cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. bireuen,
Aceh
INDONESIA
JURNAL LENTERA
Published by Universitas Almuslim
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " VOL.14 NO.2 MARET 2014" : 7 Documents clear
PENGARUH PERENCANAAN PEMBELAJARAN TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (Suatu Penelitian terhadap Mahasiswa PPLK Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Almuslim) Novalita, Rahmi
JURNAL LENTERA VOL.14 NO.2 MARET 2014
Publisher : JURNAL LENTERA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berawal dari pra survei penulis terhadap guru pamong yang memberikan penilaian terhadap mahasiswa Praktek Lapangan Kependidikan dimana masih ada mahasiswa yang belum mampu merumuskan tujuan pembelajaran, memahami materi pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran, penggunaa media pembelajaran, membuka pelajaran, pengelolaan kelas, serta menutup pelajaran. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman dan pengetahuan mahasiswa dalam membuat perencanaan pembelajaran, disamping itu pelaksanaan pembelajaran di kelas tidak sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang dibuat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh perencanaan pembelajaran terhadap pelaksanaan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian mengenai pengaruh perencanaan pembelajaran terhadap pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang tinggi antara perencanaan pembelajaran terhadap pelaksanaan pembelajaran.Kata Kunci: Perencanaan Pembelajaran dan Pelaksanaan Pembelajaran
Pengaruh Penggunaan Wifi Terhadap Aktifitas Keagamaan bagi Mahasiswa (Studi Kasus di Kecamatan Peusangan) MA, muhammad rizal
JURNAL LENTERA VOL.14 NO.2 MARET 2014
Publisher : JURNAL LENTERA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penggunaan Wifi Terhadap Aktifitas Keagamaan Bagi Mahasiswa (Studi Kasus Di Kecamatan Peusangan)”. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Penggunaan Wifi Terhadap Aktifitas Keagamaan Bagi Mahasiswa. Terdapat tiga persoalan yang menjadi fokus kajian dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana peranan wifi dalam menunjang pendidikan, 2) Apa saja pengaruh penggunaan wifi di warkop terhadap aktifitas keagamaan mahasiswa di Kecamatan Peusangan, 3) Bagaimana peluang dan tantangan dalam pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan dayah salafi di Aceh. Penggunaan wafi lebih banyak digunakan sebagai sarana hiburan yaitu dengan mengakses facebook dan game-game online. Selama ini para mahasiswa umumnya lebih banyak menghabiskan waktu di warung kopi dengan mengakses internet dari pada belajar atau melakukan kegiatan yang bernilai positif, sehingga akan meninggalkan aktifitas keagamaan. Oleh karena itu, berbagai kondisi yang terjadi selama ini yang diakibatkan oleh penggunaan wifi akan diperoleh jawabannya dengan menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Maka yang menjadi informan atau subyek dalam penelitian ini adalah Pemilik warkop, mahasiswa, dan tokoh masyarakat setempat. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan pengamatan, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini penggunaan wi-fi selain berdampak kepada dunia pendidikan juga berdampak kepada aktifitas keagamaan, para pelajar atau mahasiswa yang terlalu lama menggunakan wi-fi mereka sering meninggalkan shalat dan bahkan pengajian agama yang menjadi bekal aqidah kepadanya. Dalam menyikapi problematika penggunaan wi-fi berlebihan yang dilakukan oleh mahasiswa harus ada gerakan pengawasan dari segenap lapisan masyarakat, tidak cukup hanya kepada petugas penegak hukum, namun masyarakat juga harus sama mengawasi penggunanan Wi-fi gratis, terutama yang ada di tempat tempat umum, seperti warung warung kopi, yang ada dipelosok kota dan gampong. Kata Kunci :  Penggunaan Wifi, Aktifitas Keagamaan, Mahasiswa.
KEKUATAN TARIK KOMPOSIT HIBRID UNSATURATED POLYESTER/CLAY/SERAT GLAS ST, M.Eng, Husaini
JURNAL LENTERA VOL.14 NO.2 MARET 2014
Publisher : JURNAL LENTERA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan clay terhadap kekuatan tarik  komposit hibrid unsaturated polyester/clay/serat glas. Bahan-bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah resin unsaturated polyester, clay, serat glass dan hardener. Metode handy lay-up digunakan untuk persiapan sampel. Unsaturated polyester dicampur clay 0, 2, 4 dan 6% fraksi berat diaduk dengan menggunakan mechanical stirrer selama 120 menit pada temperatur 60 oC, didiamkan selama 10 menit, ditambahkan  hardener 1% fraksi berat, diaduk selama 2 menit, dimasukkan dalam tabung hampa selama 2 menit, dituangkan dalam cetakan secara berturut-turut yang diawali dengan matrik, lembaran serat glass, dipadatkan dengan roll baja dan diakhiri dengan matrik. Proses selanjutnya didiamkan selama 24 jam pada temperatur ruang, dimasukkan dalam oven pemanas selama 3 jam pada temperatur 80oC dan spesimen dipotong untuk uji tarik dan bending. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan clay 2% fraksi berat menaikkan kekuatan tarik, tetapi penambahan clay lebih dari 2% fraksi berat menurunkan kekuatan tarik dari komposit hibrid unsaturated polyester/clay/serat glas. Pengujian uji tarik  menunjukkan fraksi clay  yang optimum  terjadi pada 2% dengan kenaikan kekuatan tarik sebesar 12,8%. Kata kunci : Unsaturated polyester, clay, serat glas, komposit hibrid dan kekuatan tarik
STUDI RISET DAN PENGEMBANGAN HUKUM KONTROL ALTERNATIF UNTUK SUSPENSI AUTOMOTIF Aziz, Iskandar
JURNAL LENTERA VOL.14 NO.2 MARET 2014
Publisher : JURNAL LENTERA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem mekanik untuk suspensi kenderaan dapat dilakukan penelitian dengan pemodelan fisis. Umpan batik pada sistem suspensi aktif dapat dibuat optimal sehingga diperoleh defleksi rata pada jalan yang berlubang. Model matematika, karakteristik kepekaan suspensi dan parameter, sehingga diperoleh kenyamanan kenderaan. Dipenuhinya formulasi sistem kontrol sebagai kontribusi sistem suspensi masa kini.
KONSEP GENDER DALAM PERSPEKTIF AGAMA ISLAM MA, Zahriyanti
JURNAL LENTERA VOL.14 NO.2 MARET 2014
Publisher : JURNAL LENTERA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Karya ilmiah ini berjudul: “Konsep Gender dalam Perspektif Agama Islam”. Adapun yang menjadi tujuan dari pembahasan dalam karya ilmiah adalah tentang perspektif Islam terhadap gender, dan peranan gender serta kedudukan gender dalam perspektif Islam. Dalam karya ilmiah ini penulis menggunakan metode studi kepustakaan (Study Literature) yang maksudnya adalah penelitian yang bersifat mengeksplorasi dan mengumpulkan berbagai data-data dari kepustakaan yang dibutuhkan terutama sekali buku-buku yang berkaitan dengan objek yang diteliti. Dalam pengolahan dan penafsiran data melalui metode analisis isi (content analysis). Gender dalam perspektif Islam merupakan sebuah konsep perbedaan yang tampak antara laki-laki dan perempuan dari hak, kewajiban, nilai dan tingkah laku dan berbagai persoalan yang lebih didominasi oleh perempuan yang menyangkut keterlibatan wanita dalam berbagai bidang menurut al-Quran dan Hadist. Selanjutnya peranan gender dalam perspektif Islam meliputi, peranan wanita dalam keluarga sebagai seorang ibu, istri, dan sebagai anak, peranan wanita dalam kehidupan sosial serta peranan wanita dan keterlibatannya dalam bidang agama, profesi dan politik. Adapun kedudukan gender dalam perspektif Islam yang Pertama, wanita berkeduduan sebagai ibu. Kedua, Wanita sebagai pendidik dan yang ketiga, wanita sebagai teladan.Kata Kunci: Gender dan Islam
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI PECAHAN DI KELAS VII MTSN TUNGKOP DARUSSALAM ACEH BESAR Wahyuni, Rahmi
JURNAL LENTERA VOL.14 NO.2 MARET 2014
Publisher : JURNAL LENTERA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peningkatan prestasi belajar siswa dalam bidang studi matematika dapat diusahakan oleh guru melalui penerapan model mengajar yang sesuai dengan bahan yang diajarkan. Salah satu model yang dapat digunakan dalam mengajar matematika yaitu model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Model pembelajaran kooperatif  tipe TPS menekankan pada tiga aspek, (1) Think, (2) Pair, (3) Share. Berdasarkan hasil observasi awal di MTsN Tungkop, peneliti mendapatkan informasi bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS belum pernah di gunakan di MTsN Tungkop. Namun penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS belum diketahui keefektifannya di MTsN Tungkop. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran pecahan melalui model kooperatif tipe TPS di kelas VII MTsN Tungkop Darussalam Aceh Besar. Sampel penelitian ini adalah adalah siswa kelas VII-5 . Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini one-shot model dengan pre-eksperimental design jenis one shot case study. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket respon siswa, lembar observasi dan tes hasil belajar. Pengolahan data menggunakan persentase, Kriteria waktu ideal, dan deskripsi skor rata-rata terhadap kemampuan guru mengelola  pembelajaran, data aktifitas siswa, angket respon siswa dan tes ketuntasan belajar. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dapat didasarkan pada (1) Ketuntasan belajar, (2) Aktivitas siswa, (3) Respon siswa, (4) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dikatakan efektif jika paling sedikit tiga dari empat aspek tersebut terpenuhi dengan syarat ketuntasan hasil belajar terpenuhi (efektif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS efektif diterapkan pada materi Pecahan  di kelas VII-5 MTsN Tungkop. Hal ini dikarenakan hasil penelitian telah memenuhi tiga aspek dari empat aspek efektifitas dimana hasil belajar siswa sudah tuntas, kemampuan guru mengelola pembelajaran (berada dalam kriteria baik sampai sangat baik), respon siswa terhadap pembelajaran (positif), dan satu aspek yang tidak aktif adalah  aktivitas siswa.Kata kunci: Efektivitas pembelajaran, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe THINK-PAIR-SHARE (TPS) dan  Pecahan
PENDIDIKAN HUMANISTIK DALAM AL-QURAN KATA INSAN, BASYAR DAN BANI ADAM dan Najmuddin, Iskandar
JURNAL LENTERA VOL.14 NO.2 MARET 2014
Publisher : JURNAL LENTERA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan sebagai proses pemanusiawian manusia (humanisasi) bersumber dari pemikiranhumanisme. Hal ini sejalan dengan makna dasar humanisme sebagai pendidikan manusia. Sistempendidikan dalam Islam yang dibangun atas dasar nilai-nilai humanistik sejak awal kemunculannyasesuai dengan esensinya sebagai agama kemanusiaan. Islam menjadikan dimensi kemanusiaansebagai orientasi pendidikannya. Sangatlah naif kalau dikatakan bahwa konsep pendidikanhumanistik-Islami merupakan konsep pendidikan Barat yang diberi label Islam.tulisan inimenjelaskan dengan terang dan menyertakan dalil-dalil berdasarkan al-Qur‟an.Kata Kunci: Pendidikan, Humanis, Insan, Basyar dan Bani Adam.

Page 1 of 1 | Total Record : 7