cover
Contact Name
Rahmat Prayogi
Contact Email
jsimbol.fkipunila@gmail.com
Phone
+6285718545534
Journal Mail Official
jsimbol.fkipunila@gmail.com
Editorial Address
Jl. Soemantri Brojonegoro No.1 Gedongmeneng Bandar Lampung.
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Published by Universitas Lampung
ISSN : 23554061     EISSN : 28305256     DOI : https://doi.org/10.23960/J-Simbol
Core Subject : Education, Social,
J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is a biannual journal (April and September) published by the Master of Indonesian Language and Literature Education study program, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung. It addresses a wide range of different fields in education, linguistics, applied linguistics, arts, and literature. The journal aims to promote the development of links between research in linguistics, applied linguistics, arts, as well as literature and its application in professional and educational settings. Therefore, the journal invites researchers, scholars, students to submit their research articles and literature reviews for publication in this journal. P-ISSN: 2355-4061 E-ISSN: 2830-5256 DOI Jurnal: https://doi.org/10.23960/J-Simbol
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 Sep (2022): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia" : 11 Documents clear
STUDI LITERATUR: PENINGKATAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT BERBASIS ISPRING SUITE Rian Saputra; Muhammad Alipia
J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 2 Sep (2022): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.719 KB)

Abstract

Learning media plays a very important role in the learning process in the classroom. Learning media functions as an intermediary for educators to provide learning materials to students. By choosing the right media, learning can take place effectively and efficiently. In addition, rapid technological developments also affect the media used for learning. Along with these developments, learning media emerged. Android application is one of the results of technological developments in the world of education. One of the interactive media that can be accessed using Android is iSpring Suite which has many interesting features, one of which is interactive quizzes and can be created according to the educator's wishes.Media pembelajaran memegang peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran di kelas. Media pembelajaran berfungsi sebagai perantara bagi pendidik untuk memberikan materi pembelajaran kepada siswa. Dengan memilih media yang tepat, pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efisien Selain itu, perkembangan teknologi yang pesat juga mempengaruhi media yang digunakan untuk pembelajaran Seiring dengan perkembangan tersebut muncullah media pembelajaran. Aplikasi android merupakan salah satu hasil perkembangan teknologi dalam dunia pendidkan. Salah satu media interaktif yang dapat dikases menggunakan android yakni iSpring Suite yang memiliki banyak fitur menarik salah satunya yakni kuis interaktif  dan dapat dikreasikan sesuai dengan keinginan pendidik. Keywords: interest in learning and iSpring Suite DOI Artikel: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v10i2.2022.01
STUDI LITERATUR PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA PENDIDIKAN Anita Puspitarini; Desi Marlena
J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 2 Sep (2022): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.928 KB)

Abstract

Augmented reality adalah suatu konsep yang terdiri atas bentuk yang telah dikembangkan serta dilaksanakan pada ruang lingkup pembelajaran. Sehingga, penggunaan dan juga penggunaan augmented reality sebagai salah satu wadah dalam media pembelajaran dapat memberikan sebuah inovasi baru terhadap pengembangan media pembelajaran. Pemanfaat augmented reality juga bukan hanya menggunakan objek asli, melainkan menggunakan objek dalam bentuk maya sebagai penyampaian informasi. Penulisan makalah ini bertujuan sebagai pemanfaatan augmented reality pada bidang pendidikan khususnya lingkup pembelajaran yang berdasar pada kajian literatur penelitian pada bidang yang dikaji.Augmented reality is a concept consisting of forms that have been developed and implemented in the scope of learning. Thus, the use and use of augmented reality as a medium in learning media can provide a new innovation for the development of learning media. Augmented reality users are not only using real objects, but also using virtual objects as information delivery. The purpose of this paper is to use augmented reality in the field of education, especially the scope of learning, which is based on a review of the research literature in the field being studied.Keywords: augmented reality, Education, LearningDOI Artikel: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v10i2.2022.09
LITERATUR RIVIEW: PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA PEMBELAJARAN TEKS BERITA BAHASA INDONESIA Nur Dewi Safitri; Sri Suwarni
J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 2 Sep (2022): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.552 KB)

Abstract

Currently the use of technology has developed a lot, for example learning media in various educational institutions. Augmented reality is a concept consisting of forms that have been developed and implemented in the scope of learning. Thus, the use and use of augmented reality as a medium in learning media can provide a new innovation for the development of learning media. Augmented reality users are not only using real objects, but also using virtual objects as information delivery. This writing aims to utilize augmented reality in learning, especially in Indonesian language news text material which is based on research literature studies in the field studied. Saat ini penggunaan teknologi sudah banyak berkembang, misalnya media pembelajaran di berbagai lembaga pendidikan. Augmented reality adalah suatu konsep yang terdiri atas bentuk yang telah dikembangkan serta dilaksanakan pada ruang lingkup pembelajaran. Sehingga, penggunaan dan juga penggunaan augmented reality sebagai salah satu wadah dalam media pembelajaran dapat memberikan sebuah inovasi baru terhadap pengembangan media pembelajaran. Pemanfaat augmented reality juga bukan hanya menggunakan objek asli, melainkan menggunakan objek dalam bentuk maya sebagai penyampaian informasi. Penulisan ini bertujuan sebagai pemanfaatan augmented reality pada pembelajaran khususnya pada materi teks berita bahasa Indonesia yang berdasar pada kajian literatur penelitian pada bidang yang dikaji.Keywords: Augmented reality, Learning. Language Indonesia.DOI Artikel: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v10i2.2022.05
STUDI LITERATUR TENTANG POTENSI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Ahmad Sahri; Destiana Destiana
J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 2 Sep (2022): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.68 KB)

Abstract

This study aims to examine the existence of Augmented Reality as a learning medium in the era of modernization. The method used in this study is a literature study. The result of this research is that Augmented Reality has a good influence as a learning medium so that it is able to keep up with the development of technology. The conclusion of this study is evident from the research articles that were carried out earlier.  Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji eksistensi Augmented Reality sebagai media pembelajaran di era digital. Metode yang dipakai pada penelitian yakni studi literatur. Hasil dari penelitian ini yakni Augmented Reality memiilki pengaruh yang baik sebagai media pembelajaran sehingga mampu mengikuti perkembangan teknologi yang kian berkembang. Kesimpulan penelitian ini terbukti dari artikel penelitian yang telah dilakukan sebelumnya.Keywords: Augmented Reality, student participation, fabled text, writing  Doi Artikel: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v10i2.2022.10
ID, EGO, DAN SUPER EGO TOKOH UTAMA DALAM NOVEL MARIPOSA KARYA LULUK HF Nuraini Dianti; Nurjannati Nurjannati
J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 2 Sep (2022): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.95 KB)

Abstract

This study aims to describe the personality structure of the character experienced by the main character in the Mariposa novel and its relevance in learning Indonesian language and literature in high school which includes id, ego, and super ego, as well as assessing the feasibility of the personality structure in terms of the criteria for selecting learning materials and curriculum aspects. This research method is descriptive qualitative. The research data source is the Mariposa novel by Luluk HF. The data analysis technique of this research is steps. The results of the analysis show that Acha has personality aspects of id, ego, and superego. The most prominent personality aspect of Acha's character is the id aspect, so that Acha's character has a personality that is difficult to control and is easily influenced by the environment. The ego aspect that Acha has is that it is difficult to control himself, while the superego aspect of the main character Acha is being able to apologize and realize his mistakes. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan struktur kepribadian tokoh yang dialami tokoh utama dalam novel Mariposa dan relevansinya dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMA yang meliputi id, ego, dan super ego, serta menilai kelayakan struktur kepribadian yang ditinjau dari aspek keriteria pemilihan bahan pembelajaran dan aspek kurikulum. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualiatif. Sumber data penelitian novel Mariposa karya Luluk HF. Teknik analisis data penelitian ini adalah langkah-langkah. Hasil analisis menunjukkan Acha memiliki aspek kepribadian id, ego, dan superego. Aspek kepribadian yang paling menonjol dari tokoh Acha adalah aspek id, sehingga tokoh Acha memiliki kepribadian yang sulit untuk mengontrol diri dan mudah terpengaruh oleh lingkungan. Aspek ego yang dimiliki Acha ialah sulit mengontrol diri, sedangkan aspek superego tokoh utama Acha ialah mampu meminta maaf dan menyadari kesalahannya.Keywords: Personality Structure, Novel, Literary LearningDOI Artikel: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v10i2.2022.06
STUDI LITERATUR: PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON PADA TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI Rissa Septy Ariantina; Rahayuningsih Rahayuningsih
J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 2 Sep (2022): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.773 KB)

Abstract

The use of cartoon media as a learning tool in the text of observation reports is the subject of this study. The purpose of this study is to find out if and how well animated media can be used to learn observation report text. This study employs a qualitative literature review as its methodology. Information/data sources and information/data sorting techniques in writing concentrate on research taken from bibliographical information, peruse, record, and handle research material from various understanding materials, including articles, diaries, course readings, and other exploratory results that relating to the subject of this study. Content analysis was used to examine the collected data. Based on this study's findings, it appears that using cartoon-based learning materials in the observation report's text is both feasible and effective as a learning tool, particularly for LHO text material. Additionally, the utilization of this media significantly improves LHO text learning.Pemanfaatan media kartun sebagai media pembelajaran dalam teks laporan hasil observasi menjadi pokok bahasan penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dan seberapa baik (layak dan efektif) media animasi Powtoon dapat digunakan untuk mempelajari teks laporan hasil observasi. Studi ini menggunakan tinjauan pustaka kualitatif atau studi literatur sebagai metodologinya. Sumber informasi/data dan teknik pemilahan informasi/data dalam tulisan berkonsentrasi pada penelitian yang diambil dari informasi kepustakaan, membaca dengan teliti, mencatat, dan menangani bahan penelitian dari berbagai bahan pemahaman, termasuk artikel, buku harian, bacaan kursus, dan hasil eksplorasi lainnya yang berkaitan dengan subjek penelitian ini. Data yang didapat diperiksa dengan menggunakan analisis isi. Berdasarkan temuan penelitian ini, penggunaan bahan ajar berbasis kartun Powtoon dalam teks laporan hasil observasi sangat memungkinkan dan sangat efektif sebagai sarana pembelajaran, khususnya untuk bahan teks LHO. Selain itu, penggunaan media ini juga memiliki pengaruh yang signifikan positif dalam pembelajaran teks LHO.Keywords: learning media, powtoon, LHO textDOI Artikel: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v10i2.2022.04
PERAN HUMOR TOKOH NAGABONAR DALAM SKENARIO FILM NAGABONAR KARYA ASRUL SANI Mukhtar Abidin; Ratna Fauzi Rama
J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 2 Sep (2022): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.651 KB)

Abstract

Artikel ini membuktikan skenario film sebagai sebuah karya sastra, dan membahas peran humor tokoh Nagabonar serta lelucon nilai-nilai perjuangan kemerdekaan dalam skenario film Nagabonar Karya Asrul Sani. Metode yang digunakan adalah semiotika Charles Sanders Peirce dan telaah humor dalam perspektif psikologis. Hasil analisis yang didapatkan berdasarkan penelaahan secara struktur  dalam perspektif komunikasi teks, membuktikan bahwa skenario film merupakan sebuah karya tekstual yang dapat dikaji berdasarkan hakikat sebuah karya sastra. Dan analisis mengenai humor tercipta dan berperan sebagai respons atau mekanisme pertahanan diri pada tokoh Nagabonar, serta sebagai penjungkiran terhadap konsep dan logika stereotipe kepahlawanan di Indonesia. This article proves the film scenario as a literary work, and discusses the role of humor in Nagabonar characters and jokes about the values of the struggle for independence in Asrul Sani's Nagabonar film scenario. The method used is Charles Sanders Peirce's semiotics and the study of humor in a psychological perspective. The results of the analysis obtained based on structural analysis in the perspective of text communication prove that a film scenario is a textual work that can be studied based on the nature of a literary work. And an analysis of humor created and acting as a response or self-defense mechanism to the Nagabonar character, as well as a reversal of the concept and logic of stereotypes of heroism in Indonesia.Keywords: Nagabonar, Independence, HumorDOI Artikel: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v10i2.2022.11
LITERATUR RIVIEW: EFEKTIFITAS PENGGUNAAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN Pisces Beryl Noriza; Shahidah Zulfa Rohmah
J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 2 Sep (2022): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.089 KB)

Abstract

This study describes the exposure of the effectiveness of using augmented reality as a learning medium in the learningprocess. The method used in this study is the literature study method, more precisely, by using content analysis techniques. From the results of this study a conclusion can be drawn that augmentedreality can be usedas a learning medium. Augmented reality has a good impact such as triggering the attractiveness of students to want to learn the material andfostering creativity for teachers in teaching. The effectiveness of using augmented reality as a medium is proven by the results of research related to augmented reality-based learning media which has validated the effectiveness of its use. Penelitian ini menjelaskan tentang pemaparan efektivitas penggunaan augmented reality sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu adalah metode studi literatur lebih tepatnya yaitu dengan menggunakan teknik analisis konten. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa augmented reality dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Augmented reality memberikan dampak baik seperti pemicu daya tarik peserta didik untuk mau mempelajari materi serta menumbuhkan kreativitas bagi guru dalam mengajar. Efektivitas dari penggunaan augmentedrealitysebagai media dibuktikan dengan hasil penelitian terkait media pembelajaran berbasis augmentedreality yang sudah tervalidasi keefektifan penggunaannya.Keywords: Augmented Reality, Learning MediaDOI Artikel: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v10i2.2022.03
STUDI LITERATUR TENTANG POTENSI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FABEL Muttaqin Muttaqin; Rini Marbihan
J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 2 Sep (2022): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.541 KB)

Abstract

This study aims to examine the existence of Augmented Reality as a learning medium in the era of modernization. The method used in this study is a literature study. The result of this research is that Augmented Reality has a good influence as a learning medium so that it is able to keep up with the development of technology. The conclusion of this study is evident from the research articles that were carried out earlier.  Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji eksistensi Augmented Reality sebagai media pembelajaran di era digital. Metode yang dipakai pada penelitian yakni studi literatur. Hasil dari penelitian ini yakni Augmented Reality memiilki pengaruh yang baik sebagai media pembelajaran sehingga mampu mengikuti perkembangan teknologi yang kian berkembang. Kesimpulan penelitian ini terbukti dari artikel penelitian yang telah dilakukan sebelumnya.Keywords: Augmented Reality, student participation, fabled text, writingDOI Artikel: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v10i2.2022.07
PEMANFAATAN MEDIA BERBASIS ISPRING SUITE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA: LITERATURE REVIEW Agustomi Agustomi; Agus Indri Yanti; Evi Sepriyanti
J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 2 Sep (2022): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.368 KB)

Abstract

One of the software that can be used in learning is iSpring Suite. This papers presents a literature review on the use of iSpring Suite as a learning media. The literature was taken from Google Scholar and filtered through Publish or Perish using the keyword “media pembelajaran bahasa berbasis iSpring Suite”. Journal articles that are used as references are published in the year range of 2017-2022. The results of the literature screening selected 7 journal articles that match certain criteria. The results of a review of journal articles show that iSpring Suite has been widely used and developed as a learning media and suitable for all levels of education. Therefore, iSpring Suite can be used as an option for the use and development of learning media to increase the motivation and learning outcomes of students. Salah satu perangkat lunak yang dapat digunakan dalam pembelajaran ialah iSpring Suite. Literature review ini menyajikan tinjauan pustaka tentang pemanfaatan iSpring Suite sebagai media pembelajaran. Literatur diambil dari Google Scholar dan penjaringan melalui Publish or Perish dengan menggunakan kata kunci “media pembelajaran bahasa berbasis iSpring Suite”. Artikel jurnal yang dijadikan referensi yaitu diterbitkan pada rentang tahun 2017-2022. Hasil skrining literatur tersebut terpilih 7 artikel jurnal yang sesuai kriteria tertentu. Hasil review artikel jurnal menunjukkan bahwa iSpring Suite telah banyak dimanfaatkan dan dikembangkan sebagai media pembelajaran dan tepat digunakan dalam segala jenjang pendidikan. Oleh karena itu, iSpring Suite dapat dijadikan pilihan pemanfaatan dan pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Keywords: ispring suite, learning media, literature reviewDOI Artikel: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v10i2.2022.02

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 Sep (2024): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 12, No 1 Apr (2024): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 11, No 2 Sep (2023): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 11, No 1 Apr (2023): J-SIMBOL (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol 11, No 1 Apr (2023): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 2 Sep (2022): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 1 Apr (2022): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 2 Sep (2021): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 Apr (2021): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 2 Sep (2020): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 1 Apr (2020): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 2 Sep (2019): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 Apr (2019): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 2 Sep (2018): J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 6, No 1 Apr (2018): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 2 Sep (2017): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 Apr (2017): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 Apr (2016): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 Sep (2015): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 Apr (2015): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 2 Sep (2014): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 Apr (2014): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 Sep (2013): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2013): J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) More Issue