cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 23 Documents
Search results for , issue " Semester Ganjil 2015/2016" : 23 Documents clear
“SISTEM INFORMASI PREDIKSI JUMLAH KEBUTUHAN BAHAN PRODUKSI PADA PT. AGARICUS SIDO MAKMUR SENTOSA MENGGUNAKAN METODE EXPONENTIAL SMOOTHING ”. I Gede Ngurah Eka Septiawan, Muhammad Priyono Tri S.
Jurnal Fakultas Teknologi Informasi Semester Ganjil 2015/2016
Publisher : Jurnal Fakultas Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKUntuk memenuhi pelayanan dalam proses jasa industri, PT. Agaricus Sido Makmur Sentosa (ASIMAS) memerlukan persediaan bahan-bahan produksi seperti kapsul dan tablet untuk kebutuhan tiap periodenya. Efisiensi waktu dalam mengetahui prediksi jumlah kebutuhan bahan produksi sangat penting untuk dilakukan, karena produksi merupakan kegiatan dasar suatu perusahaan dalam menghasilkan suatu produk yang layak untuk dipasarkan kepada masyarakat, dan mendapatkan keuntungan. Kepercayaan masyarakat terhadap produk yang telah diproduksi pun akan semakin meningkat. Keputusan dalam menentukan jumlah kebutuhan bahan produksi pun dapat cepat dilakukan perusahaan.Berdasarkan uraian tersebut maka perlu dibangun sistem informasi prediksi kebutuhan bahan produksi pada PT. Agaricus Sido Makmur Sentosa (ASIMAS) dan menerapkan metode exponential smoothing pada sistem tersebut, sehingga dapat mengefisienkan waktu perusahaan dalam mengetahui prediksi jumlah kebutuhan bahan produksi.Kata Kunci: Prediksi, Kebutuhan Bahan Produksi, Exponential Smoothing.ABSTRACTTo fulfill the service in the services industry, PT. Agaricus Sido Makmur Sentosa (ASIMAS) require a supply of materials such as capsule and tablet production to needs of each period. Efficiency time in knowing the predicted number of production material requirements is very important to do, because the production is the basic activity of a company in producing a viable product to be marketed to the public, and making a profit. Public confidence in the products that have been produced will increase. Decision in determining the amount of production material requirements can be quickly done by the company.Based on the description it is necessary to build predictive information system needs of material production at PT. Agaricus Sido Makmur Sentosa (ASIMAS) and apply exponential smoothing method in the system, so that the company can minimize the time in knowing the prediction of the amount of production material requirements.Keywords: Prediction, Production Material Requirements, Exponential Smoothing
“SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PREDIKSI PEMASARAN PENJUALAN MOBIL BERDASARKAN KEBUTUHAN PELANGGAN DENGAN METODE WEIGHTED PRODUCT”. Bagus Tirto Budiwaluyo/, wiji setiyaningsih
Jurnal Fakultas Teknologi Informasi Semester Ganjil 2015/2016
Publisher : Jurnal Fakultas Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 ABSTRAK PT  Bumen  Redja  Abadi  yang  merupakan salah  satu  cabang  bisnis  otomotif  bermerek  Mitsubishi  ingin  selalu  berusaha memberikan  yang  terbaik  untuk  masyarakat  khususnya  di   Malang, ditemukan suatu permasalahan dalam menentukan tipe atau jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan di daerah yang akan menjadi target lokasi pemasaran. Dalam hal ini yang dimaksudkan adalah bagaimana menentukan tipe atau jenis mobil yang tepat untuk dibawa ke sebuah pameran yang terletak pada daerah yang telah ditentukan sesuai dengan data penjualan sebelumnya pada pelanggan yang bertempat tinggal di daerah tersebut.Penentuan tipe atau jenis mobil di masa mendatang ini berdasarkan pada banyak kriteria sehingga metode sistem pengambilan keputusan yang sesuai untuk digunakan pada aplikasi ini adalahMetode Weighted Product. Beberapa kriteria yang digunakan dalam perhitungan ini adalah: harga mobil, tipe mobil, kapasitas penumpang, kapasitas silinder, penggunaan bbm, ukuran bagasi, jenis kantong udara, tipe setir, tipe audio, jenis velg.Berdasarkan hasil pengujian bahwasannya dalam penentuan tipe atau jenis mobil dengan Metode Weighted Product (Studi Kasus PT. Bumen Redja Abadi Malang) dapat berjalan sesuai yang diharapkan dalam meramalkan tipe atau jenis mobil yang diinginkan oleh pelanggan secara efektif. Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Prediksi Penjualan, Weighted Product. ABSTRACT PT. Bumen Redja Abadi is one of the automotive business branch of Mitsubishi. This company always wants to provide the best service for the community, especially in Malang. There is a problem in determining types and series of cars that suit to customer needs in some area of the marketing location target. Company determines the types or series of the right car to be brought to an exhibition in some areas where have been determined based on previous sales data on customers.Determination of types or series of cars is based on many criteria. Method of making decision system that appropiates for this application is Weighted Product method. Some of the criteria used in this calculation are: the price of the car, type of car, passenger capacity, cylinder capacity, fuel use, the size of trunk, the type of air bag, steering wheel type, audio type, type of wheels.According to the test results in determination of the types or series of cars Weighted Product Method (Case Study PT. Bumen Redja Abadi Malang) can work effectively as expected in predicting the type of cars. Keywords:Decision Support Systems, Predictionof Sale, WeightedProduct
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA GURU DI MA DARUL HABIBI NW PAOK TAWAH, MENGGUNAKAN METODE ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS (AHP). Muhamad Mujayyid/Mohc Aksan, Mohc.Aksan
Jurnal Fakultas Teknologi Informasi Semester Ganjil 2015/2016
Publisher : Jurnal Fakultas Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penilaian kinerja guru tentunya sangat penting dilakukan dalam suatu sekolah dengan penialaian ini dapat di ketahui sejauh mana target yang sebelumnya direncanakan tercapai atau belum. Tugas dan peran guru dalam mentranformasikan segala input pendidikan. Tetapi saat ini masih sangat sulit untuk mengetahui realita tentang seberapa berkualitasnya seorang guru. Jangankan mengetahui kualitas seorang guru secara pasti, untuk mendapatkan data real terkait performa guru di hadapan peserta didik pun tidaklah mudah. Bahkan, seorang kepala sekolah dan pengawas yang notabene kerap melakukan penilaian sulit mendapatkan hasil yang akurat. dan ini adalah masalah yang di hadapi oleh lembaga sekolah terutama di MA Darul Habibi NW (Nahdatul Wathan) Paok Tawah. Untuk mengatasi permasalahan di atas maka dibuatlah sistem pendukung keputusan penilaian kinerja guru berbasis Web, di MA Darul Habibi NW Paok Tawah menggunakan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP). Dengan adanya sistem ini pengambil keputusan dapat dengan cepat melakukan penilaian kinerja terhadap para guru. Kata Kunci : Sistem pendukung keputusan, Analitycal Hierarchy Process (AHP), penilaian kinerja guru. ABSTRACT Teacher performance assessment is very important to be done for knowing howfar planned target is achieved. Taks and role of teachers is transform any education input. Education expert con cludes that the quality of education will be achieved, if quality of teachers is inproved. But it is still difficult to know the real quality of teacher. Beside that to obtain real data releated to the performance of teachers is not easy. In fact principal and supervisor are difficult to get accurate result for assessment. This is problem faced by school especially in MA Darul Habibi NW (Nahdlatul Wathan) Paok Tawah. To solve these problems the Web-based decision support system of teacher performance assessment using Analitycal Hierarchy Process (AHP) is made. This system can be used by decision-makers to judge quickly the performance of the teachers.Keywords: Decision Support Systems, Analytical Hierarchy Process (AHP), teacher performance assessment.
APLIKASI PENDUKUNG PENGETAHUAN PENINGGALAN SEJARAH CANDI JAWA DENGAN KONSEP ADVENTURE GAME PADA SISWA SDF AL-FALAH KELAS V BERBASIS ANDROID Harul umam, Amak yunus
Jurnal Fakultas Teknologi Informasi Semester Ganjil 2015/2016
Publisher : Jurnal Fakultas Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakMempelajari sejarah saat ini juga sudah diberikan di bangku Sekolah Dasar (SD), tetapikadang ada siswa yang kurang menanggapi mata pelajaran yang ada di dalam kelas. Siswa yangmasih duduk di bangku sekolah dasar senang terhadap permainan, kehidupan anak sulitdipisahkan dari dunia permainan namun disisi lain permaian juga mempunyai sisi negatifterhadap perkembangan kognitif anak, apalagi saat ini permainan banyak dijumpai di beberapagadget lebih-lebih sistem operasi Andiroid yang banyak di jumpai dan apabila salah dalammemilih permainan maka anak akan sulit untuk berkembang. Game aplikasi ini dapat mencapaitujuan sesuai dengan masalah yang di hadapi siswa sekolah dasar yaitu dengan dibuatnya gameedukasi tentang candi yang merupakan peninggalan sejarah di tingkat sekolah dasar gunamenambah pengetahuan peninggalan sejarah yang berupa candi dan nantinya siswa-siswisekolah dasar kelas V tidak hanya bisa belajar di dalam kelas namun di luar kelas juga. Dalamgame aplikasi ini siswa diajak untuk menyelesaikan misi mencari candi-candi yang ada di pulaujawa dengan melewati beberapa rintangan pada masing-masing stage seperti berjalan melewatibebatuan, mengambil koin bintang, kuis sejarah, memecahkan puzzle dan melewati berbagaimacam rintangan karena konsep permainan ini Adventure Game sehingga memberikan kesaneasy FUN playing bagi user.Kata Kunci : Android, Aplikasi, Candi, Adventure GameAbstractToday, history subject has been taught in Elementary School (SD), but sometimes somestudents do not care about subject in the classroom. Students in elementary school tend to likeplaying. Childhood are difficult to be separated from playing, but game also have a negativeside to influence the cognitive development of children. Many games are often found in somegadgets, for example : the device using Android operating system. They should choose gamecarefully, otherwise their psychological development has problem. This application developedcan achieve the objectives to overcome the problems of primary school students. Thiseducational game has knowledge about historical relics such as temples. The primary schoolstudents especially the fifth grade are not only to learn in the classroom, but also outside theclassroom as well. In this game, the students are encouraged to complete the mission by seekingtemples on the Java island and passing some obstacles at each stage: walking through therocks, taking the star coins, and history quiz, solving puzzles. The concept is Adventure, thusthis impression of game is easy and fun for user.Keywords : Android, Aplication, Temple, Adventure Game
PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN CALON PEMBELI KREDIT SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN K-MEANS CLUSTERING Surya Adiatmaja Permana, Syahminan
Jurnal Fakultas Teknologi Informasi Semester Ganjil 2015/2016
Publisher : Jurnal Fakultas Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKDi era saat ini teknologi dari tahun ke tahun semakin berkembang, pemanfaatan teknologi dengan media komputerisasi sudah memasyarakat di setiap aspek kehidupan manusia. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat ini, dunia bisnis sepeda motor (dealer) akan mendapatkan dampak akan komputerisasi. Salah satu bidang yang menerima dampaknya salah satunya dealer sepeda motor dengan sistem kredit.Maka dari itu penulis membuat untuk mempermudah pengambilan keputusan untuk perkreditan sepeda motor. Aplikasi disajikan dengan tampilan yang sederhana agar mudah digunakan bagi pengguna untuk memudahkan pengambilan keputusan calon kredit sepeda motor menggunakan metode K-Means Clustering. Dimana metode ini memiliki kemampuan untuk mengelompokkan data secara tepat dan akurat.Kata kunci : K-Means Clustering, Kredit Sepeda motor.ABSTRACTIn the current era, technology grows year to year.Technology with computerized media has been popular in the community in every aspect of human life. By increasing rapid development of technology, the world of motorcycle business will will receive the impact to be computerized. One area that receives that impact is motorcycle dealer with a credit system.Thus the author made decision system to facilitate for lending motorcycles. Applications is presented with a simple display for simplying to make decision to choos loan candidate motorcycle by using K-means Clustering. This method has ability to group data appropriately and accurately.Keyword : K-Means Clustering, credit, motorcycle
APLIKASI LOCATED BASED SERVICE UNTUK MENUNJUKKAN TRAYEK BAGI PENGGUNA ANGKUTAN UMUM DI KOTA MALANG BERBASIS ANDROID Moh. Sulhan, Yudha Ardi Nugroho/
Jurnal Fakultas Teknologi Informasi Semester Ganjil 2015/2016
Publisher : Jurnal Fakultas Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKBanyaknya trayek angkutan yang ada di  Kota Malang  timbul bebagai masalah seperti kesalahan dalam memilih trayek angkutan banyak oknum-oknum supir angkutan yang memberikan tarif angkutan lebih tinggi dari tarif normal hal ini sering dilakukan terhadap wisatawan-wisatawan asing yang berkunjung ke Kota Malang.Untuk membantu mengatasi masalah tersebut, dirancang aplikas  located based service  untuk menunjukkan trayek bagi pengguna angkutan umum di  Kota Malangberbasi android, aplikasi ini memberikan jalur trayek angkutan dan informasi trayek kepada pengguna angkutan umum di Kota Malang.Kata Kunci : LBS, trayek angkutan, androidABSTRACKMany transportation routes in Malang city arise problem such as errors in selecting a suitable route from many transportation routes that give highes rates than the normal rates. It is often made to the foreign tourists who visit to Malang.To overcome these problems,  application using located based service is designed to select the route for public transport users in Malang besed on androd. This application provides transportation route lines, fares and route information to users of public transport in Malang
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENJURUSAN DI SMA MENGGUNAKAN METODE NEURAL NETWORK BACKPROPAGATION ( STUDI KASUS SMA ISLAM KEPANJEN MALANG ) Danang Aditya Nugraha, Wiwik Retnowati/
Jurnal Fakultas Teknologi Informasi Semester Ganjil 2015/2016
Publisher : Jurnal Fakultas Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKKemajuan dari teknologi khususnya teknologi informasi sekarang ini semakin berkembang dengan pesat sehingga banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang .Teknologi informasi pun  telah diterapkan dalam metode penjurusan bagi siswa SMA dengan berbasis aplikasi dekstop. Proses penjurusan dilakukan untuk pemilihan konsentrasi sesuai dengan bakat dan kemampuan setiap siswa. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan oleh penulis berupa  wawancara langsung kepada guru BK SMA Islam Kepanjen memperoleh beberapa hal antara lain : Pengambilan jurusan yang dilakukan memakan waktu yang cukup lama, Pengambilan  jurusan juga mengacu pada sistem yang sudah diberikan oleh kurikulum dan berpatok pad a tiga komponen yaitu tes IQ, minat dan nilai  akademis siswa. Masalah tersebut yang melatar  belakangi pembuatan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penjurusan di SMA Menggunakan Metode Neural Network Backpropagation ( Study kasus SMA Islam Kepanjen).Aplikasi sistem pendukung keputusan ini dibuat dengan menggunakan aplikasi java netbeans 7.4. Dari pembuatan aplikasi sistem pendukung keputusan yang menggunakan metode neural network backpropagation ini dihasilkan sebuah penentuan penjurusan dengan mempertimbangkan minat dan kemampuan siswa tidak hanya berpacu pada nilai saja .Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa Sistem Pendukung keputusan penjurusan SMA dengan metode neural network baskpropagation ini telah berhasil dibuat.Kata kunci : DSS, Neural Network Backpropagation, Penjurusan SMA, Java NetbeansABSTRACTAdvancement of technology, especially information technology today is growing rapidly so widely used in various fields. Information technology has also been applied in the method of majors for students with a high school-based desktop applications. The process for the selection of majors conducted in accordance with the concentration of talents and abilities of each student. Based on the observations made by  the author in the form of interviews to teachers BK SMA Islam Kepanjen acquire several things, among others: Decision majors do take quite a long time, Intake Department also refers to a system that already provide d by the curriculum and the three components of the test IQ, and academic interests of students. The problem that the background for the manufacture of Decision Support Systems majors in high school Determination Method Using Backpropagation Neural Network (SMA case Study of Islam Kepanjen). This decision support system applications created using netbeans 7.4 java applications. From the making of the decision support system application using the backpropagation neural network method produced a determination majors taking into account the interests and abilities of students not only raced on value alone. Based on the research that has been done it is concluded that a decision support system with a high school majors baskpropagation neural network method has been successfully created.Keywords: DSS, Neural Network Backpropagation, high school majors, Java Netbeans
“SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PREDIKSI PEMASARAN PENJUALAN MOBIL BERDASARKAN KEBUTUHAN PELANGGAN DENGAN METODE WEIGHTED PRODUCT”. Wiji Setiyaningsih, Bagus Tirto Budiwaluyo/
Jurnal Fakultas Teknologi Informasi Semester Ganjil 2015/2016
Publisher : Jurnal Fakultas Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK PT  Bumen  Redja  Abadi  yang  merupakan salah  satu  cabang  bisnis  otomotif  bermerek  Mitsubishi  ingin  selalu  berusaha memberikan  yang  terbaik  untuk  masyarakat  khususnya  di   Malang, ditemukan suatu permasalahan dalam menentukan tipe atau jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan di daerah yang akan menjadi target lokasi pemasaran. Dalam hal ini yang dimaksudkan adalah bagaimana menentukan tipe atau jenis mobil yang tepat untuk dibawa ke sebuah pameran yang terletak pada daerah yang telah ditentukan sesuai dengan data penjualan sebelumnya pada pelanggan yang bertempat tinggal di daerah tersebut.Penentuan tipe atau jenis mobil di masa mendatang ini berdasarkan pada banyak kriteria sehingga metode sistem pengambilan keputusan yang sesuai untuk digunakan pada aplikasi ini adalahMetode Weighted Product. Beberapa kriteria yang digunakan dalam perhitungan ini adalah: harga mobil, tipe mobil, kapasitas penumpang, kapasitas silinder, penggunaan bbm, ukuran bagasi, jenis kantong udara, tipe setir, tipe audio, jenis velg.Berdasarkan hasil pengujian bahwasannya dalam penentuan tipe atau jenis mobil dengan Metode Weighted Product (Studi Kasus PT. Bumen Redja Abadi Malang) dapat berjalan sesuai yang diharapkan dalam meramalkan tipe atau jenis mobil yang diinginkan oleh pelanggan secara efektif. Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Prediksi Penjualan, Weighted Product. ABSTRACT PT. Bumen Redja Abadi is one of the automotive business branch of Mitsubishi. This company always wants to provide the best service for the community, especially in Malang. There is a problem in determining types and series of cars that suit to customer needs in some area of the marketing location target. Company determines the types or series of the right car to be brought to an exhibition in some areas where have been determined based on previous sales data on customers.Determination of types or series of cars is based on many criteria. Method of making decision system that appropiates for this application is Weighted Product method. Some of the criteria used in this calculation are: the price of the car, type of car, passenger capacity, cylinder capacity, fuel use, the size of trunk, the type of air bag, steering wheel type, audio type, type of wheels.According to the test results in determination of the types or series of cars Weighted Product Method (Case Study PT. Bumen Redja Abadi Malang) can work effectively as expected in predicting the type of cars. Keywords:Decision Support Systems, Predictionof Sale, WeightedProduct.
APLIKASI PENDUKUNG PENGETAHUAN PENINGGALAN SEJARAH CANDI JAWA DENGAN KONSEP ADVENTURE GAME PADA SISWA SDF AL-FALAH KELAS V BERBASIS ANDROID Amak Yunus, Herul Makmun/
Jurnal Fakultas Teknologi Informasi Semester Ganjil 2015/2016
Publisher : Jurnal Fakultas Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakMempelajari sejarah saat ini juga sudah diberikan di bangku Sekolah Dasar (SD), tetapi kadang ada siswa yang kurang menanggapi mata pelajaran yang ada di dalam kelas. Siswa yang masih duduk di bangku sekolah dasar senang terhadap permainan, kehidupan anak sulit dipisahkan dari dunia permainan namun disisi lain permaian juga mempunyai sisi negatif terhadap perkembangan kognitif anak, apalagi saat ini permainan banyak dijumpai di beberapa gadget  lebih-lebih sistem operasi  Andiroid  yang banyak di jumpai dan  apabila salah dalam memilih permainan maka anak akan sulit untuk berkembang. Game  aplikasi  ini dapat mencapai tujuan sesuai dengan masalah yang di hadapi siswa sekolah dasar yaitu dengan dibuatnya gameedukasi tentang  candi  yang merupakan peninggalan sejarah di tingkat sekolah dasar guna menambah pengetahuan peninggalan sejarah yang berupa  candi  dan nantinya siswa-siswi sekolah dasar kelas V tidak hanya bisa belajar di dalam kelas namun di luar kelas juga. Dalam game aplikasi ini siswa diajak untuk menyelesaikan misi mencari candi-candi yang ada di pulau jawa dengan melewati beberapa rintangan pada masing-masing  stage  seperti berjalan melewati bebatuan, mengambil koin bintang, kuis sejarah, memecahkan  puzzle  dan melewati berbagai macam rintangan  karena konsep permainan ini  Adventure Game  sehingga memberikan kesan easy FUN playing bagi user. Kata Kunci : Android, Aplikasi, Candi, Adventure GameAbstractToday,  history subject has been taught in Elementary School (SD), but sometimes some students do not care about subject in the classroom. Students in elementary school  tend  to like playing. Childhood  are  difficult to be separated from playing, but  game  also have  a negative side to influence the cognitive development of children. Many games are often found in somegadgets, for example : the device using Android operating system. They should choose game carefully, otherwise their psychological development has  problem.  This  application developed can achieve the objectives to overcome the problems of primary school students. This educational game has knowledge about  historical relics  such as  temples.  The  primary schoolstudents especially the fifth grade are not  only to  learn in the classroom, but  also  outside the classroom as well. In this game, the students are encouraged to complete the mission by seeking temples on the  Java  island  and passing  some obstacles at each stage: walking through the rocks, taking  the  star coins, and history quiz, solving  puzzles. The concept  is  Adventure, thus this impression of game is  easy and fun for user.Keywords : Android, Aplication, Temple, Adventure Game
“SISTEM INFORMASI PREDIKSI JUMLAH KEBUTUHAN BAHAN PRODUKSI PADA PT. AGARICUS SIDO MAKMUR SENTOSA MENGGUNAKAN METODE EXPONENTIAL SMOOTHING ” Muhammad Priyono Tri S., I Gede Ngurah Eka Septiawan/
Jurnal Fakultas Teknologi Informasi Semester Ganjil 2015/2016
Publisher : Jurnal Fakultas Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKUntuk memenuhi pelayanan dalam proses jasa industri, PT. Agaricus Sido Makmur Sentosa (ASIMAS) memerlukan persediaan bahan-bahan produksi seperti kapsul dan tablet untuk kebutuhan tiap periodenya. Efisiensi waktu dalam mengetahui prediksi jumlah kebutuhan  bahan produksi sangat penting untuk dilakukan, karena produksi merupakan kegiatan dasar suatu perusahaan dalam menghasilkan suatu produk yang layak untuk dipasarkan kepada masyarakat, dan mendapatkan keuntungan. Kepercayaan masyarakat terhadap produk yang  telah diproduksi pun akan semakin meningkat. Keputusan dalam menentukan jumlah kebutuhan bahan produksi pun dapat cepat dilakukan perusahaan. Berdasarkan uraian tersebut maka perlu dibangun sistem informasi prediksi kebutuhan bahan produksi pada PT. Agaricus Sido Makmur Sentosa (ASIMAS) dan menerapkan metode  exponential smoothing  pada sistem tersebut, sehingga dapat mengefisienkan waktu perusahaan dalam mengetahui prediksi jumlah kebutuhan bahan produksi.Kata Kunci: Prediksi, Kebutuhan Bahan Produksi, Exponential Smoothing.ABSTRACTTo  fulfill the service  in  the  services  industry,  PT.  Agaricus  Sido  Makmur  Sentosa  (ASIMAS) require a supply of materials such as capsule and tablet production to needs of each period. Efficiencytime  in knowing the  predicted number  of production  material requirements  is very  important to do, because the production is the basic activity of a company in producing a viable product to be marketedto the public,  and making  a profit.  Public confidence in the  products that  have been produced  willincrease. Decision in determining  the amount of production material requirements can be quickly done by the company. Based on the description  it  is necessary to build  predictive  information  system  needs of  materialproduction at PT. Agaricus Sido Makmur Sentosa (ASIMAS) and apply exponential smoothing methodin  the system,  so that the  company  can  minimize the time  in knowing the  prediction of  the amount ofproduction material requirements.Keywords: Prediction, Production Material Requirements, Exponential Smoothing

Page 1 of 3 | Total Record : 23