Jurnal Pendidikan IPA Indonesia
<p>Jurnal Pendidikan IPA Indonesia published a scientific paper on the results of the study and review of the literature in the sphere of natural science education in primary education, secondary education and higher education. Each manuscript submitted will be reviewed by bebestari partners who specifically requested the appropriate fields.</p> <p>Description Publication: This journal was first published in April 2012 and every April and October.</p>
Articles
12 Documents
Search results for
, issue
" Vol 3, No 2 (2014): October 2014"
:
12 Documents
clear
PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI GREEN CHEMISTRY MATERI HIDROLISIS GARAM UNTUK MENGEMBANGKAN SOFT SKILL KONSERVASI SISWA
Rosita, A.;
-, Sudarmin;
Marwoto, P.
Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol 3, No 2 (2014): October 2014
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15294/jpii.v3i2.3112
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran problem based learning berorientasi green chemistry pada materi hidrolisis garam untuk mengembangkan soft skill konservasi siswa SMA. Metode penelitian ini adalah research and development (R&D). Hasil penelitian menunjukkan LKS yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran kimia. Perangkat pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa materi hidrolisis garam dengan N-gain sebesar 0,63 (sedang). Peningkatan soft skill konservasi siswa yang berkriteria tinggi sebanyak 35,48 % sedangkan yang berkriteria sedang 64,52 %. This research has aim to developt teaching and learning instrument application on problem based learning which oriented on green chemistry on salt hydrolisys for developing conservation soft skill for student. The method of this research is research and development (R&D). The results showed a very worthy worksheets developed for use in teaching chemistry. Teaching instrument can improve the understanding of student concept of salt hydrolysis matery can get N-gain 0,63 (medium). The improving soft skill of student conservation has high criteria 35,48%. For medium has 64,52%.
PENERAPAN CRITICAL REVIEW TERHADAP BUKU GURU IPA KURIKULUM 2013 UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN SAINTIFIK
Khusniati, M.;
Pamelasari, S.D.
Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol 3, No 2 (2014): October 2014
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15294/jpii.v3i2.3117
Penelitian bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menyusun perangkat pembelajaran berpendekatan saintifik. Penelitian dirancang dengan metode penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, dapat disimpulkan penerapan critical review terhadap buku guru IPA kurikulum 2013 dapat mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menyusun perangkat pembelajaran berpendekatan saintifik. The research to develop studentsâ ability to formulate scientific approach learning. The study was designed with the method to action research. Based on the results that have been obtained, can be concluded the application of the critical review of the 2013 book science teacher curriculum can develop studentsâ ability to formulate scientific approach learning.
PENGEMBANGAN ALAT PERAGA SEDERHANA EYE LENS TEMA MATA KELAS VIII UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN PESERTA DIDIK
C. Saputri, V. A.;
Dewi, N. R.
Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol 3, No 2 (2014): October 2014
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15294/jpii.v3i2.3108
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kelayakan alat peraga sederhana eye lens, serta untuk mengetahui apakah alat peraga sederhana eye lens dapat menumbuhkan keterampilan proses sains peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode Research and Develompment yang dikemukakan oleh Sugiyono dan dibatasi sampai tahap pengembangan saja. Hasil validasi memperoleh persentase 95,37% untuk validasi materi dan 88,89% untuk validasi media dengan masing-masing kriteria sangat layak. Untuk uji coba pemakaian dilakukan pada 32 peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri 5 Magelang, dengan hasil ketuntasan klasikal 87,5% yang menunjukkan alat peraga sederhana eye lens efektif digunakan dalam proses pembelajaran IPA. Kriteria keterampilan proses sains peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan alat peraga sederhana eye lens ialah sangat baik. This research aims to the characteristics and the feasibility of simple teaching aids eye lens, also to determine whether simple teaching aid eye lens can foster science process skill of learners. The research method in this study is Research and Development method from Sugiyono, this research is restricted until developmental stage only. The results of validation got percentage 95.37% for material validation and 88.89% for media validation with each of the criteria was very feasible. For the trial, 32 students from VIIIB SMP N 5 Magelang were given the treatment, with classical completeness results showed 87.5% which meant that this tool was effective to be used in the process of learning science. After receiving the treatment using eye lens, the results were very good. It can be concluded that there was an improvement of studentâs science process skill by using eye lens.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERKARAKTER PEDULI LINGKUNGAN TEMA âKONSERVASIâ BERPENDEKATAN SCIENCE-EDUTAINMENT
Taufiq, M.;
Dewi, N. R.;
Widiyatmoko, A.
Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol 3, No 2 (2014): October 2014
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15294/jpii.v3i2.3113
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran IPA terpadu berkarakter peduli lingkungan pada tema konservasi dengan pendekatan science-edutainment. Metode yang dipakai untuk mencapai tujuan yaitu melalui penelitian pengembangan (Development Research) yang diarahkan untuk mengembangkan media pembelajaran IPA terpadu berkarakter peduli lingkungan tema konservasi bagi siswa SMP, yang berupa puzzle, crossword maupun squareword berbasis TIK. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA terpadu tema konservasi mengalami peningkatan. Secara keseluruhan peningkatan (gain) hasil belajar sebesar 0,85 yang artinya peningkatannya dengan kriteria tinggi. Rata-rata total skor indikator karakter peduli lingkungan adalah 93,75 yaitu telah menunjukkan kriteria membudaya (MK) dikalangan siswa. The aim of this research is to develop a character integrated science learning media on the theme of conservation with science edutainment approach. The method used to achieve the goal of development through Research and Development (R and D) is directed to develop media integrated science learning environment characterized by caring conservation theme for junior high school students, in the form of puzzles, crossword and ICT-based squareword. The results of this study indicate that the integrated science learning outcomes increased conservation theme. Overall of the improvement (gain) learning outcomes of 0.85, means increase with height criteria. The average total score of the indicator is 93.75 environmentally conscious characters that have shown entrenched criteria (MK) among students.
KEEFEKTIFAN METODE SCHOOLYARD INQUIRY TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN SCIENCE VOCABULARY
Pamelasari, S.D.;
Khusniati, M.
Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol 3, No 2 (2014): October 2014
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15294/jpii.v3i2.3118
Tantangan yang harus dihadapi dalam mengajar Bahasa Inggris di pada mahasiswa selain jurusan Bahasa Inggris adalah tingkat pemahaman kosakata yang rendah. Hal tersebut berpengaruh pada pemahaman materi mereka, berdasarkan permasalahan tersebut metode schoolyard inquiry digagas untuk membantu meningkatkan pemahaman mereka dalam memahami science vocabulary sebagai metode alternative untuk membantu mereka belajar. Schoolyard inquiry adalah metode belajar kosakata secara mandiri di luar kelas. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemahaman science vocabulary mahasiswa Pendidikan IPA FMIPA Unnes mengingkat secara signifikan dan mencapai tingkat tinggi pada level pemahamannya. Melalui metode ini mahasiswa juga dapat mengintegrasikan pembelajaran Bahasa Inggris dengan metode saintifik. Mahasiswa juga memberikan respon positif terhadap metode schoolyard inquiry  ini. The challenge that should be faced of teaching English for non English department students is the low level of studentsâ vocabulary mastery. It affects their comprehension of material, therefore to help students to master the science vocabulary schoolyard inquiry method was proposed to be used as alternative method to improve studentsâ vocabulary mastery. Schoolyard inquiry is a method of independent learning that is conducted outside the class. The result showed that the studentsâ science vocabulary mastery improved significantly most of students reached high level of science vocabulary mastery. Through Schoolyard Inquiry method Students were be able to learn English by applying the scientific skill. The students also gave positive responses of learning vocabulary by using alternatif method of schoolyard inquiry.
KAWASAN WISATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (KWPLH) BALIKPAPAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR KONSERVASI
Ngabekti, S.
Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol 3, No 2 (2014): October 2014
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15294/jpii.v3i2.3109
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH) Balikpapan sebagai sumber belajar konservasi. Metode penelitian adalah metode survai instansional dan pengamatan lapangan. Berdasarkan hasil pengamatan lapangan, pengelolan enklosur beruang madu seperti di habitat alami, dan aktivitasnya dapat diamati oleh masyarakat sebagai sumber belajar konservasi. Analisis dokumen buku tamu (2012) menunjukkan KWPLH Balikpapan dikunjungi oleh 50.000 â 70.000 orang. Pendapat pengunjung secara ringkas dapat disimpulkan bahwa KWPLH Balikpapan merupakan tempat yang nyaman untuk belajar dan berpotensi bagus untuk memperoleh pengetahuan, dan upaya pelestarian beruang madu beserta habitatnya. This study aims to assess Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH) Balikpapan as a learning resource of conservation. The research method is institutional survey and field observation. Based on field observations, such as the management of bearâs enclosure in their natural habitat, and its activity can be observed by the community as a learning resource of conservation. Analysis of guest book documents (2012) indicated that KWPLH Balikpapan visited by 50,000-70,000 people. Opinions from visitors briefly can be concluded that KWPLH Balikpapan is a comfortable place to learn and have a good potential to acquire knowledge, and the effort to conserve sun bears and their habitat.
PENGEMBANGAN SCIENCE COMIC BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA TEMA BUNYI DAN PENDENGARAN UNTUK SISWA SMP
Fatimah, F.;
Widiyatmoko, A.
Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol 3, No 2 (2014): October 2014
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15294/jpii.v3i2.3114
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kelayakan dan keefektifan media science comic berbasis PBL pada tema bunyi dan pendengaran. Jenis penelitian ini merupakan R and D (Research and Development). Hasil penilaian pakar terhadap science comic berbasis PBL memperoleh kriteria sangat layak dengan persentase penilaian pakar media sebesar 95,83%, pakar materi sebesar 95,37%, dan pakar bahasa sebesar 99,07%. Hasil belajar siswa meningkat dengan kategori sedang dengan nilai N-gain sebesar 0,62. Selain itu, kemampuan berpikir siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan berdasarkan perhitungan t test dengan nilai thitung> ttabel (22,4>1,68). This research gives countenance to curriculum 2013 with development science comic based PBL on sound and hearing. This research type is R and D (Research and Development). The validation result shows that science comic has very feasible as a learning media by score percentage from medium expert at 95.83%, material expert at 95.37%, and language expert at 99.07Studentâs learning outcome increases in average category which showed from N-gain score at 0.62. In addition, studentâs critical thinking skill increases significanly by score of tscore > ttabel (22.4>1.68).
PEMBELAJARAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES BERBANTUAN POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA
Susanti, R.
Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol 3, No 2 (2014): October 2014
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15294/jpii.v3i2.3110
Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui pembelajaran model examples non examples dengan berbantuan powerpoint. Model pembelajaran examples non examples adalah suatu model pembelajaran yang menggunakan gambar yang sesuai dengan kompetensi dasar. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat kenaikan rata-rata nilai dan prosentase ketuntasan belajar. Pada siklus 3 siswa yang tuntas 80,4 %, sesuai dengan ketercapaian indikator keberhasilan yang ditetapkan. Berdasarkan hasil yang telah dicapai maka dapat disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan model examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar IPA. The objective of the research is to increase the result of learning Science through learning model of âexamples non examplesâ with power point. learning model of âexamples non examplesâ is a learning model which uses pictures related to basic competence. The result of the research obtains the increase score and the percentage of learning exhaustiveness. On the third cycle, the student learning exhaustiveness obtains 80,4 %. It refers to the success indicator established. The conclusion is that through learning model of âexamples non examplesâ can increase the result of Science learning.
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN MEDIA KULTUR JARINGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KREATIVITAS SISWA KELAS XII IPA2 SMA NEGERI 1 BANGSRI
Yahya, N.
Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol 3, No 2 (2014): October 2014
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15294/jpii.v3i2.3115
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan kreativitas dalam pembelajaran berbasis proyek berbantuan media kultur jaringan. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat secara signifikan dari 31,50% prasiklus, 79,79% siklus I dan 90,14% pada siklus II. Kreativitas belajar siswa meningkat secara signifikan dari 58,70% prasiklus, 77,29% siklus I dan 85,10% pada siklus II. Dan kreativitas produk kultur jaringan juga meningkat secara signifikan dari 0% prasiklus, 72,42% siklus I dan 83,33% pada siklus II. This study aims to improve the activity and creativity in project-based learning-assisted tissue culture media. Data were analyzed with descriptive analysis techniques. The results showed that studentsâ learning activities increased significantly from prasiklus 31.50%, 79.79% and 90.14% first cycle in the second cycle. Creativity of students increased significantly from prasiklus 58.70%, 77.29% and 85.10% first cycle, the second cycle. Tissue culture and creativity products also increased significantly from 0% prasiklus, 72.42% and 83.33% first cycle in the second cycle.
ELEMEN BERNALAR TUJUAN PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN METAKOGNITIF SISWA SMP
Patonah, S.
Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol 3, No 2 (2014): October 2014
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15294/jpii.v3i2.3111
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan pembelajaran IPA menggunakan pendekatan metakognitif untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah triangulasi mix method design. Dari hasil pengamatan, sejumlah 6 kelompok telah merespon pertanyaan, sehingga semua dapat dikatakan telah berpikir kritis karena dapat menginterpretasikan hasil pengamatan pada video dan dapat mempertimbangkan hasil percobaan sebelumnya. Penerapan pembelajaran IPA dengan pendekatan metakognitif dapat membuat siswa berpikir tentang perencanaan kerja sampai dengan pemecahan masalah yang dihadapi The purpose of this study is to develop a learning science using metacognitive approach to enhance the ability of critical thinking in students . The research method used is triangulation mixed method design. From the results, a number of 6 groups have responded to the question , so that all can be said to have critical thinking because it can interpret the results of observations on video and can consider the results of previous experiments. The application of science learning with metacognitive approach can make students think about the planning work to solving those problems.