cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Riset Pendidikan Matematika
ISSN : 23562684     EISSN : 24771503     DOI : 10.21831
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2: November 2015" : 13 Documents clear
Pengembangan perangkat assessment pembelajaran matematika pokok bahasan geometri dan pengukuran SMP/MTs Robert Edy Sudarwan; Heri Retnawati
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Vol 2, No 2: November 2015
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjan Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.501 KB) | DOI: 10.21831/jrpm.v2i2.7344

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan produk perangkat assessment pembelajaran pada pokok bahasan geometri dan pengukuran yang berorientasi pada aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap peserta didik SMP/MTs kelas VII dan VIII sebagai hasil pengembangan berdasarkan kajian teori, pendapat ahli, dan pendapat pengguna dengan kualifikasi baik; dan (2) mendeskripsikan kualitas produk assessment pembelajaran pada pokok bahasan geometri dan pengukuran yang berorientasi pada aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap peserta didik SMP/MTs kelas VII dan VIII berdasarkan aspek kevalidan, kepratisan dan keefektifan. Teknik analisis data yang digunakan untuk menghitung reliabilitas dengan menggunakan α-reliability, untuk α ≥ 60 maka reliabel. Percentage of Agrements (PA) untuk mengetahui tingkat kesepakatan antar pengamat, dengan PA ≥ 70 maka tepenuhi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) produk pengembangan perangkat assessment pembelajaran pokok bahasan geometri dan pengukuran yang berorientasi pada aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap peserta didik SMP/MTs kelas VII dan VIII sebagai hasil pengembangan berdasarkan kajian teori, pendapat ahli, dan pendapat pengguna mencapai tarap kualifikasi baik. (2) kualitas produk assessment pembelajaran pada pokok bahasan geometri dan pengukuran yang berorientasi pada aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap peserta didik SMP/MTs kelas VII dan VIII berdasarkan aspek kevalidan, kepratisan dan keefektifan telah terpenuhi dengan kualitas baik.Kata kunci: assessment, perangkat, matematika. Developing Mathematic Assessment Product of Learning Geometric and Measuring for Students Junior High School AbstractThe objectives of this research were: (1) to develop mathematic assessment product of learning tools for geometric and measuring subject that was oriented to knowledge, skill, and attitude aspect for students of junior high school grade 7 and 8 according to literature, expert judgement, and user’s opinion that has good qualification; (2) to know the quality of assessment product of geometric and measuring learning tools that was oriented to knowledge, skill, and attitude aspect of students in Junior High School grade 7 and 8 according to validity, effiiciency, and effectiveness aspect. The data were analyzed using α-reliability and precentage of aggrement (PA). It’s realiable for α ≥ 60, while the precentage of aggrement was to know the agreement between observer, it’s fulfilled if PA ≥ 70. The results of this research show that: (1) the development product assessment of learning tools for geometric and mesuring subject that is oriented to knowledge, skill, and attitude aspect for students of junior high school grade 7 and 8 according to literature, expert judgement, and user’s opinion has good qualification; (2) the quality of assessment product of geometric and measuring learning tools that is oriented to knowledge, skill, and attitude aspect of students in Junior High School grade 7 and 8 according to validity, efficiency, and effectiveness aspect is fulfilled well.Keyword: assessment, tools, math
Pengaruh strategi REACT ditinjau dari gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah, prestasi belajar dan apresiasi siswa terhadap matematika Inggrid Marlissa; Djamilah Bondan Widjajanti
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Vol 2, No 2: November 2015
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjan Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.049 KB) | DOI: 10.21831/jrpm.v2i2.7333

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh strategi pembelajaran dan gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, prestasi belajar matematika, dan apre-siasi siswa terhadap matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang populasinya mencakup seluruh siswa kelas X SMA Negeri 10 Ambon yang terdiri dari enam kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan non tes sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi soal tes kemampuan pemecahan masalah matematika, soal tes prestasi belajar matematika, dan angket apresiasi siswa terhadap matematika. Untuk melihat pengaruh strategi REACT dan gaya kognitif terhadap ketiga variabel dependen secara simultan, data dianalisis menggunakan uji statistik Analisis Varians Multivariat Dua Jalur (Two Way MANOVA), sedangkan untuk menganalisis masing-masing gaya kognitif terhadap ketiga variabel dependen secara simultan, digunakan uji statistik Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil penelitian pada taraf signi-fikan 5%, menunjukkan bahwa ada pengaruh strategi REACT terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, prestasi belajar matematika, dan apresiasi siswa terhadap matematika pada siswa SMA Negeri 10 Ambon. Berdasarkan analisis yang dilakukan, siswa dengan gaya kognitif field inde-pendent lebih baik dari siswa dengan gaya kognitif field dependent ditinjau dari kemampuan pemecah-an masalah matematika, prestasi belajar matematika, dan apresiasi siswa terhadap matematika.Kata kunci: strategi REACT, gaya kognitif, kemampuan pemecahan masalah matematika, prestasi belajar matematika, dan apresiasi siswa terhadap matematika. The Effect of React Strategy in Terms Of Cognitive Style on the Problem Solving Skills, Learning Achievement, and Mathematical Appreciation of Students AbstractThe purpose of this study was to describe the effect of learning strategies and cognitive style on mathematical problem solving skills, mathematics learning achievement, and mathematical apprecia-tion of students. This study was a quasi-experimental research whose population consisted of all 10th graders in State Senior High School 10 of Ambon. The data collecting techniques were a test and non-test whereas the instrument used to the collect the data consisted of mathematical problem solving test, mathematics learning achievement test, and a questionnaire for mathematical appreciation of students. To test the effect of treatment on all of the dependent variables simultaneously, the data were analyzed using Two-Way MANOVA, while to analyze each cognitive style on all of the dependent variables simultaneously, the data were analyzed using Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). The results of the study, using significance level 5%, showed that the REACT strategy has an effect on student’s mathematical problem solving skills, mathematics learning achievement, and mathematical appreciation of students in State Senior High School 10 of Ambon. In the other words, the students with field independent cognitive style are better than those of the field dependent in terms of mathematical problem solving, mathematics learning achievement, and mathematical appreciation of students.Keywords: REACT strategy, cognitive style, mathematical problem solving skill, mathematics learning achievement, and mathematical appreciation of students.
Keefektifan strategi REACT ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan penyelesaian masalah, koneksi matematis, self-efficacy Runtyani Irjayanti Putri; Rusgianto Heri Santosa
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Vol 2, No 2: November 2015
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjan Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (517.155 KB) | DOI: 10.21831/jrpm.v2i2.7345

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keefektifan strategi pembelajaran REACT pada pembelajaran turunan fungsi ditinjau dari prestasi belajar matematika, kemampuan penyelesaian masalah matematis, kemampuan koneksi matematis, dan Self efficacy siswa SMA Negeri 4 Magelang, (2) menentukan strategi pembelajaran yang lebih efektif diantara strategi REACT dan pembelajaran konvensional pada pembelajaran turunan fungsi ditinjau dari aspek prestasi belajar matematika, kemampuan penyelesaian masalah matematis, kemampuan koneksi matematis, dan Self efficacy siswa SMA Negeri 4 Magelang. Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji one sample t-test, uji T2 Hotelling’s, dan uji t-Bonferroni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi pembelajaran REACT efektif pada pembelajaran turunan fungsi ditinjau dari prestasi belajar matematika, kemampuan penyelesaian masalah matematis, kemampuan koneksi matematis, dan Self efficacy siswa SMA Negeri 4 Magelang, dan (2) strategi pembelajaran REACT lebih efektif daripada pembelajaran konvensional pada pembelajaran turunan fungsi ditinjau dari aspek prestasi belajar matematika, kemampuan penyelesaian masalah matematis, kemampuan koneksi matematis, dan Self efficacy siswa SMA Negeri 4 Magelang.Kata Kunci: strategi REACT, prestasi belajar, kemampuan penyelesaian masalah matematis, kemampuan koneksi matematis, dan Self efficacy siswa SMA The Effectiveness of REACT Strategy Viewed from Learning Achievement, Problem Solving Ability, Mathematical Connection, Self-EfficacyAbstractThe aims of this study are to: (1) to describe the effectiveness of the REACT strategy viewed from Mathematics Learning Achievement, Mathematics Problem Solving Ability, Mathematics Connection Ability, and Student Self efficacy of State Senior High School 4 Magelang Students, and (2) determine a more effective learning strategies between REACT strategy and conventional learning in the derivative function instruction viewed from mathematics learning achievement, mathematical problem solving ability, mathematical connections ability, and self-efficacy of State Senior High School 4 Magelang Students.This study was a quasi-experimental research. Collecting data technique are test and nontest. Analyze data technique using one-sample t-test, Hotelling's T2-test, and t-Bonferroni test. The results show that: (1) The REACT strategy is effective in derivative function instruction viewed from mathematics learning achievement, mathematical problem solving ability, mathematical connections ability, and self-efficacy of State Senior High School 4 Magelang Students, and (2) REACT strategy is more effective than conventional learning in derivative function instruction viewed from mathematics learning achievement, mathematical problem solving ability, mathematical connection ability, and self-efficacy of State Senior High School 4 Magelang StudentsKeywords: REACT strategy, mathematics learning achievement, mathematical problem solving ability, mathematical connection ability, and self-efficacy of senior high school students
Pengembangan perangkat pembelajaran bangun ruang di SMP dengan pendekatan problem-based learning Niluh Sulistyani; Heri Retnawati
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Vol 2, No 2: November 2015
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjan Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (608.116 KB) | DOI: 10.21831/jrpm.v2i2.7334

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran bangun ruang SMP dengan pendekatan problem-based learning yang valid, praktis, dan efektif dilihat dari pencapaian kompetensi dasar, kemampuan berpikir kritis, dan sikap terhadap matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model 4D yang meliputi tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan tahap disseminasi. Hasil penelitian berupa perangkat pembelajaran bangun ruang yang terdiri atas silabus, RPP, LKS, dan instrumen evaluasi berupa tes pencapaian kompetensi dasar dan kemampuan berpikir kritis yang valid, praktis, dan efektif. Kevalidan perangkat mencapai kategori sangat baik ditinjau dari penilaian para ahli. Kepraktisan perangkat mencapai kategori sangat baik ditinjau dari penilaian guru, penilaian peserta didik, dan observasi keterlaksanaan pembelajaran. Aspek keefektifan dipenuhi dari tercapainya minimal 75% peserta didik lulus KKM ditinjau dari pencapaian kompetensi dasar dan berpikir kritis, serta lebih dari 80% peserta didik mempunyai sikap terhadap matematika dalam kategori tinggi. Dari kegiatan ekperimen diperoleh bahwa perangkat yang dikembangkan lebih efektif daripada perangkat pembelajaran konvensional ditinjau dari pencapaian kompetensi dasar, berpikir kritis, dan sikap terhadap matematika.Kata Kunci: pengembangan, perangkat pembelajaran, pendekatan problem-based learning, bangun ruang SMP Developning Space Learning Kits in Junior High School with Problem-Based Learning ApproachAbstractThis study was aimed to produce space learning kits with problem-based learning approach in Junior High School which was valid, practical, and effective based on achievement of basic competence, critical thinking skill, and attitude towards mathematics. This study was and development study using the 4D development model that included defining, designing, developing, and  disseminating phase. This study produced valid, practical, and effective space learning kits that consisted of syllabus, lesson plans, students’ worksheets, and assessment tests that included test of basic competence achievement and critical thinking test. Kits validity gets very good category from expert assessment. Kits practically gets very good category from teachers assessment, students assessment, and observation of learning implementation. The aspect of effectiveness was seen from achievement minimal 75% of the student pass the minimum score for achievement of basic competence and critical thinking skill, and more than 80% of student have attitude toward mathematics in high category. The result of experiment activity shows that the developed learning kits more effective than conventional learning kits based on achievement of basic competence, critical thinking, and attitude toward mathematics.Keywords: development, learning kits, problem-based learning approach, space
FRONT MATTER (Cover, Editorial Board, Foreward of Chairperson, Table of Contents) - -
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Vol 2, No 2: November 2015
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjan Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.283 KB) | DOI: 10.21831/jrpm.v2i2.7401

Abstract

-
Keefektifan cooperative learning STAD dan GI ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis Sapitri Sapitri; Hartono Hartono
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Vol 2, No 2: November 2015
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjan Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.071 KB) | DOI: 10.21831/jrpm.v2i2.7346

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan GI, dan (2) manakah yang lebih efektif antara kedua metode tersebut ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dan GI keduanya efektif. Tidak terdapat perbedaan keefektifan diantara keduanya  ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran himpunan di kelas VII.Kata Kunci: STAD, GI, berpikir kritis, komunikasi matematis. The Effectiveness of the Cooperative Learning STAD and GI in Terms of Critical Thinking and Mathematical CommunicationAbstractThis study aims to describe: (1) the effectiveness of cooperative learning model of STAD type and GI, and (2) the more effective model between the two in terms of critical thinking skills and students' mathematical communication. This study is a quasi-experimental study with a pretest-posttest nonequivalent group design. The results show that cooperative learning of STAD type and GI approach are effective. There is no difference between them in terms of the effectiveness of critical thinking skills and the students’ mathematical communication skills  in the teaching of the material on sets to class VII.Keywords: STAD, GI, critical thinking, mathematical communication
Keefektifan pendekatan open-ended dan problem solving pada pembelajaran bangun ruang sisi datar di SMP Nuning Melianingsih; Sugiman Sugiman
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Vol 2, No 2: November 2015
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjan Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (550.253 KB) | DOI: 10.21831/jrpm.v2i2.7335

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan keefektifan dan perbandingan keefektifan dari pendekatan open-ended dan problem solving pada pembelajaran bangun ruang sisi datar ditinjau dari pencapaian kemampuan penalaran, pemecahan masalah, dan komunikasi matematis. Penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain pretest-posttest nonequivalent group design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pandak, Bantul, Yogyakarta. Selanjutnya dengan memilih secara acak dari keseluruhan kelas tersebut, terpilih kelas VIII F dan VIII G sebagai sampel penelitian. Untuk menguji keefektifan masing-masing pendekatan pembelajaran digunakan uji one sample t-test. Untuk menguji bahwa pendekatan open-ended lebih efektif daripada pendekatan problem solving, data dianalisis menggunakan MANOVA yang dilanjutkan dengan uji t-Bonferroni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua pendekatan pembelajaran efektif ditinjau dari masing-masing aspek, dan pendekatan open-ended lebih efektif daripada pendekatan problem solving pada pembelajaran bangun ruang sisi datar ditinjau dari pencapaian kemampuan penalaran, pemecahan masalah, dan komunikasi matematis di SMP.Kata Kunci: pendekatan open-ended, pendekatan problem solving, kemampuan penalaran, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan komunikasi matematis The Effectiveness of Open-Ended and Problem Solving Approach in Matter of Flat Side Construct in Junior High SchoolAbstractThe aims of this research are to decide the effectiveness and the comparison of the effectiveness of open-ended and problem solving approach toward matter of flat side construct lesson viewed from achivement of reasoning ability, problem solving and mathematics communication. This study was a quasi experimental study using the pretest-posttest nonequivalent group design. The research population covered the entire VIII class students’ of SMP Negeri 1 Pandak, Bantul, Yogyakarta. From the population, classes of VIII F and VIII G were selected randomly as the research sample. To test the effectiveness of open-ended and problem solving approach, the one sample t-test was carried out. Then, to test the more effectiveness of the open-ended approach than the problem solving approach, the MANOVA was carried out and then continued by the t-Bonferroni test. The results of the study show that open-ended and problem solving approaches are effective and open-ended approach is more effective than  problem solving approach in matter of flat side construct’ viewed from achivement of reasoning ability, problem solving, and mathematics communication in junior high school.Keywords: the open-ended approach, the problem solving approach, reasoning ability, problem solv-ing ability, mathematics communication ability
Pengembangan perangkat pembelajaran trigonometri berbasis strategi pembelajaran inkuiri melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD Tengku Neti Azni; Jailani Jailani
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Vol 2, No 2: November 2015
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjan Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.604 KB) | DOI: 10.21831/jrpm.v2i2.7347

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran trigonometri berbasis strategi pembelajaran inkuiri melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang valid, praktis, dan efektif ditinjau dari prestasi dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Pengembangan perangkat dimulai dari tahap: awal-akhir, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, analisis spesifikasi tujuan pembelajaran, pemilihan media, pemilihan format, desain produk, penilaian ahli dan praktisi, uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Subjek uji coba sebanyak 67 orang siswa kelas X SMAN Bernas Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau yang terdiri atas sembilan orang pada uji coba terbatas dan 58 orang pada uji coba lapangan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif ditinjau dari pretasi dan kemampuan komunikasi matematis siswa sehingga perangkat tersebut layak digunakan sebagai sumber belajar.Kata kunci: perangkat trigonometri, strategi inkuiri, model kooperatif tipe STAD Developing an Inquiry Model-Based Trigonometry Teaching Kit Using STAD Method AbstractThe aim of this study is to produce an inquiry model-based trigonometry teaching kit using STAD method of cooperative learning which is  valid, practical, and effective in terms of students’ mathematics achievement and  communication skills.This is a research and development study (R D), which consisted of a 4-D development model  by Thiangarajan, Semmel and Semmel. The development process started with front-end analysis, learner analysis, task analysis, concept analysis, specifying of objectives analysis, media selection,  format selection, product design, validators’ and practitioners’ evaluations, small scale try-out, and the field test. There were a total of 67 subjects used for the study which consisted of nine students for the small try-out and 58 students for the field test. The subjects were year 10 students of Bernas Senior High School in the region of Pelalawan, Riau. The results reveal that the developed product is valid, practical, and effective in terms of students’ mathematics achievement and  communication skills to be used as a learning resource.Keywords: inquiry strategies, trigonometry, model STAD cooperative
Pengaruh pendekatan discovery yang menekankan aspek analogi terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran, kecerdasan emosional spiritual Nur Choiro Siregar; Marsigit Marsigit
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Vol 2, No 2: November 2015
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjan Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.218 KB) | DOI: 10.21831/jrpm.v2i2.7336

Abstract

Penelitian ini bertujuan menyelidiki pengaruh pembelajaran segiempat dan segitiga dengan pendekatan discovery yang menekankan aspek analogi terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran, dan kecerdasan emosional spiritual siswa SMP Negeri 9 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu.Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi belajar, tes kemampuan penalaran, dan angket kecerdasan emosional spiritual. Data dianalisis menggunakan uji Multivariate Analysis of Variance (Manova) dan Analysis of Variance (Anova). Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh pembelajaran segiempat dan segitiga dengan pendekatan discovery yang menekankan aspek analogi terhadap prestasi belajar, dan kemampuan penalaran siswa. Berdasarkan analisis, pembelajaran segiempat dan segitiga dengan pendekatan discovery yang menekankan aspek analogi lebih unggul daripada pembelajaran biasa dalam hal prestasi belajar dan kemampuan penalaran. Sebaliknya, dalam hal kecerdasan emosional spiritual siswa, pendekatan discovery yang menekankan aspek analogi tidak memberi pengaruh dan tidak lebih unggul daripada pembelajaran biasa.Kata Kunci: discovery, menekankan aspek analogi, prestasi belajar, kemampuan penalaran, kecerdasan emosional spiritual The Effect of Discovery Approach Emphasing on the Analogy Aspect on Achievement, Reasoning Ability, Emotional Spiritual IntelligenceAbstractThis study aims to investigate the effect of quadrilateral and triangle teaching using the disco-very approach emphasing on the analogy aspect on achievement, reasoning ability, and emotional spiritual intelligenceof Grade VII students of SMPN 9 Yogyakarta. This study was a quasi-experimen-tal study. The instruments of the study were an achievement test, reasoning ability test, and emotional spiritual intelligence questionnaire. The data wereanalyzed using the Multivariate Analysis of Variance (Manova) and Analysis of Variance(Anova) tests. The results of the study are as follows. There is aneffect of quadrilateral and triangle teaching using the discovery approach emphasing on the analogy aspect on students’ achievement and reasoning ability.There is noeffect of the students’spiritual emotional intelligence on the discovery approach emphasing on the analogy aspect. The discovery approach is not superior to the conventional approach.Keywords: discovery, emphasing on the analogy aspect, achievement, reasoning ability, spiritual and emotional intelligence
Analisis kesulitan kognitif dan masalah afektif siswa SMA dalam belajar matematika menghadapi ujian nasional Azis Azis; Sugiman Sugiman
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Vol 2, No 2: November 2015
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjan Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (799.842 KB) | DOI: 10.21831/jrpm.v2i2.7331

Abstract

Penelitian untuk mendeskripsikan tingkat dan letak kesulitan belajar matematika siswa pada aspek kognitif dan kategorisasi masalah belajar matematika siswa pada aspek afektif dalam menghadapi Ujian Nasional tahun pelajaran 2013/2014 SMA di Kota Baubau. Penelitian ini menggunakan penelitian dengan metode survei. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran (tes diagnostik), kuisioner, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesulitan belajar matematika yang dialami oleh siswa untuk menyelesaikan soal-soal Ujian Nasional berada pada kategori sedang; letak kesulitan belajar matematika siswa pada aspek kognitif dalam menyelesaikan soal-soal Ujian Nasional dilihat dari segi pengetahuan faktual dengan persentase interval kesulitan sebesar, segi pengetahuan konseptual dengan persentase interval kesulitan sebesar, dan segi pengetahuan prosedural dengan persentase interval kesulitan sebesar; dan kategorisasi masalah belajar matematika siswa pada kategori aspek afektif dalam menghadapi Ujian Nasional tahun pelajaran 2013/2014 SMA di Kota Baubau secara umum berada pada kategori rendah.Kata kunci: kesulitan belajar matematika, kognitif, afektif, ujian nasional SMA An Analysis of Difficulty on Cognitive and Problem on Affective of SMA Students in Mathematics Learning Facing National ExaminationAbstractThis study aims to describe the degree of student’s learning difficulty of mathematics on cognitive and categorization of student’s learning problem on affective aspect in accomplishing mathematic items in facing national final exam of SMA Baubau municipality in 2013/2014 academic year. The research type uses survey method. The technique of data collecting made use of diagnostic test that is National final exam items in 2012/2013 academic year which was modified by the researcher, questionnaires, and interviews. The research result indicates that the degree of students’ learning difficulty of mathematics to accomplish national final exam items is in the medium category; the students’ learning difficulty of mathematics on cognitive aspect in accomplish national final exam items viewed from factual knowledge  with students’ difficulty  interval percentage , conceptual knowledge aspect with students’ difficulty interval percentage , and procedural knowledge aspect with students’ difficulty interval percentage ; and the categorization of students’ learning problem of mathematics on affective aspect in facing National final exam in 2013/2014 academic year of SMA Baubau municipality generally is in the low category.Keywords: Learning difficulty of mathematics, cognitive, affective, SMA National final exam

Page 1 of 2 | Total Record : 13