657

Abstract

Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari ukuran perusahaan, solvabilitas, Laba/ rugi perusahaan dan ukuran KAP terhadap Lamanya waktu penyelesaian audit (audit delay) pada Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode tahun 2015, 2016 dan 2017. Populasi penelitian ini adalah perusahaan–perusahaan LQ45 Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2017. Teknik penentuan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Data penelitian merupakan data sekunder diperoleh dari Indonesian Stock Exchange (www. idx.co.id) dan ICMD tahun 2015-2017. Pengujian hipotesis penelitian digunakan teknik analisis regresi linear berganda (Multiple Regression Model), dengan alat bantu aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, laba rugi dan ukuran KAP secara parsial tidak berpengaruh terhadap audit delay. Sementara solvabilitas memiliki pengaruh tergadap audit delay. Namun secara simultan menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, solvabilitas, laba rugi dan ukuran KAP berpengaruh terhadap audit delay.
Faktor yang Mempengaruhi Cash Holding dan Nilai Perusahaan Manufaktur Irwanto -; Steven Sia; Agustina -; Evi Juita Wailan An
Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil Vol 9, No 2 (2019): Volume 9 Nomor 2 Edisi Oktober 2019
Publisher : Lembaga Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Mikroskil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (497.667 KB) | DOI: 10.55601/jwem.v9i2.679

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis faktor yang mempengaruhi cash holding dan nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017. Adapun faktor-faktor yang dianalisis adalah ukuran perusahaan, solvabilitas, profitabilitas, penghindaran pajak dan peluang pertumbuhan. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2017 dan diperoleh sebanyak 166 perusahaan. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh sebanyak 59 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel dan diperoleh 236 data pengamatan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan ukuran perusahaan, solvabilitas, profitabilitas, penghindaran pajak dan peluang pertumbuhan berpengaruh signifikan terhadap cash holding dan nilai perusahaan. Secara parsial, ukuran perusahaan, solvabilitas dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap cash holding dan nilai perusahaan. Penghindaran pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap cash holding tetapi berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan peluang pertumbuhan tidak berpengaruh signifikan terhadap cash holding dan nilai perusahaan.
Kajian Kontribusi Harga dan Kualitas Pelayanan Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pengguna Sepeda Nasrul Efendi; Hanny Siagian; Sian Yet
Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil Vol 9, No 2 (2019): Volume 9 Nomor 2 Edisi Oktober 2019
Publisher : Lembaga Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Mikroskil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.894 KB) | DOI: 10.55601/jwem.v9i2.681

Abstract

Penggunaan sepeda sebagai alat transportasi saat ini telah ditinggalkan oleh sebagian besar masyarakat sehingga berdampak kurang menguntungkan bagi bisnis yang bergerak di bidang penjualan sepeda. Penelitian ini membahas kontribusi harga dan kualitas pelayanan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Penetapan sampel penelitian yang digunakan Non Probability Sampling dengan metode Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 pelanggan. Data-data yang diperoleh dari responden yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas diolah untuk menghasilkan persamaan regresi linier berganda kemudian dilakukan uji data dengan menggunakan uji t untuk mengetahui besarnya kontribusi variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan berpengaruh secara parsial meningkatkan variabel dependen serta melalui uji F diketahui bahwa kedua variabel independen yang diteliti secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen.
Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Swasta Tanti -; Mbayak Ginting; Sugianta Ovinus Ginting
Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil Vol 9, No 2 (2019): Volume 9 Nomor 2 Edisi Oktober 2019
Publisher : Lembaga Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Mikroskil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.021 KB) | DOI: 10.55601/jwem.v9i2.683

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik terhadap keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi swasta studi kasus pada STIE Mikroskil Medan. Dengan menggunakan rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak 97 orang mahasiswa, sedangkan teknik sampling menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Data dianalisis dengan metode regresi linier berganda. Hasil yang diperoleh dari pengujian hipotesis adalah bahwa produk berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi swasta. Sedangkan harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik tidak berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih. Produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi swasta. Nilai Adjusted R Square adalah sebesar 0,611. Hal ini berarti 61,10% keputusan memilih dipengaruhi oleh produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Sebesar 38,90% keputusan memilih dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol. 15 No. 2 (2025): Volume 15 Nomor 2 Edisi Oktober 2025 Vol. 15 No. 1 (2025): Volume 15 Nomor 1 Edisi April 2025 Vol. 14 No. 2 (2024): Volume 14 Nomor 2 Edisi Oktober 2024 Vol. 14 No. 1 (2024): Volume 14 Nomor 1 Edisi April 2024 Vol 13, No 2 (2023): Volume 13 Nomor 2 Edisi Oktober 2023 Vol 13, No 1 (2023): Volume 13 Nomor 1 Edisi April 2023 Vol 12, No 2 (2022): Volume 12 Nomor 2 Edisi Oktober 2022 Vol 12, No 1 (2022): Volume 12 Nomor 1 Edisi April 2022 Vol 11, No 2 (2021): Volume 11 Nomor 2 Edisi Oktober 2021 Vol 11, No 1 (2021): Volume 11 Nomor 1 Edisi April 2021 Vol 10, No 2 (2020): Volume 10 Nomor 2 Edisi Oktober 2020 Vol 10, No 1 (2020): Volume 10 Nomor 1 Edisi April 2020 Vol 9, No 2 (2019): Volume 9 Nomor 2 Edisi Oktober 2019 Vol 9, No 1 (2019): Volume 9 Nomor 1 Edisi April 2019 Vol 8, No 2 (2018): Volume 8 Nomor 2 Edisi Oktober 2018 Vol 8, No 1 (2018): Volume 8 Nomor 1 Edisi April 2018 Vol 7, No 2 (2017): Volume 7 Nomor 2 Tahun 2017 Vol 7, No 1 (2017): Volume 7 Nomor 1 Tahun 2017 Vol 6, No 2 (2016): Volume 6 Nomor 2 Tahun 2016 Vol 6, No 1 (2016): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2016 Vol 5, No 2 (2015): Volume 5 Nomor 2 Tahun 2015 Vol 5, No 1 (2015): Volume 5 Nomor 1 Tahun 2015 Vol 4, No 2 (2014): Volume 4 Nomor 2 Tahun 2014 Vol 4, No 1 (2014): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2014 Vol 3, No 2 (2013): Volume 3 Nomor 2 Tahun 2013 Vol 3, No 1 (2013): Volume 3 Nomor 1 Tahun 2013 Vol 2, No 2 (2012): Volume 2 Nomor 2 Tahun 2012 Vol 2, No 1 (2012): Volume 2 Nomor 1 Tahun 2012 Vol 1, No 2 (2011): Volume 1 Nomor 2 Tahun 2011 Vol 1, No 1 (2011): Volume 1 Nomor 1 Tahun 2011 More Issue