cover
Contact Name
Dr. Makherus Sholeh, M.Pd.I
Contact Email
aladzka@uin-antasari.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
ratnakartika@uin-antasari.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota banjarbaru,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
ISSN : 20889801     EISSN : 2597937X     DOI : -
Core Subject : Education, Art,
Journal Al Adzka Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah have a number p-ISSN: 2088-9801 and e-ISSN:2597-937X Al-Adzka is a Journal that published scientific study of research results on primary education which contributes to the understanding, development of theories and concepts of elementary education, as well as its application to the education of madrasah Ibtidaiyah in Indonesia. Journal of Al-Adzka check plagiarisme Quetext.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 2 (2019): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah" : 6 Documents clear
Media Pembelajaran Powtoon Terintegrasi Nilai-Nilai Agama pada Pembelajaran IPA untuk Mengembangkan Karakter Ayu, Dwi Gusti; Triwoelandari, Retno; Fahri, Muhammad
Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 9 No. 2 (2019): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Departemen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/aladzkapgmi.v9i2.3088

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Powtoon pada pembelajaran IPA yang terintegrasi nilai-nilai agama terhadap karakter disiplin siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian quasi eksperiment dengan desain before-after control group. Penelitian ini dilaksanakan di tiga sekolah berbeda dengan kategori baik (A), Sedang (B), Kurang (C). Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi karakter disiplin siswa dan dianalisis menggunakan uji t dengan bantuan SPSS 20 for windows. Hasil obervasi awal pada kelompok eksperimen sekolah kategori A,B,C masing-masing adalah 20,07; 18,62; 20,35 dan untuk kelompok kontrol masing-masing adalah 18,05; 18,31; 17,91. Hasil observasi akhir pada kelompok eksperimen masing-masing adalah 30,86; 31,85; 31,65 dan untuk kelompok kontrol masing-masing adalah 25,79; 26,92; 26,87. Hasil observasi awal dan akhir secara keseluruhan kelompok eksperimen adalah 31,51; sedangkan kelompok kontrol 26,53. Hasil uji t menunjukan bahwa media pembelajaran Powtoon terintegrasi nilai-nilai agama pada pembelajaran IPA dapat mengembangkan karakter disiplin siswa.
Analisis Adversity Quotient Mahasiswa PGMI dalam Mengatasi Masalah Rahmawati, Rahmawati
Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 9 No. 2 (2019): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Departemen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/aladzkapgmi.v9i2.3122

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat Adversity Quotient mahasiswa PGMI Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa PGMI, sedangkan sampel penelitian adalah 15% (104 mahasiswa). Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data dengan mendistribusikan kuesioner skala Adversity Quotient. Setelah data terkumpul dilakukan kategorisasi, penilaian dan interpretasi kemudian dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis interpretasi data mengenai analisis tingkat AQ mahasiswa PGMI berada pada tingkat yang sangat tinggi yaitu 9,61% (10 subjek), AQ yang tinggi adalah 83,65% (87 subjek), level yang tersisa dari tingkat Adversity Quotient rendah adalah 6,73% (7 subjek) dan tidak ada subjek yang memiliki Adversity Quotient dalam kategori sangat rendah. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa sebagian besar subjek penelitian memiliki Adversity Quotient yang tinggi, artinya sebagian besar subjek penelitian memiliki kemampuan tinggi untuk bertahan dan mengatasi kesulitan dan tantangan hidup yang dihadapi.
Program Sekolah Adiwiyata dalam Pengembangan Sosio-Emosional Anak Usia Dasar di SDN Ngupasan Yogyakarta Majdi, Muhammad
Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 9 No. 2 (2019): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Departemen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/aladzkapgmi.v9i2.3246

Abstract

Perkembangan sosial emosional yang positif atau baik merupakan prediktor untuk kesuksesan dalam bidang akademik, kognitif, sosial dan emosional dalam kehidupan anak selanjutnya. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ngupasan Yogyakarta agar peneliti dapat melihat sejauh mana hasil pencapaian dari program Adiwiyata dalam pengembangan sosio emosional anak. Jenis penelitian ini adalah Field research menggunakan Pendekatan Kualitatif dan metode diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program sekolah Adiwiyata meliputi (1) Kebijakan berwawasan lingkungan. (2) Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan. (3) Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif. (4) Pengelolaan sarana pendukung ramah lngkungan. Kontribusi dari Implementasi Program Sekolah Ramah Lingkungan dalam pengembangan sosio emosional anak usia dasar adalah anak mampu mengontrol emosi, membantu dan senang bekerjasama serta bertanggung jawab, responsif, dapat memainkan permainan memakai aturan dan dapat menciptakannya, peduli, sensitif, lebih percaya dan mandiri, terikat pada figur orang tua.
Menumbuhkan Sikap Sosial melalui Pembelajaran IPS pada Peserta Didik SD Home Schooling Primagama Banjarmasin Huriyah, Huriyah
Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 9 No. 2 (2019): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Departemen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/aladzkapgmi.v9i2.3273

Abstract

Abstract This study aims to foster social attitudes through social studies learning in students at Banjarmasin Primagama Home Schooling. The researcher used qualitative research method. Data collection techniques were field observations, interviews, documentation, and triangulation. Data analysis in this study used an interactive model analysis, namely data reduction, data presentation, and conclusion. Based on the results of the study, it can be seen (1) that social studies learning at  Banjarmasin Primagama  Home Schooling can foster students' social attitudes by teaching instructors to provide social studies based on relevant, systematic, and infrastructure resources in accordance with the learning and community environment. (2) that instructors and psychologists evaluate the learning outcomes and the development of students' behavior so that they can foster social attitudes of students with a home schooling system.
Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam melalui Model Pembelajaran Team Assisted Individualization pada Siswa Kelas V SDN Mekar Sari Muhiddin, Muhiddin
Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 9 No. 2 (2019): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Departemen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/aladzkapgmi.v9i2.3376

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PAI melalui model pembelajaran TAI pada materi Kisah Khalifah Abu Bakar R.A. Pada penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, yang menggunakan dua siklus dengan 4 tahapan pada masing-masing siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi pada aktivitas guru dan siswa dan tes hasil belajar siswa. Instrumen aktivitas guru dan siswa untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan tindakan keaktifan saat pembelajaran, serta diadakan tes pada tiap pertemuan di tiap siklus. Pada dua keterlaksanaan aktivitas guru mendapat kualifikasi ‘baik sekali’. Aktivitas siswa didominasi keaktifan kategori sangat aktif dan aktif. Ketuntasan hasil belajar klasikal 57.14% dicapai pada pertemuan kesatu dan kedua, 71.43% pada pertemuan ketiga, 78.57%  pada pertemuan keempat mencapai 92.86%. Penggunaan TAI (Team Assisted Individualization)  dapat meningkatkan keaktifan guru dan siswa serta hasil belajar siswa pada Kisah Khalifah Abu Bakar R.A. di SDN Pelajaran 2018/2019.
Peningkatan Hasil Belajar Tema Kegemaran Menggunakan Model Pembelajaran Integrated pada Siswa Kelas III SDN Manarap Tengah 1 Rohana, Rohana
Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 9 No. 2 (2019): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Departemen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/aladzkapgmi.v9i2.3377

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan Integrated yang dicapai setelah pembelajaran tersebut. Pembelajaran Integrated sebagai strategi yang memfasilitasi siswa untuk mencari, menemukan konsep-konsep pengetahuan dalam konteks yang nyata atau faktual namun tetap dibawah bimbingan guru. Langkah-langkah utama dalam kegiatan pembelajaran Integrated adalah penyajian masalah oleh guru, siswa menetapkan hipotesis, siswa mengumpulkan data melalui analisis data temuan serta menyimpulkan hasil temuan. Metode penelitian menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Manarap Tengah 1. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data lembar observasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif berdasarkan rumus dan kriteria yang ditentukan. Aktivitas siswa pada pembelajaran didominasi keaktifan ‘baik’ dan ‘baik sekali”. Ketuntasan hasil belajar klasikal 53,57% dicapai pada pertemuan pertama dan kedua sebesar 67,86%; ketiga sebesar 78.57%; dan keempat sebesar 96.43%. Dengan demikian, model pembelajaran Integrated dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik Tema Kegemaranku.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol. 15 No. 2 (2025): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (In Press) Vol. 15 No. 1 (2025): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 14 No. 2 (2024): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 14 No. 1 (2024): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 13 No. 2 (2023): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 13 No. 1 (2023): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 13 No. 1 (2023): JUNE Vol 12, No 2 (2022): JULY - DECEMBER Vol. 12 No. 2 (2022): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 12 No. 1 (2022): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 12, No 1 (2022): JANUARY - JUNE Vol. 11 No. 2 (2021): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 11, No 2 (2021): JULY - DECEMBER Vol. 11 No. 1 (2021): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 11, No 1 (2021): JANUARY - JUNE Vol 10, No 2 (2020): JULI - DESEMBER Vol. 10 No. 2 (2020): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 10, No 1 (2020): JANUARI - JUNI Vol. 10 No. 1 (2020): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 9, No 2 (2019): Juli - Desember Vol. 9 No. 2 (2019): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 9 No. 1 (2019): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 9, No 1 (2019): JANUARI - JUNI Vol 8, No 2 (2018): Juli - Desember Vol 8, No 2 (2018): Juli - Desember Vol. 8 No. 2 (2018): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 8, No 1 (2018): Januari-Juni Vol. 8 No. 1 (2018): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 8, No 1 (2018): Januari-Juni Vol 7, No 1 (2017) Vol 7, No 1 (2017) Vol 6, No 1 (2016) Vol 6, No 1 (2016) Vol 5, No 1 (2015) Vol 5, No 1 (2015) Vol 4, No 2 (2014) Vol 4, No 2 (2014) Vol 4, No 1 (2014) Vol 4, No 1 (2014) Vol 3, No 1 (2014) Vol 3, No 1 (2013) Vol 3, No 1 (2013) Vol 2, No 2 (2012) Vol 2, No 2 (2012) Vol 1, No 2 (2011) Vol 1, No 2 (2011) More Issue